[JOI Spotlight] New Cat Edition

November 26, 2023 20:18
[JOI Spotlight] New Cat Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup bulan November. Tidak terasa jaraknya dengan bulan terakhir 2023 tinggal seminggu saja, dan menyambut Desember mari kita lihat impresi staf JOI untuk seri yang sudah hadir minggu ini.

Hyakkano 07

Kaptain

Heroine multifungsi. Secara pragmatis juga tipe karakter gini berguna banget buat ngehasilin insiden rutin. Hyakkano emang bisa ngasih momen emosional, tapi bagian absurd kayak gini tuh aspek terkuat nih seri.

BlueHeaven

Paket komplit 2 in 1. Heroine baru get, dengan pace ini fix Hahari dijadiin last boss untuk anime berdurasi 1 cour. Ciuman udah di level jadi kacang goreng di seri ini.

16bit Sensation 08

Kaptain

Oh.

Oke.

Minggu lalu saya bilang Mamoru ngebacok Bill Gates buat hiperbola situasi yang bakal dia temuin di 1985. Tapi yang terjadi itu jauh lebih absurd. Ketiga karakter sempat muncul juga di background episode sebelumnya. Ini plotpoint juga agaknya muncul biar seri tentang VN ini punya jatah episode Denpa. Karena hitungan episodenya juga dah dikit ya paling episode “Penulisnya lagi ketagihan Edogawa Ranpo” ga bakal muat.

Iya. Saya megang kepercayaan kalau produsen VN eroguro yang bilang mereka ga nyontek Ranpo tuh bohong semua.

BlueHeaven

Satu episode buat ngelurusin alasan fenomena time leap dalam seri ini. Imajinasi, sebuah alasan pamungkas buat dijadiin kambing hitam atas segala ketidakmasukan akal dalam sebuah cerita. Well, potongan dalam episode ini bisa dipake untuk ngejelasin cerita seri manapun yang ga masuk akal, cuma kurang ngena kalau jadi meme sekarang.

Jujutsu Kaisen 42

Kaptain

Selamat tinggal salah satu penghasil duit terbesar seri ini. Ini buat neguhin aja kalau Mahito nggak boleh pergi dari Shibuya hidup-hidup, demi kesehatan mental Itadori dan para fans.

Frieren 12

Kaptain

Entah ini Pedang Takdir tuh didesain kayak gini buat jebakan atau buat seleksi alam via ngundang predator berbahaya. Then again ngandalin ramalan buat ngatasin kritis tuh bukan sesuatu yang pahlawan sejati lakukan. Pada akhirnya insiden kali ini tuh lebih buat Stark yang kalau aja dia bisa ngakuin self-worth dia, party kita ini bisa dapet aset yang efektif banget.

Yang paling penting, Ichinose Kana bisa ngerayain ulang tahun dengan normal.

BlueHeaven

ASMR Fern ngomong ecchi. Itu kades kemasan sachet pula. Stark jadi karakter lawak padahal dia cuma bocah polos. Again, ada moral story yang bisa didapat di setiap episode Sousou no Frieren. Setiap orang yang berusaha adalah ksatria, kah?

Boushoku no Berserk 08

Kaczmarek

Kita tahu ini seri makin menurun sama kualitas penulisannya dan mereka nyoba naikin kualitas aspek lainnya terutama soal 2D > 3D. Episode ini banyak upgrade tinggi terutama soal animasinya. Episode yang fokus ke battle gini emang perlu banyak waktu untuk nge-oversee segala pergerakan dan tentunya penyederhanaan dialog. Meski gak banyak infodump, minimal ada pengembangan karakter dari Fate dan Myne disini.

Dead Mount Death Play 19

Kaczmarek

Mereka kayak dikejar waktu untuk ngasih info sebanyak-banyaknya tapi klimaks yang ditunggu ini belum jelas. Mau diakhiri dimana dengan sisa empat episode?

Tebakkan pertama adalah pembasmian pengaruh Sabaramond, tapi ada dua pihak lain dari dunianya Corpse God yang turut ikut campur juga soal masalah ini. Yang kedua ngurusin Agakura yang mulai ngancem gak cuma Kuraki Risa, tapi juga Shinoyama. Ketiga, kepolisian ngebersihin segala pengaruh penyusup di dalem jurisdiksi mereka. Tapi ini gak masuk akal kalau Solitaire dan Fire Breathing Bug gak ada di pihak mereka.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakuete! 2nd Season 08

Kaczmarek

Skenario orisinal yang isinya tentu fanservice. Satu episode untuk pertama kalinya gaada eksistensi Cid (versi sekarang) gini jadi oasis di tengah gurun. Tapi berasa ada yang kurang setelah mengakhiri 25 menit ini, yep, gaada kalimat suci yang dilontarkan.

OK gimana kalau ngerate swimsuitnya mereka aja? Subjektif ya, peringkat pertama dipegang Zeta, kedua Alpha, ketiga Lambda.

BlueHeaven

Nu itu ibarat hime-sama turun pangkat jadi budak korporat. Harus manut sama perintah bosnya. Setidaknya dia bisa santai bentar walau akhirnya meski balik nguli di hari cutinya. Satu episode tanpa Cid itu adem banget. Biang keladi salah paham kan 7 cewek cantik yang udah ada kesalahan berpikir dalam otaknya.

Tate no Yuusha no  Nariagari S3 08

Kaczmarek

Dapet Wyndia backstory kemudian dihadapkan dengan Emperor Dragon. Mungkin ini ada di kepala kalian juga, tapi kenapa desain 3D Emperor Dragon sama (young adult) Gaelion ini kontras banget kualitasnya. Apart from that, ini animasinya membaik dari episode sebelumnya. Mereka kena ledakan dan busananya masih in tact ini udah gak perlu dipertanyakan lagi ya.

Seiken Gakuin no Maken Tsukai 09

Kaczmarek

Gue kena flashback Strike the Blood gegara arc terbaru ini ngelibatin kapal dan pergantian dimensi. Yep, seperti Leonis bilang kalau umat manusia di masa sekarang masih ngandelin adanya hero di tengah umat mereka. Disini mulai ada perebutan perhatian dari Regina dan Selia. Ini makin parah nantinya kalau udah dapet arcnya Sakuya sama Elfine.

Goblin Slayer S2 08

Kaczmarek

Usamiakitowotoku riinomochinneie inoyurun’ahowo chihonokahisatawa. Momen dimana High Elf ngucapin ini dengan partnernya nanti di masa depan bakal patut ditunggu. Gue kaget Lizardmen tetiba nawarin High Elf jadi pasangannya di masa depan. Yang paling ditunggu juga gimana nanti lizardman berubah jadi dragon nih, walau gak tahu berapa lama lagi itu. Arc kondangan is done, dan kita dapet sekelebat hero dan party-nya yang (mungkin) bakal bertemu sama Goblin Slayer.

BlueHeaven

Sengaja banget Priestest ga dikasih dress buat kondangan. Berapa kali ditekenin kalau dia itu priestest yang cukup aware sama Dewinya. Episode ini langsung ngasih lihat karakter baru LSBH sama ponytail black hair. Waduh, ini mah bakal mantap ke depannya.

Arknights: Perish in Frost 08 (End)

Kaczmarek

Investasi besar di episode ini. Mereka bisa ngeswitch tone kulit Frostnova jadi lebih pucat dari yang di game, dan kini fix keliatan mayatnya. TBH gue masih gak kebayang mereka milih Ayahi Takagaki jadi FN dan bawain lagu juga. Battle singkat yang satisfying walau bakal berakhir muram. Dialog ironi dari Kalt’sit ngomongin gedein trust operator di tengah puncak kebenciannya dengan Doctor. Emosi di saat momen Frostnova meregang nyawa di anime ini lebih tajam dari game-nya. Good job on that.

Ch’en akhirnya menjelaskan sedikit kenapa meme “Tak ada yang terjadi di selokan Lungmen” itu ada. Burst into scene ala Micah Richards kayaknya jadi metode efektif buat milih adegan. Ch’en, Kalt’sit, Fumizuki, kemudian Chernobog yang bentar lagi nabrak Lungmen. Oh yeah, WHY YOU STOPPED THERE KALT’SIT? Ursus what? Season 3 is inevitable. Tapi liat proyek Yostar Pictures lainnya yang lagi ongoing production: Sentai Dai Shikaku dan Blue Archive. Kasih mereka napas dulu sampe tahun depan.

Hikikomari Kyuuketsuki no Monmon 08

Kaczmarek

Poor Vilhaze, Terakomari udah officially punya temen sejati. Ini episode yang bikin gue gak sadar kalau ini proyek dikerjain Project No. 9. Masalah sama Reverse Moon belum kelar, tapi minimal Sakuna udah bisa diselametin walau tujuan utamanya harus dikorbanin.

BlueHeaven

Scene battle agak patah-patah FPSnya, tetapi bonyoknya Sakuna itu natural banget make upnya. Berasa banget build up buat doi. Misterinya sekarang itu keluarganya bisa dibalikin lagi ga. Episode ini juga dengan cerdiknya ngasih insight ambisi ratu yang kerjanya duduk nonton doang. Banyak pintu terbuka untuk kisah baru, baik dari sisi kerajaan vampir atau Inverted Moon.

Idolmaster Million Live 08

Kaczmarek

Baba shine! Akhirnya dijelasin kalau Baba sempet kerja dua tahun pasca kuliah tapi keluar karena perusahaan bangkrut. Ngelamar disini jadi admin, diterimanya jadi idol. Ditambah sedikit kebukanya si Momoka yang juga mantan artis cilik. Dari 39 idols, penamaan timnya cukup tradisional dibanding franchise sebelahnya.

Apothecary Diaries 08

Kaptain

Karena Maomao juga protag seri detektif ya kemana-mana bakal nemu krisis. Tentu aja karena sebatas tenaga medis ya mesti mau nerima duit tutup mulut demi kedamaian warga. Ga harem ga distrik lampu merah sama-sama penjara dengan racun berbeda. Ini juga di bagian penutup keliatan disengaja banget kayak gitu laporannya biar dia ga diganggu buat seminggu ke depan.

BlueHeaven

Maomao dikasih justifikasi kalau dia bukan karakter OP yang bisa menyelesaikan kasus sekali kejap. Sepertinya kita harus mengucapkan perpisahan sementara untuk distrik hohohehe yang punya segudang fans service. Balik lagi ke istana harem juga banyak sih fan servicenya, tetapi ga sefrontal daerah lokalisasi.

Jinshi sama Maomao reuni langsung bikin sitkom. Mereka berdua pinter mecahin kasus, tetapi pas ngobrol auto gak nyambung. Ketawanya Gyokuyo mewakili kita. Doi cakep banget pas ketawa lepas di akhir.

Dark Gathering 20

BlueHeaven

Ini katanya hantu paling OP di antara para graduates. Shami yang kerasukan aja langsung kena bantai. Bagian baksonya creepy banget di sini. Yet again, another past story about adultery.

Uma Musume Season 3 08

BlueHeaven

Kitasan akhirnya dapat satu frekuensi cerita dengan Teio. Teio ini ngikut Symboli Rudolf sih yang pasif waktu arc dia. Nature udah lelah dipaksa jalanin role sensei. Curiga Kitasan cuma manfaatin panggilan Sensei ke Nature buat dapet supply. Walhasil dikasih stok makanan dari distrik market. Baru ingat Teio juga begitu dulu.

Hametsu no Oukoku 08

BlueHeaven

Scene yang cukup menjijikan, kaisar meninggoy yang gantiin malah empress yang joget idol pas crowning momennya. Untungnya Adonis ada di daerah gurun terpencil. Kalau mau terbang atau summon gundam terus ke ibukota mungkin, cuma dia bawa beban alias Doroka. Episode minggu ini juga ngasih sedikit bumbu sedih soal kisah cinta witch yang sudah jadi tengkorak. Ada juga yang mau nikah sama manusia, ya. Kalau ingat Dorothea sih, pernikahannya sama Goethe ga keitung karena cuma niat memanfaatkan saja.

Spy x Family Season 2 08

BlueHeaven

Beberapa minggu saya telat nonton anime ini, akhirnya bisa susul sesuai jadwal rilis spotlight mingguan. Saya harus kasih kredit untuk episode ini karena battlenya diceritakan begitu baik. Pengambilan sudut kapal dengan model 3D tidak masalah buat saya. Mereka juga bisa ngepasin timing seperti dua karyawan polos itu main slot (slot beneran ini, bukan yang judol), pas dapet jackpot angkat tangan langsung pindah scene ke pertarungan antara assassin. Itu transisinya smooth banget, scoringnya juga pas diputer saat itu juga.

Kimizero 08

BlueHeaven

Bisa dibilang episode filler karena isinya ya main-main doang. Saya kesesem sama Akari. Dia yang paling pertama ngedeketin cowok jones temennya MC. Ditambah pula, di antara gyaru gang dia yang paling ga mencolok cara berpakaiannya, dalam artian ga show-off skin berlebihan. Di akhir pertemuan dia juga ga ngerem buat muji temen MC yang gendut. What a girl.

Wataoshi 08

BlueHeaven

Out of nowhere ini pelayan yang paling lama ngelayanin Claire malah menodongkan pisau ke leher tuannya. Alasan klasik buat jadiin karakter baik jadi villain di seri, menjadikan keluarga sebagai motivasi perbuatan jahatnya. Hikikomari juga begitu di episode minggu ini. Rae yang udah tau plot aja ga bisa nahan insiden ini. Soal gereja dan monarki, ga perlu dibahas lagi. Klasik banget perebutan kekuasaan kayak gini apalagi soal pemberontakan rakjel yang cuma jadi alat pengguling kekuasaan.

Ragna Crimson 09

BlueHeaven

Apresiasi Leese-hime sebagai bintang panggung di episode ini. Crimson mah oscarnya dah bejibun, jadi ga perlu dikasih lagi. Ini hime-sama imutnya minta main sih dibanding semua perempuan di seri ini.

Episode ini juga ngenalin satu-satu anggota dari pasukan silver hime-sama. Sayang ga semua yang kalian lihat di episode ini bakal bertahan hidup lama. Saya paling kesel kalau ada karakter kembar terus satunya dibikin mati (Harry Potter, I mean you). Ultimatia udah fix jadi karakter naga terlemah setelah pertempurannya melawan Ragna.

Tearmoon Empire 08

BlueHeaven

Tearmoon Empire balik lagi dengan sejuta salah pahamnya. Pion di bidang militer bisa dipastikan berhasil diamankan. Si kacamata hampir mendekati kebenaran sesungguhnya, dibantu narator pula yang jelasin, sayang si bangsawan terlalu senang dapet proyek bangun Princess City di tanah dia. Yang masalah Rudolfon ini yang saya ga expect, banyak banget masalah dikelarin dalam sekali kunjungan Mia-sama.

Buku diari kematian Mia hilang, tetapi bukan berarti masalah selesai. Ada batu di balik udang, episode ini ngenalin kita ke biang kerok nasib naas Mia. Kayaknya mereka bakal banting stir ke Abel.

Butareba 08

BlueHeaven

Sayang sekali kita tidak bisa melihat Yethma berdada besar untuk lanjut ke perjalanan berikutnya. Cukup hebat dia masih bisa kuat jalan dengan kondisi seperti itu. Episode ini juga ngasih senjata ke mas celeng supaya kerjanya ga ngebacot doang. Mayan ada aksi babi yang bisa ngebekuin tanah gitu. Masih ada sepertiga durasi yang perlu dihabiskan di seri ini. Garis finish sudah di depan mata, tetapi masih terasa sangat jauh.

Potion-danomi Ikinobimasu 07-08

BlueHeaven

Saya baru bisa ngejar seri ini di spotlight minggu ini. Episode 7 benar-benar di luar ekspektasi. Adegan ledakan kepala itu saya salut meski pertempuran dalam anime ini ga bisa dibilang bagus-bagus amet.

Partynya Kaoru sekarang komplit dengan penambahan Layette di episode 8. Saya selalu geleng-geleng tiap kali Kaoru bawa nama Celestine dengan gampang buat ngasilin masalah baru. Wadah potionnya juga makin aneh tiap episode. Nao Touyama dapat jatah buat dua episode ini, mantap ga AFK lagi.

Neural Cloud

Kaptain

Tinggal misi Matrix aja. Sayangnya kebocoran soal momen besar nih campaign, tapi untungnya masih bersih soal setup kayak siapa target sebenarnya invasi kali ini. Ini emang metafornya dihantam ke muka pemain soal pion yang jadi ratu, tapi sebagai “perayaan” setahun juga ini buat nekanin kalau Oasis bisa berdiri sendiri tanpa bantuan KJ. Penanda kalau sebagai peradaban Oasis udah jadi proper nation state.

Jadi agaknya banner selanjutnya tuh Erika>Undine>Cascadia. Nomor 1 & 3 tuh cerita bannernya soal invasi kali ini jadi ya wajar lah dicepetin. Undine ya paling biar bisa jual kostum holiday.

bukan_randy

Dah lama ga ada event yg pakai stamina buat rewardnya. Jadi super boros tiket karena barengan ama rilisnya algorithm baru (Polybore-2 atk% ga drop-drop ahuahuahuah), tapi seenggaknya di event ini tiket stamina yg dari challenge totalnya akhirnya sampai 100, jadi waktunya dipakai.

Sempet kena bocoran dikit juga gara-gara liat unit spoiler di server CN, tapi saya salah nangkep implikasinya jadi salah ngira apa yang terjadi dan tetep kaget hahah. Seperti biasa, event anniversary gini malah dikasih cerita depressing, onore MICA.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Astaga masih stuck di map terakhir karena timing terkendala fps drop terus. Ini struggling juga karena Kristen yang keluarnya cepet bgt. Yes, ini maen pake braindead strategy. Gak ngecek kyostin dan lainnya. Berusaha ngebersihin ini pake Abyssal Squad dan semoga sisa dua hari ini bisa selesain.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: bruce8763