[JOI Spotlight] Cake Roll That is Approaching

November 5, 2023 20:30
[JOI Spotlight] Cake Roll That is Approaching

Selamat datang di JOI Spotlight untuk membuka bulan November ini. Beberapa dari kalian mungkin masih capek setelah ICC, jadi selagi istirahat mari kita lihat impresi para staf Jurnal Otaku untuk seri minggu ini.

Hyakkano 04

Kaptain

Superpower dari Rentaro dan haremnya tuh “Kalau ada masalah diomongin bersama”.  Itu dan tiap anggota ga perlu lama-lama buat ngasih komunikasi yang bermutu. Then again ya ada mandat buat cepet ngenalin 97 pacar lagi jadi ya ga bisa lama-lama.

16bit Sensation 05

Kaptain

Konsekuensinya time travel akhirnya ketahuan. Dadah Koihime Musou dan Dracu-Riot. Menariknya Konoha masih punya game buat balik ke timeline belakang, Dokyusei 2 (1995), Kakyusei (1996) dan Tenshitachi no Gogo (1985). Entah ini masalah lisensi atau bagian misteri, tapi walaupun devkit udah dapet masih ga diungkap porting tuh buat konsol apa. FYI Dreamcast rilis di 1999 dan mati di 2001. Jadi antara timing rilis jelek atau porting yang saking jeleknya reputasi studio ambruk.

Kaczmarek

Sedikit dari yang Konoha tahu, perubahan masa depan karena usahanya di masa lalu bisa jadi lebih masif daripada title yang gak pernah dirilis. Masih ada dua VN lagi yang belum dibuka, dan gue gak optimis ini adaptasi berakhir dengan good ending.

BlueHeaven

Di saat penulis yang lain fokus ke VN yang bisa dibuka Konoha buat next time, saya lebih fokus ke karakter-karakter yang baru yang diperkenalkan di episode ini. Ga nyangka aja mereka bakal rilis karakter baru, tetapi emang timingnya pas. Si kembar kemungkinan bakal ambil bagian dalam leap kali ini karena mereka yang ngerjain naskahnya. Karakter-karakter baru ini juga bakal bisa digunakan buat leap-leap selanjutnya yang masih dalam batas terkaan kita saja.

Frieren 09

Kaptain

Flexing animasi baju nih. Then again ya ekspansi animasi kayak gini udah jadi spesialisasi Madhouse jadi paneling dan ekpresi manganya yang lebih adem dapet upgrade banyak. Jadi alasan utama Demon jangan dibiarin kabur tuh biar mereka ga jadi lebih bijaksana. Kedua murid cuma bisa menang karena nih dua demon telat nyadar dua orang yang dilatih spesialis anti demon tuh susah banget dimatiin. Sementara Frieren sendiri masuk ke mode “Maaf Husbando, Ku harus kembali ke diriku yang dulu.”

BlueHeaven

Ajegile ini animasi battlenya. Mangaka Frieren ngegambar battle cuma sepotong doang, dihajar Madhouse jadi pertempuran epik. Masih nyimpen Frieren vs Aura pula buat next episode. Absolute kino no doubt.

Jujutsu Kaisen 39

Kaptain

Setengah episode buat mereka yang belum puas ngeliat Toji ngelumat orang. Karena dia selalu aja berantem sama lawan top tier, orang pada lupa Jogo itu salah satu Demit terkuat nih seri. Tentu aja abis itu langsung ketemuan Sukuna jadi ya balik lagi deh Samsak.

Boushoku no Berserk 05

Kaczmarek

Fate ngikutin jalan villain bikin seri ini selangkah lebih menarik. Keluar dari kerjaan demi ngelindungi Roxy cukup bikin gue ngecap dia ini simp. Tapi di situasi begini, hubungan asmara gak jadi prioritas. Eris dapet cameo di episode ini, jadi gue berharap bagian terbaiknya gak dibikin lackluster.

BlueHeaven

Musim kemarin saya ngoceh Yumemiru Danshi yang transisinya ancur-ancuran. Eh, ini anime malah ngulang kesalahan itu. Transisi jelek ngebuat cerita terasa fast forward bahkan kayak ada efek keskip something. Ga enjoy banget. Battlenya juga ga jos, mending nonton Tokrev dengan meme battlenya.

Dead Mount Death Play 16

Kaczmarek

Manabu Ono make formula yang dipake Takahiro Oomori di dua episode ini. Yep dia make pergantian POV yang familiar bagi yang udah nonton Durarara. Ini bagian klimaks tertinggi sejak ngelawan Solitaire, jadi infodump dadakan di tengah battle. Kalau disuruh bikin kerangka cerita, ini bakal makin kompleks kalau POV dari kepolisian dikembangin. Yep, Shinoyama kembali AFK, bukan Polka. Kakaknya Momoya bakal ikut turun disini pasca kameo testimoni kaki adiknya.

Goblin Slayer 05

Kaczmarek

Kondangan Arc. Ditemenin resepsionis dan cewek sapi yang ngikut ke kampungnya Elf. Episode persiapan berasa filler karena calon istri-istri ini shopping bareng. Ah sayang Sword Maiden gak bisa ngikut disini walau busananya udah cocok untuk olahraga air. Kondangan yang perjalanannya lebih makan material daripada saat sudah di TKP.

Tensura: Coleus no Yume 1-2-3 OVA (End)

Kaczmarek

Dari OVA ini ngasih lebih banyak informasi soal Violet dan Luminus. Roller coaster yang tipikal dari adaptasi Tensura lain, dan diakhirin sama teaser menarik buat adaptasi berikutnya. FYI, ini OVA secara kronologis ada di momen sebelum Tensura Movie yang Scarlet Bond, dan di tengah-tengah season 1 dan season 2.

Tate no Yuusha No Nariagari III 05

Kaczmarek

Dari semua masalah yang belum dibuka, masa lalu soal Aultray sama orang tua Atla dan Fohl ini patut ditunggu sebenernya. Gue tahu Filo gak bakal ngelakuin ini, tapi nge-banish Motoyasu ke dunia lain bisa jadi solusi kekhawatirannya daripada ngilangin nyawanya di dunia sekarang. S’yne Lokk masih tahap probation sebelum jadi PKWT di desa. As long as tunjangan makannya gak disunat Naofumi, makhluk dunia lain ini gak masalah tidur di kandang. Gue gak mau mikirin Ren yang tetiba jadi hybrid pak tonggos dari sinetron 90-an.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 25

Kaczmarek

Kangen Alexia? Ya walaupun gak lama-lama amat, cewek dengan temper tempered-glass ini masih bisa ngasih pengaruh di dalam cerita. 666 butuh satu hal buat nahan dirinya gak keluar dari Shadow Garden. Skenarionya masih sama, Cid gabut, John Smith, ngelawan pihak sendiri, tar nongol pihak lain untuk jadi objek kesalahan. The scenario will finished itself. Ada alasan Gamma gak disuruh jadi eksekutor disini selain karena umurnya. Delta dapet porsi lagi di episode berikutnya!

BlueHeaven

Gamma showoff. Ya, sekali-kali kita perlu ginian karena top 7 shadow garden aja masih sedikit sekali pendalaman karakternya. John Smith juga debut untuk masuk ke babak utama. Kena mental ga tuh si enam enam enam?

Arknights: Perish in Frost 05

Kaczmarek

Dramatic scene > Battle scene. Yostar Pictures and probably HG too bakal menaruh kualitas di bagian dialog pada situasi dramatis daripada dalam battle mereka. Kecondongan ini sebenernya fair fair aja, as long as jangan dilakuin di momen penting. Di episode ini, seimbang di antara dua variabel itu dan Faust nyelametin turunnya kualitas episode sebelumnya. Kita dapet sekelebat bagian Alina dan Talulah serta bikin gue berharap ada perluasan POV dari Rosmontis di episode berikutnya.

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 05

Kaczmarek

I’m enjoying this despite a massive setback on first three episodes. Timeskipnya agak ngeselin sih jujur, tapi lihat dulu deh ini disengaja buat dapet titik akhir yang diinginkan staf. Terakomari akhirnya dapet merch sendiri dan entahlah, pasti dijual juga di real life dalam waktu dekat. Sempet ngira Sakuna yang ngisi si Hina Youmiya, ternyata si Iwami Manaka. Villhaze udah ngerasa status quonya kian terancam jadi upaya agresif wajib dilakuin. Ah Frete is here, dan saya demen sama desainnya.

BlueHeaven

Di adegan Frete pertama kali ketemu sama Komari ada beberapa scene yang Komarin mulutnya ga gerak pas ngomong. Butuh dua tiga kali rewatch buat saya yakin kalau itu bukan miss animation, tapi Komarin ngomong dalam hati. Soalnya mulutnya kebuka lebar, ada suara cuma ga gerak cuap-cuapnya. Anyway, desain karakter anime ini masih hot, terutama untuk Memoir yang geulis.

Seiken Gakuen Maken Tsukai 06

Kaczmarek

Cmon Passione. Ini berasa kayak proyek yang budgenyat di bawah moderate, tapi eksekusi di shifting frame-nya kaku banget. Moga ini episode bisa jadi yang terbawah dari urusan kualitas animasinya, dan mulai merangkak naek sampai akhir episode.

Apothecary Diaries 05

Kaptain

Arc Pesta Kebun dimulai, siap-siap nyantap racun. Percayalah ke saya kalau ini konfliknya bakal seru banget. Perhiasan mahal bukan buat pamer aja, tapi juga penanda kalau si wanita “Punya Sponsor”. Jadi mulai perkara ke mereka ya sama aja mulai perkara sama orang yang di jaman ini punya duit dan koneksi buat bikin/beli perhiasan yang bahan serta keterampilan manufakturnya masih langka.

BlueHeaven

Satu rahasia besar Maomao akhirnya terungkap. Saya suka reverse make up yang disembunyikan Maomao ternyata untuk memperjelek dirinya. Auto kesesem dah tuh Jinshi. Maomao sama polosnya kayak saya yang belum ngeh apa arti aksesoris rambut yang dikasih Jinshi. Perlu baca penjelasan Kaptain di atas baru ngerti..

Shangri-La Frontier 05

BlueHeaven

Emul bisa ngambil bentuk manusia itu udah furry alarm. Monolog Sunraku juga mempertegas soal ini. Pacing anime ini masih lelet anti ngebut. Ngalahin monster lumpur selambat pergerakkan karakternya. Emang sih animasi whoosh, tapi bacotannya juga banyak. Durasinya mayan thicc buat boss battle yang agak bikin ngantuk buat saya. Baru bangun pas Sunraku dah di kota dan bikin heboh.

Ragna Crimson 06

BlueHeaven

Beneran langsung digas dong. Siap-siap lihat Ultimatia kena mental. Saya belum bisa pusingin itu kerja dua babu Crimson yang lagi disiapin buat plan. Dah bener ngikut route Ragna langsung sat set sot. Turut berduka kepada pion yang dikejar dragon kursi kedua, saya masih belum bisa hafal namanya.

Hametsu no Oukoku 05

BlueHeaven

Didn’t expect there to be another massacre again, huh? Full blood moon, si alis tebal sekali tebas langsung tewas para witch, separuh kebelah, separuh lagi kena mental. Keren juga gear battle pihak manusia. Tangan buntung masih bisa lanjut buat tempur. Adonis juga gak ngotak, dia punya sihir, sih sihir, tapi cara bertarung bikin dia banyak celah buat dilukai musuh. Endingnya sus mengingat kita pernah kena prank dummy body pas Adonis dipenggal.

Dark Gathering 17

BlueHeaven

Adegan panas! Eiko kena curse bunting berasa gimana gitu. Mereka fokus ke momen horor, kan? Masa lalu hantu di rumah itu juga mengandung adegan R18 pula. Mereka fokus ke momen horor, kan?

Path to Nowhere

Kaptain

Karena dah perayaan setahun saya kover lagi deh walaupun mainnya juga sweep doang saya. Sekali lagi ini presentasinya ngasih banyak banget nilai tambah cuma ini luar biasa ngeselin konteks penuhnya nih arc mesti dari gacha. Shalom selaku limited ga hanya ngasih konteks lebih dalam buat event di interogasi dia, tapi juga ngasih info luar biasa penting kayak Chief sebelum amnesia dia dan gimana aksi dia mastiin MBCC nggak sepenuhnya ambruk.

Pada dasarnya semua interogasi kali ini tuh ngasih banyak setup bagus buat arc selanjutnya. Masalahnya ya berapa banyak yang bakal difokusin langsung begitu Rustfire arc kelar, because there’s a lot.

Neural Cloud

Kaptain

Buat kontras, sekarang dapet robot yang sadar speknya dia salah. Maaf Yelena, situ di class yang gampang banget kena Powercreep dan cuma ditarik mereka yang ngelewatin Clukay. Anniversary Event dah diumumin jadi ya siap-siap ngembat limited lagi buat meta baru yaitu Crowd Control. Kecuali kalian pede banget sama Antonina & Head Maid ya nabung dari sekarang.

Blue Archive

Kaptain

Ini event keliatan ga dipegang sama penulis Millenium biasanya. Dah nyiapin sumpah serapah buat minigame kali ini, cuma ya dah dapet penyesuaian dalam beberapa hari jalan. Paling ya bagian susahnya mastiin build dah mantep buat stage hard mode kayak swarm robot. Dengan ini saya juga dah dapet semua unit maid + versi bunny mereka, jadi udah ga ada nafsu narik lagi.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: gogoujuro