[JOI Spotlight] Heavy Load Edition

September 18, 2022 21:03
[JOI Spotlight] Heavy Load Edition

Selamat datang di JOI Spotlight menjelang tamatnya blok musim panas. Mari kita lihat impresi staf JOI untuk seri yang mendekati akhir penayangannya di minggu ini.

Isekai Yakkyoku 10

Kaczmarek

Sebagai orang bertitel, Falma bisa dipandang lebih tinggi dari rakyat jelata di negaranya. Ditambah kekuatan dan lencana itu, di posisinya sekarang paling enggak bisa lebih didengar banyak orang. Dukungan militer juga jadi alasan rencana ini jadi lebih mulus paling enggak di perairan.

Ada beberapa hal subtle yang sengaja gak dilepas gitu aja terutama soal sihir tongkat ajaib itu. Masih banyak tanda tanya terkait kekuatannya diluar ngobatin orang, bangun border es dan terbang. Kayaknya juga gabakal cukup ini buat jelasin itu, jadi normalnya dilempar suruh baca sumber orisinalnya.

YouZitsu S2 11

Kaczmarek

Ryuuen emang bom waktu sejak seri ini berjalan (atau sejak Kiyotaka masuk sekolah). Arisu masih jadi peti tertutup untuk penonton anime-nya aja, sementara kita perlahan dapetin konteks lebih terkait hubungan Kiyotaka dan Kei di masa depan. Siapin snack untuk nonton episode berikutnya, karena yang dipertontonkan bakal makin enak kala kalian menikmati makanan/minuman kesukaan kalian.

Sedikit trivia, Ryuuen dan Kiyotaka ulang tahunnya barengan. Namun umur Ryuuen satu tahun lebih muda dari si literally me.

Tsurekano 11

Kaczmarek

Madoka dapet porsssiiiii! Stafnya milih Youko Hikasa yang notabene juga deket sama Rina Hidaka (seiyuu-nya Yume) untuk jadi sepupunya Mizuto ini. Pilihan bagus untuk tipikal karakter nee-san dan murah senyum walau agak airhead ini. Kembali lagi dengan plot misunderstanding dari Yume yang ngira Madoka itu cinta pertamanya Mizuto, untuk beberapa menit paling enggak di akhir sesi keduanya kembali ke masa pacaran dulu.

Bakal ditutup gimana musim pertama ini? Yang jelas mereka gak pacaran lagi seperti dulu (untuk sementara ini). Tapi lebih ke menerima satu sama lain bahwa keduanya saling menganggap bahwa mereka adalah cinta pertama dari masing-masing. Tapi ada bonus spesial di akhir episode ini!

Hadeh, kapan terakhir kali gue nulis “cinta pertama” dalam platform ginian. Agak eneg sendiri kalo baca ulang.

Strike the Blood Final 3-4 (End)

Kaczmarek

Butuh satu episode lagi paling enggak untuk nge-stretch sisa battle sama eksposisinya. Masih banyak hal subtle soale, jadi butuh pendalaman lebih kalo gak baca novelnya. Mikumo kalo bikin serial gini selalu berakhir dengan impresi mid-tier di saat materialnya top-tier.

Scene “Pappapaladiness” dari Natsuki-sensei ini niat bener kagak di-skip buat nambah inside joke. Klise soal sedat-sedot darah masih disisain daripada battle-nya,dan kalimat legendaris akhirnya berakhir disini ?. Desahan di bagian akhir dari setiap Blood Servant Kojou ini sangat diperlukan demi menutup seri agak degenerate ini. Emang niatannya udah ngawur wkwkwk.

Mengingat haremnya udah kekumpul semua, karakter inti lainnya jg udah pada nongol dan Kaleid Blood udh ke-reveal, dua episode terakhir ini mahal banget budgetnya kalo liat jajaran seiyuu yg nongol. Ada sekitar 35-40 seiyuu yang harus turun di dua episode terakhir ini kalau gue itung dari protagonis, harem member, kolega, rekan vampir, musuh, sampe keluarganya Kojou. Mungkin bisa nyaingin Bleach nantinya.

Apa gue perlu bikin standalone review untuk seri ini? Let me know in the comments. Satu minus dari novelnya: Natsuki gak jadi harem member Kojou heeeee.

Corpse Reviver: The Hollow Regalia, next? Warner Bros semoga ngelirik novel barunya Gakuto Mikumo.

Isekai Meikyuu de Harem wo 11

Kaczmarek

Akhirnya ada karakter tambahan lagi setelah hampir habis serial ini diadaptasi. Sherry/Cherry, dwarf yang gak keliatan dwarf sama sekali. Malah lebih mirip elf kalo cuman ngidentifikasi kupin lancipnya. Udah naik level dungeon yang kudu di-explore, Michio pastinya butuh kolega baru di party-nya. Kalau pace gini masih dipertahanin, mungkin kita butuh minimal sampe tiga musim untuk catch up sampai tiga slave berikutnya.

Lycoris Recoil 12

Kaptain

Lol. Lmao. Saya ketawa aja deh ngeliat saya sumpah serapah sama nih seri juga efeknya bakal sama. Kembali ke status quo ya para ternak, ngapain ngejatuhin sistem yang jelas-jelas rusak lol. Bodo amat nasib warga sipil dan agen yang mati gegara sabotase lmao. Biarin aja biang kerok yang ngeakibatin banyak orang mati jalan pergi lel. Nishikigi Chisato loh, tepuk tangan buat orang yang ga keberatan ngelakuin itu selama tangannya bersih dan imut banget ini nggak ngerti USB itu apa. Makasih Walnut yang ngeamanin kerahasiaan organisasi yang bikin anak yatim jadi pembunuh.

Saya matiin dulu mesin sarkasmenya, Vash the Stampede she ain’t. Saya maksa diri buat ngasih sisi positif nih episode dan saya dapetnya cuma Takina yang siap ngebantai demi si istri. Terima kasih jadi satu-satunya karakter yang liat kondisi DA sebagai organisasi dan langsung bilang “To hell with that”.  

Engage Kiss 12

Kaptain

Jadi development yang didapet Shu yang ingatannya balik adalah “Aduh ternyata simpanan sini masih banyak”, ini juga motivasi utama si adik buat ngamuk. That’s a genuinely good twist soal asal sebenarnya kekuatan Kisara plus momen emosional yang ngena setelah dia pake trik amnesia Shu.

Saya masih kena stagger damage dari dapet lebih banyak sentimen positif dari nih anime daripada Lycoreco.

Kaczmarek

Maruto cukup ngeselin ngasih komedi dalam situasi serius ini hahaha. Secara langsung Kanna di kondisi mental anak 3 tahun harus melihat kakaknya gali lubang perempuan lain seolah itu hal biasa. Lama kelamaan ini bakal ada sekte mantan atau korban Shuu sebelum ketemu Kisara. Kisara tentunya juga kesel karena dia doang yang gak sama sekali berhubungan badan sama Shuu hingga memorinya balik.

BlueHeaven

Ganti posisi siapa yang beban sekarang. Tapi kayaknya Ayano masih beban meski Kisara udah dinerf.

DanMachi IV 09

Kaczmarek

Seharusnya bisa di-trimmed down itu episode kemarin, terutama di bagian Ryuu udah marah besar dan gak mau jawab secara jelas ke Bell. Oke saatnya episode aksi, dan disini lawannya tentu saja monster dari deep dungeon. Jura udah gak bisa nahan diri lagi, begitu juga persekongkolannya.

Meski monster uler ini dua-duanya bisa kelar, tapi objektifnya Jura ternyata cuman buat jadi timewaster mereka di saat rencana sesungguhnya tengah disiapin. Ryuu kena PTSD dan ini jadi perkenalan soal phobia dan traumanya.

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 13

Kaczmarek

Akhirnya bisa slow pace. Setelah capek-capek ngejar material, kini bisa stretching dengan arc ini. Satu lagi momen yang gak ke-skip, Atuy secara gak sadar mengecup Haku dalam wujud Oshutoru. Itak untung gaada di kapal, jadi gak masalah. Tapi Maroro masih ada di pihak Raikou untuk waktu sementara ini.

Gila, kita masih ada 15 episode tersisa tapi ini udah ngecover lebih dari setengah gamenya. Ngeliat tradisi sebelumnya, kayaknya bakal ada skenario orisinal di last battle sebelum adaptasi ini ditutup. Semoga ada yang bisa lebih distretch termasuk Kuon yang isinya pasti isinya mewek-mewek.

Kuro no Shoukanshi 11

Kaczmarek

Last battle? Rion secara teknis udah ngatasin semua yang ada di episode ini. Tapi musuh baru, ya yang nyerang Kelvin sama Efil di satu menit terakhir bisa jadi boss terakhir di adaptasi ini. Entah kenapa mereka nyisain sebagian kecil obrolan penting di pertengahan episode ini cuma demi aksinya Rion. Surely, Efil background is more interesting than the battle.

BlueHeaven

Berasa lima menit dengan segala plot yang gampang ketebak ini. Benar kata yang di atas, masa lalu Efil lebih berharga dari semua common plot last battle begini.

Overlord IV 10-11

BlueHeaven

Zanac mati kurang berasa feelsnya. Untungnya episode 11 ini agak mendingan dengan pertarungan PDL armor dengan Ainz KW berjalan sangat menghibur. Saling adu intel sebenarnya ini. Yang satu kena hoax, yang satu dapet jackpot. Pandora’s Actor MVP. Minggu depan kita bakal dikasih lihat om-om ga jelas lawan Cocytus.

One Piece 1033

Kaptain

Pengumuman rutin aja kalau anime dapet kualitas produksi film lagi. Ini hindsight orang yang ngikut manganya, tapi nih episode ngingetin saya sama tragedi dari Linlin dan Kaido, dua orang yang bisa aja jadi pahlawan tapi harus jadi gini karena sistem dunianya.

Summertime Rendering 23

Kaptain

Selamat datang di upside-down Tokoyo. No time, no time power. Misteri selesai jadi ini tinggal nabok final boss sampe semaput. Motivasi Shide emang ga kompleks dan sesuai kepribadian dia tuh final boss RPG banget+ini juga ada soundtrack Okabe. Saya harap ini kualitas produksinya bisa tahan karena seperti yang bisa kalian lihat, Tokoyo itu tempat yang bagus untuk setpiece yang gila-gilaan.

Made in Abyss S2 11

Kaptain

Penkin really earned his paycheck. That’s one way buat ngasih twist dari ambisi Faputa buat ngehancurin kota, in a way kehancuran ini tuh “nilai” yang paling dia butuhin, tapi ini Abyss jadi keinginan sesimpel ini juga dengan mudah dirusak. Ini emang hipotesisnya Nanachi, tapi Wazukyan emang orang yang sangat mungkin ngulang semua ini buat bikin kota kedua.

Yofukashi no Uta 11

Kaptain

Vampir? I sleep. Detektif? Real sheet. There, alasan utama kenapa Vampir mesti jaga kerahasiaan mereka. Sesuai dugaan di jadiin arc penutup nih anime, sekalian biar bisa hemat Sawashiro Miyuki juga.

Kaczmarek

Terima kasih sudah ngasih Miyuki Sawashiro untuk ngisi Anko. Detektif macem dia emang butuh seiyuu yang bisa jompat-jampit intonasinya.

Time Machine Blues 01

What’s this?

“Sekuel” Tatami Galaxy

Kaptain

Saya kasih tanda kutip ngeliat relasi antara karakter yang ga masuk akal kalau time loop prekuelnya udah ancur. Singkatnya nggak seperti seri dulu yang pake satu episode buat satu timeline, TMB bakal fokus ke legally distinct time machine buat kasus timeline ini yang bakal makan satu musim.

Ini timingnya juga bagus banget soal proyek filmnya yang fokus di era Bakumatsu. Ngepas event Gudaguda FGO sama remake Ishin diumumin.

Cyberpunk: Edgerunner

Kaptain

“Lha bukannya dah nulis review?” Iya. Tapi setelah beberapa hari nyerna saya punya opini tambahan. Seperti biasa saya dikecewakan oleh fanbase yang sama sekali nggak nyerna pesan dari cerita walaupun dihantam berkali-kali ke muka penonton. Buat yang minta lanjutan cerita, good news, ada game yang nyeritain setahun setelah cerita Edgerunner, judulnya Cyberpunk 2077 yang mungkin kalian pernah denger.

Points is, ini 10 episode udah cukup biar Trigger ga kepeleset seperti biasa. Momen jarang di mana nih studio punya cukup duit dan waktu buat proyek mereka. Silakan aja sih bikin episode kecil kayak Gurren Lagann dulu buat cerita tambahan soal karir David dan ngasih kru lain lebih banyak fokus.

Setelah nonton ulang, saya juga akhirnya baru bisa nyerna adegan paling sedihnya. Saat Cyberpsychosis yang nyebabin David balik jadi ABG, Rebecca walaupun punya desain sebagai Harley Quinn/Toga Himiko musim ini cukup punya empati buat pura-pura jadi Gloria. Speaking of which, dapet terapi/mental support entah dari teman atau profesional emang salah satu sistem TRPG orisinalnya biar ga kemakan Psychosis. Bersyukur saya aspek ini yang dapet fokus di adaptasi ini.

Odd Taxi – In The Woods

Kaptain

Agak risih saya sama seri yang nge-paywall ending mereka. Megang posisi sebagai film recap di mana penonton diharapkan udah nonton seri TV.  Saya bilang penayangan seri TV dulu tuh ending yang sangat kompeten sebagai Crime Thriller, sementara nih film ngasih the feel good ending. Jadi ya emang alasan utama nonton tuh buat expanded epilogue-nya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Map terakhir belum ke-clear karena FPS drop lagi hadeh. Saya kudu nambah RAM buat ngerjain event kali ini biar lebih lancar. Fiammeta? Nah, kayaknya 50 rolls gak doable dan gak bakal dapet juga unggas bakar ini.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: moyu1756

Sorry. No data so far.