[JOI Spotlight] Low Tier Elf Edition

November 12, 2023 19:30
[JOI Spotlight] Low Tier Elf Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di pertengahan November. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Hyakkano 05

Kaptain

Kuudere ga Kuru. Sesuai heroine fokusnya ya ini episodenya emang efisien banget. Ga perlu ada salah paham atau miskomunikasi, cuma perlu meyakinkan Nano untuk memberi cinta kesempatan. Makin ke depan emang idealnya kandidatnya itu kurang waras biar gampang masuk grup.

16 bit Sensation 06

Kaptain

Ternyata kena scam aja. Saya yakin orang yang kelewat pede sama insting bisnis dirinya itu bukan hal yang asing lagi ngeliat situasi industri baru-baru ini. Paling nggak Konoha dah berhenti ngegubris efek dari time travel dia dan mulai proyeknya sendiri. Jadi asumsi game bisa kelar dalam setahun game bakal rilis bareng Tsukihime dan AIR di 2000. Mungkin dengan ini perusahaan bisa tetap ada sebagai produsen gacha di 2023 kayak dua studio itu.

FYI, Anime bishoujo yang mau rilis deket nih periode tuh ToHeart .

BlueHeaven

Baru juga dikenalin minggu kemarin, udah disapu aja karakter barunya. Wild theory from me, saya mencium ada kemungkinan bukan Konoha saja yang time leap di masa depan. Siapa tahu Mamoru bisa ikutan memperbaiki time line yang pasti rusak tanpa ada Alcohol Soft atau bishoujo game di masa depan.

Kaczmarek

Huh, typical scam shit isn’t it? Sisa musim bakal makin berat ngeliat Konoha yang bakal bersikap lebih enjoyable dari biasanya karena ia dipaksa untuk nyelesain misi yang gak sama sekali dia inginkan.

Jujutsu Kaisen 40

Kaptain

Level konflik dah nyampe ke tingkat kaiju battle. You know what Jogo, sebagai antagonis paling nggak situ bakal diingat sebagai karakter yang lebih sering ngelawan seseorang yang JAUH lebih kuat darinya. MVP lainnya tuh kelinci Megumi yang saya ga inget sebrutal ini.

Frieren 10

Kaptain

Emang wajar predator yang bisa mainin empati tuh jadi masalah besar, tapi predator juga punya insting yang nggak bisa diredam karena setelah selama ini kebiasaan mereka buat ngukur mana dah di level genetik. Lucu aja sih info kalau ada jeda waktu buat ngelawan kontrol Aurora ujung-ujungnya tuh red herring aja.

Sekali lagi kebantu eksekusi. Soalnya jujur ngandelin flashback buat ngasih solusi dari masalah masa sekarang tuh malesin banget.

BlueHeaven

Aura langsung jadi meme karena matinya konyol di episode ini. Ga banyak blink-blink animasi battle yang merepotkan staff. Frieren cukup ngomong satu kalimat dan bam! Hilang satu waifu potential dari pihak demon.

Apothecary Diaries 06

Kaptain

Yep. Kaisar sebelumnya emang ngejamin kaisar yang sekarang main di hard mode ngeliat kondisi keluarganya. Sisa masa tayangnya bakal fokus sama sisa dua selir utama because oh boy, penyakitnya ga sesepele age gap doang.

Boushoku no Berserk 06

Kaczmarek

Pertemuan Myne sama Fate kedua yang bikin mereka ini jadi duo dadakan hanya karena pengaruh yang sama. Myne nganggep Fate sebagai bocah, tapi berapa emang umur aslinya akamsi Galia ini? Masih belum ada progres yang di highlight soal Roxy dan sekarang slow-pace nya udah kepake pasca tiga episode awal.

Dead Mount Death Play 17

Kaczmarek

Ah this is getting messier. Memori gue udah jangka pendek untuk ngapalin nama-nama karakternya, ditambah dengan infodump yang bikin gue butuh restart scene-nya. Beruntung ini ada di platform yang enak buat back and forwards.

Who is this Sabaramond? Misteri yang bakal terjawab kayaknya di akhir adaptasi dua cour ini. Majiri dapet proper introduction dan yep, dia lebih yabai dari adeknya.

Seiken Gakuin no Maken Tsukai 07

No, this is not GATE

Kaczmarek

Klasik arc petinggi negara jadi tawanan dan beruntungnya ini masih berkaitan sama squadronnya Riselia. Nice mereka gak nge-skip si Leonis latihan renang. Fanservice yang gak terlalu dianggap fanservice karena ini latihan renang di acara undangan masih berasa aneh di kepala gue. Jangan tanya tipikal villain yang manfaatin orang lain demi raih tujuan utamanya.

Tate no Yuusha no Nariagari III 06

Kaczmarek

Yep semudah itu Ren dibuang sama Myne. Motoyasu upgrade dari versi sebelumnya tapi degenerasi moralnya kian parah di depan Filo. Eclair jadi obat bagi Ren untuk keluar dari kutukan. Tapi yang terpenting ini bertiga bisa mau diajak maen bareng lagi selain si archer yang lupa gue kemana.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 26

Kaczmarek

John Smith bisa nenangin Delta, tapi bukan Alpha. Beruntung Delta bisa lebih jinak pasca nyadar itu baunya Cid. Tetep aja, kasian Alpha yang masih belum ngerti jalan mana yang dipilih Cid buat nyelesain masalah ini.

BlueHeaven

Terlalu cepat bagi saya, episode ini menampilkan pertarungan Alpha dan John Smith. Kurang sreg dan bisa dilamain dikit. Cuma kasian juga animator kalau hasil buat battle animation tiap episodenya. Orang-orang nyari scene epic John Smith vs Alpha, malah yang ditunjukkin lebih banyak masa lalu si rubah putih.

Goblin Slayer II 06

Kaczmarek

Arc kondangan berlanjut dan kita dapet mayan fanservice dari berbagai aspek selain lust. Masalah goblin di luar rumahnya High Elf ini ditambah makhluk lain yang katanya lagi “hot” menurut calon pengantin. Misi Orcblog bukan cuma melancong dan kondangan tapi juga memperbaiki situasi kota ditambah ngasih kesan bagus untuk anggota ras High Elf. Yep untuk ukuran manusia, Orcblog masih dianggep remeh sama para High Elf.

Arknights: Perish in Frost 06

Kaczmarek

Mon3tr make skill range-nya dan jujur aja baru inget ini versi betanya. Kalian bisa cek sendiri di archive dua tahun lalu. Yang gue penasaran justru apa beneran Mon3tr make beam buat ngerjain Crownslayer di skenario gamenya? Karena di Stultifera Navis, beam-nya ini sempet dimension saat ngebunuh seaborn.

Ya Tuhan itu flashback Rosmontis bareng Ace, Scout, dan Blaze. Thank you HG karena ngasih Yui Ogura buat ngisi dek Rosmo. Mechanist kena mention tapi ini jadi momen terakhir Rosmo ngeliat mereka berdua. Satu hal lagi yang notable di episode ini adalah debut Nine. Itu suaranya Umeka Shouji udah cocok banget, namun detail rambutnya gak terlalu keliatan yang masih bikin penasaran transissinya dari merah ke hitam.

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 06

Kaczmarek

Sakuna juga dalam keadaan putus asa pasca pertemuan meja bundar di segmen awal. Situasi yang gak berpihak di kemudian hari kalau ternyata gak ada pilihan lain selain membunuh para crimson. But damn, itu merchnya Terakomari udah ngalahin koleksinya Villhaze. Millicent juga balik, jadi kita lihat apa yang bisa dilakuin Terakomari selain nunjukin kekuatannya ke Frete.

BlueHeaven

Kemarin mereka ngirim orang nomor satu yang paling benci Komarin, sekarang mereka ngirim fans nomor satu Komarin (Vill dianggap pengedar merch di sini). Sakuna terlalu berharga untuk turun pangkat jadi shichibuten. Palingan juga gelut dikit terus bacot no jutsu kelar. Potensi Rekkaku Kaihou Komarin bisa jadi keluar buat nutup mulut Frete.

Idolmaster Million Live 06

Kaczmarek

Mugi dan Kaori joined. Langsung kena showcase gimana Mugi ini berinteraksi dan bersikap terutama sama produser. Sementara Kaori, si anak petinggi militer, udah ngasih unjuk range vokalnya. Episode dimana tetiba Shizuka mempertanyakan masa depan dan komitmennya. Shiho, meanwhile, di usia 14 tahun bisa lebih dewasa dibanding senior-seniornya. Episode berikutnya kita dibawa ke air.

Attack on Titan: Final Season Part 3 – 02 (End)

BlueHeaven

Terlepas dari kontroversi endingnya yang bikin nilai seri ini turun di mata orang, saya bersyukur Isayama bisa memperlihatkan ending yang diinginkan. Beberapa bagian disesuaikan seperti pada percakapan Armin dan Eren di akhir, agar bisa lebih diterima dan masuk akal.

Attack on Titan, jelek atau tidaknya bagian ending, tetap menjadi salah satu seri yang paling bisa bikin orang geleng-geleng saat direveal plot twistnya. Pengakuan Reiner diiringi YouSeeBIGGIRL/T:T karangan Hiroyuki Sawano masih menjadi momen paling dikenang bagi saya. Sampai akhir pun Isayama masih sempatnya menaruh sentilan kecil saat orang Eldia di benteng Slava diubah jadi titan.

Untuk fan theory, saya lebih condong ke arah Mikasa tidak menikah sepanjang hidupnya. Mikasa sampai akhir diperlihatkan tetap cinta mati sama Eren, sampai burung disangka Eren. Penguburan jasad Mikasa yang sudah menua juga mendukung teori ini dengan menunjukkan bunga anyelir putih tidak menampilkan cincin di jarinya.

Another important note, Pieck masih hidup. Saya puas dengan endingnya. Sekian, sampai jumpa di 2.000 atau bahkan 20.000 tahun lagi.

Dark Gathering 18

BlueHeaven

Episode ini hampir saya mau skip dalam spotlight kali ini. Konklusi dari masalah rumah setan ini dah jelas. Namun, ga saya sangka mereka bakal nunjukkin pertarungan dewa penyayang anak melawan last boss yang diincar Yayoi. Outputnya terlalu besar, ini akibat dewa yang tunangan sama bocah. Pikirannya juga terlalu bahaya. Bisa jadi ia ngambil peran last boss dari bayi itu.

Dekoboko Majo no Oyako Jijou 06

BlueHeaven

Eren kelar ngeratain dunia malah reinkarnasi jadi peri pantat di episode ini. Di luar dugaan, anime ini keluar dari format potongan kecil per segmen, dijelasin dari awal permasalahan sampai penyelesaian tanpa jeda seperti biasanya.

Hametsu no Oukoku 6

BlueHeaven

Diperlihatkannya sihir cinta, mengubah situasi pertempuran jadi lebih berpihak ke Adonis. Ratu, as suspected before, adalah penyihir yang tinggal enak di istana. Mau kasihan sama Yamato but he needs die biar Adonis lancar balas dendamnya. Kepala Biro Penelitian cukup peka untuk tahu kalau Yamato sudah mati.

Kaczmarek

Di poin ini, kalian harus siap mental sama Doroka hingga progres cerita berjalan makin menjauh dari informasi yang dikasih. But good adaptation nonetheless.

Saihate no Paladin: Tetsusabi no Yama no Ou 6

BlueHeaven

Ga nyangka Gus bakal muncul lagi di episode ini. Gus juga nanyanya yang dia banget. Pertama soal duit, selanjutnya asmara. Will terlalu ngabain faktor cinta, makanya fans selalu memasangnya dengan Menel. Ayolah itu Halfling meski kecil sudah dewasa. Mending Reystov dan Anna kalau gitu. Ya, nyari romance buat seri paladin cari mati juga salah sih.

Ragna Crimson 07

BlueHeaven

Ultimatia kena mental. Setidaknya dia masih selamat. Potensial waifu bagus soalnya.

Genshin Impact

Kaptain

Peningkatan dari Sumeru di aspek eksekusi, dan ini juga story quest Furina tuh epilog yang pantas buat nih arc. Berani juga ini komitmen ke “Hydro Archon nggak bisa diroll” dan saya harap Festering Desire kalian belum ilang. Emang ngebantu banget arc kali ini bisa fokus ke satu tema dan quest yang ada juga konsisten fokus ke keadilan sebagai konsep. Unit yang ada juga kepake dengan baik walau Freminet nyaris jadi Candace nih arc.

Cukup demen juga sama progresi metaplot-nya, walau emang balik ke konsep “Ada Sistem yang berlaku ke semuanya, termasuk para dewa. Break it at your peril”, yang udah khas cerita Asia. Pengungkapan Gnosis itu apa juga ngasih petunjuk menarik soal apa yang terjadi abis semua peninggalan ini dikumpulin.

Seperti biasa juga saya bisa ngerasain plot yang ga sempat dimuatin jadi cuma diomongin sama karakter doang. Kayak sejarah Childe sama si Paus dan internalnya Oratrice ga pernah diliatin, cuma dikomentarin Lynel doang.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Cukup chill ngejar completion stage awalnya. Ho’ol gak dapet, tapi Mumu dapet. Saya gak terlalu ngincer mereka berdua sih karena gak biasa make summoner sama core caster. Terlebih dalam waktu dekat juga bakal ada event-nya Eyja. Tapi ini event penuh sama info yang penting bagi kelanjutan Terra dan pembukaan misteri sebelumnya. Jangan tanya kenapa Lonetrail sama Endfield turun hampir bersamaan waktunya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Kimjdav_Artsu