[JOI Spotlight] Close Quarter Edition

November 19, 2023 20:59
[JOI Spotlight] Close Quarter Edition

Selamat datang di JOI Spotlight mendekati akhir November. Seperti biasa mari kita lihat impresi para staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Hyakkano 06

Kaptain

Fanservice sebenarnya adalah chara development yang dialami setiap anggota Harem. Bagus sih tiap anggota bisa ngebentuk unit mereka sendiri, jadi episode genapnya emang cocok buat onboarding.

BlueHeaven

Karane cakep, mau ditutup atau dibuka.

Boushoku no Berserk 07

Kaczmarek

Well, minimal ada yang surprise dari episode ini yaitu umur asli Myne. Walau gak spesifik ngasih tahu, dia bilang udah lima puluh tahun sejak ketemu Aaron. Masalahnya sekarang, tujuan Myne selain bangun desanya lagi ini apa? Warganya masih ada kah yang satu ras kayak dia?

Dead Mount Death Play 19

Kaczmarek

Habaki sudah gak bisa nahan diri untuk nyelesain misinya walau yah ujungnya udah bisa kita tebak. Best scenario buat dia, anak kandungnya masih hidup namun udah jadi mutant dan kini lebih berotot. Di poin ini, yang bisa dilakuin Polka cuma bertahan barengan Kuraki Risa sampai masalah Shabaramond kelar. Tapi ini pihak lain yang nongol malah bikin pala gue pusing sendiri karena satu karakter krusial yang muncul menambah percabangan kemungkinan di arc ini.

16bit Sensation 07

Kaptain

Dari ngedengerin racauan Konoha, Mamoru bisa majuin tech level perusahaan sampe puluhan tahun. Tentu aja punya pengetahuan atas tren gaya dan merch juga ngebantu. Saya juga diingetin kalau 1985 tuh tahun perilisan pertama Windows secara ritel jadi bisa aja dia bakal ngebacok Bill Gates.

Kaczmarek

Oh my, gue gak inget Tenshi-tachi no Gogo sampulnya kayak gitu. Unless itu versi perilisan “lain” dari JAST. Mamoru mutusin balik ke 1985? IDK why, tapi ini bakal bermasalah nantinya ke seksi programmer dari game baru nantinya.

BlueHeaven

Baru juga dibilang minggu kemarin dan ternyata bener, Mamoru bisa ikutan time travel. Namun, momen paling penting di episode ini tentu saja Kaoru yang akhirnya buka mata. Cakep badai nih LSBH satu, bagaimana saya tidak kesesem coba?

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 27

Kaczmarek

Santa Claus. Obrolan Cid dan Delta di bagian akhir ngingetin gue ke sebuah podcast yang gak podcast-podcast-an amat. Setelah capek nunggu klimaks, akhirnya dapet momen enak buat ngejelasin semua. Thanks to Eta tho, yang nguak tulisan dari Cid meski isinya aslinya juga nyeleneh selain “rencana lain”. Yukime resmi jalin kerjasama sama Shadow Garden, dan suatu item ditemuin Delta buat skenario berikutnya.

BlueHeaven

Gettan ini hina banget kalahnya ga perlu pake “I am Atomic”. Orang yang agak telat nyadarnya pasti bisa sadar akhirnya anime ini isinya salah paham aja. Mitsugoshi ga runtuh dan bisa nyingkirin saingannya. Monopoli here we go.

Goblin Slayer II 07

Kaczmarek

This is the sweetest episode for High Elf so far. I mean, she’s getting prettier and charming since arriving at her homeland. Meanwhile Cow Girl sama Receptionist di desa Elf berasa lagi PKL daripada liburan. Untuk pertama kalinya (CMIIW), ada makhluk yang dikasih nama di universe ini! Tapi gue lupa Matembe lelele apa gitu. Anyway, masalah utamanya masih di goblin dan petualangan berikutnya agak nyiksa batin si Priestess (lagi).

BlueHeaven

Monster punya nama, karakternya ga punya. Guyonan Goblin Slayer emang mangsud amet dah. High Elf tebar pesona. Yang saya heran percakapan pakai bahasa Elf itu setengah-tengah, masa malah berubah ke normal lagi di tengah percakapan.

Seiken Gakuen Maken Tsukai 08

Kaczmarek

Apart from dodgy animation, mereka masih bisa konsisten sama animasi backgroundnya yang gak monoton. Tapi tetep, ada yang gak memuaskan dari proyek yang dikerjain Passione ini. At least gue bisa menikmati jalannya cerita walau detail yang kena butcher juga bikin penonton kehilangan konteks krusial. Regina udah officially joining haremnya si Leonis. Kenapa Regina masih menahan diri untuk nanya lebih jauh soal masa lalunya Leonis? Kenapa?

Tate no Yuusha no Nariagari III 07

Kaczmarek

Ratotile gabung ke desa dengan syarat jadi slave (such an easy method for gypsy-like). Gaelion juga nongol tapi malah kedapatan makan Demon Core. Yep, you guess it! 2D baby dragon jadi 3D naga I***siar dragon dalam sekejap. Wyndia yang secara sekejap ngasih nama Gaelion ke naga itu butuh flashback buat dapat latar belakang serta jawaban soal Dragon Emperor. Ini gue anggep silly arc, tapi informasi terpenting disini adalah Ren yang jadi antagonis. Ah yeah, Gaelion punya “kesadaran” gak kayak monster biasa disini.

Arknights: Perish in Frost 07

Kaczmarek

RUSH!!!!! Yep kerasa rush-nya, dan ini episode directornya sendiri adalah sutradara adaptasinya juga. Jadi bisa bayangin mau sampe mana dia pengen mengakhiri adaptasi Perish in Frost ini. Adegan terperangkap yang manis ditambah Yeti Squad dan rombongan Rhodes Island yang saling setuju soal pemimpin dari kelinci mereka. Kenapa tiap ada pihak yang diajak Blaze untuk minum di suatu waktu selalu mati di momen berikutnya? IDK Blaze, just don’t offer something like that to Doctor too ok?

Progres yang positif dari Ch’en yang udah males sebenernya untuk mimpin LGD. Udah tahu siapa yang bisa gantiin juga dan sosok itu ada di sampingnya. Kepergian Nine ke luar Lungmen juga ada kontribusinya, ditambah sosok perwakilan Yan terutama Leizi yang masih diskriminatif ke infected. Jangan tanya episode berikutnya ada apa. Itu permen udah habis produksinya.

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 07

Kaczmarek

RIP Frote. Komarin meranin karakter airhead ini butuh kesudahan tapi sampai kapan? Sakuna mungkin bisa jadi jawaban tapi dapet penampakan macem itu gimana gak bikin gemeteran. Gue mulai terbiasa sama penyutradaraannya Tatsuma Minamikawa (Fire Force) walau agak terbatas dari sisi dinamis visualnya. Timing saat Sakuna pake Mind Refrain kemudian lagu ending SOS keluar itu sengaja banget wkwk.

Jujutsu Kaisen 41

Kaptain

You are special Itadori Yuuji. Menurut kesaksian staf, ini ga selesai episodenya walau aksinya kayak gitu. Beberapa minggu ini emang Mappa lagi ribut soal staf yang disuruh neken kontrak biar ga boleh komplain ngeliat situasi studio udah ambruk. Secara pribadi ini ga worth it banget nguras abis talent yang makin dikit di JP.

Frieren 11

Kaptain

Episode istirahat buat budget, sekalian balas dendam ini kebanyakan aksi di arc Aura kemarin makanya ini mondoknya sampe 6 bulan. Menarik juga sihir yang bener-bener mantep tuh diwariskan secara oral ngeliat transmisi semacam ini jauh lebih susah dicolong Demon. Bisa aja Flamme sendiri yang sengaja pake nih metode via nyebarin Grimoire palsu buat umpan Demon.

Lucu aja sih arc selanjutnya tuh “Si emak lupa manjangin SIM (Surat Izin Menyihir)”. Sebelumnya Frieren bilang kalau di belum nemu Elf lain dalam 400 tahun jadi komentar Kraft soal elf lain dalam 300 tahun terakhir paling nggak ngasih petunjuk kalau masih ada minimal satu lagi di luar sana.

BlueHeaven

Slide show dengan insert song on this episode. Pas ketemu pendeta lagi dah feeling dan bener aja Heiter mode on. Ada pelajaran religius berharga yang dibalut transparan tapi enak diikuti di anime ini. Berasa healing di retreat gereja.

Apothecary Diaries 07

Kaptain

Arc pulang kampung mulai. Perhiasan rambut dipake kayak deck kartu. Akhirnya dapet penjelasan eksplisit soal fungsi perhiasan dan untungnya Maomao cukup cerdas buat ngasih pemanis dan cukup bego buat ga nyadar maksud lebih dalam dari arti “sponsor”.

Dark Gathering 19

BlueHeaven

Ini anime masih aja tebar fan service. Emang Eiko jadi senjata yang bagus untuk menarik minat ecchi penonton. Graduatenya masih dibawa belum ada yang diistirahat di rumah yang baru beli. Yayoi kejar misi sebelum liburnya habis.

Hametsu no Oukoku 07

BlueHeaven

Mulai deh perjalanan Adonis ditemani Doroka yang nyebelin. Mereka masih sempat ngasih selingan jokes. Punch jadi karakter numpang lewat, tetapi dia cukup bagus bisa nahan orang-orang model preman untuk tidak berbuat layaknya preman.

Ikenaikyo 07

BlueHeaven

Ga ada habisnya karakter yang bakal nemenin (baca: gangguin) Sugita dan Hayamin bermesraan. Itu capybara bisa henshin jadi cewek bohay cuma suaranya masih om-om. Belum selesai itu udah dikasih asupan dark elf yang ternyata pemilik asli dari rumah yang selama ini mereka tempati. I guess this is a goodbye for receptionist yang kerja di resort, huh.

Ragna Crimson 08

BlueHeaven

Ragna ga kenal mundur. Emang bego sih, rencana Crimson dah banyak nyesuain situasi malah dikacauin lagi. Plotnya malah lari ke putri perak yang di depan medan perang. Mereka sengaja nambahin unsur lie detector supaya interogasi Crimson lebih seru buat dinantikan minggu depannya.

Shangri-La Frontier 07-08

BlueHeaven

Pertarungan yang bagus dari secara animasi. Saya bahkan perlu cepetin speed nonton ke 2.0x biar sesuai dengan 5 menit pertarungan yang terjadi di ceritanya. Sunraku perlu dikasih kesempatan naik level dulu karena kemampuannya terlalu diabuse buat pertarungan high level dengan levelnya sekarang. Psyger-0 semoga bisa lebih dekat dengan Sunraku, kasian masih sebatas halu.

Neural Cloud

Kaptain

Lind 30 roll aja, lanjut nyiksa diri via ngumpulin Algo baru. Seperti biasa pelan aja mainnya buat ngumpulin buff dan ini juga masih di chapter 3. Sejauh ini emang nih map baru lebih ngedukung Warrior sama Specialist gara-gara meta barunya di debuff.

Emang markas protag rutin diledakin udah running joke nih seri, tapi NC lebih bagus soal ngasih fokus di ngebangun pemukiman para survivor jadi a proper nation state.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: gkdlfnzo1245