[JOI Spotlight] Gamer Cats Edition

July 30, 2023 21:12
[JOI Spotlight] Gamer Cats Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di akhir bulan Juli ini. Mari kita simak impresi para staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha 04

BlueHeaven

Ini mata saya yang jereng atau yang buat animenya udah males buat ngerjain proyeknya? Itu MC warnain rambut ga ada bedanya before after. Udah gitu desain MC sama side chara mirip pula. Kadang saya meleng dikit udah lupa siapa MCnya.

Beralih kalau kita ngomongin audio, itu BGMnya membawa suasana saya sebagai penonton seperti lagi main VN. Kebayang banget sensasi main VNnya dengan BGM yang diputar apalagi pas Sajo makan di luar bareng komite moral. Ditambah lagi isi anime ini bacotan yang kadang tidak ada isinya. Puas dah tuh suara ga ada yang nyampe ke hati sama sekali.

Inti dari episode ini simpel. Masalah rambut Sajo yang ga ada bedanya modelnya sama side chara. Bahkan udah diwarnain pun tetap ga ada bedanya. Sekian kebodohan mingguan dari anime ini.

Kaczmarek

Gue ngakak tiap adegan panoramic yang ngeliatin banyak mob chara dan bagian tiap karakter naik tangga atau lagi lari/jalan. Ngingetin gue momen PowerPoint-nya Ningen Fushin. Gokumi x Axsiz need to a get a grip, because i don’t wanna see another failure from them. Gokumi sama Axsiz sendiri juga ngerjain isekai vending machine yang kualitas animasinya lebih baik sejauh ini.

Nier Automata 9-12 [End]

Kaptain

Pake Weight of The World versi Inggris buat credits. Ini juga usil banget ruang “rahasia” di Copied City yang sempat bikin ribut fanbase jadi nyata di sini. Pada dasarnya twist khusus nih anime tuh via ngubah siapa karakter yang terlibat dalam plopoint penting gamenya. Jadi kita dapat Adam sebagai final boss Route A & B, dan buat Route C dan seterusnya ada flashforward di akhir soal siapa yang bakal terlibat di route sisanya.

Saya liat ini sebagai adaptasi yang ideal. Ngasih banyak nilai tambah untuk fans seri sebelumnya dan punya kualitas produksi yang mumpuni walau ya nyatanya molor banget rilisnya.

Eiyuu Kyoushitsu 03

Kaczmarek

Cu akhirnya muncul dari wujud naganya. Beruntungnya dia cuman bermain sebagai “anak” daripada heroine di antara Sophie dan Earnest. Agak kaget juga ngeliat Claire dan Jessica pindah kelas. Gue masih keheranan Actas mau balik ke TV Anime Series buat ngerjain seri ini.

Mushoku Tensei II 03

Kaczmarek

A whole good episode, walau bagi pembaca novelnya ngerasa ada yang ketutup. Yep, Sara dibuat lebih benci ke Rudeus disini dari yang digambarkan di novelnya. Ini keputusan yang cukup sulit bagi staf dan Rifujin-sensei sendiri untuk ngasih acc untuk make skenario ini. Tapi kalo ini bisa diadaptasi sampai selesai, tenang aja bagi fans Sara. Just wait for it.

Can’t wait Soldat to f*ck Elinalise with current condition. Rudeus juga berpengaruh gede ke Elinalise dan Soldat pasca ini. Jadi nikmatin aja dulu momennya.

Kaptain

Ada yang gagal berdiri.

Spy Kyoushitsu 03

Kaczmarek

Khusus episode ini, saya kayak nonton seri yang disutradarain Akiyuki Shinbo. Dialog dan monolog ini isinya daging semua. Gak kepotong-potong kayak bagiannya Sybilla dan Lily di musim pertama. Nampaknya mereka taubat, tapi kayaknya terlalu cepet untuk ngeklaim itu. Bagian Monika dan Thea berusaha ngebuka kartu satu sama lain bikin episode ini jadi yang terbaik dari adaptasi musim pertama hingga sekarang.

Higeki no Genkyou 04

Kaczmarek

Pride sekali lagi butuh persiapan di tiap langkah yang bakal dia pijak karena tiap dia ngambil keputusan, dia udah melawan kodrat di dalam game ini. Sementara Arthur akhirnya terungkap sebagai anaknya Roderick sekaligus calon ‘pemenang’, Stale lagi ngebangun kecemburuan di masa belianya. Pride kudu inget bahwa Tiara bakal kehabisan kandidat kalau charm yang dia pake justru ngelumpuhin laki-laki lain yang udah jadi kandidat di dalam game ini.

BlueHeaven

Touchy episode. Saya suka mereka pakai semua durasi episode ini buat fokus after climax arc ini. Momen harunya dapet dan Pride bisa memuat saya yakin untuk nonton perkembangan dia sampai tamat.

Nanatsu no Maken 04

Kaczmarek

Oliver dan Nanao meltdown di volume pertama gak di-skip di animasinya, jadi saya bisa kasih apresiasi lebih. Ditambah lagi animasi pertarungan yang gak J.C. Staff banget. Terakhir mereka make begini pas ngerjain Railgun T dan itu cuma di satu episode. Richard Andrews jadi salah satu antagonis yang bisa ke arah ally di pertengahan dan akhir cerita, seolah kayak Draco Malfoy. Namun tentunya ini bukan carbon copy Harry Potter yang kayak dibilang anime-only watchers.

AI no Idenshi 04

Kaczmarek

Implan ini efeknya jadi kayak post-nut-clarity buat para humanoid. Tapi dari yang dipermasalahkan disini justru gimana para humanoid pengen kembali ke sisi manusianya. Dengan pake implan kayak gitu, otomatis sisi kemanusiaannya juga ngilang. Otomatis efeknya kayak Hide-Kayo disini. Gaada minat, gaada kecemburuan, gaada tarik-ulur. Solusi positif di saat lingkungan yang udah negatif jadi kenormalan sendiri.

Temple 04

Kaczmarek

Sayang ini gak konsisten bikin asetnya Yuzuki di satu size yang sama. Skenario win-win karena Houan juga bersekongkol sama Kiki untuk ngetes Yuzuki dan Akemitsu. Tentunya bakal ada pertanyaan siapakah Aoba Daisoujou disini. Paruh kedua di episode ini juga nunjukin Yuzuki punya pervert side walau masih dalam kondisi tertutup di beberapa momen.

Liar Liar 05

Kaczmarek

Episode yang enam menit awal kudu fokus merhatiin dialog karena dari animasi penjelasan game dan skill-nya yang jujur kurang informatif. Banyak yang ngebingungin selain hal itu sih, cuma bagian Noa ngiket tangannya Shirayuki ini juga “mudah banget” dari yang gue bayangin.

Shinigami Bocchan 15

Kaptain

Menarik juga si hantu dapet jatah 2D, kayaknya di sumber materi masuk filler tapi ini emang relevan sama tema pernikahan nih episode. Metode penyembuhan kutukan gagal walau konsep dan sumbernya udah dikonfirmasi. Paling nggak dengan ini ga harus dapet tagihan walaupun sihir Zain pasti bakal kepake di nih arc.

Blue Archive

Kaptain

Yey, perang. One of these days Schale bakal punya pasukan sekuriti sendiri biar insiden di awal ga terjadi melulu. Bela-belain banget semua murid dari yang resmi sampe mob dapet peran. Saat artikel ditulis global masih di phase 2 jadi sanctum terakhir paling ya baru diomongin minggu depan. Pada dapet Mika kan? Kecuali emang mau hemat banget buat NY Kayoko, sama double feature Toki & Nagisa.

Neural Cloud

Kaptain

Yey, perang [2]. Lebih fokus ke para karakter yang sempat terlibat sama kasus Rossum, terutama pasangan ibu-anak tertentu. Ini campaign yang suka dibandingin sama Singularity di GFL cuma ya untung build-up jauh lebih bagus dan secara pribadi emang demen saya liat development para karakter yang dah jadi veteran, bukan sekedar survivor. Ngeliat mob Oasis aja dapet peran & glowup.

Ngeselin aja ini handling minigame jelek dan mesti agak jauh mainnya sebelum buka farm map lanjutan. Masih di 13 dan pelan aja mainnya sambil farming buff.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Dapet Lin di 20 rolls dan saya langsung gak lanjut narik lagi. Masih nunggu Yato alter di acara berikutnya. Karena gak terlalu ngarepin dari operator lain, saya jadi nikmatin cerita di tiap chapternya. Masih ketahan sama Ya dan peraihan medalnya yang agak nyusahin.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: sawkm1