[JOI Spotlight] A Long Fall Edition

August 6, 2023 20:15
[JOI Spotlight] A Long Fall Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka bulan Agustus. Mari kita simak impresi para staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Jujutsu Kaisen 28-29

Kaptain

Sesuai janji ngangkat lagi kalau momen gede terjadi, yang untung aja dapet kualitas film buat konflik pentingnya. Bisa kalian lihat sendiri gimana monster kayak Geto dan Gojo muncul, dan butuh tragedi berturut-turut buat ngehasilin produk kayak mereka.

Gojo emang dah jadi tamu rutin buat diskusi power level, namun nyatanya ya di Jujutsu keberadaan dia itu jadi sumber konflik nih seri. “Kalau dia bisa kenapa kita nggak?” itu motivasi pendorong yang bahaya banget buat antagonis. Apalagi yang motivasinya tuh maksa umat manusia ngalamin evolusi.

Zom 100 4

Kaptain

Karena ini dasarnya komedi ya kencan sama pramugari gampang banget dipenuhin. Sori ye, karakter yang nggak nongol di opening tuh disposable. Masih pesimis saya transmisi infeksi tuh via gigitan ngeliat kecepatan pandemi, karena minimal ini cara paling cepetnya. Ya nrimo aja deh sama sistemnya ngeliat fokus nih seri emang cara Hidup Sebagai Manusia dan bukan ngasih tips bertahan hidup.

BlueHeaven

Saya sulit untuk move on dengan kepergian karakter macem Yukari. Iya, ngerti. Dia cuma jadi batu loncatan, boost character development untuk MC. But… sayang seribu sayang. Karakter beginian kalau bukan di anime zombie sudah pasti bisa dimanfaatkan lebih baik daripada sekali pakai done.

Shinigami Bocchan 16

Kaptain

Masalah Zain yang mesti “pulang” paling nggak ga mesti ngelibatin keluarga. Emang ujung-ujungnya ya tim bakal ngejar dia, jadi nih negosiasi cuma buat show of force aja buat Daleth. Singkatnya dah ada penekanan kalau dia itu cukup kuat buat pergi kapan aja kalau bisa diyakinin.

Mushoku Tensei II 04

Kaczmarek

Kayaknya gue gaperlu kasih tahu kalau ada yang berbeda penayangan via Muse di YT dan di TV terestrial untuk episode ini. Elinalise resmi bareng Rudeus dan sebenernya berharap dia bisa menyembuhin ED-nya. Tapi yang ada malah kebalikkannya. Pertemuan ini ditambah dengan time skip ke Rudeus versi remaja menuju dewasa kiranya agak aneh. Bukan karena desain barunya, tapi lebih ke transisi suaranya yang katanya disiapin untuk versi dewasanya nanti.

Eiyuu Kyoushitsu 04

Kaczmarek

Efek samping eksploitasi kekuatannya Earnest jadi backfire karena dia makin butuh hal untuk jadi bensin demi ngebakar lagi di penggunaan berikutnya. Karena Blade gak sama sekali diajarin soal konsep sosial, jadi kemungkinan besar ini perjalanan peluang romance-nya hanya berdasarkan hal-hal yang non sensitif. Lebih baik fokus ke plot masalah yang lagi disiapin aja.

Yumemiru Danshi 05

Kaczmarek

Scene UKS dan koridor di episode ini mastiin ini proyek bakal diadaptasi dengan cuma-cuma. Gak cuma soal frame per frame yang diduplikasi berulang kali dengan nyalain sama matiin layer karakternya aja. Sajou sakit secara gak sengaja manggil unofficial harem-nya. Marika nongol lagi disini perannya justru bakal kena outshine Aika. Gue belum bisa nebak apakah kehadirannya ini jadi heroine atau malah supporter.

Mononogatari 04-05

Kaczmarek

Kelupaan narok minggu lalu. Episode yang ditunggu-tunggu karena Paper Umbrella (Karakasa) udah ngungkapin diri sebagai “murid” dari tsukumogami yang ada di dalam Botan. Sementara itu, Hyouma mulai nunjukin kekurangannya secara gampang ke musuh dengan gak bisa berpikir jernih. Kalau udah di fase bloodlust, ini Hyouma masih bisa nahan diri gak ya kalau pihak selain Paper Umbrella nongol juga.

Spy Kyoushitsu 04

Kaczmarek

Eksekusi terbaik sejauh ini untuk arc Anettt. Matilda akhirnya ngebongkar kedoknya di depan Thea sebelum jadi santapan anaknya sendiri. Agak beruntung sih karena Klaus ngebiarin Thea dkk untuk gampang diarahin sama Matilda. Monika yang bermain peran untuk jadi penyambung lidah juga mulai bisa berpikir lebih dari tiga kali untuk nyari jalan baru demi ngelunasin kewajibannya. Karena kalo Matilda langsung dikasih ke Imperial, skema blackmail buat Lamplight bakal diaktifin. Yang sayang cuma satu, scene Matilda dibunuh di dalem kontainer itu gak dapet porsi.

Fanservice di episode ini juga ngungkap kalo Monika gak full A cup. Jadi gue bisa lega dikit.

Higeki no Genkyou 05

Kaczmarek

Mari mendukung Arthur untuk gak cuma jadi seorang calon suami Pride, tapi juga ngurusin Pride nanti kalau beneran megang takhta. Sekarang udah saatnya timeskip ke versi remaja dewasa versi mereka. Walau gue agak gak siap liat Tiara jadi pendukung Pride aja. Stale masih bisa jaga demeanor-nya deh walau punya kemungkinan kecil untuk berperan besar nantinya.

BlueHeaven

Saya kira bakal ada peperangan perebutan waifu antara Stale dan Arthur, ternyata mereka bisa akrab juga. Bahan ketawa kishi danchou dengan pasukannya bagi saya ga terlalu menggelitik, sih. Biarkan mereka tertawa atas hal memalukan yang dialami Pride. Ga habis thinking mereka masih ngingat hal itu daripada nyawa yang sudah diselamatkan oleh pahlawan.

Dark Gathering 03-04

BlueHeaven

Momen ketika mereka reveal Eiko yang sebenarnya kena kutukan ditambah karakternya yang twisted, itu somehow masuk banget. Expected? Yes, tapi soal eksekusinya yang bisa ngasih goosebump itu loh, apalagi ini anime horor. Yang horor bukan hantunya, tapi ini satu keluarga sengklek yang sulit dijelaskan kata-kata. Mereka yang bisa menaikkan kadar keseraman dari anime ini sampai saya yang bukan fans anime horor bisa enjoy sekalian merasa merinding ketika menonton anime ini.

Jidou Hanbaiki ni Umarekawatta 05

BlueHeaven

Perubahan hakko kali ini benar-benar di luar nalar. Kalau soal majalah ero dan kondom saya bisa bayangkan emang benda gituan ada di Jepang. Vending machine buat bunga? Pertama kali saya tahu akan hal ini.

Episode 4 dan 5 juga berhasil membuat pendatang baru Hulemy bisa masuk dengan enak ke cerita. Bener kata Hakko, Hulemy paling waifu banget sih. Bicara masa lalu Lammis, saya ga punya harapan jauh karena bahan beginian tidak memberi efek kejut yang membuat saya tertarik lebih jauh. Ya, ngasih motivasi buat Hakko nolongin Lammis ketika ada konflik baru ini mah. Cerita kecil dalam tiap episode juga masih bisa dinikmati dengan baik.

Jitsu wa Ore Saikyou Deshita 04-05

BlueHeaven

Ini plot yang ga pernah diduga sebelumnya sih. Bisa-bisanya author ngasih beginian di tengah momen pertumbuhan Char yang menggemaskan. Lebih mengejutkannya lagi, konflik yang disangka bisa habis berapa episode langsung kelar di episode 5. Haiya, saya hanya bisa geleng-geleng dengan aliran cerita dalam anime ini.

Nanatsu no Maken 05

Kaczmarek

Shit rule soal apa yang terjadi di labirin, bakal harus berada di labirin. Bruh, ini sekolah yang gak tahu diri dan kalau kena scrutineer bakal langsung dicabut operasionalnya. Tapi ini kan dunia alternatif , aturannya juga alternatif. Esmeralda ngapain sih kerjaannya pasca perkenalan siswa baru?

Nanao yang sifat feminimnya sempet 1/10 kini mulai naik ke 6/10 pasca masalah Garuda di labirin. Ciuman pipi itu jadi tanda pertama, nanti bisa lebih dari itu mereka berdua (gue jamin). Soal Vera, ini masalah politik (lagi) yang pengaruhnya gede di sekolah. Sekali lagi, ini sekolah yang gak bisa dianggep sekolah/akademi sih kalau operasional right-wing-basis kayak gini dibiarin. Bisa dibilang libertarian tapi gak juga.

AI no Idenshi 05

Kaczmarek

Ah akhirnya dapet dokter lain selain Hikaru. Nge-mod memori memang paling mudah untuk jadi obat para humanoid disini, tapi kalau ia tinggal bareng manusia lain, manusia tersebut bakal harus nutupin hal yang kehapus. Ini jadi masalah besar kalau hal yang kehapus itu berurusan soal utang, kesehatan, rencana masa depan, dan informasi krusial lain.

Humanoid kedua nunjukin kalau mereka ini gak bisa jadi manusia tulen walau ciri-cirinya punya penyakit mental di masa anak-anak. Gue lupa sebutannya apa soal anger issue ini tapi kalo kalian lihat contoh kasusnya udah banyak di dunia nyata.

Temple 05

Kaczmarek

Bagian Tsukuyo yang menggambarkan betapa siscon-nya dia ke Yuzuki. Kenapa bisa bekas sedotan itu ada di dada Tsukuyo? Akagami kan bisa miring dikit buat cari napas padahal hahaha. Kayaknya cupang itu juga jadi memento ngikutin progres cerita, walau Yuzuki yang paling besar punya kemenangan.

Liar Liar 06

Kaczmarek

Bisa naik lagi kualitas animasinya walau ini seri gak bikin anime-only-watcher untuk relaks demi ngerti sistem permainannya. Beruntung ini agak mudah dimengerti karena modelnya tabletop ditambah elemen skill tambahan dan blatant cheating. Minusnya dua episode beruntun tanpa OP dan ED demi ngejar storytelling. Kalau ini proyek budgetnya gede, gue yakin sih bakal lebih menarik walau volume starternya agak meh. Masalah kebanyakan nge-cheat dan skill jadi bikin penonton/pembaca ngerasa trust issue dan mulai males nebak-nebak. Episode yang bisa jadi faktor besar mereka nge-drop.

One Piece 1071

Kaptain

Ini hypenya dah kayak perayaan nasional dan pas manganya rilis juga saya bikin artikel khusus buat itu. Paling ya ngeliat ini dah 2023 paruh akhir penjelasan “Luffy itu Zoan” baru diungkap nanti di Egghead. Sesuai dugaan, animasi Gear 5 pake gaya animasi kartun era 60’an bersamaan dengan semua efeknya. Cukup puas juga sama OST perkusi jantungnya.

Singkatnya, One Piece is Great Today, baik di TV dan Manga. Nyenggol chapter terbaru juga ini kayaknya endgame tuh bakal soal daratan yang mulai habis dan Red Line bakal perlu dihancurin.

Girls Frontline

Kaptain

This Tequila is bangin yo. Masih di awal-awal ngeliat minggu ini dikit waktunya buat serius main. Enak format campaign-nya ngeliat gampang banget ngeliat update status tiap penumpang. Baru bisa fokus sama GFL abis ini artikel kelar jadi saya baru dapet konteks penuh si nenek nanti maleman.

Neural Cloud

Kaptain

And done. Penutup buat kakak-adik Pierides dan keren juga ini strategi chapter pertamanya bisa efektif setelah posisi ibu-anaknya dituker. Sayang aja Scene Rahasia Si Kambing ga terlalu ngena di server global ngeliat komunitas dah pada tahu Warrior limited tertentu bakal nongol di campaign selanjutnya.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Nyelesain EX dengan tangan hampa alias dalam ambang kebingungan. Gue gak pake otak dalam event ini kecuali pas baca story-nya. Minimal Lin udah di tangan gue walau kelupaan ngambil chipnya. Walaupun

Blue Archive

Kaptain

Dapet Kanna dari bonus tiket 10 roll akhir. Niat juga ini final sanctum-nya. Mungkin ini juga eksperimen buat format raid yang mesti ngebantu NPC, ngeliat fondasinya ada di Hod & Hiero. Secara fundamental juga ini event tuh soal skill Sensei yang diaplikasiin ke satu pulau jadi ya para mob juga dapet.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: DasDokter