[Waifu Wednesday] Megumin

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! berhasil mengejutkan kita dengan menyajikan cerita dan karakter yang lucu dan menghibur walaupun memiliki premis yang sudah umum. Dari barisan karakter-karakternya yang berengsek tapi juga lovable, ada juga satu karakter yang kemudian sering sekali muncul di media sosial dan juga video-video yang berkaitan dengan KonoSuba, Megumin. Apa yang kira-kira membuat Megumin begitu digemari oleh para penontonnya? Berikut poin-poinnya.

+ A fresh spin on “chuuni” character

Apakah karakter chuuni di setting dunia fantasi masih bisa dibilang “chuunibyou“? Jawabannya bisa “ya” atau “tidak,” tapi Megumin membawakan keunikan tersendiri ke trope karakter chuuni. Apakah saya bisa membedakan apakah Megumin sedang bicara biasa atau sedang membaca mantra sihirnya? Seandainya dia punya lebih dari satu mantra, mungkin saya akan bingung.

wwmegumin1

Megumin tidak sekadar membawakan dialog chuuni dan kemudian di-tsukommi dengan realita dunia, ia membawakan ke-chuuni-annya untuk memamerkan kekuatannya. Dan jujur saja, kemampuan Megumin sendiri tidak main-main mengingat dia menguasai salah satu sihir yang kekuatannya paling besar di dunianya (meski itu satu-satunya sihir yang ia bisa pakai dan banyak kekurangannya).

+ EXPLOSION

Buat kamu para pecandu hormon testosteron dan/atau pecinta Michael Bay, (satu-satunya) kemampuan Megumin ini bisa menjadi pemuas barumu untuk ledakan-ledakan besar setelah Mythbusters tamat. Seperti yang disebut di atas, satu-satunya kemampuan khusus Megumin adalah sebuah sihir ledakan super besar, dan Megumin sendiri tergila-gila dengan yang namanya ledakan. Kita tidak perlu jadi Crimson Demon untuk bisa menikmati serunya sensasi melihat ledakan super besar secara langsung (dari jarak aman tentunya).

wwmegumin2

Tapi, ya, tentunya kamu mesti tahu tempat dan waktu, karena yang namanya ledakan besar pasti bakal bikin banyak kerusakan, belum lagi kamu harus menggendong Megumin balik sehabis itu.

+ Satu-satunya karakter yang proaktif “ngedeketin” MC

Di deretan para tokoh utama KonoSuba yang berengsek, Megumin nampak menjadi satu-satunya karakter yang memang tertarik dengan Kazuma. Perhatiannya terhadap Kazuma di anime-nya masih diperlihatkan dengan subtle, seperti bagaimana ia yang memanggil nama Kazuma saat ia mati sesaat dan juga tampang blushing-nya yang kadang-kadang suka ia tampilkan ketika berbicara dengan Kazuma yang sering dijadikan .gif dan membanjiri timeline Facebook.

wwmegumin3

Kazuma sendiri nampaknya sadar akan hal ini, tapi ia sepertinya tidak berusaha membalas perasaannya (atau dia lebih ingin yang badannya bohay). Bagaimana tindakanmu kalau seandainya kamu adalah Kazuma?

– Tidak berguna setelah menembakkan Explosion-nya

wwmegumin4
Selain cuma bisa memakai sihir Explosion-nya sehari sekali saja, Megumin juga akan menjadi lemah dan tidak bisa bergerak sama sekali (sekali klimaks langsung lemes). Jika kamu jadi party member barengan sama dia, itu berarti selain mesti berdoa gak ikut kena Explosion, kamu juga harus ngurusin satu temen kamu yang gak bisa ngapa-ngapain.

wwmegumin4b
Tapi mungkin ini juga bisa jadi poin positif kalau kamu demen ngegendong cewek mungil seharian.
Dasar maso kamu
.
Sumber: Pixiv – 露茶

– Rada berengsek

Yah, di KonoSuba, tokoh utama mana sih yang nggak berengsek (in a lovable way)? Mungkin kamu gak langsung menyadari sisi busuknya Megumin, terutama karena dihadapi dengan Aqua yang berisik dan Kazuma yang lebih busuk daripada yang lain, tapi itu juga bukan berarti Megumin nggak punya dosa. Megumin pernah beberapa kali berbohong dan menyombongkan diri, baik dalam memuaskan ego dan untuk kabur dari situasi yang tidak mengenakkannya. Bahkan secara teknis, Megumin memfitnah Kazuma di tempat umum agar ia bisa masuk ke dalam party Kazuma.

wwmegumin5

Ada baiknya kamu juga sedikit licik seperti Kazuma yang (biasanya) bisa mengendalikan Megumin. Atau kamu masih percaya kalau Megumin gak butuh buang air?

Megumin sang Explosion Mage yang bodoh tapi juga lovable ini jelas telah menarik banyak hati dari para penonton dan pembaca seri KonoSuba. Tapi apakah cewek yang bisa jadi merepotkan ini menjadi pilihan utama di antara calon-calon waifu lainnya? Is she worth the problem?