[JOI Spotlight] Gourmet Edition

February 5, 2023 19:13
[JOI Spotlight] Gourmet Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka Februari 2023 ini. Selagi menunggu hari kasih sayang mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre S2 04

Kaptain

Jadi sumber perkara nih kasus tuh bukan karena siluman, tapi karena Masayuki aja yang memang dah nasib narik pasangan yang kurang beres. Menarik aja ini Kotoko lebih peduli sama risiko pasangan kita ini beranak dan bukan ngejalin hubungan yang bisa aja pendek, karena sekali lagi, Aoi Yuuki dingin itu bukan pasangan yang aman.

Benriya Saitou-san 04

Kaczmarek

Liliza is here, Gibre si bisexual is here too. Gausah ngomongin Monpui ya karena ini orang udah makan pahitnya pasca mencoba gangguin Saitou. Flanril vs. Raelza adegannya dicepetin demi ngejar checkpoint di arc berikutnya, atau saya bisa bilang “fanservice Raelza”-nya. Ah yes, Raelza itu anaknya Morlock. Paling enggak sampe sini.

BlueHeaven

Ninja yang nyerang lewat bayangan ini bahaya juga. Kukira mati beneran perdana menteri sama maou, ternyata masih bisa respawn. Kakek yang bawa staff gede juga langsung give-up. Entah bakal balik lagi atau ga.

Mononogatari 04

Kaczmarek

Tentu saja ini mengarah ke perjodohan. Sejak beberapa frame terkait barang-barang seserahan pernikahan terungkap, sudah jelas Botan terperangkap dalam skema perjodohan ini. Kasian kandidatnya yang saat masih SD, SMP, sama SMA. Namun kandidat masa kuliah yaitu Hyouma sendiri masih dalam pertimbangan, apalagi ini anak juga bebal kalo soal cinta. Sekarang tiap mereka berdua, semerbak dijodoh-jodohin bakal makin kuat. Apalagi Haori ngebet banget ditambah Yuu lagi mode monitoring.

Ningen Fushin no Boukensha-tachi 05

Kaczmarek

Tiana dapet flashback sama senseinya dulu, Velokkio. Ini episode bikin saya kesel gegara Velo gabisa berhenti ketawa terus. Kayaknya kegiatan mikir di dalam kepalanya jauh lebih menarik daripada di luar itu. IQ-nya Curran keknya makin naek pasca dikasih makan. Sementara Kizuna malah kayak Curran awal-awal dateng.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 18

Kaczmarek

Ini skenario orisinalnya kepake banget dan cukup bagus untuk jadi jembatan antara tiap konflik. Yang paling terlihat tentunya saat Beatrix ngobrol secara kaku ke Cid. Kalau bingung kenapa Beatrix gak nyariin keponakannya: Alpha, dengan usaha yang lebih, bisa dibilang dia ini airhead dan cuma pengen tahu keadaannya tok. Downside di episode ini masih di lingkungan saudarinya Cid yang digambarkan tanpa ekspresi padahal di novelnya udah terdeskripsi kalau wajahnya kayak yandere.

BlueHeaven

Hei, kakak adik di satu kamar sedang bergulat. That’s yabai. Kita butuh adegan Claire lebih banyak.

DanMachi IV 16

Kaczmarek

Welf akhirnya nyelesein itu adamantite sword. Di satu sisi, saya bingung kok dua rekannya punya tameng yang sebelumnya gak mereka pegang sama sekali. Ini ngambil darimana? Padahal gak ada mayit di sekitar mereka seperti yang dilakuin Bell dan Ryuu. Iya, Bell sama Ryuu terpaksa melucuti segala benda yang nempel sama tengkorak di level 37. Selain untuk nambah material untuk bertarung, juga untuk nambah fabric buat Ryuu yang dikit lagi bisa bugil kalo disuruh jagain Bell lagi. Thank goodness.

Spy Kyoushitsu 05

Kaczmarek

Ini jatohnya flashback, terutama ke sebelum misi utama. Masih fokus ke gimana menaklukan Klaus namun dengan cara yang gak spy-spy amat. Makanan, birahi, dan bukan soal mandi lagi. Thea jagonya kalo urusan birahi, terutama saat ngajarin Lily. Umurnya si teaser ini juga gak jauh sama Klaus yang terpaut cuma dua tahun, sama kayak Grete. Kemudian kebiasaannya Anett yang sekarang jadi magnet bagi Elna. Slapstick badge udah pasti kepake di karakter itu.

BlueHeaven

Yang namanya Thea diciptakan untuk hawa nafsu semata. Fans servicenya kali ini tersebar lebih banyak ketimbang episode-episode berikutnya. Lily juga made for ehem, tapi polosnya duh.

Jeleknya episode ini masih muter di flashback. Persis ini adalah prediksi awal saya soal kemana cerita anime ini akan dibawa. Jadi sia-sia build up ngebut 3 episode pertama. Episode 4 ngasih spotlight ke Fool ga masalah, tapi kalau minggu depan masih begini masih bisa ngerti sih dikasih 3 jatah episode flashback. Cuma ya gitu, hype turun tiap minggu kalau begini trus. Kecuali ada sesuatu yang bener-bener worth it di flashback misalnya Klaus akhirnya kalah.

Isekai Nonbiri Nouka 05

Kaczmarek

Seri ini jadi satu-satunya di musim ini yang bakal bikin saya ngiler soal makanannya. Entah kenapa demen sama penggambaran proses masaknya, kayaknya kalo ini dapet fokus gourmet bakal laku juga. Rumah baru Machio juga udah jadi. Selain kamar pribadi, juga ada kamar spesial yang dikasih pengunci dari luar. Yak dari luar. Sebagai kades (soon to be lurah) harus ada aturan baru bahwa bikin anak juga harus diatur di saat bahan makanan belum mencukupi semua. Minimal setahun dua anak sih biar yang ngurus juga bergantian. Ah iya, Kuro ini jago apapun dan kayaknya jadi makhluk ter-OP di desa ini setelah daun ketumbar.

BlueHeaven

Di episode ini ada poin penting yang benar-benar bisa puasin saya. Yang pertama melihat Zabuton bobo. Itu imut banget. Kalau ada bantal Zabuton mungkin jadi barang yang layak dibeli. Ru juga cakep banget dengan model dewasanya. Asli, inilah Ru yang idamkan sebagai istri terbaik. Ya, meski main catur kalah sama Kuro.

Ars no Kyoujuu 05

Kaptain

Ini mob gunung toleran bener. Then again ya peradaban kayak gini bakal mastiin mereka yang nggak sopan bakal nggak bisa tumbuh dewasa dan beranak. Baguslah ini ada penjelasan kalau tiap peradaban punya sistem Paladin mereka sendiri.

Revenger 05

Kaptain

Ada yang kaget anggota yang kurang beres macem Nui latar belakangnya dari sirkus? Ini sistem pembayaran nyatanya ya bisa dicurangin dan emang ini grup mau nolerir kecurangan Nui ngeliat nih sirkus emang bermasalah internalnya. Ya itungannya biar ga ada gangguan lagi dari pemilik yang jelas bakal ga nyerah mau beli Nui.

Sen no Kiseki 05

Kaptain

Ah Zemuria, ga bisa jalan tanpa nylungsep ke dungeon. Sesuai prosedur ya party perlu mancing buat ngelengkapin log, biar bisa ngebuka orbment eksklusif/mats buat final weapon. Ini juga kriteria misi sukses cetek banget. Jelas bakal ada yang diminta tanggung jawab nanti pas ga ada di laporan kalau Rean punya Oni mode. I told ya about the delay craft bruh.

Then again ya kalau agen selevel Altina tahu tim Lavi dateng sebagai mata-mata tentu aja dari awal mereka emang diijinan keluyuran Erebonia.

Kaikou Sareta Ankoku Heishi 05

Kaczmarek

Bener-bener konfliknya bakal penuh sama urusan domestik sampe Dariel dan Marika tutup usia di desa ini. Mithril blacksmith udah dalam penanganan Smith (no pun intended). Masalah sama Fitobitan juga minimal part pertama kelar, walau ini karakter emang kudu dikasih tindakan represif dulu sampe sadar. Namun dia belum berubah juga, jadi masalah berikutnya bakal muncul dari Central Guild selain dari demon. Kalo pace-nya disesuain, adaptasi ini bisa diselesain di bagian Bashbarza.

BlueHeaven

Kan dibilang juga apa, predicted plot tiap kali ada antagonis muncul. Sengaja banget naruh pelayanan kipas di akhir. Wee, akhirnya our boy touch the heaven. Congrats.

Otonari no Tenshi-sama 05

Kaczmarek

Jadi skenarionya dituker di episode keempat dan kelima. Peristiwa di dua episode ini dituker secara non kronologis, tapi tetep masih bisa dapetin porsi kedua orangnya Amane walau dialognya kena jagal. Sekali lagi episode yang penuh glukosa, apalagi saat Shiina bobo’. Sneaky Mahiru also is a drug.

BlueHeaven

Bapaknya Amane souless banget. Bedanya bagai bumi dan bulan dengan emaknya. Mahiru tiap minggu ngasih damage ga ngotak. Sendirinya kena juga. Ekspresinya pas nutup mukanya di akhir episode kurang lebih sama kayak penonton yang ga tahan kemanisan fantasi ini.

Saikyou Onmyouji no Isekai 05

Kaczmarek

Mohon maaf Amu, Efa itu stacked udah karena keturunan bukan karena pertumbuhan sedemikian rupa. Agak aneh ngeliat Seika saat dia gak sadar kalo itu Kyle versi buff. Iya, si petarung misterius dengan mata terkutuk itu Kyle pasca dilempar ke prajurit sama ortunya. Sekali lagi, yang dibilang Yuki kalo Seika mulai lengah di sekolah ini udah jadi pertanda jelek untuk momen berikutnya. Maybell akhirnya dikenalin dan lagi-lagi dengan ill-mannered behaviour. Masih menanti Lize si elf yang baru nongol di paruh kedua.

BlueHeaven

Wow, they added a new character on this point. Entah kenapa mungkin karena anime Shadow-sama lagi di arc turnamen, jadi agak kurang hype ngelihat turnamen beginian lagi. Palagi cara Seika nyelesain musuhnya kurang lebih sama. Sat set sot kelar.

Maou Gakuin II 05

Kaczmarek

Rumor dan cerita, makin tersebar maka makin terbentuk wujudnya. Misa terbentuk dari beberapa part arwah, demon, manusia, dan jenis lainnya. Loh ini Avos siapa dong? Seperti kalimat pertama, wujudnya adalah pinang yang terbelah dua dengan Misa, namun tujuannya macam Hakuoro sama Dii di Utawarerumono. Beberapa bagian skenario royalist di episode ini kena potong juga, namun agak kurang sreg sama penggambarannya Emilia disini. Paling enggak emak bapaknya Anos bisa berkontribusi lebih ke cerita (lagi) lewat Emilia.

BlueHeaven

Episode kali ini far far better than any other episode in this season. Nah, gitu dong pacingnya. Ga tiba-tiba Anos ketemu karakter ini, entah dari mana langsung ngelakuin ini, pindah tempat, dan begitu terus selama satu episode. Mungkin juga karena mereka ngangkat cerita lama ke episode ini jadi bisa lebih enjoy ngikutinnya. Setidaknya untuk pertama kali saya bisa nonton Maou Gakuin tanpa harus melotot dan bolak balik lihat referensi karakter kalau masih ga ngerti ini siapa yang tiba-tiba muncul.

Trigun Stampede 05

Kaptain

Update buat Monev the Gale yang di seri sebelumnya tuh speedbump doang. Saya bilang update tapi ini lebih akurat ke manga-nya ngeliat latar belakang Rollo yang terpaksa jadi prajurit anak. Sekalian ngasih petunjuk yang lebih eksplisit buat tim kalau Vash udah sangat lama merantau.

Eiyuuou 04

BlueHeaven

Cara mereka menyingkirkan karakter mama membuat saya cukup speechless. Lah, lagi-lagi begini, tapi mengapa? Lebih speechless lagi saya kalau karakter mama malah diganti jadi peri mungil. Lah, terus yang katanya ga ada undo malah dibuat transform ke bentuk lain dong. Speechless.

Koori Zokusei Danshi to Cool na Douryou Joshi 05

BlueHeaven

Akhirnya setelah menghabiskan 4 episode, mulai ada titik terang bagi karakter pendukung dalam anime ini. Ga tanggung-tanggung, langsung dikasih lihat progress dari dua couple sekaligus. Saya curiga, ini bukan kantor buat tempat kerja, melainkan buat tempat cari jodoh antara manusia dan siluman. By the way, terima kasih sudah menunjukkan Fuyutsuki dengan baju sekolahnya.

Kubo-san wa Mob Yurusanai 04

BlueHeaven

Ah, valentine. Dikit lagi sebenarnya episode ini bakal barengan sama momen tahunan itu. Ya, lumayan lah jaraknya lumayan dekat. Momen henshin Shiraishi juga terekam dengan baik di ponsel Nagisa.

Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi 04

BlueHeaven

Hohoh.. Ternyata ada progress juga anime satu ini. Kukira Mukouda bakal jadi chef jalanan seumur hidup. Masih dikasih kesempatan buat mencoba melakukan sihir toh. Episode ini juga udah ngasih tease buat karakter yang bakal muncul, Goddess dan slime. Ga sabar melihat mereka debut.

Tenten Kakumei 05

BlueHeaven

Visual impresif. Yurinya overdosis. Anis dah kena tempel kutukan naganya, bakal dijelasin mungkin di episode mendatang.

Bofuri Season 2 04

BlueHeaven

Minggu lalu dikasih CG, kali ini balik ke waras. Tolong lah konsisten. Bofuri itu ibarat MU. Udah ga lucu karena membaik. Tapi Bofuri baru recover satu episode. Last battlenya bagus banget dan beginilah seharusnya main game.

Hyouken no Majutsushi ga Sekai wo Suberu 05

BlueHeaven

Saya kembali mengangkat anime ini karena minggu ini berhasil menampilkan episode yang benar-benar worth it. Meski visualnya emang kelihatan dan mentok segitu, plot yang ditunjukkan sama episode kali ini benar-benar rapi. Ga kayak episode satu yang spam perkenalan, seiyuu yang tidak ada jiwanya, yang kali ini tampil dramatis. Cara mereka menyelesaikan pertempuran yang belum selesai kemarin terus masuk ke flashback itu sangat cantik. Dan gimana mereka melt chara shishounya ditambah bangsawan tengik yang rambutnya aneh itu jadi ganteng. Holy shit, people change so fast, and that’s why I love it.

Shin Shinka no Mi 04

BlueHeaven

They finally said it, huh. Akhirnya ngaku juga kalau ini adalah spin-off dari Jojo di ending. Kukira episode kemarin dua utusan jahat sudah masuk ke akademi sihir, ternyata masih ngeteh toh.

Tsundere Akuyaku Reijou 04

BlueHeaven

Owalah ternyata emaknya Fiene toh. Panjang umur, kirain villain dari mana. Saya sama kagetnya seperti karakter dalam animenya. Bisa-bisanya ada plot Liese-tan saudara kandung dengan Fiene. Ini Sieg kalau dikasih slot satu pernyataan bebas lagi pasti nanyanya: “What is Yuri?”

Di sisi lain, Kobayashi sama Endou akhirnya ngedate. Kobayashi cakep sepanjang episode terutama bagian ini. Tapi kalau versi pas lagi megang stiknya lebih bahaya lagi sebenarnya karena asetnya digambar begitu rupa. Endou ternyata cukup gentle buat ngungkapin terus terang ke pasangan komentarnya. Eh, omong-omong mereka udah jadian belum sih?

Blue Lock 17

BlueHeaven

Isagi sudah sering memperlihatkan revolusi yang terjadi dalam dirinya selama bertanding. Plot kebobolan lebih dulu terus Isagi berubah jadi monster sudah terjadi berulang kali. Tapi di episode ini saya bisa puas banget bagaimana Isagi memanfaatkan Barou yang tak berguna itu untuk kepentingannya. Chigiri juga sudah menunjukkan perubahan, tinggal Kunigami sama Reo yang masih belum ada progress terlihat.

Roukin8 05

BlueHeaven

Nih anak ditinggal bentar udah ngide parah. Mana ada karakter isekai selain Mitsuha yang bawa proyektor dan mic buat acara sweet seventeen di isekai? Niatnya buka toko kelontong malah jadi EO. Tujuan hidupnya perlu dipertanyakan ini? Setidaknya bisa melihat tuan putri tampil menawan di hari besarnya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Make strat Hoshi di risk 18 jadi challenge utama gue di CC ini. Mau nyoba aja dan gak terlalu bergantung sama si Mudrock. Cukup riskan untuk make all sniper, tapi berhubung ada Archetto mungkin bakal nyoba cara yang sama di CC deepness sebelumnya.

Blue Archive

Kaptain

Saya harap akun kalian pada ga rusak karena gagal ngeroll S.Hoshino. Banner 3 hari aja ya biar kalian inget ini Nexon yang megang. Dengan ini dah aman deh nyetok spark buat Himari nanti.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Melon