[JOI Spotlight] The Eve Edition

December 24, 2023 19:13
[JOI Spotlight] The Eve Edition

Selamat datang di JOI Spotlight sehari sebelum Natal. Yah lebih tepatnya beberapa jam sebelum natal. Selagi menunggu hari besar mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang beberapa sudah tamat pada minggu ini.

Hyakkano 11

Kaptain

Jadi bahasa Inggrisnya Oyakodon tuh Double Whooper. Makanan Indonesia yang bisa jadi perbandingan apa ya?

BlueHeaven

Gara-gara spoiler breaking the 4th wall saya jadi ga skip ending episode ini. Mama idaman, memang.

Kaczmarek

Tepuk tangan karena Sumippe ngisi Hahari. Lebih kenceng lagi karena Hahari jadi pesaing utama Hakari demi masa depan keduanya.

16bit Sensation 12

Kaptain

Tentu aja masalah AI yang ga mampu lagi berkembang karena data sampah dan ga ada lagi konten buat dicolong terjadi lebih cepet. Ini juga Konoha nagsih komentar bagus soal barrier of entry yang lebih rendah berkat software dan hardware rendah jadi manpower buat bikin game juga perlu lebih dikit. Tentu buat korporat tuh idealnya mereka ga perlu bayar kreator.

BlueHeaven

Hei, cliffhangernya kok UFO? Waduh, makin twisted aja escape pointnya. Touya kena genjutsu bacot no jutsunya Konoha. Bisa-bisanya ada celah cursed doujin plot di episode ini.

Kaczmarek

Entah kenapa ini berasa jadi Deus Ex Machina, atau memang begitu? Ada beberapa detail yang gak dijelasin disini dan bikin gue kena flashback adaptasi Wakiki lainnya yaitu TWGOK di musim terakhirnya.

Dark Gathering 23-24

BlueHeaven

Child’s play over. Sepertinya 2 cour anime ini bakal ditutup dengan persiapan season 2. Ya kali udah declare war cuma digantungin gini aja. Eiko malah ngerusak masa depan iinchou polos dengan mindset gilanya. Ga cuma ngelahirin anak secara fisik, doi juga bisa melahirkan “anak” secara mental yang sama dengannya. Di antara 3 member gang pemburu hantu, yang paling serem dia dan sometimes lebih serem dari hantu aslinya.

Boushoku no Berserk 12 (End)

BlueHeaven

Akhirnya kelar juga ini anime jualan novel. Nambah-nambahin aja author yang dibutcher karyanya lewat adaptasi anime. Di episode ini goblok banget sih Eris dan Myne ngajak Fate keluar buat nyembuhin tangannya terus bubar. Kirain mau party bareng nyelesain bigger problem for the world, malah kocak begini endingnya. Battlenya ga perlu dikomen panjang, animasinya cukup bikin saya yakin kalau saya telah melihat battle paling brutal dan dramatis di 2023.

Dekoboko Majo no Oyako Jijou 12 (End)

BlueHeaven

Comfortable ending. Sampai akhir masih dirahasiakan sosok dua karakter misterius yang sengaja ga dikasih lihat mukanya. Anime ini memang cocok buat pelepas penat. Bobotnya yang ringan bisa bikin jenaka yang nyaman dinikmati. Cuma satu episode yang dibikin ga ada transisi, di episode peri bokong dan peri pantat. Maklum seiyuunya mahal.

Shangri-La Frontier 12

BlueHeaven

Sepertinya sudah saatnya saya berdamai dengan anime yang settingan ultra slow pacenya ga mau diubah. Episode kali ini fokus memancing, sebuah fitur nyeleneh yang bisa-bisanya sering masuk di game-game RPG. Di episode ini kita juga diperlihatkan kekuatan OiKatzo, idaman otaku yang demen waifu kok dalemannya cwk. Animasi battle seperti biasa bagus, tetapi tidak memberikan thrilling effect buat saya seperti yang ada di pertarungan lawan laba-laba. Lucknya Sunraku ga bisa terus-menerus diandalkan, lumayan bikin orang yang berpendapat skeptis soal anime ini kayak Bofuri cuma diganti agility plus luck (bukan saya) terpatahkan komentarnya.

Seiken Gakuin no Makentsukai 12 (End)

BlueHeaven

Setidaknya Riselia ga begitu beban di episode ini. Animenya masih ngasih harapan gantung, entah mereka niat ngelanjutin ke season 2 atau cuma tease doang. Kualitasnya di bawah standar sih untuk ukuran anime yang banyak tarungnya. Cuma kalau ngomong fan service, beuh, nomor satu itu, Kagejitsu aja lewat buat saya.

Kaczmarek

Untuk standar anime produksi Passione, ini mengecewakan. Mereka gak berani all out (entah karena permintaan produser) atau emang staf yang turun main aman di adaptasi promosi ini.

Wataoshi 12 (End)

BlueHeaven

Ending yang agak nyebelin buat saya. Ada karakter baru yang datang dengan punya power melebihi MC (ini ga ada ancang-ancang munculnya, btw). Terus dia bikin rusuh dan di akhir malah pergi. Saya benci kalau ada hal-hal yang beginian di ending. Kayak yang nulis cerita ga bisa build up ceritanya dari awal sampai harus selipin sesuatu yang anomali buat belokin cerita sesuai kemauannya.

Untuk soal yurinya okelah ini baru kelihatan bold di akhir. Saya tidak masalah mau nampilin anak atau tidak, yang jadi masalah itu gimana masuk akalnya back story Manaria bisa gitu dan mempengaruhi Rae. Claire juga sejak Manaria muncul kayak lupa gitu kalau dia pernah suka sama Thane. Tiba-tiba aja semua berubah, kayak ga ada gunanya story dari awal kalau ujung-ujungnya begini. Masalah kerajaan yang terancam aja ga pernah disentuh sama sekali, padahal Lene dibuang gara-gara itu.

Seijo no Maryoku wa Bannou desu Season 2 12 (End)

BlueHeaven

Tiga menit, hanya untuk tiga menit yang ditunggu-tunggu, akhirnya anime ini finito. Penantian panjang akhirnya selesai, penonton bisa angkat koper dari bioskop dan tugas seijo menemani selama 2 season akhirnya selesai. Insert song “Blessing” dan permainan visual dan cahaya membuat 3 menit terakhir itu membasuh segala perasaan negatif yang sudah lama terpendam. Satu hal yang mungkin agak disayangkan, saya kurang bisa memahami di bagian mana Sei mulai suka sama Hawke karena cuma Hawke yang jelas gimana sukanya meski tanpa penjelas di episode akhir.

Toaru Ossan no VRMMO Katsudouki 12 (End)

BlueHeaven

Pertarungan Earth versus naga ijo patut diapresiasi. Karena penonton sering diperlihatkan gimana Earth mendesain senjatanya, berasa sayang juga dua aibounya harus gugur dalam pertarungan itu. Sacrifice bow itu Arash banget, sih.

Sayangnya, anime ini ditutup dengan cara yang kurang enak. Ga tau apa maunya anime ini, tiap mau progress dilepas itu pencapaiannya. Kalau ada lanjutan pun kita ga bakal melihat Queen yang sering nongol di season 1.

Kalau soal pembuatan senjata dan pengembangan skill saya bisa katakan ini lebih baik dari rata-rata anime berlatar game di luar sana. Sayang, pembawaan ceritanya terlalu berubah-ubah sampai saya menaruh ini di daftar terendah musim ini.

Ikenaikyo 12 (End)

BlueHeaven

Lah Miach alpa 6 episode? Baru nyadar pas Allen nembus dinding ke-4. A good last episode for me, nampilin hampir semua karakter pentingnya. Studionya harus tanggung jawab buat season 2 karena dah nampilin bahan cerita untuk berikutnya.

Kimizero 12 (End)

BlueHeaven

Satu episode full jenaka. Luna terlalu naif buat nyatuin orang tuanya, rasain dah kena getahnya. Ryuuto ini pikirannya pengen mesum terus tapi ujung-ujungnya malah nolak di detik-detik terakhir. Akari kemakan omongan sendiri pas Ijuin dah jadi kurus, cocoklah mereka berdua sama-sama low IQ. Nikoru ini agak waras cuma karena lingkungannya jenaka jadilah dia ikutan bergurau. Main trabas aja itu les bimbel dibuka satu-satu pintunya. Emang sel-sel otaknya dah pada mati gara-gara overdosis cinta.

Uma Musume Season 3 12

BlueHeaven

It’s expected, it’s freaking expected, but why, why my tears came down? Memang ga bisa seemosional Teio, tetapi momennya Cheval Grand berhasil dieksekusi bagus. Episode yang separuhnya diisi dengan pengumuman pensi Kitasan dan semenitan debut suara Royce and Royce, tetapi mereka bisa masukin momen dramatis Cheval. Dari awal sebenarnya dah kelihatan ini episode didedikasikan ke Cheval. Sama seperti season 2 kemarin yang buat Sego Pancuran, episode ini menyesuaikan opening ke Cheval. Insert songnya awalnya berasa agak maksa, tetapi pas klimaksnya benar-benar bagus.

Jujutsu Kaisen 46

Kaptain

Incest jumpscare, masih kaget para dukun tuh isinya orang yang kurang beres?. That’s all buat Mahito. Kayak kebanyakan konflik nih adaptasi bagian Choso tuh orisinal, cuma ya Mappa juga kayaknya udah bosen nyiksa staf jadi ya para agen lapangan tetep dibekuin.

Frieren 16

Kaptain

Masuk area baru, Stark dapet penderitaan baru. Bagus juga ini sedikit demi sedikit ngeungkap latar belakang Kraft juga. Masuk tahun depan ya si mbah akhirnya bisa bikin SIM.

BlueHeaven

And… that’s the end of cour 1, 16 episodes with YOASOBI opening yang katanya skippable. Next cour bakal fokus ke ujian sihir. Banyak karakter baru dan opening yang ga kalah jedag-jedug dari Yorushika. Mau ngomong apa lagi haters YOASOBI? Ini anime shounen, bung.

Kalau kalian sadar, sebenarnya dialog selama penayangan sampai episode 16 ini masih tergolong minim dibanding anime shounen lain macam Naruto yang masih bisa ngebacot dalam battle. Porsi flashback juga proper dan maksud tersirat yang mudah ditangkap oleh penonton menunjukkan mengapa anime ini sampai sekarang masih pantatin FMAB di MAL, ya walau rating di MAL itu ga bisa dibanggain amet.

Hoshikuzu Telepath 10-11

BlueHeaven

Two dramatic episodes. Bagaimana dalam dua episode ini kita mendapat eksplorasi yang puol abis. Yang mau lebih kenal dalam karakter terutama Matataki dan Haruno bisa melihat perkembangan karakter mereka yang benar-benar satisfying bagi saya. Buat kamu yang demen unsur sains dan roketnya juga dimanja bagaimana klub yang diketuai Kei menunjukkan berbagai teori dan instrumen dalam pembuatan roket.

Feeling kerasa, apalagi pas Matataki punya tatapan madesu. Itu sexy banget tbh. Desain baju casual pas duel roket part 2 juga enak dilihat detailnya. Saya senang bisa girang nonton CGDCT tanpa ada tekanan setelah sekian lama itu hilang akhir-akhir ini.

Hametsu no Oukoku 12 (End)

BlueHeaven

Penghargaan villain paling kocak jatuh pada Shirousagi. Jadi last boss yang punya power lebih OP dibanding Adonis apalagi Doroka, malah kebanyakan buang waktu sampai Adonis bisa dapet power yang bisa melebihi kekuatannya. Lagian pake acara banyak bacot dan ngebutain Doroka dulu sih. Padahal tinggal patahin lehernya, ga perlu dimainin kelar tuh misi. Biar apa? Biar dramatis gitu.

Doroka akhirnya bisa nerima jalan ninja Adonis untuk balas dendam. Kekuatan sihir cinta masih belum dikasih tahu limitnya. Banyak cerita yang masih bisa dieksplor cuma saya ragu untuk kedatangan sekuel.

Saihate no Paladin: Tetsusabi no Yama no Ou 12 (End)

BlueHeaven

Hell naw, Stagnate versi cwk. Ship straight banyak berlabuh di last episode ini. Paling jelas ya Reystov, terus ada kapal baru Menel dengan cewek elf yang baru ketemu di season ini. Kalau soal Will ya ini rebutan dua dewi sama satu halfling. Gracefeel ga bisa diajak nego pas Stagnate bahas bikin anak sama Will, ini bagian yang paling menggelitik buat saya di episode ini.

Spy x Family Season 2 12 (End)

BlueHeaven

Tujuh puluh persen filler, sisanya real story. Spy x Family sudah di titik di mana cuma jadi pemanis tiap minggunya aja. Kalau mau nonton real story ya nanti pas movie. Emang bagusan dijadiin movie tiap arc penting, soalnya kalau mau dibikin per season kayaknya juga percuma. Episode ini comfort to watch, sih. Bond basah itu auto ngakak saya di bagian itu.

Tearmoon Empire 12 (End)

BlueHeaven

Titik di mana cerita sudah selayaknya usai. Mereka sedikit ngetease kalau ada bahan baru yang bisa jadi lembar berikutnya di sekuel. Itu sih kalau ada, tergantung sales tentunya. Pastinya ada alasan mengapa buku diari Mia bisa ikut time leap dan hilang tiba-tiba. Di episode ini juga ngasih lihat buku yang dipegang Jem kemungkinan tipenya sama dengan yang Mia punya. Satu-satunya korban dalam penyelesaian pemberontakan ini adalah sampo kuda dari Abel yang jadi korban buat mulusin langkah kaki Mia mewujudkan tendangan penuntas masa depan suram yang sudah diidam-idamkannya.

Kikansha no Mahou wa Tokubetsu desu 12 (End)

BlueHeaven

Lanjut ke season 2. We need more depth in characters. Agak bosen dicekokin Romantica, Pram, dan Desir dengan segala tampang ngeselinnya. Last boss battlenya juga meh buat jadi penutup, so yeah, come on season 2!

Potion-danomi de Ikinobimasu 12 (End)

BlueHeaven

Terlepas dari segala kekurangannya, anime ini sudah berusaha memberikan pelayanan sebisa mungkin ke penonton. Naruh semua karakter penting buat pamitan itu sesuatu banget. Sisanya ya ga bisa dipungkiri ini salah satu anime terjelek yang saya tamatin di musim ini. At least ga sampai di level saya nyesel nonton dan tidak rekomen. Cuma sekadar jelek dan bisa ditonton kalau kalian niat ngambil minimal 30 judul per musim.

Dead Mount Death Play 23

Kaczmarek

All or nothing. Polka udah ngebuka diri di depan Civil dan masalah lain di luar itu juga lagi dikuakin satu-satu termasuk masa lalu Fire Breathing Bug. Sempet berharap Civil adalah Arius di masa lalu dengan tubuh kloningan aja, tapi nyatanya dia gak secara langsung reinkarnasi dari Arius. Emosi dan arah tujuannya berubah ngikutin angin yang ada. Yang gak diungkap adalah Civil, Arahabaki, sama Lulu sudah datang dalam keadaan yang misterius di hadapan Polka dkk.

Pengungkapan bahwa ibunya Polka di dunia lain ternyata gak mati tapi dibawa ke dunia nyata dan berhubungan sama Shinoyama. Hal ini menjawab situasinya yang tiba-tiba terbangun di wujud Polka.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! S2 12 (End)

Kaczmarek

Noice. Komite berani melompati yang ada demi dapet “woah” dengan sistem ini. S2 yang udah memenuhi ekspektasi walau tweaking-nya bikin pembaca aslinya heran dalam hal positif. Namun gak ada adaptasi yang sempurna, terutama di seri ini yang masih ada masalah cutting screentime dari karakter pendukung yang kian menumpuk. Andai ini 20 episode seperti musim pertama, mungkin bisa lebih bisa enak distretchingnya. Tapi berasa mubazir kalau mereka gak nyiapin proyek dalam waktu dekat. Benar saja, kita dapet Movie setelah ini. What a ride, seems i’m forgetting the fact that this series isn’t just fun killing and bad blood.

BlueHeaven

Back to back episode 1 season 1 ke episode 12 season 2. Sekuel dalam bentuk movie sangat wajar biar kalau ada season 3 bisa balik ke isekai lagi. Some of original components in anime but it is better than season 1. Teori universe Kagejitsu acceptable, salah satu komponen paling serius di tengah seri yang dipenuhi kengacoan.

Goblin Slayer II 12 (End)

Kaczmarek

Step up! Yep tipikal author buat nge-ekspos kelengahan ini party untuk bikin situasi lebih berbahaya dari sebelumnya. Tentunya dengan penawar terbaik dalam bentuk bala bantuan. Kita gak pengen ini party pecah hanya karena kegoblokan tuan putri juga. Sedikit demi sedikit mulai terkuak siapa dibalik serangan goblin yang secara (gak) sengaja melibatkan GS. Setelah ini, gue gak tahu apa mereka nyiapin sekuel atau enggak. Ini sudah cukup buat promosiin karya orisinalnya, tapi apakah ada demand untuk bikin adaptasinya lanjut?

BlueHeaven

I guess this is it? Mereka sudah cukup sejauh ini memanjakan penonton lewat 2 season anime plus satu movie. Rata-rata semua karakter punya developmentnya sendiri di tengah cerita yang dikit-dikit ada goblin dalam misinya. Kalaupun mau dilanjut, bahas yuusha dan partynya bisa jadi sesuatu yang bagus, setidaknya buat spin-off mungkin.

Tate No Yuusha no Nariagari S3 12 (End)

Kaczmarek

Terlihat silly gak sih alasan Raphtalia make miko outfit jadi tanda perlawanan Q’ten Lo. Tapi diingatin lagi sama Sadeena kalau tiap negara pun selalu berhadapan dengan konflik dengan alasan yang aneh juga. Lowkey, pull up!

Q’ten Lo yang lokasinya terisolasi dan prinsipnya memegang teguh budaya Jepang udah ngejelasin kenapa mereka sensitif banget sama negara lain. Selain juga karena pengen jaga nilai mereka dari pengaruh luar, tapi juga karena mereka gak ingin terkena masalah wave yang jadi masalah di daratan utama. Dapet teaser banyak soal karakter berikutnya, tapi masih nihil teaser utamanya. Ada simbolisasi di outro dimana [Season 3] berubah jadi [Season :null:]

Butareba 10-11

BlueHeaven

Peak of writing. Ini dia yang saya koar-koar kalau cerita mau masuk ke last spurt harus ada ancang-ancang dulu sebelumnya. Kebanyakan anime yang saya tonton sekarang terlalu tiba-tiba ngasih perubahan buat memuluskan jalan akhir yang ingin ditempuh author. Segala komponen di dua episode ini adalah perwujudan petunjuk cerita yang ditabung sejak seri ini dimulai.

Heckripon jadi CCTV expected, sih. Sisanya soal penyihir juga bisa ditebak. Yang ga bisa ditebak itu soal anak cowok yang cepet-cepet dibunuh biar ras penyihir kecuali royal hanya berisikan perempuan saja. Anak perempuan raja cakep banget btw. Mengingat jobnya penyihir yang lulus ujian bakal masuk royal family dan diminta menghasilkan penerus, bisa kita simpulkan doi mungkin sudah…

Apothecary Diary 12

Kaptain

Selamat tinggal arc pelayan selir, halo arc staf PNS. Pada akhirnya Maomao ngeliat baik rumah bordil dan kediaman selir sebagai sangkar yang cuma beda di nilai properti aja. Ini juga masalah jangka panjang berupa utang juga udah diberesin jadi dia 100% bisa fokus jadi investigator.

Idolmaster Million Live 12 (End)

Kaczmarek

Akhirnya kelar anime promosi ini. Gaada yang bikin tergugah selain trofi di dalam adaptasi ini. Namun gue bakal ngasih nilai standar untuk adaptasi yang make 3DCG ini. Sekali lagi, karena ini ensemble cast dan gak mau fokusin beberapa karakter utama aja, jadinya pendalaman ceritanya kayak cetek semua. I didn’t expect another animation project from this series.

Hikikomari no Kyuuketsuki Monmon 11

Kaczmarek

Linia kena tusuk maidnya sendiri dan skenario meh berikutnya udah ditebak bakal kayak gimana. Ini masih 11 episode, tapi tingkat kedewasaan dan logikanya Terakomari ini gak naik-naik juga. Kalau udah lengah di luar peperangan, dia balik jadi mode aslinya dan Linia pun ikut kesel.

Neural Cloud

Kaptain

50 roll buat Undine. Baguslah ini event berat Undine bisa diseimbangin sama event goblok-goblokan yang fokus ke dia juga. Kurang lebih sisi lain dari doll high-spec yang didesain untuk satu tugas aja, Daiyan cukup beruntung buat dibacking satu korporasi, nothing like that for the troupe. Bakal ngerasa ga enak pas kru dia saya makanin ke Dark Star.

Fate/Grand Order

NA server

Kaptain

Lel, Ivan jadi meme. Pas artikel ditulis juga Surtr dah mampus. Ga terlalu niat ngabisin waktu buat Raid ngeliat akhir tahun ini lagi sibuk. On a happier note ini emang lagi hoki soal ngeroll karakter yang temanya siluman air.

Blue Archive

Kaptain

Konsep simpel. eksekusi bagus. Fox team ga se-wah antagonis sebelumnya ngeliat di akhir juga gampang banget dilumat Rabbit, tapi ya tuh tim emang setengah hati ngejalanin konspirasinya. Saya apresiasi ini Kaya langsung ditahan tanpa mesti buang-buang waktu lagi buat karakterisasi, sometimes antagonis yang simpel emang enak walaupun bisa aja ada pimpinan yang lebih goblok daripada Cherino.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: vinhnyu