[JOI Spotlight] Anxiety Editon

November 27, 2022 19:55
[JOI Spotlight] Anxiety Editon

Selamat datang di JOI Spotlight di akhir bulan November ini. Persiapan buat bulan terakhir mulai dibuat dan tentunya staf Jurnal Otaku menghadirkan impresi mereka untuk seri yang hadir minggu ini.

Chainsaw Man 07

Kaptain

Karena ini masih seri shounen, cerita tentunya punya mandat buat nekanin kalau para Devil yang secara khusus ngeburu Denji punya serpihan Gun Devil, dan ya para Hunter lain cukup melek buat nanyain ini ke Makima. Semoga dengan ini anak kecil dan konsumen yang attention span-nya dikit juga bisa ngeh sama trajektori cerita. Saya masih bikin pertimbangan muntahnya Himeno itu jadi lebih parah gara-gara sensor apa nggak.

Ngeliat adegan penutup. Ini Shueisa bisa dapet duit banyak dari VR Himeno.

Kaczmarek

Keputusan nonton ini episode sambil makan adalah hal terburuk yang gue lakuin di 2022.

CTian

Himeno dibikin sesuatu sekali yak sama MAPPA. Adegan waktu di kamar Himeno itu lho, gila nggak kuat, izin off. Ditambah aktingnya Mariya Ise yang “wuoohh, mama janda!” /plak. Lucu juga beliau bikin tweet minta maaf ke Denji di tengah penayangan episode ini, terus seiyu Denji, Kikunosuke Toya, reply pakai emot muntah~

Ngomongin muntah, kamu nanyea kenapa muntahnya disensor? Kamu bertanyea-tanyea?? Nih, biar kukasih tahu yak, muntahnya disensor itu karena… Ya ndak tahu, kok tanya saya? Tanya MAPPA coba… Maaf kalau garing, kalau menurut saya pribadi sih, mungkin ini take kreatif mereka, biar kasih kesan lebih menjijikkan. Berhasil sih menurut saya, cukup bikin mual, apalagi mukanya Denji waktu nelen. Itu testimoninya juga sudah ada di atas bahasan saya.

Ah ya, satu lagi yang pengen banget saya bahas, lagu ED-nya. Sejauh penayangan ini sih, ED episode ini jadi ED terbaik kedua dari saya. Suka banget sama vibe retronya dan memang cocok sekali sama Chainsaw Man. Official timeline Chainsaw Man part 1 itu tahun 1997 bagi yang belum tahu. Fujimoto’s woman dibuat wew sekali di sini, izin off lagi! Juga permainan kata di liriknya, furigana dari “get on chu!” bisa dibaca sebagai ゲロチュー yang artinya ciuman muntah.

Sempurna banget deh, tapi tetap lagu dari Maximum The Hormone masih lagu paling Chainsaw Man sejauh ini. Lagunya jadi insert song bagian awal episode ini euy, berharap banget lawan Samurai Sword nanti ada lagu itu juga. Sama berharap minimal mereka rilis versi lagu penuhnya… *Melihat ke lagu tema pembuka season 1 Record of Ragnarok.

Penutup, Oh my God! Akhirnya Chainsaw Man jadi tayangan nomor 1 di Prime Video Indonesia, aaahh! Saya cuman mau bilang terima kasih buat teman-teman yang sudah mendukung penayangan resmi anime ini di Prime Video. Walau hanya sebentar sih, untung saya berhasil mengabadikan momen tersebut dan saya jadiin header Twitter saya, xixixi (nggak ada yang peduli juga kayaknya). Ayok dukung terus perilisan resminya, simulcast anime Chainsaw Man bisa ditonton di Prime Video Indonesia yak dan hanya di sana untuk wilayah Indonesia!

Fuufu Ijou, Koibito man 07

Kaczmarek

Good progress at least. Jirou mulai sensitif atau peka soal Akari, tapi makin turun sensasinya sama Shiori. Di poin ini, Akari x Jirou sudah menggelora kalo ngikutin perkembangan anime-nya. Tapi ini seri yang belum kelar, jadi drama di manga-nya masih menanti diadaptasi. Somehow, Nachi sama Natsumi ini jadi orang yang suportif banget. Tapi di satu sisi, keduanya butuh tambahan personality biar gak kerasa jadi mob chara tanpa peran.

BlueHeaven

Akhirnya bisa bernafas lega dari Akari pakaian minim. Wait, tapi yukata yang tertutup yabai juga. Oh, tolonglah!

Shinmai Renkin 08

Kaczmarek

Sarasa dengan sisi pebisnisnya memang terbaik. Kita dapet trigger happy lagi soal bandit, dan ini kaitannya sama Lorea dan Sarasa sendiri. Agak sayang kita gak dapet intense battle scene yang proper. Wasted, tapi ini seri CGDCT yang minim aksi begituan dan lebih bersandar ke dialog lucu nan manis dari para karakternya.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 08

Kaczmarek

Sherry is an airhead outside her circle. Cid kudu jadi babysitter untuk kouhainya satu ini, tapi dalam syarat tertentu. Cid juga masih bikin gue garuk-garuk otak sendiri karena ke-cringe-annya. Tapi sedikit ada obat dari aksinya yaitu Nu.

BlueHeaven

Bokong kuadrat.

Renai Flops 07

Kaczmarek

AKHIRNYA! AKHIRNYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA! Udah sus ini episode karena Aoi gak nunjukin badannya sama sekali. Sampe tiba-tiba empat heroine lain menghilang ke-reset begitu aja. Asahi di dunia sendirian bareng Aoi dalam kelanjutannya, namun beberapa kali momen Asahi mencoba mengingat apa yang terjadi di waktu sebelumnya yang bikin Aoi persisten. Aoi Izumisawa-> Ai, AI?

Kalau ini bukan dunia yang sesungguhnya dan hanya simulasi, apa Asahi dalam keadaan buruk semacam sakit keras dan heroine ini macem data dalam satu flashdisk yang ditancapin ke port di dunia buatan ini? Secara hipotesis masih masuk akal, tapi beberapa petunjuk dalam bentuk adegan flashback di empat episode sebelumnya malah bikin ini misteri makin membingungkan.

Ending animation di episode ini juga gak dikasih vokal sama sekali dan full instrumental. Kemudian situs resmi anime ini juga terdapat beberapa perubahan. Visual utama cuma ada Lovelin. Ini seri ngambil banyak referensi dari seri jadul dan beberapa meme yang sempet naik. Saya kena flashback Da Capo, Occultic:Nine, SALO, dan masih banyak referensi lainnya.

Arknights Prelude to Dawn 05

Kaczmarek

Udah kerasa stretching-nya? Ini baru pemanasan juga, dan berikutnya juga masih pemanasan juga. Kali adaptasi ini bakal ditutup di chapter ketiga dimana lawan Skullshaterer dan Misha berbuat yang tidak-tidak. Penguin Logistics dapet perwakilan di Texas Qoocy dan Exusiai Pie. Desain dari Texas di anime-nya bener-bener cakep, apalagi di bagian rambutnya. Walau kurang realistis karena berasa tiap helai rambutnya nempel satu sama lain. Exu berperilaku seperti apa yang sudah dijelaskan, seorang sankta yang kalo ngomong suka gak diayak.

Ada dialog yg dipotong pada bagian scene nyumpelin Qoocy ini. Seharusnya ada dialog antara Exu dan Franka yang membahas hal non krusial, namun dipotong gitu aja. Paling enggak momen sebelum lompat itu gak kena potong sih.

Futoku no Guild 08

Kaczmarek

Clearing laba-laba done! Tapi isi kepala Toshihiko kayaknya udah dipenuhi Kikkuru berkat aksi gilanya di hutan. Paruh kedua episode yang cukup sesuai ekspektasi, terutama soal treatment Hitamuki di kota yang lebih berbahaya daripada di luar. No Enome in this episode, so nothing to add more from my side.

Akiba Maid Sensou 08

Kaptain

Ini niat bener bela-belain dateng ke kedubes Venezuela biar dapet VA tuh negara. Tentu aja episode baseball juga ga bisa normal, walaupun tamatnya cenderung bersih buat nih seri. Ngeliat ga perlu ngegali kuburan masal dan Nagomi ga nambah trauma baru.

Kaczmarek

Saya kira bakal ada baseball supranatural kayak episode klasik Running Man, tapi justru baseball yang normal-normal aja. Gaada yang mati, cuman ekspresi mereka lesu aja karena kalah sama Oink-Oink.

Beast Tamer 08

Kaczmarek

Ini ekornya Tania tenggelem di kasur atau gimana? Prelude episode sebenarnya kalo kalian gak mengindahkan masalah Gantz sama mantan pelanggannya yang ia usilin itu. Si Yuusha masih ngedendam kayak anak 12 tahun, sementara kita dapet orang aneh dengan tampang ikemen lagi yang suka ngepulin cewek cantik. Tapi rela sih Sora sama Luna dikasih ke dia biar nyisa dua di atas ini. Btw, Nina sama Stella kapan nongolnya?

Utawarerumono Futari no Hakuoro 23

Kaczmarek

Gaada opening dan ending mengisyaratkan episode ini bakal penuh momen serius. Menit terakhir yang bikin merinding, tapi kita belum kelar. YEP, BELUM KELAR! Berbahagialah mereka yang ingin berbahagia karena mungkin ini jadi kesempatan terakhir bagi mereka, dan juga mereka yang ada di dalem seri tearjerker ini.

Shichiriya sebenarnya dapet line kalo ngikutin game-nya, tapi mereka nge-cut ini demi dapet momen ekspresi time to perish ke Woshis. Yep, dia mati. Woshis masih tanda tanya karena ada di bunker saat ditembaknya Amaterasu. Dari mulai episode 24, mari kita mempersiapkan diri untuk lebih tegar dan gak ngasih ekspektasi besar soal hubungan Kuon dan Haku (Oshutoru), apalagi yang anime only.

Spy X Family 21

Kaptain

Yay, akhirnya masuk ke arc yang kepanjangan di manga, tapi harusnya pacing bisa lebih bener di adaptasi ini. Fiona are not okay dan ngeliat di keluarga juga ada yang bisa liat isi kepalanya, jelas dia bukan figur yang cocok buat jadi ibu.

Witch from Mercury 08

Kaptain

Dengan Vanadis sebagai basis, Miomio dah punya business plan, visi & misi yang bisa diterima kru, jadi ini dah lebih mendingan dibanding kebanyakan start-up. Tentu aja dia juga mesti belajar kalau regulasi cuma mihak yang paling kaya, so one Gundam size slap coming up. 

Ga terlalu khawatir sama loadout anti-gundam ngeliat kemungkinan besar juga data dari prolog udah ga relevan buat Aerial. Dari jumlah MS yang hadir juga kayaknya kita bakal dapet team fight.

Silakan nuduh saya dengan cocoklogi, tapi itu dialog Suletta dengan si ibu nggak nyaman banget. Kesannya kayak Prospera ngejalanin program biar salah satu bidaknya nurut daripada nasihatin si anak.

Tensei Shitara Ken Deshita 09

BlueHeaven

Wow, that was intensive. Animasi battlenya gila-gilaan sih. Untuk anime isekai yang ga banyak orang expect itu udah bagus banget. Ternyata sparing doang. Untungnya Amanda masih menunjukkan sikap keibuan. Fran bisa saya bilang naik level dalam pertarungan ini karena berani all-in buat sparing doang. Bahkan dia ga pakai bantuan Shishou sekalipun. GG Gaming. Semoga passive Amanda yang kepake pas disparing ga jadi death flag pas jelajahin dungeon nanti.

Bocchi The Rock 08

BlueHeaven

Stunning Bocchi. Gila, benar-benar gila! Naik turun episode ini tuh susah dijelasin sama kata-kata. Pertama soal typhoon. Gara-gara ini kita ga bakal lihat kemunculan keluarga Gotou. Ya, episode kemarin toh mereka sudah dapat jam tayang yang banyak. Perform lagu pertama yang dibuat gg di episode-episode sebelumnya itu hancur-hancuran. Bisa-bisanya dibuatin versi ancurnya, sampai fans Bocchi bengong. Nah, pas bagian keduanya… damn it Bocchi, mahakeri Bocchi the Rock dengan segala introvertnya. Ada sepersekian detik Bocchi ngeluarin keringat dan itu bagus banget. Sisanya, saya tidak perlu menjelaskan betapa kecenya penampilan yang satu ini.

Di episode ini lebih banyak karakter minor yang dapat scenenya. Mulai dari dua fans cewek pertama Bocchi, fans band lain yang awalnya ga peduli dan akhirnya bengong lihat Kessoku Band perform, sampai dua bapak-bapak yang ngebahas bininya selingkuh. Tidak kelupaan juga Hiroi, Tenchou, dan annoucer yang cantik seperti bidadari. Dipikir-pikir, that’s a lot of time. Tapi mereka bisa alokasiin 24 menit adil ke semua karakter. Kita-chan dapet spotlight di bagian namanya dipanggil, Ryou dapat jatah sedikit tapi efektif menunjukan betapa iblisnya dia, dan yang paling gg tentunya Bocchi dan Nijika.

Percakapan kedua antara kedua karakter ini yang menutup segala omongan mimpi Nijika dan mengungkap identitas rahasia Bocchi. At the end, she said it. Nijika, scriptmu itu: numero uno.

Episode ditutup dengan tirai hitam berlapiskan rolling credit dan lagu baru. Gila, dua lagu baru sekaligus dalam satu episode. Total 3 lagu kalau include lagu lama yang ancur di pertama tadi. Sakti sih sutradaranya bisa manage waktu dan jatah karakternya. Kalau Anda bilang ini episode terakhir BTR, maka saya akan bilang ini solid. Masih ada lagi lanjutannya minggu depan untuk season 4 BTR.

Kaptain

Sebagai seri Kirara saya pengen ngomongin K-On, seri yang terbit di 2007 yang juga soal band. Saya ngeliat Bocchi sebagai seri yang lebih berani ngajak pemirsa buat bermain musik sekaligus cukup tahu diri buat ngasih tahu tekanan finansial dan emosional dari aktivitas ini. Ini juga lebih karena sebagai seri yang lebih baru Bocchi bisa ngasih potret era sosial media dan bagaimana grup kecil-kecilan bisa masarin diri mereka. Singkatnya ada perkembangan dari seri Kirara yang ngeliat band sebagai aktivitas yang nyenengin ke aktivitas yang bisa dilakuin secara profesional secara dini.

Point is, saya tahu ini seri tuh salah satu big hitter nih musim. Pengen aja sebagai franchise nih seri dapat dorongan yang lebih gede ngeliat staf juga keliatan banget ngasih banyak nilai tambah buat nih seri.

Blue Lock 08

BlueHeaven

Akhir-akhir ini saya jarang nonton anime karena ngikutin piala dunia. Blue Lock boleh dibilang dapat momentum banget setelah Jepang menang 2-1 lawan Jerman. Tapi apa yang dibilang Ego menjadi perenungan yang harusnya dipikirkan oleh semua pemain bola bukan hanya anak didik Blue Lock. How to reproduce your goal. Jangan berpegang sama yang namanya luck. Ini yang terjadi juga pada Jepang real life yang kalah barusan 1-0 lawan Kosta Rika. Bicara episode ini, saya suka realisasi yang ditunjukan sama Kuon. Ga ada kata kembali untuk sampah yang berkhianat kepada tim sendiri. Trisula tim V terlihat OP, tapi harusnya tim Z bisa comeback di episode mendatang.

Dandadan 83

CTian

Have you seen this man on your dream? Lagi-lagi Yukinobu Tatsu you goat!!!” moment~ Nah ini nih baru horor absurd khas mangaka satu ini. Panel zoom-in muka Alien-nya itu lho, terus dilanjut dengan “spread page paling normal di Dandadan”.

Kecewa gelutnya abinya Chiquitita dan Alien penjajah baru tidak jadi. Tapi desain abi ini keren lho, scarf-nya ingetin saya sama Kamen Rider 1. Saya rasa memang itu sih referensinya, mengingat Yukinobu Tatsu itu maniak tokusatsu.

Balik ke cerita, ternyata Alien penjajah ini juga serang Momo! Semua anggota geng pencari bola emas diincar dan tebak siapa yang malah bakal bantuin mereka? Alien yang punya data bertarung mereka terus diambil, Serpoian! Ini sudah kayak alien turf war gitu yak, gokil. Eh berarti Sakata bakal diserang juga? Serpo belum punya data Sakata sih, tapi kan Vamola setidaknya tahu dia ikut geng pencari bola emas.

Belum jelas juga ini Vamola beneran ndak bersalah terus ada miskomunikasi sama Alien penjajah atau beneran serigala berbulu domba. Saya yakinnya sih yang pertama yak, soalnha Vamola ndak bisa bahasa Jepang, tapi Alien penjajah lain ini kok bisa? Nah di situ kayaknya kunci penyelesaian arc ini. Tapi itu juga belum berhasil jelasin kenapa sumber tenaga bajunya Vamola itu sebegitu menjijikannya.

Soal Serpo bantu Momo ya jelas karena dia pasti nggak mau “lapaknya” diambil Alien lain. Ini sudah kayak gaya-gaya cerita tokusatsu klasik, antagonis reguler nggak bisa kalahin protagonis, terus antagonis baru lah yang gantiin posisi mereka, di sini antagonis reguler nggak terima dan mau ndak mau harus lawan antagonis baru buat balikin posisi dia. Ya terus gencatan senjata deh sama protagonis sampai posisinya balik.

Tapi jujur deh, tujuan Serpo ini kurang lebih ndak jahat lho sebenarnya. Dia cuman mau bikin keturunan, saya yakin sebenarnya Serpo asli itu tinggal 1 yang bantuin Momo ini, sisanya cloning. Mungkin juga dia cloning yang mau lanjutin tujuan Serpo asli. Dia hanya Alien yang kesepian, walau caranya dia salah banget sih. Asli, saya nggak sabar gimana Yukinobu Tatsu bakal selesaiin ini.

Bagaimana serialisasi Dandadan ini masih mingguan itu benar-benar luar biasa sih. Dengan kualitas yang naik terus tapi jarang ambil week break, usaha mangaka ini harus diapresiasi banget sih. Untung kita bisa mengapresiasi langsung dan gratis pula, dengan baca ini di MANGA Plus. Jadi pastikan kamu baca di MANGA Plus juga. Sebutin coba situs atau aplikasi mana yang menyediakan manga ini lebih cepat dari mereka? Dandadan ini rilis di MANGA Plus setiap hari Senin jam 22.00 WIB kalau tidak break! Si paling cepat, yang lain kebanyakan re-upload hasil mereka saja pasti~

The Ichinose Family’s Deadly Sins 2

CTian

Hei lihat siapa yang komentarnya masuk hot comments di MANGA Plus lagi. Mitosnya, kalau komen dengan nama akun CTian ini masuk hot comments, serinya bakal jadi big hits! /nggak. Wah senang bisa masuk hot comments lagi, dulu sering banget tulis komentar di serialisasi Chainsaw Man dan berakhir di situ.

Kali ini serius, komentar di serialisasi Ichinose Family’s Deadly Sins ini di MANGA Plus sudah termasuk banyak lho yang tulis dan yang likes. Apalagi ini masih bab 2, bisa dibilang ini memang big hits baru Shonen Jump di pasar global. Buat Jepang? Lagi-lagi lebih dari 1 juta views di Jump+ buat bab 2-nya saja. Popularitas sudah ditangan kalau begini, tinggal kualitas karyanya saja harus tinggi juga.

Saya bilang juga apa, Taizan 5 ini memang suka banget masukin twist yang berkesan di tiap babnya. Jadi pasti sayang aja misal suatu saat ini sudah ada di kategori langganan rilis leak. Twist bab 2 ini wew sekali dan well draw banget. Okelah memang kelihatan Tsubasa ini tipe-tipe korban perundungan, tapi ini sekelas, dan tipe yang maklumin dia diapain saja gpp!? Oke, agak lain yak. Saya penasaran dosa apa sebenarnya yang dilakukan anak satu ini sampai layak dapat perlakuan kayak gitu.

Soal gambarnya itu, suka banget sama spread page ala kamera fisheye di bagian awal bab. Ndak heran kenapa Tatsuki Fujimoto rekomendasiin manga satu ini. Sama ya ini nih khasnya Taizan 5, kalau lagi mood wholesome gambarnya cerahh banget, tapi tiba-tiba mood dan gambarnya bisa jadi depressing banget  walau cuman beda 1 halaman.

Spread page Tsubasa yang dia dilempar tempat sampah sih yang gambarin apa yang saya tulis di atas tadi. Halaman kanan muka Tsubasa ceria terus lihat kiri langsung sampah yang menjijikkan. Masuk manga’s panel of the week? Tentu saja! Kayaknya asik juga kumpulin panel kino di manga ini.

Sesuai komentar saya di MANGA Plus di atas, saya sebenarnya penasaran banget sama masalah anggota keluarga lainnya. Semoga bab selanjutnya sudah kasih POV anggota keluarga lain atau mungkin manga ini mau bikin 1 POV itu jadi 1 arc? Patut ditunggu ini sih! Serialisasi The Ichinose Family’s Deadly Sins bisa dibaca di MANGA Plus yak, gratis, dan langsung mendukung serialisasi sekaligus mangakanya!

Neural Cloud

Kaptain

Dah rilis resmi. Saat artikel ditulis masih di 4-11 ngeliat ngapain sih buru-buru ngeliat Pierides juga belom drop. As usual saya perlu komplain sama deraan monetisasi awal yang tentu aja ngasih paid SSR. Suka apa nggak juga jadwal banner berubah ngeliat kita dapet Kuro Desember nanti dan Battlepass pertama dapet Hubble, bukan Croque. Ini juga yang ngebuat saya ga berani ngeroll lebih lanjut walaupun aman berasumsi kalau Hatsu harusnya antara akhir Desember atau awal Januari..

Rilis yang “bersih” bila dibandingin sama perilisan baru-baru ini. Performa awalnya cukup oke ngeliat kita dapet bonus top ranking di store.

bukan_randy

Game autochess pertama saya, tapi untungnya saya bisa kelarin sampai 4-15 tanpa perlu baca guide selain satu dua beginner/starter guide, dan saya sangat suka itu mengingat kebanyakan mobage saya drop ketika saya mulai kesusahan main tanpa baca guide. Speaking of which, di sini juga sangat ramah dengan failure state karena stage yang gagal dimenangkan bisa diulang lagi sampai 10 kali tanpa ada penalti apapun, jadi saya masih bisa otak-atik trial & error tanpa pusing stamina kemakan atau semacamnya.

Saya juga suka playtimenya benar-benar bisa sesingkat ataupun sepanjang yang saya inginkan karena untuk daily bisa selesai dalam 5 menit, tapi saya bisa juga mainin story, endless exploration, & enigma black hole tanpa pakai stamina sama sekali. Saya tetap sarankan seenggaknya ngelihat guide untuk tahu fitur mana yang bakal kebuka di stage mana, karena sampai 4-14 saja masih buka tambahan fitur-fitur yang ngebantu naikin karakter-karakternya.

Rada nggak percaya gamenya bisa jalan selancar ini mengingat GFL beberapa tahun ini terkenal dengan spaghetti code-nya.

Moga-moga Chapter 5 besok masih sama serunya.

Fate/Grand Order

Kaptain

Ngerti saya sekarang kenapa spoiler dikit banget buat nih Singularity. Ini karena yang buat di-spoil juga ga ada. “Here’s Douman, dalam 15 section Kintoki bakal ngubur kapak dia ke muka tuh orang”. Paling nggak karena ini Sakurai yang megang Guda/ko diijinin ngelakuin sesuatu. Ga ada minat sama banner. Ini juga Januari udah deket buat Artsloop Saber.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: denkiusagi