[JOI Spotlight] Comiket Final Day Edition

August 13, 2023 20:51
[JOI Spotlight] Comiket Final Day Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang tepat di akhir Comiket 102, jadi saat artikel ini di-post harusnya karya fans yang asyik sudah rilis semua. Selagi menunggu mari kiat simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang akan hadir minggu ini.

Mushoku Tensei II 05

Kaczmarek

Linia dan Pursena akhirnya bisa keliatan jelas. Sylphy aka Fittz juga masih ngejaga identitasnya di depan Rudeus. Tunggu sampai momen di hutan diadaptasi untuk ngeliat Rudeus kaget. Elinalise meanwhile bertemu dengan masa depannya di usia ke-??????. Ini momen pertama dari sejarah di dalam karangan ini, jadi saya cuma bisa senyum-senyum sendiri.

Eiyuu Kyoushitsu 05

Kaczmarek

Maou-nya masih 5 tahun, Maria-nya udah legal. Jarang-jarang denger Sarah Emi Bridcutt ngisi karakter penting kayak doi. Karena 5 episode awal ini masih fokus sama character arc, masalah utama dari Blade sendiri masih dititik beratkan di masalah sisi manusianya. Perlu ada episode atau segmen khusus sama dokter/suster UKS akademi ini.

Yumemiru Danshi 06

Kaczmarek

Episode yang isinya material kaderisasi. Komite atau OSIS? Wataru kasusnya kayak Hachiman? Nah enggak sejauh ini. Paling enggak dia gak nge-edgy walau idealisnya kian luntur. Oiya, debutnya Fuuka! Anak kuliahan yang tampaknya masuk dalam kategori perempuan yang pengen Wataru pacari/kasihi disini. Tapi Wataru kudu nyadar ada sisi childish yang udah tebel banget di wataknya.

Okashi na Tensei 07

Kaczmarek

Kalo kelupaan kenapa ini anime udah episode 7 aja, inget gak kalo dua episode pertamanya langsung diriliss barengan? Yep, Pastry yang mencoba keluar dari skema perjodohan karena ngerasa masih muda dan punya banyak waktu buat bebas, kini harus masuk jurang perjodohan sama Licorice. Untuk ukuran heroine, Licorice belum nampakin personality aslinya ke penonton. Tapi langkah perjodohan ini jadi salah satu langkah Licorice untuk masuk spotlight. Gak sabar Marcarullo sama Luminito nge-react berita perjodohan ini.

Spy Kyoushitsu II 05

Kaczmarek

Finally, fokus Monika. Datang dari keluarga artsy, yang kian terpinggirkan di tengah perang dan Monika putuskan hengkang ke militer kemudian jadi mata-mata. Kirain bakal full flashback hingga Klaus ngasih dia misi buat nyari info terkait praktek mayat. Please jangan di-skip skenario berikutnya di untuk episode 6. Terlalu singkat kalo Monika dapetnya gini doang.

Nanatsu no Maken 06

Kaczmarek

Akhirnya misi pertama kelar dan volume pertama juga kelar. Oliver sudah nunjukin intensi sesungguhnya bareng Sherwood kolega. Target empuk kayak Darius tanpa bantuan enam target lainnya jadi korban pertama. Sisa enam: Frances, Vanessa, Esmeralda, Enrico, Demitrio, Baldia.

Sekali lagi, misinya di Kimberly juga bukan serta merta balas dendam. Tapi juga mencari pengembangan dirinya + nyari the real friend. Festival ciuman akhirnya berlanjut juga bareng Katie yang kini udah mulai nemuin jalan baru walau sempat bersifat timid awalnya. Nanao bikin spellblades sendiri ini yang jadi misteri. Dapet info insider kalau produksi musim ini udah kelar dari bulan Juni, yang dimana cukup bikin saya heran karena ini JC Staff.

AI no Idenshi 06

Kaczmarek

Dua arc, dua fokus. Satu sebagai robot pekerja (dan pembelajar), dan satunya untuk ekspresimen jadi anak didik. Ini episode yang jatohnya filler karena gaada yang punya keterkaitan besar sama Hikaru. Tapi episode ini memperluas teknologi AI dipake juga di berbagai bentuk dan gak cuman humanoid.

Liar Liar 07

Kaczmarek

Gak ngira Sarasa juga berisi disini. Kompetisi sekolah dimulai dan kini Hiroto harus ada di dalam grup yang dua anggotanya gak berada di genggamannya. Shinji beruntungnya didesain gak seperti pahlawan kesiangan, dan Nanase gak cuma “OK girl” dibalik kalimat suportifnya. Penjelasan game-nya kembali dibuat sederhana dan ini butuh di-replay beberapa kali kalau gak nangkep satu info yang dijelasin Shirayuki secara runut. Sekarang ada masalah Sarasa jadi tiga. Apa lagi ini?

Temple 06

Kaczmarek

Sejak kapan Chisa debut jadi model? Wkwk i know, i know. Episode dengan Kurage yang lebih memikirkan masa depannya daripada kedua kakak dan kedua tamunya. Modal Akagami bisa masak jadi poin plus tersendiri, sekarang Kurage kudu belajar hal lain untuk nambah faktor + jadi istrinya Akagami.

Meanwhile latihan jadi headpriest dimulai dengan situasi yang gak enak. Yuzuki dipaksa ngelarin program ini dalam tiga bulan menurut Houan.

One Piece 1072

Kaptain

Budget masih banter jadi ya masih lanjut nonton, coba aja ini sama 1071 tuh tayang barengan buat penayangan spesial sejam. “Aku nggak akan jatuh sebelum kalian!” sure Kid, terus aja bacot kayak gitu. Again masih seneng sama kualiats animasinya, cuma ini SFX nyantai dikit gimana.

Zom 100 05

Kaptain

Timelinenya emang masih belom jelas. Tapi ini udah sampai poin di mana militer dan pusat populasi lain milih buat hunker down, dan beberapa orang masih aja nekat pake transportasi publik di apocalypse kayak gini. Menarik juga ini bilang secara spesifik kalau cuma Jepang aja yang nggak aman.

Jadi Zombie Hiu kayak gini udah jadi faktor. Bukan masalah binatang bisa jadi zombie, tapi ada sistem simbiosis yang bikin kombinasi kayak gini ada. Disyukurin aja deh Shizuka jadi cukup melek kalau strategi waras dia nggak efektif. Kalau ini masih pake ritme 2 bab per episode harusnya kita bakal ketemu anggota keempat episode depan.

Girls Frontline

Kaptain

Di luar Symphony No.9 emang map UX ga susah amat. Suomi Mod + Sniper Fairy juga nge-counter mayoritas deathstack. Sisanya ya puzzle map yang solusi dasarnya bisa nyontek. Komplain ya seperti biasa farming mapnya agak jauh.

Ini emang campaign-nya ngambil risiko banget. 95% cast soalnya karakter baru semua dan untungnya ketiga protag tuh bagus eksekusi ceritanya. Pilihan bagus juga sih baru ngebuka perspektif cerita lain di akhir biar bisa tetep fokus sama plot Operation Eclipse yang dikacauin (in our favor) sama Erma. For once kita yang masang jebakan dan bisa efektif buat nipu Paradeus.

Ini bukan berarti node cerita latar di akhir ga bagus, ngeliat bagian Rugosa, Catherine, dan Pavel tuh emotional beat-nya bagus banget. Jujur aja kecuali kalian alergi banget sama world building, itu nodes ngasih banyak banget konteks menarik.

Nyentil dikit sekuelnya, 4 juta prereg nyampe dan OBT CN mulai September nanti.

Arknights (Global)

https://twitter.com/yukataro/status/1688885724953919488?s=20

Kaczmarek

Langsung ke re-run Invitation to The Wine. Baru inget belom nyelesain sampe EX-8 gegara dulu masih gak ngerti mekaniknya. Sekarang pake meta operator udah bisa dilibas. Kroos alter skin-nya juga wajib dibeli sih.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: syatey_12