[JOI Spotlight] Seniority Edition

December 3, 2023 17:49
[JOI Spotlight] Seniority Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk membuka Desember. Akhirnya tiba di bulan penutup tahun dan mari kita simak impresi staf JOI untuk seri yang sudah hadir minggu ini.

Hyakkano 08

Kaptain

Sesuai ramalan, aksi yuri nih anime lebih banyak dibanding seri yuri lain di musim ini.

Kaczmarek

Referensi orisinal The Shining yang bikin uproar dari Nano ke Rentarou. Ini ditambah scene yuri yang secara langsung bikin efek “bunga” di antara Karane dan Hakari. Lalu, siapa yang cocok meranin ibunya Hakari nantinya?

BlueHeaven

Literally “tergantung orangnya”.

16bit Sensation 09

Kaptain

Jadi sama kayak dunia nyata, bos terakhir Akiba tuh gentrifikasi. Rada kaget aja insiden Saori diangkat sama nih seri walaupun ga didalemin. Komentar Nekopara Konoha tuh lebih merujuk ke aspek munculnya metrik yang ngebuktiin kalau game bishoujo ada demandnya di barat. Tinggal nunjuk aja ke angka Kickstarter.

Kaczmarek

What a throwback, Dejiko Building nongol setelah jadi landmark selama empat tahun (1999-2003). Udah dibuat penasaran saat Doge Konbo gambar Konoha, dan gak nyangka ini salah satu kreditnya.

BlueHeaven

Final spurt, here we go! Akiba berubah itu expected, cuma pertemuan Konoha sama Mamoru back to 2023 bikin saya teriak fangirling. Di episode ini mereka juga cape-cape ngasih tahu kita berapa susu rasa buah yang diminum selama pembuatan gamenya. Oke, info diterima.

Boost chara untuk Meiko. Kembar juga makin banyak dialog di sini. Touya makin tebel aura antagonisnya. Bisa-bisanya nih anak nawarin Konoha swap ke perusahaan dia di depan rekan-rekan kerja Konoha.

Jujutsu Kaisen 23

Kaptain

Maaf buat fans Nobara dan karakter perempuan nih seri, it’s been awful so far. Bukan malam yang bagus buat Itadori. Tapi ya Mahito ini juga kreatif banget bisa nemuin metode baru buat dikeroyok. Pada akhirnya nih arc itu bukan soal Gojo dan Sukuna lagi, tapi gimana Mahito dimatiin.

Boushoku no Berserk 09

Kaczmarek

9 episode dibutuhin untuk dapet debut official Eris. Dapet insight beberapa hal terutama soal hubungan Eris dan Myne yang juga saling kenal, walau nama terakhir ngejauh karena insecure sama ukuran dadanya. Masih banyak pertanyaan yang mungkin gak bakal kejawab di episode akhir, tapi minimal mereka bisa ngasih teaser ketiganya (bareng Fate) bisa keluar dari predicament di Galia tanpa harus membunuh Roxy.

BlueHeaven

Apresiasi untuk suara Eris yang ga bikin sentimen negatif saya ke seri ini gak nambah. Mayan lah ada oasis ketika seri ini tidak dibuat dengan maksimal.

Dead Mount Death Play 20

Kaczmarek

Civil ini bukan manusia biasa dan merupakan kloningan dari Arius Sabaramond. Sedikit kepecahkan soal latar belakang Sabaramond di tengah kota ini, walau masih ada tanda tanya besar soal objektifnya di dunia ini. Saki (si investigator) balik tapi dalam posisi bantuin Tsubaki demi ngulik kematian Hosorogi lebih dalam. Solitaire di sisi lain gak bisa terus bareng Fire Breathing Bug demi nyari informasi lebih di tengah fiasco di kepolisian dan departemennya.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! S2 09

Kaczmarek

Membelot? Atau emang udah rencana Cid untuk mengembalikan Rose ke ibunya? Banyak faktor, terutama soal Victoria yang profesional banget. Sedikit demi sedikit kekuak kok apa ini disengaja atau enggak, walau jarum timbangan ngarah ke arah lain. Tbh, Victoria secara mental ini paling berbahaya dari petinggi Shadow Garden, tapi selama Shadow mantau, tuas kenormalannya bisa lebih konstan di sisi positif. Gue juga baru keinget 665 sama 664 belum pernah ketemu wujud asli Shadow. Marie, the only woman i’m rooting outside the SG, dapat porsi wholesome.

BlueHeaven

Marie waifu bait episode ini. Sutradara Kagejitsu masih sering ngespam karakter perempuan pakai dalemannya. Maklum sudah jadi fetish sejak season 1. Yang bikin better, season 2 akhirnya ngeluarin monolog Cid yang ketahan di season 1. Jadi clear ya, semua isi kepala Cid cuma tentang jadi keren. Dia aja gak tahu alasan Rose bunuh bapaknya.

Tate no Yuusha no Nariagari S3 09

Kaczmarek

Atla jadi bintang episode dengan skillnya yang masih belum dijelasin sama sekali detailnya. Shining finger? Or something? Tapi pasca Fohl juga bisa ngehancurin barriernya naga itu, apa berarti kedua kakak adik ini punya skill nerf? Anyway, ini arc yang bikin Eclair sama Ren jadi pairing terbaru. Dan pernyataan soal Ren gak bisa renang ini gak bikin Eclair ilang perhatian juga.

Kanojo mo Kanojo S2 09

Kaczmarek

4 in 4. Udah gak bisa kemana-mana setelah ini selain nikahin semuanya. Episode agresif dari semua sisi, namun pasca blackmail Rika ke Shino, keduanya kini makin kisruh dan chaotic. Jangan tanya episode berikutnya ada apa, teasernya udah jelas di outro untuk yang sengaja ngelewatin.

Goblin Slayer S2 09

Kaczmarek

Hahahaha mereka main aman. Itu pertemuan Cow Girl sama Goblin Slayer seharusnya di momen Cow Girl telanjang di gubuk tapi mereka ubah settingnya dengan waktu Cow Girl ngangon sapinya. Gue tahu ini bukan maksudnya si Goblin Slayer ngomong “landasan” di depan dua karakter flat, tapi nambahin blushing di wajah mereka malah bikin salah paham ini jadi komedi.

Kita lagi-lagi dapet flashback Sword Maiden bersama partynya. Kalau diliat, party ini cukup “lengkap” dari urusan job masing-masing. Semua karakter diperlihatin, cuman konteks lebihnya semua ada di Side Story Dai Katana yang mungkin gak dapet adaptasi. Kalau kalian lupa, Sword Maiden udah jadi korban siksaan goblin dan itu jadi salah satu alasan matanya ketutup.

Arknight: Kay’s Daily Doodles 01-02

What’s this?

Peak Medicine

Kaczmarek

You guys probably need this kind of series after consuming that Perish in Frost. Dapet CGDCT gini featuring Ceobe, Bubble, Popukar dll udah cukup buat ngisi kekosongan sampe akhir tahun. Butuh Durin nongol di adaptasi ini, dan semoga gak ada Pozy berkeliaran.

Frieren 13

Kaptain

Episode Alkohol itu obat, serasa nantangin Maomao. Priest get, meme baru jagu dapet. Baru ngeh juga jasa terbesar Himmel tuh nyeret pembunuh demon legendaris buat nggak buang-buang waktu lagi ngejalanin misinya. Heiter juga nyatanya ninggalin bantuan pada rute ke utara dengan cara dia sendiri.

BlueHeaven

Weaker than the previous episode but still valuable. Selain Frieren chu moment, ga ada yang notable banget sih di mata saya. Palingan ada satu, tetapi itu hasil karangan penonton yang bikin cerita absurd soal Stark kegigit ular sampai jadi plot Oshi no Ko.

Dark Gathering 21

BlueHeaven

Kemampuan Oiran gak sehebat Oni-gunso, belum tentu juga dia bisa ngalahin bocil kematian yang bisa bikin jari dewa Yayoi jadi kelihatan limitnya. Turut berduka salah satu setan penjaga Yayoi yang sudah berjasa jadi tank plus counter keserap sama bocil kematian.

Shangri-La Frontier 09

BlueHeaven

What you got from this episode is a new stage, NatGeo Channel. Siaran NatGeo plus slow pacing Shangflo bikin saya bisa maksimalin waktu relaksasi saya. Kalau saya skip episode ini juga ga bakal terlalu ngefek sama keterlanjutan cerita. Intinya, ini promosi yang bagus buat nyatain kalau Shangflo itu kamigemu.

Plot? Ya, cuma beberapa menit pertama yang nunjukkin secercah masa lalu Pencilgon dan bagian mini yang ngasih tahu identitas asli mbak sadis satu ini. Soal Psyger-0 yang senang karena bisa ngomong sama Hizutome lagi, nothing special. Just a small movement dihajar reaksi lebay.

Wataoshi 09

BlueHeaven

Mereka ngebuang Lene, which is logic. Setelah dihajar sama yang manis-manis, tiba-tiba digeplak sama yang pahit, pahitnya minta ampun. Fokus cerita untuk sisa durasi yang berjalan mungkin bakal buat kelarin biang masalah yang coba-coba bikin negara kacau. Bukannya yurinya makin bebas, malah jadi berat begini.

Ikenaikyou 09

BlueHeaven

New characters again. Emaknya Allen menjual banget sih desainnya. Emang desain karakter di seri ini top punya, dah. Hukum fisika juga berlaku di sini, terbukti itu dua bola basket punyanya Eruca bisa dianimasikan dengan sempurna. Adiknya Charl perlu dilihat episode minggu depan buat dibahas lebih lanjut.

Hametsu no Oukoku 09

BlueHeaven

Animenya cukup baik menutup seberapa annoying Doroka di seri ini. Episode ini pakai formula yang sama dengan episode sebelumnya, mempertontonkan moral story soal kehidupan manusia. Dasarnya udah 18+, jadi masalah tampilan ero seperti ini ga perlu ditahan. Yang bikin saya heran ada dua karakter ninja yang cuma numpang lewat di sini. Misinya pengen ngebunuh Adonis, dihajar juga sama orang yang ngebunuh Adonis. I hate this kind of chain.

Spy x Family S2 09

BlueHeaven

Episode ini dipersembahkan untuk keutuhan keluarga Forger. Anya jadi support, sementara Loid jadi dispeller. Semua rencana musuh patah, penjahatnya habis semua. Keluarga Forger menuntaskan masalah yang runyam dengan cara khas mereka. Dengan demikian, selesailah klimaks dari arc kapal pesiar.

Apothecary Diaries 09

Kaptain

Kebalikan Frieren: Episode alkohol ngebunuh orang. Buat ngebantu pentonton Maomao eksplisit bilang kalau dia tahu pelakunya tapi karena ga mau terlibat sama politik ya bisanya ngasih “petunjuk” aja. Ini bagian keduanya mayoritas buat setup arc besar selanjutnya soal konflik antar selir dan sekali lagi: Maomao cuma pembantu doang. Ga peduli kompetensi dia stabilitas politik kalau terancam ya dia bakal jadi target pembersihan.

Million Live 09

Kaczmarek

Team 8th showcase or pre-debut. Tsumugi kembali jadi nitpicker buat producer. Entah kenapa sejak Hana di franchise sebelah nongol, gue ngeliat Tsumugi jadi berasa familiar. Job pertama langsung jadi backup dancer 765Pro dan udah bisa nebak ini bakal ada bonding senior-junior sepanjang episode.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Akhirnya bisa kelarin stage yang masih unfinished di event sebelumnya. Ini event yang paling enjoyable kalau punya Gnosis dan Lappland, dan beruntungnya gue langsung naekin keduanya biar lebih mudah ngurusinnya. Annoying partnya masih di bagian S stage yang kayak Lonetrail kemarin, butuh timing yg tepat terutama soal redeploy. Yeah, gue bukan tipe yg demen AFK dan di event ini AFK itu juga persentase suksesnya gak gede.

Neural Cloud

Kaptain

Mesti ngespark. Lucu aja Erika yang dari desainnya tuh Suster Fujo malah di ceritanya jadi Sister of Battle W40K. Then again ini timeline event dia pas invasi Oasis jadi emang ga banyak kesempatan buat goblok-goblokan.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: armorgun1