[JOI Spotlight] Safe Passage Edition

December 17, 2023 20:13
[JOI Spotlight] Safe Passage Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada hari acara besar dan pengumuman besar. Tolong menjelang liburan jaga kesehatan ya, dan menantikan hari itu mari kita simak impresi para staf Jurnal Otaku.

Hyakkano 10

Kaptain

Via hukum konservasi karakter, ga ada karakter perempuan yang bisa dihamburin jadi ya selamat datang anggota terbaru. Ini juga Nano hampir jadi karakter Baki dan Shizuka won by doing nothing.

BlueHeaven

Bold on him, Rentarou ngomong Tom Cruise terus terang. Jatah fan service bukan cuma dari gaya duduk Hahari, kita dapet bonus dari ekspresi Karane. Posisi mereka juga… keep your positive mind.

16bit Sensation 11

Kaptain

Pictured: Seri baru dari masa kecil Konoha. Tentu aja akibat akselerasi teknologi ga cuma AI Art aja yang jadi masalah, cuma ya ini sci-fi banget jadinya. Kemungkinan besar ya para alien dateng buat ngelakuin intervensi yang lebih dalem.

Cukup cermat juga ini nekanin kalo data latihannya sepenuhnya pake aset Konoha biar topik aset colongan ga dipake. Masih demen sama komentar Tetsuo Hara kalau AI nggak bisa diminta untuk mati demi ngebuat seni.

Kaczmarek

Dua episode tersisa di saat situasi makin rumit gini bikin gue kurang pede ini adaptasi berakhir dengan “baik”. Kalau ada ruang lebih, masalah Touya sama Konoha literally disekap disini bisa dikelarin lebih panjang. Situasi di dalam lab itu juga ngingetin gue sama Utawarerumono, obviously.

BlueHeaven

Jalan keluar dari anime ini dah kelihatan. Konoha harus balik sekali lagi buat join sama Touya dan bikin game saingan, habis itu masalah bisa kelar. Well, tidak semudah itu ferguso. Masih dikasih misteri baru setelah adegan penculikan. Time travel erat dengan misteri dan anime ini tahu memanfaatkan insting manusia yang haus akan kebenaran.

Dead Mount Death Play 22

Kaczmarek

Dua episode lagi. Gue gak rela ini bakal berakhir di posisi menggantung tanpa ada salah satu masalah terpecahkan. Minimal konflik Sabaramond terkuak aja deh, atau Civil dan dua temennya berpihak ke salah satu. Jujur di episode ini lebih fokus rekonsiliasi Civil ke Fire Breathing Bug dan Solitaire. Jangan tanya FBB sama Solitaire mau cari masalah apa setelah ini, karena gue juga bingung.

Soal Bao dari Heilei dan Shinoyama dan Majiri dari Agakura, ini jadi masalah privat yang bakal berlangsung lama. Ini Bao punya bloodline yang sama Xiaoyu atau enggak ya?

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute S2 Episode 11

Kaczmarek

Dapet porsi sedikit Margaret masih ngelakuin apa yang Micah Richards lakuin. Ini maid agresifnya minta ampun pfftt. Rose akhirnya menerima kenyataan dari ibunya sendiri, jadi memutus keluarga jadi jalan terbaik.

BlueHeaven

Batas Kagejitsu nampilin adegan vulgar hanya sampai di situ. Emaknya Rose emang otaknya lebih konslet dari bapaknya Rose yang udah kecuci otak. A nice way to restore the soverign of princess. Shadow jelas akan ambil bagian pas udah finale.

Jujutsu Kaisen 45

Kaptain

Anything less wouldn’t cut it. Baik sumpah Itadori buat terus ngeburu Mahito ga peduli dia reinkarnasi berkali-kali dan delusi Todo. Mahito emang udah tamat tapi ya tentu aja Geto yang ga dapet penagwasan punya kesempatan buat ngerusak segalanya.

Frieren 15

Kaptain

Dikonfirmasi kalau disiplin sihir manusia sifatnya hermetic, sebuah fenomena yang bisa diklasifikasi & direproduksi. Beda sama disiplin para pendeta yang dasarnya dari mukjizat. In a sense semua sihir manusia tuh dari reverse engineering dewa dan demon. Buat paruh kedua juga kebukti kok selama Stark ga kehalang trauma dia bisa cepet melajarin sesuatu.

BlueHeaven

Jarang-jarang saya bisa enjoy adegan dansa di anime. Yep, semua berkat MadHouse. Studio lain kalau ngerjain adegan beginian biasanya skipable. Fern makin kelihatan sukanya sama Stark.

Apothecary Diaries 11

Kaptain

Big long running case akhirnya kelar, kerasa banget bossfightnya ngeliat sekali aja Maomao salah bicara. Dia bakal dibacok. Ini tragedi utamanya emang dua pengorbanan yang sama sekali nggak dibutuhin akibat “kematian” yang nggak disengaja. Begitu juga efeknya dengan Ah-Duo. Lishu, dan Jinshi selma bertahun-tahun. Seperti yang ditakutin Maomao, sekarang waktunya konsekuensi dari pembersihan internal dateng ke dia.

Tate no Yuusha no Nariagari S3 11

Kaczmarek

Gak demen sama penulisan skrip di episode ini. Nge-toned down konten terutama masa lalu Itsuki malah bikin karakter ini makin annoying. At least kasih porsi lebih soal kondisi mentalnya yang penuh sama “justice” ini bisa sadar perlahan dengan bantuan Rishia. At least, outcomenya masih sama. Kena prank Malty, gabung ke desa Naofumi, dan sayangnya si panah ngereject keinginan Itsuki. Oh iya, ini slave crestnya Rishia pecah dan otomatis jadi vassal hero kan ya?

Goblin Slayer S2 11

Kaczmarek

Kembali party-nya Hero dapet highlight untuk ngerjain misi lain sementara Goblin Slayer kembali jadi GS. Seperti yang diprediksi, pemberantasan goblin di goa ini bisa selesai dengan cepat, tapi seperti yang Priestess bilang, lokasi mereka belum aman. Oh, belum lagi nanti ini tuan putri gak bisa diajak kompromi karena pengen “adven”.

Hikikomari no Kyuuketsuki Monmon 10

Kaczmarek

What is this? Another rival on Villhaze? lol. Nelia akhirnya minta bantuan resmi dari Terakomari buat raih kekuasaan negaranya. Emang sih lagi momen tahun politik, tapi semoga di dunia nyata gaada adegan ciuman begini wkwk. Arukan mungkin bakal susah dibersihin secepetnya sih. Masih ada waktu sampe akhir tahun walau animasinya sekarang berasa compang-camping.

BlueHeaven

Nelia Cunningham. What a girl they made for this series. Semua konflik dan peristiwa dalam episode ini ga ada yang bikin wah. Cukup satu female chara yang ditonjolin dan saya bisa apesiasi satu episode ini.

Shangri-La Frontier 11

BlueHeaven

Ayyo a half episode just for cling clang palu besi dan nyanyian blacksmith.Cukup baca satu kalimat dan kalian bisa skip episode ini: Sunraku dapat senjata baru dari Oyaji, tetapi levelnya belum cukup dan harus grinding dulu.

Kimizero 11

BlueHeaven

Peak jenaka musim ini. Bisa-bisanya mewek di tempat umum dan berisik gitu. Iya saya tahu itu emosional, tetapi urat malu punya lah. Atau memang settingan dunia ini terlalu MC-centered sampai bocah yang ga sengaja nabrak pake mobil mainan itu ga nyadar ada orang yang teriak nangis kenceng. Emang full fiction mau gimana lagi.

Ragna Crimson 12

BlueHeaven

Oho, my, my, Ragna. Sekarang kamu punya dua wanita yang ingin kamu selamatkan. Go for it. Semoga dalam perang ini kamu dan princess bisa selamat. I ship them.

Tearmoon Empire 11

BlueHeaven

One last episode to go. Sepertinya kita bisa menerka bagaimana Mia-hime mendapat happy ending dari puzzle ini. Dia AFK aja followernya udah ngerjain tugas buat nyelesaiin masalah. Sasuga Mia-sama.

Idolmaster Million Live 11

Kaczmarek

Satu episode lagi, namun di episode 11 udah disuguhin pembukaan teater. Minim konflik untuk ensemble cast karena alasan yang jelas yakni persoalan episode. I expect  less untuk menutup adaptasi ini dengan klimaks tertinggi sejak U149. I mean, yang nulis skripnya punya masterpiece untuk seri child-oriented. Sementara si sutradara punya rekam jejak idol-gundam yang sejatinya gak jauh dari masterpiece-nya.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Pinch-out capek coy. Capek nungguin. Udah kelar semua walau ini device makin panas makin lama stallingnya. IS3 Ending 4 reached! Agak nyusahin kalau gak punya kamuflase buat ranged operator. Lagi-lagi harus ngekuatin melee di tile bawah. Target akhir tahun kecapai semua, tinggal nunggu event berikutnya.

Blue Archive

Kaptain

Musim makar telah tiba. Saya apresiasi ini momen rencana Kaya gagal total ga perlu nunggu lama. Insane Hod juga ini gampang bener kalo punya Mika.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: ENGIYOSI