[JOI Spotlight] SPTF Edition

December 10, 2023 19:57
[JOI Spotlight] SPTF Edition

Kembali lagi di JOI Spotlight bulan terakhir 2023. Berbagai seri sudah masuk ke episode dua digit dan kita semua tentunya perlu siap-siap untuk klimaks berbagai acara. Seperti biasa mari kita lihat impresi staf JOi untuk seri yang sudah hadir.

Hyakkano 09

Kaptain

Drama akhir musim via mertua. Anggap aja krisis buat nguji grup. Ngeliat ini dah “nyaman” season ini pake 5 aja anggota ya wajar lah ini jadi konflik penutup.

BlueHeaven

Hahari emang cocok jadi last boss. Ini juga bakal ngasih efek kejut karena cuma 5 heroine yang dapet spotlight besar di opening dan ending.

16bit Sensation 10

Kaptain

Bela-belain ngedatengin Kawasumi Ayako buat nih gag. You know what, saya rasa ini pengorbanan yang pantas ngeliat nih timeline bakal punya game World of Darkness yang gila-gilaan ngeliat Nasu di Amrik. Ini juga belagu banget konsep scifi yang Philip K Dick udah pernah garap dibilang ilang karena ga ada VN.

Bersyukur aja saya ini ga pake motivasi dangkal kayak “timeline di mana industri harus jadi game gacha kalo ga mau mati masih mendingan”. Konoha sendiri sadar ada nilai dari timeline di mana genre favoritnya jadi sensasi global walau kulitnya beda.

Kaczmarek

Make penutup di Comic Party untuk nandingin game original Alcohol Soft bakal bermasalah juga gak sih ke masa depannya nanti? I mean, secara fitur Comic Party di real life sekarang selain dari ADV-nya, masih kalah dari Last Waltz.

Also entah gak kaget Alicesoft stay di JP daripada ke Los Angeles disini. Karena Konoha harus bikin game lagi di company berbeda, apa Alicesoft yang jadi tujuannya nanti? Apa malah Shooting Stars yang abis merger sama Planet Games?

BlueHeaven

Masuk babak akhir dah ketebak jadinya Konoha bakal ambil offer bantuin perusahaan Touya. Bagian yang ngebuat FGO jadi amrik kena banget. Sekarang kembalilah ke tahun 1999 karena saya sudah kangen sama Kaori.

Jujutsu Kaisen 44

Kaptain

Mas bro balik karena Mahito harus dikeroyok, susah juga simpati sama warga sipil yang masih nyisa abis perang besar-besaran di luar. Ini juga bagian Miwa bikin frustrasi banget nontonnya ngeliat chapter manga belakangan ini.

Boushoku no Berserk 10

Kaczmarek

Fate, it’s not that hard to remember right? Agak menyayangkan di momen ini gue nge-drop manga-nya beberapa waktu lalu. Karena mungkin udah lelah sama progres ini berdua (Fate dan Roxy) yang makin dragging. Di anime-nya pun masih make progres yang sama, jadi nothing to lose apart from interest itself.

Dead Mount Death Play 21

Kaczmarek

Deepfake dan AI material kepake di karya modern (lagi) seperti di seri lain. Tapi dengan dapet validasi lawak dari pemuat materi utama gak terlalu bikin masalah buat Solitaire. Higuro enggak loh, liat gimana akhirnya dia ngeluarin ekspresi pertamanya karena cringe lol. Pemanggilan nama Sabaramond di muka publik itu jadi domino pertama dari sekian lama masalah digoreng di musim pertama.

OK, Ryougo Narita-sensei, mau dimana anda menutup adaptasi ini? Dari semua hal yang udah diadaptasi, kita nampaknya bakal disuguhin di bagian masalah Sabaramond (aja). Soal Izliz dan masalah di luar dunia itu bisa dikesampingkan sekarang ini, kecuali infodump dalam bentuk flashback. Apa Civil/Arias ini mau berkongsi sama Polka? Sejauh ini sulit karena organisasi yang terbentuk udah ada sejak beratus tahun lalu yang mengindikasikan membernya udah lebih dari ratusan.

Seiken Gakuin no Maken Tsukai 10

Kaczmarek

Arle joins the pack. Chiwa Saito yang turun buat ngisi Arle. Misinya membunuh Goddess, tapi yang mana? Ini kayaknya versi Arle sama teroris sebelumnya bisa aja beda. Kalo ternyata Goddessnya ini Selia, rekonsiliasinya bisa langsung ke Leonis. Shary dengan santainya gak langsung laporin ke Leonis soal elf muda ini. Which means another selfish moment again from this maid smh.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute S2 10

Kaczmarek

Gue bisa dengerin Cid make skenario di luar kotak demi memulusin rencana insidentalnya selama ini. Bahkan karakter berintelegensi macem Rose pun dibikin airhead. Trait yang sama berulang kali yang pastinya bakal masam kalo dibawa terus-terusan menurut mereka yang gak bisa udah kecanduan cabang lurus. Ah yes, welcome (again) Margaret! 100% meat, 0% slime!

BlueHeaven

BGM romantis ok, scene tuan putri hendak ditolong saat ingin dinikahkan cek, semuanya itu jadi ga ada harga dirinya dengan ulah tangan jahil Cid yang rakus embat kue pas momen itu. Last part soal emaknya Rose ternyata udah jadi janda kesepian main sama Doem, hadeh. Beban negara dan beban keluarga itu.

Frieren 14

Kaptain

Beda sama Stark, maybe just maybe Himmel yang suka sama bunga tuh tahu arti dibalik bunga tertentu. Pada akhirnya juga Heiter ngasih sentimen yang berharga berupa “semua orang pura-pura dewasa”. Good news, ini juga berlaku baut kompetensi, pura-pura ngerti aja terus dan cepat taua lambat situ bakal ngerti beneran.

BlueHeaven

Fern makin kelihatan bisa nerima Stark. Stark ini yang masih kelihatan bocah. Sepanjang episode intisarinya buat nunjukkin soal beli aksesoris sebagai hadiah dan makna bunga yang artinya eternal love. Harusnya ini full romance, tetapi malah ada moral value gede soal jadi “pura-pura dewasa”. Ngena banget bagian ini.

Tate no Yuusha no Nariagari S3 10

Kaczmarek

THEY FCKING FORGOT THE TAIL AGAIN FFS! Dan gak cuma Raphtalia tapi mobnya juga kelupaan. Kalau ini sengaja karena QC-nya mepet, yowes lah minimal kita udah ada di fase acceptance. Selain ekor, itu pedang Fohl dari logam berubah jadi kayu. Idk anymore after this episode.

Ini dia hero delusional chuuni yang lebih gampang dimanipulasi karena satu validasi berasa narkoba bagi mentalnya. Yeah kita tahu Itsuki punya rekam jejak perundungan di dunia lamanya, tapi setelah lama di dunia baru ini, dia sendiri yang gak bikin perubahan signifikan dan tetep jadi orang berpikiran sempit. Jujur aja, gue gak sabar liat Rishia ngehajar mentah-mentah orang yang nyelametin dia ini. Bring back bullying even if Rishia is going to have stockholm syndrome after this.

Goblin Slayer II 10

Kaczmarek

Sorry for the pic,  but i love how they decided to splash over fanservice more on this creature. I love it, they love it, we love it, and maybe some of Naobou fans love it. Princess debut? Gue nyebutnya Troublemaker disini sih. Untuk ukuran remaja, kebodohannya udah ngalahin karakter titular lain di seri ini. Onna Sounin balik, tapi gak make identitas Reijou Kenshi.

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 09

Kaczmarek

Villhaze please don’t stop being so hot! Gabisa fokus sama episode air ini karena ini maid. Setelah memuaskan diri beberapa menit, kita dapet perkenalan terbaru dari Nelia Cunningham. Yep, Nelia bonding sama Komari lebih cepet dari yg dikira. Impresi yang sama dari tiga episode pertama. Napas bentar pasca masalah produksi di minggu lalu.

BlueHeaven

Map baru kebuka, dua region baru bisa ditelusuri. Sekarang bukan masalah dalam negeri lagi. Sayang sekali Komari harus main villain role dan gagal dapet teman baru. Pasti akal-akalan Vill pas dia lihat masa depan Sakuna biar Komari ga dicuri lagi sama karakter baru.

Demi apa ini anime tiap ngenalin karakter baru selalu desain karakternya hot. Nelia, maidnya, sama utusan perdamaian yang belagak paling kuat. A good addition buat motivasi cuci mata nonton anime ini.

Arknights: Kay Daily’s Doodles 03-04

Kaczmarek

Bongkar sedikit fakta kalo Ethan sering menghilang demi gak ngerjain kerjaannya. Ditambah dia juga jadi operator terlarang di dapur setelah Kay sendiri. Sementara itu, gue penasaran siapa aja yang gak boleh masuk Record Room pasca ini.

Apothecary Diaries 10

Kaptain

Diungkap kalau Maomao posisinya sama dengan si bapak. Tempurung kaki dia dipecahin tuh itungannya masih untung. Secara teknis ini soal kasus kedaluarsa ngeliat si bapak selaku detektif sebelumnya gagal ngasih jawaban yang memuaskan ke keluarga kerajaan. Jadi stakenya lebih jelas buat Maomao yang sekali lagi mesti mecahin kasus tanpa kena “pembersihan”.

Idolmaster Million Live 10

Kaczmarek

Well, daddy issue. Shizuka udah putus asa buat dapet approval dari bapaknye. Sepurano iso diurus masalahe iki sakdurunge debut. Sometimes i’m forgetting the fact that Kotoha and Elena are like receptionist in this series. Kalo mereka niat, coba pasangin OL outfit ke mereka deh cocok bgt. Tapi spotlight disini masih Shizuka dan Serika dengan masing-masing bapaknye. Easy as that.

Dark Gathering 22

BlueHeaven

Bocil bakso kematian akhirnya bisa dijinakkan. Debuff oiran terlalu ganas kayak oni-gunsou yang punya kemampuan sejenis buat lemahin musuh. Itu setan yang rasukin Shami malah jadi biang kerok kasus di kantor polisi. Dapet kontak nenek sakti kakaknya Shami seperti bisa digunakan sewaktu-waktu perlu kekuatan tambahan.

Shangri-La Frontier 10

BlueHeaven

Akhirnya, setelah nunggu 10 episode kita bisa ngelihat 3 kusoge enjoyer berkumpul. Now, the real plot begins. Tidak ada sentimen negatif untuk episode ini. Saya bisa menikmati daging dengan puas. Action lawan laba-labanya juga lebih bisa dinikmati daripada pas lawan monster lumpur.

Hametsu no Oukoku 10

BlueHeaven

Anime ini berusaha untuk setidaknya ga menyedihkan nampilin full action. Meski begitu, kita bisa lihat dengan mata kepala sendiri kalau ini ga bisa dibilang bagus pertarungannya. Pake acara ngebutain mata Doroka dulu lagi. Why? Padahal bisa aja dia langsung patahin leher atau penggal kepalanya. Lagi-lagi apa? Lagi-lagi plot armor heroine.

Kimizero 09-10

BlueHeaven

Tanikita dapet banyak scene di dua episode ini. Sayangnya, ending buat dia dan si gendut ga berakhir bagus. Saya udah ga paham lagi, semua karakter di anime ini saya anggap badut. Yang harusnya ga ada masalah dibikin jadi ada masalah. Geleng-geleng dah lihat kelakuan mereka.

Saihate no Paladin Rust Mountains 09-10

BlueHeaven

Monsternya pake CGI dan itu maklum untuk sekarang. Di sisi lain, pertarungan lawan naga dan nego di sebelum battle itu bagus banget build up tensinya. Saya jadi paham kenapa mereka jadiin a whole arc as 1 cour. Biasanya yang ginian jelek kayak sekuel Log Horizon. Saihate no Paladin berhasil eksekusi ceritanya lebih baik di atas rata-rata.

Ragna Crimson 11

BlueHeaven

Masih persiapan sebelum clash dragon vs human lagi. Si kembar paling mencolok di antara semua pasukan silver princess. Ga punya perasaan? Oh, tenang saja, sebentar lagi kalian (lebih tepatnya satu dari mereka) bakal merasakannya. Dragon ternyata dah lumayan kekikis juga jumlahnya. Biasanya yang bilang don’t die bakal mati duluan.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: KurisuKyun