[JOI Spotlight] Apprenticeship Edition

October 8, 2023 20:16
[JOI Spotlight] Apprenticeship Edition

Selamat datang di JOI Spotlight edisi ekstra besar. Iya beberapa seri emang nggak ketampung jadi ya mohon ditunggu pas minggu depan saat staf bisa menstabilkan jumlah tontonan mingguan.

Shy 01

What’s this?

Seri superhero yang lebih introspektif

Kaptain

Rada nyayangin aja line tebel manganya tuh ga keadaptasi. Adaptasi yang solid buat seri yang solid. Seri yang sadar pentingnya ngasih karakternya arc emosional sesegera mungkin. Sayangnya ya ga ngasih cukup nilai tambah buat ngikut adaptasi ini.

16-Bit Sensation – Another 01

What’s this?

Gaiden yang bikin time travel jadi faktor

Kaptain

Rada kesel sama premis nih gaiden, ngeliat versi orisinalnya itu dramatisasi sejarah perkembangan game dev JP dari perspektif dev era PC98. tapi ini juga anime jujur kalau industri VN udah dibantai sama gacha jadi protag era modern ya mau gimana lagi. Agak sedih juga sih ceritanya ngaku kalau ambisi dia buat bikin VN gede cuma bisa terjadi kalau dia bisa ke masa lalu. That or milih jalan indie yang ngeliat pasar macem dlsite, itch, dan distributor alternatif lainnya itu kompetisinya lebih brutal.

Tapi ya nyatanya Lukas Piskorz (Helltaker) ya berhasil kok bikin waifu dia populer via game gratis.

And no, Elf got what they deserve. 

Kaczmarek

Thank you for reminder that VN industry is on jeopardy in a past two decades. Saya gak tahu kalau Purple Software punya aliansi sama Aniplex disini, sementara Elf yang secara operasional udah mati masih bisa dikreditin disini. Untuk bisa ngerilis ini episode pertama keknya perizinan di belakang layarnya kayaknya lebih sulit dari yang dibayangin. Kalau product placement Aniplex gak perlu heran ya macem Engage Kiss, LycoReco, Magireco, dll. Tapi itu plesetannya Metar Gear Solid kenapa jadi Metal Gay Solid astaagaa.

BlueHeaven

Banyak benda antik yang dibahas di sini. VN rilisan lama emang banyak yang berkesan. Sekarang agak jarang nemuin adaptasi anime dari VN, emang sudah eranya mobage. Seri ini mengingatkan saya dengan Bokutachi no Remake. Sama-sama balik ke masa lalu dan kerjanya ngebuat game, cuma ini lebih jadul kesannya.

Boushoku no Berserk 01

What’s this?

This ain’t no SAO bruh

Kaczmarek

Karena yang ngerjain ACGT (yang ngerjain Orient), gue udah gak heran sama desain sama tone animasinya. And please cut the crap about the animation design character cause this is Takafumi Furusawa’s first ever project as chara designer. Masih okay-ish sih di episode pertama, semoga konsisten atau improve di episode masa depan.

BlueHeaven

Saya mencium bau petualangan yang asyik buat diikuti. Seri yang punya plot karakter buangan terus dapat wangsit ternyata skill OP dan dapat panen skill memang bagus di akhir. Tinggal masalahnya bisa tetap menyenangkan tidak kalau sudah di level tinggi.

Toaru Ossan no VRMMO Katsudouki 01

What’s this?

Another series “Saya main game cuma pengen santai, eh malah jadi karakter paling menonjol.”

Kaczmarek

Balik ke basic dan masalah waktu. Game cuma buat ngelepas penat, walau waktu yang tersedia berasa maen di warnet di pra 2010-an. Masih agak bingung sama time differencial yang dipake di game sama RL. Request party dari Millie dan Zwei juga terbilang cepat, tapi baru nongol pas Earth offline.

BlueHeaven

Desain karakter sesuai dengan keinginan MC, ala NPC gitu. Setidaknya bukan macam Kirito walau rambutnya hitam. Kombinasi skill ampas kalau dimanfaatin bener sudah terlihat. Saya suka sistem auto craft kalau sudah mastering sesuatu dalam episode ini masak dan potion. Ini fitur banyak game pakai tapi di anime jarang nongol.

Boukensha ni Naritai 02

Kaczmarek

Well, formula yang sama bakal kepake terus sampe Belgrieve keluar dari desa dan nyelametin Angeline atau skenario sebaliknya. Guild emang kalau pake kacamata sekarang lebih cocok jadi black company sih, tapi selama perizinan dari karyawannya masih lancar otomatis predikat ini gak masalah buat masyarakat, malah menguntungkan.

BlueHeaven

Lebih asyik di episode dua karena bisa melihat kakak tertua dari keluarga Bordeaux sengklek otaknya. Itu karakter yang di desa pas momen Belgrieve dijemput paksa, udah muncul aja di bar tempat Angeline dan partynya minum. Sebenarnya berapa jarak atau lama tempuh antara desa ke tempat Ange sekarang, itu jadi abu-abu di mata saya sekarang.

Nanatsu no Maken 14

Kaczmarek

Ini cuman sepersekian kecil dari masa lalunya Ophelia dan cuma ngasih sedikit konteks dari alasan mengapa Ophelia nyulik banyak laki-laki. Yeah ini downside dari serial ini terutama pasca Oliver ngebunuh orang pertamanya. Perjalanan mereka juga masih lama dan terbilang cukup dragging karena sebenernya bisa dipercepat hingga episode ini. Narok flashback memang penting tapi enjoyment penonton bakal ngedrop terutama yang story-goers.

BlueHeaven

Ophelia sebelum corrupt cakep, yang masih pakai baju kelas satu. Tukang bully terlalu sering jadi trigger kekuatan tersembunyi muncul, formula ini juga dipakai dalam flashback Ophelia. Sebagai penonton anime saja, saya masih penasaran nasib cowok blonde yang kalah sama Ophelia di akhir.

Seiken Gakuin no Maken Tsukai 02

Kaczmarek

Jeng jeng, Riselia bukan masih hidup melainkan jadi vampir dan selalu butuh darah untuk bayar dahaganya. Shary dan Blackas akhirnya debut dan mungkin penonton bingung entah gimana Leo masih inget buat nge-summon servant miliknya. Elfine juga dikenalkan dan langsung ngukur tinggi dan bobot Leo. Dari pratinjau, Sakuya si rambut biru juga bakal nongol di episode berikutnya. Progresi cerita masih di fase pengenalan bagi Leo dan penonton.

BlueHeaven

Passione ga berani buka-bukaan ecchi itu aneh banget. Mereka nahan diri buat adegan cowok laknat untuk lebih kelihatan mempermainkan cewek dalam koleksinya. Pas dia narik rambut itu seisi otaku dengan fetish long hair berteriak mengutuki sang laknat, termasuk saya. Sisanya masih hot itu momen di kamar mandi, memang main heroine wajib diutamakan.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 21

Kaczmarek

Shadow-sama kembali, dan kali ini ngarah ke gejala bulan merah dan Kota Lawless (self explanatory). Dimulai dengan Claire ngegeret adik kesayangannya kemudian diarahin ke pengenalan Mary, Crimson, Juggernaut, Yukime, dll. Oiya, akhirnya kita dapet proper design animasi untuk Lambda, 559, 664, dan 665 kemudian ditambah Rose yg kini jadi 666.

BlueHeaven

Strong opening. Vibe episode akhir musim pertama masih dipertahankan di episode pembuka musim ini. Kalau saya opening di musim pertama strong seperti ini pas Kage Jitsu ga perlu dipanggang dulu satu cour sebelum nampilin jurus andalannya menggaet atensi penonton (baca: I am Atomic).

Kelakuan Cid mulai bisa dibaca. Pas dia senyum cringe sudah ketebak dia bakal copas itu kata-kata yang dianggapnya keren. Ya, cuma jangan spam juga jir. Masa diulang lagi, hahaha.

Goblin Slayer II 01

What’s this?

Everyone is their job

Kaczmarek

Terima kasih untuk pak sutradara dan chief sutradara yang gak ngeskip joke istri dari Cow Girl ke Goblin Slayernya. Kemudian Wizard Boy, karakter baru yang ujug-ujug pengen bunuh goblin tanpa bantuan orang lain bikin mood guild ancur. Sempet ngira dia cewek karena base-voiceline-nya Ise Mariya. Seperti biasa, adegan pertamanya dibuka dengan counter attack goblin squad.

Arknights: Perish in Frost 01

What’s this?

It’s Froever

Kaczmarek

Episode awal yang stabil dari sisi dialog sama animasinya. Tiga fokus berbeda di awal paruh episode ini juga diimprovisasi dari versi original dalem gimnya. Karena formulanya masih sama, disini malah Kal’tsit keliatan lebih dingin dari versi gim ditambah dengan penjelasan yang bertele-tele yang biasa dipake agak diteken seperti arahan Hai Mao.

Kembali, karakter pendukung di chapter ini jadi perhatian terutama saat dapat jatah voiceline. Jessica, Frostleaf, dan Meteorite jadi batch pertama. Exu, Texas, Liskarm, sama Franka di batch kedua. Kemudian berlanjut ke mob chara dari pihak reunion, Rhodes Island, hingga infected bareng refugee lainnya. Gue masih ngelist mob chara seiyuu-nya buat diinput di Anidb dalam waktu dekat.

Sousou no Frieren 05

BlueHeaven

28 tahun setelah kematian yuusha, Himmel. Hitung-hitung 10 tahun perjalanan bareng ngalahin maou, 50 tahun time skip nunggu bintang jatuh dan 28 tahun waktu yang telah disebutkan di awal. Total ada 88 tahun dan itu dianggap 1/100 dari waktu yang dimiliki Frieren. Jadi, umur rata-rata yang diharapkan seorang elf seperti Frieren dalam anime ini adalah 88 dikali 100 sama dengan 8800 tahun.

Dekoboko Majo no Oyako Jijou 01

What’s This?

World if they accept witch and get the peace

BlueHeaven

Cara mereka memperkenalkan nama karakter di anime ini unik. Bisa-bisanya namanya muncul di transisi antar scene. Sisanya ini anime komedi ringan kehidupan witch sehari-hari. Tidak banyak yang bisa dibahas karena intinya adem dan menggelitik.

Hametsu no Oukoku 01

What’s This?

World if they reject witch and get the war

BlueHeaven

Unsur dewasa yang totalitas untuk episode pembuka. Ini meninggalkan kesan yang tebal dan tidak gampang digoyang dalam ingatan penonton di tengah arus anime musim gugur yang banyak bagusnya. Saya merasa bersalah melihat Chloe yang dilecehkan justru membuat saya punya lonjakan kesenangan. Apalagi pas ditembak, pol banget itu ga tanggung-tanggung. Ditambah penggal, lengkap sudah itu eksekusi publik. Kapan lagi bisa lihat eksekusi publik yang ga ditahan seperti kebanyakan anime langsung skip ke frame yang tidak menampilkan keseluruhan karakter yang dihukum mati?

Kaczmarek

Don’t watch this series on public, that’s for sure. Episode pertama yang dimulai dengan heartwarming part hingga Chloe dipaksa buka-bukaan sebelum terkena terjangan amunisi plus dipenggal. Apart from that, saya gak suka animasi pembukanya karena gak munculin powernya Adonis lebih selain megang itu pena.

Tearmoon Empire 01

What’s This?

Another death execution in the first episode? Woohoo!

BlueHeaven

Sekilas anime ini mengingatkan ke seri otome akuyaku reijou. Sayangnya ini beda secara konsep. Pertama ini bukan otome game. Kedua, karakter dalam anime ini time travel past, bukan yang belum mengalami bad end. Persamaannya ya sudah pasti mereka berniat menghindari bad end tersebut.

Itu penjelasan dari kacamata perbandingan dengan seri lain, kalau dibahas secara tersendiri anime ini punya potensi yang sangat besar, lebih besar dari kebanyakan anime lain. Saya coba sebut modalnya yang ditampilkan di episode 1. Ada 8 tahun yang dirangkum dalam memori dan diari bersampulkan darah. Ada 2 karakter yang memberi komando untuk eksekusi mati di masa depan. Lima faksi yang punya urusan berbeda. Masalah kerajaan terutama finansial bisa jadi bahan cerita di awal setelah ngumpulin suporter untuk MC.

Sangat banyak potensi dari seri ini. Kurangnya mungkin satu, Kenapa MCnya rambutnya jadi pendek. Padahal panjang lebih hot. Pembawaannya jatuhnya lebih imut dibanding tragedi.

Shangri-La Frontier 01

What’s This?

Hentai gamer (a maniac without clothes just playing for his lust)

BlueHeaven

Orang bilang animasinya bagus, dan sebagainya, tetapi saya belum bisa berkomentar memuji sampai segitu. Karakter utamanya aneh di mata saya, mungkin karena dia memakai topeng burung yang tidak lazim ditambah tidak ada pakaian melekat selain celana pendek. Anime masih menyimpan ledakan yang besar kalau kita mau menunggu 1-2 episode mendatang. Come on, masalah cuma smooth ngalahin kroco setelah masuk game itu bukan hal yang spesial, banyak anime yang nunjukkin ini di awal.

Watashi no Oshi wa Akuyaku Reijou 01

What’s This?

Not your usual akuyaku reijou

BlueHeaven

Apa ini? Menarik! Karakter utamanya terjebak di otome game yang ada akuyaku reijou. Sejenak ini terlihat biasa, kecuali karakter utamanya justru bukan karakter akuyaku melainkan karakter lain. Lebih lagi, MC malah jadi objek perundungan si akuyaku reijou, tetapi dia malah nagih minta dibully lebih parah. Komedinya dapet sih, cuma karena mereka sudah pasang 3 jenis ikemen, bakal keganggu shipper yuri dengan komponen satu ini.

Konyaku Haki sareta Reijou wo Hirotta Ore ga, Ikenai Koto wo Oshiekomu 01

What’s This?

Sugita Dream Came True

BlueHeaven

Sengaja banget ini yang bikin anime ngeduetin Sugita dan Hayamin. Kebayang betapa bahagianya Sugita sampai ga bisa tidur nyenyak selama 12 episode recording bareng Hayamin. For your information, Sugita ini ngefans banget sama Hayamin, jadi kita doakan saja mereka bisa menikmati rolenya untuk anime yang tidak terlalu berat ini.

Uma Musume Season 3 01

What’s This?

Yet another main horse girl lose again

BlueHeaven

Untuk fans Uma Musume bisa bersukacita karena banyak kuda generasi yang dapet lisensi terutama Duramente. Ini kejutan, terutama untuk saya. Mereka belum memperlihatkan rivalitas Kitasan dengan Diamond, baru Crown dan Duramente yang ditunjukkan. Soal animasi dan masalah audio (terutama voice acting dan scoring) ini sudah diperlu ditanya, top markotop. Tinggal bagaimana Kitasan bangkit dari keterpurukannya agar bisa punya hal yang dibanggain segera. Jangan kayak Narita Top Road yang apes nasibnya.

Kimizero 01

What’s This?

Ma, They sell another unvirgin heroine again!

BlueHeaven

Seperti dugaan saya, anime ini langsung jadi polemik saat perilisannya. Masih banyak kaum yang ingin waifunya suci belum terjamah. Ah, Sayu’s case is going to surface again.

Kalau dari saya sih, ini karakter cewek sama cowoknya sama-sama lemah. Terlalu dibuat copium kalau ada cewek yang main asal terima cowok dan coba-coba pacaran siapa tau suka. Ada sih di dunia nyata, tapi mereka ga sebaik yang ditampilin kayak Runa. Cowoknya juga plin-plan, mau dibikin beta malah mikir ngeres dalam monolognya. Kalau cuma ngomong dalam hati okelah, tapi ini sampai ada gerak-gerik bahkan buka brankas pakaian dalam orang. Stres gak tuh?

ENGI bisa dibilang cukup bagus mengadaptasi novel satu ini sampai saya hampir lupa mention namanya di spotlight ini.

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 01

What’s This?

Loli vampire goes to war

BlueHeaven

Saya senang musim ini banyak anime yang memadukan moe plus politik dan perang. Sebuah topik yang nampaknya tidak bakal padu tetapi disulap jadi tontonan yang sekarang bisa kalian lihat. Satu hal menarik yang bisa saya catat adalah konsep dunia yang perangnya berasa gak guna. Sudah mati, bisa respawn lagi. Gitu aja terus, jadi bahan komedi jatuhnya.

Kaczmarek

Yeah i need this kind of duo. Stern maid with lazy af employer. Ini gak tahu sengaja atau enggak, kenapa dua musim terakhir Sayumi Suzushiro dapet karakter yang nudity-prone banget sih?

Saihate no Paladin: Tetsusabi no Yama no Ou 01

What’s This?

Musim kedua dari Saihate no Paladin

BlueHeaven

Slow start untuk sekuel kali ini. Butuh 10 menit buat mengingat itu karakter pendek ternyata bard yang ngekor MC. Recall storynya dipecah jadi bagian kecil, makanya saya perlu proses untuk mengingat seperti apa musim pertama setelah 5 episode pembuka yang spektakuler.

Ragna Crimson 01-02

What’s This?

Terlalu suka makan kue bisa menimbulkan diabetes, negara hancur, dan klan dibantai

BlueHeaven

Saya suka kue. Toko kue saya dirampok. Jadi, saya hancurkan seluruh negara tempat toko kue itu berada. Motivasi villain terkoplok musim ini jatuh pada Ragna Crimson. Sekeren dan seedgynya MC kita yang paling merasa tersakiti, saya masih lebih ngakak sama alasan seperti ini. Desain karakter bukan yang menjadi favorit saya, tetapi ceritanya masih bisa enak diikuti terutama 1 jam durasi episode pertamanya.

Butareba 01

What’s This?

Incorrect reference for pig view

BlueHeaven

Setahu saya babi ga bisa nengok ke atas. Kalau soal pigmen warna yang bisa dideteksi matanya saya kira ada benarnya tapi entah akurat atau tidak karena saya pernah baca soal itu. Soal makan hati babi ya jangan mentah lah. Hati kan tempat detoksin racun, gila aja ada yang makan mentah. Ga usah babi, hewan lain juga mesti dimasak matang dulu biar ga cari perkara.

Suara Matsuoka Yoshitsugu jadi carry untuk seri ini. Mainin monolog dan dialog, tembus 4th wall sesekali, ga kerasa 20-an menit habis cuma denger ocehan dua karakter ngobrol. Jess juga cakep dan kepolosannya mempesona.

Million Live! 01

What’s this?

Mythbusters

Kaczmarek

Mirai, Shizuka, dan Tsubasa starter. Rekrutmen jadi awal dari adaptasi yang mungkin udah dinanti-nantiin ini. Tbh, ngejadwalin perekaman buat adaptasi ini kayaknya yang bikin sulit tayang lebih cepat. Namun slot di fall gini biasanya cocok untuk momen tertentu yang berskenario jelang musim dingin.

Spy x Family Season 2 01

What’s This?

Time for Anya to shine

BlueHeaven

Memulai musim kedua dengan keluarga inti membuat anime ini punya decent start. Anya punya jatah aksi di sini, sementara bapak dan emaknya bisa menikmati kencannya. Pertanyaannya, apa nama kode Anya?

Kaptain

Buat saya season ini khusus nunggu momen kapal tertentu aja. Yang di manga-nya aja punya animasi lebih mantep dibanding kebanyakan anime. Jadi ya paling episode hemat dulu yang diadaptasi.

Kikansha no Mahou wa Tokubetsu desu 01

What’s This?

Re:Zero kara Hajimaru Kono Jigoku no Jinsei

BlueHeaven

Prolog yang mulai tidak asing lagi buat saya. Still, it hits me when the fallen comrades are shown in the flashback. Jeleknya, starting point malah di akademi. Lebih jeleknya lagi, sekolahnya model yang punya dua macam kelas untuk rakyat jelata dan bangsawan. Berharap nakamanya yang masih ada di last standing bisa ngasih sebuah pembeda di restart kali ini.

Potion-danomi de Ikinobimasu 01

What’s This?

All flat isekai

BlueHeaven

Kapan lagi dengar Naobu jadi karakter goddess? Ketimbang skill potion saya lebih auto fokus ke skill alami negosiasi Kaoru. Bayangin, ada isekai yang punya hampir 10 menit masih ngabisin waktu di alam dewa.

Pace agak cepat, tapi masih jelas karena selalu dicut dan dijelasin di scene berikutnya. Visual agak simpel dibanding anime sezamannya, berasa nonton spesial episode yang sering ada di akhir episode anime yang 3 menitan. Storynya daging alias ga ada unnecessary wasting time di episode ini. Enak buat diikutin dan gak jelek seperti visualnya.

Jujutsu Kaisen 35

Kaptain

Ah well, Gojo down dan sekarang sisa karakter lainnya mesti giliran buat beraksi. Sukuna bakal gimana nih parahnya.

Cukup soal manga-nya, saatnya ngomongin adaptasi anime-nya: Ah well, Gojo down dan sekarang sisa karakter lainnya mesti giliran buat beraksi. Sukuna bakal gimana nih parahnya. On a more serious note JJK sebagai seri shounen itu malah serunya emang pas ngeroyok orang. Bulsyit mesti dilawan sama bulsyit.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Investasi ke specialist akhirnya terbayar di CC terakhir ini. Minimal ada yang jadi puller dan pusher yang konsisten kepake sampe Risk 18. Hati-hati salah satu medal mastiin kita kudu nyelesain daily rotating map dan jangan sampai skip atau kelupaan.

Endwalker

Kaptain

Ngomongin penutup arc ini bikin saya sadar kalau Cecil “Saya Cuma Menjalankan Tugas” Harvey itu dosanya lebih berat daripada Golbez ngeliat dia punya Hipnotis sebagai alasan. Alliance Raid emang bagus sebagai setpiece tapi sayangnya tingkat kesulitannya dangkal banget. Cuma ya emang penutup arc tuh lebih buat pesta perpisahan dibanding tantangan terakhir.

Masuk ke periode santai sebelum expansion baru. Secara pribadi konten yang saya tertarik antara udah kelar atau bakal kelar secara alami dalam 2 kali sub.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Sky Freedom