[JOI Spotlight] Opening Winter Season 2024 Edition

January 7, 2024 20:26
[JOI Spotlight] Opening Winter Season 2024 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama dari 2024. Seperti biasa staf Jurnal Otaku tentu perlu ngumpulin dulu seri baru di musim ini, jadi mari kita bikin bersama-sama daftar tontonan untuk musim dingin ini.

Delicious in Dungeon 01

What’s this?

Berdasarkan temperamen, kebalikannya Frieren.

Kaptain

Pake judul ini buat ngikut penerbitan lokal Dungeon Meshi. Kita mulai dari jeleknya dulu: Detail resep ga semenyeluruh versi manga. Sementara bagusnya: Kita dapet an actual capital F Fantasy. Dungeon bukan dilihat sebagai level game tapi sebagai ekosistem yang harus dipelajarin dan dikalahin. Area operasi dah jelas, misi udah jelas, time limit ada, dan party member lebih bawel. Makanya ini saya bilang kebalikannya Frieren.

Bakal jadi adaptasi penuh ngeliat jumlah episode sama karakter yang nongol di opening. Sekarang penasaran aja gimana Trigger bakal nyelipin Space/Low Orbit battle. Ga terlalu khawatir soal penyakit “ambruk di akhir” ngeliat sumbernya juga udah tamat.

Nyoba dub Indonesia. Antara sound mixingnya yang kurang menyeluruh atau mic-nya saudara Ibnu Mahdiansyah perlu diatur ulang karena reverb lebih kedengeran di beberapa adegan. On that note, sebagai yang lagi kerja di LQA juga sama-sama senasib dimandat dungeon harus dijadiin “Ruang Bawah Tanah”.

BlueHeaven

Topografinya ngingetin sama Made in Abyss. Cuma yang ini lebih ke komedi aja. Adegan masak-masaknya ngingetin sama video tiktok china yang sering masak di wildlife.

YouZitsu III 01

What’s this?

Horrific Stockholm Syndrome

Kaczmarek

Kembali menaruh rendah ekspektasi kualitas di beberapa aspek cerita dan animasi karena treatment yang sama kayak musim pertama dan kedua. Ini kayak udah kesiksa di dua musim terakhir dan kini berada di fase acceptance yang secara langsung jadi pihak ter-abused. Am i still angry? Are we still?

Ini baru episode pertama pun gue udah nge-sigh dengan transisi animasi tiap karakternya yang masih sama kayak season 2 yang lecet. Honami jadi korban utama saat aktifitas lari ditambah saat ngobrol di makan malam. Arc study tour ini cuma bukit pertama sebelum kita ke lembah ke arc berikutnya dimana gue sendiri hampir males lanjutin baca novelnya.

BlueHeaven

Baru menit pertama, diperlihatkan quote seperti biasa dan yang bisa dilihat setelah itu adalah CGI mobil. Nih studio niat bikin animenya ga sih? Apa karena Suzune bukan main heroine jadi sutradaranya hilang motivasi buat bikin visual yang agak niat? Youzitsu ke-carry stereotip “gue banget”, makanya nilainya gede di sebagian orang. Padahal mah anime ini lebih jelek dari rata-rata anime lain, bahkan sejak season 1 dan season 2 yang bagus pas adegan baku hantam doang. Herannya saya masih nonton karena dagangan waifunya laris manis. Scene di pemandian ga diperlihatkan itu sayang banget, pengen liat padahal reaksi temen-temen Ayanokoji ngelihat size T-Rexnya MC.

Mahou Shoujo ni Akogarete 01

What’s this?

Mahou Shoujo Mock

Kaczmarek

Bakal ngira dapet versi sensor duluan malah dapet full nudity berkat AT-X. Karena udah sempet baca manga-nya, jadi material ceritanya udah gak ngagetin terutama fanservice focused-nya. Jangan harap cerita seri ini bakal makin dalem dengan mengesampingkan comedic materialnya untuk musim pertama ini. Oh iya, episode pertama dapet cameo Pop Team Epic. What’s next?

Kalau mau liat ancamannya Venarita, coba cek SNS https://twitter.com/akunososhiki_en -nya langsung.

Kaptain

Oke. Ini dapet banyak banget “nilai tambah”. Sumber materinya emang eksplisit tapi ini lebih digenjot lagi di sini. Seri action fanservice yang sejenis sama Tsugumomo, ngeliat makin kebelakang semakin banyak adegan spektakuler yang bakal mahal adaptasinya.

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 01

What’s this?

Author wet dream project

Kaczmarek

Ini proyek yang sebenernya gak disangka sama Yuuki Yaku-sensei karena dia gak terlalu percaya diri sama penjualan BD season pertamanya. Episode pembuka yang masih “sama” kayak musim pertama. Tentunya dikasih refresh ulang soal dimana kita berhenti di edisi sebelumnya.

BlueHeaven

Jelajah karakter yang decent di episode pertama. Langsung refresh ingetan kita soal gimana cerita anime ini. I have no objection, let’s get into the next phrase.

Matou Seihei no Slave 01

What’s this?

Penyempurnaan resep Takahiro.

Kaptain

Ada versi “penuh” kalau mau nunggu lebih lama. “Kerangka” heroine nih seri harusnya udah ga asing lagi lagi ngeliat beberapa karakter juga straight up karakter Majikoi. Ga ngarep banyak sama kualitas aksinya ngeliat bagian pentingnya ya pas transaksi dilakuin. Ini juga ngeliat endingnya staf sadar sama sumber duit nih seri ngeliat jatah screentime karakter tertentu.

BlueHeaven

Anime pro-slavery ini akhirnya tayang juga setelah delay yang ga sekali. Monsternya kayaknya pake CGI tapi ga terlalu ngerusak mata. Watchable lah yang versi safenya masih ok buat yang ga terlalu demand hard ecchinya.

Chiyu Mahou 01

What’s this?

Redo of Redo of Healer

Kaczmarek

I’m sold when they announced Waterweed to sing their opening animation song and ChouCho for ending song. Ditambah udah lama isekai yang fokusnya ke healer dapet adaptasi. Jangan ragu, ini gak ada revenge r*pe-nya kok. Episode pertama ini udah keliatan bagus sebagai starter, dan kalo bisa nahan konsistensi komedi dan penceritaannya sampe akhir, klimaks di akhir gak bakal jadi bahan omongan lebih selain enjoymentnya.

Pon No Michi 01

What’s this?

Warung Madura

Kaczmarek

Jangan kaget kalo Negi Haruba, mangaka Go-Toubun yang ngedesain karakter di proyek baru ini. Karena gue belom baca manga-nya, jadi cuma ekspektasi mereka bisa nyeimbangin konten daily-life sama mahjongnya. Oh iya, cewek-cewek ini gaada yang rata kah? Sejauh ini pada tebel semua.

How’s the episode? All over the place. Seems like someone throwing a kitchen sink on my face. I mean, bagi orang yang awam sama mahjong, ini episode pertama gak ngasih jalan mudah untuk orang-orang itu. Beberapa hal yang keliatan banget adalah referensi tempat yang dimana ini mayoritas dari real life location.

Frieren 17

Kaptain

Frieren Multiclass dikit biar party masih ada off healer. Kalau diinget lagi nih seri emang belum dapet episode demam so here it is.

BlueHeaven

Sein adalah kita. Ternyata masalah pisah jalan diresolve di episode ini. Saya lihat orang lebih nerima yang versi Yorushika padahal sama aja jedag-jedug sama Yoasobi. Itu kombinasi drum sama gitar elektrik yang dominan, bukan instrumen ala fantasi. Visualnya juga masih belum sinkron sama lagu. Lebih gampang diingat yuusha daripada ini.

Sukoshi Cheat 01

What’s this?

Human isn’t human after all

Kaczmarek

Belum baca manganya lebih jauh, tapi episode pembuka ini ngadopsi ke novelnya yang udah tamat tahun lalu. Beberapa detail gak dikasih liat di manga-nya, kayak dialog tiga sekawan itu yang ngancem Dannoura. Gue narok ekspektasi serendah-rendahnya karena ini disutradarain dan ceritanya di-compose sama orang yang lebih demen ngoleksi nama alias ketimbang make nama asli yaitu Masakazu Hishiga. Lalu ini kedua kalinya Miyu Tomita disuruh ngisi pabrik susu di proyek yang dikerjain Okuruto Noboru.

BlueHeaven

Kejual karena karakter OP lebih sakti dari sekadar nulis di buku doang. Selebihnya ga bisa berkomentar lebih karena visualnya di bawah standar.

Ishura 01

What’s this?

Bleak Battle Royale

Kaczmarek

Dibuat “hadeh” karena proyek ini dikerjain dua studio, Passione dan SANZIGEN. Tapi setelah tahu SANZIGEN yang fokus ke CG-nya, gue agak lega. Karena ini serial actionnya juga cukup rame, mau gak mau komite kudu nyari tender untuk bantu Passione nyelesain bagian itu. Oiya buat catetan, everyone is the protagonist. Kalau kalian udah biasa sama To Aru, mungkin kalian bisa ngikutin seri ini tanpa terkejut sama elemen battle dan interaksinya. Proyek ini bakal hit or miss, karena material ceritanya cukup berat buat diangkat dalam bentuk animasi. Kudu ada “dana” lebih untuk nyempurnain tujuan itu.

Bokuyaba Season 2 01

What’s This?

This is my story (2)

BlueHeaven

Auto jadi favorit untuk musim ini, top of the top. Openingnya gila, berasa shounen. Romancenya buat saya ketar-ketir. Cara mereka show-off title episode juga masih apik. Scoring mutlak GG, ending juga bikin saya geleng-geleng. No celah.

Sasaki to Pii-chan 01

What’s This?

Katalog promosi pet shop buat ngebeli burung

BlueHeaven

Cara baru ke isekai unlocked. Ada alasan mengapa episode pertamanya punya durasi 40 menitan. First half mereka nampilin om-om yang gampang dihafal namanya (karena sudah tertera di judul). Sasaki ini diperlihatkan pelihara burung yang ternyata bisa bikin dia bolak-balik isekai. Auto kaya lah itu bisnis dua dunia. Eh, ternyata 2nd halfnya langsung kasih gebrakan baru. Sebuah masalah yang serius, banting stir dari orientasi casual sebelumnya. Real world ternyata ada pengguna kemampuan khusus dan organisasi rahasia pemerintah. Ini game changer dan bikin anime ini langsung jadi top watch list buat saya. Soal tetangganya yang masih JK, itu bait untuk orang-orang tertentu. Emang emaknya edan tiap malam ngundang cowo main, anaknya disuruh jaga pintu.

Kekkon Yubiwa Monogatari 01

What’s This?

Yet another Shinzo Abe’s legacy

BlueHeaven

Mereka ngabisin sepuluh menit pertama buat prolog meta yang sering orang ketemu di banyak anime. Seharusnya bagian ini bisa dipendekin. Sekarang apa jadinya ini bikin animenya pelan pacingnya? Sama sekali gak. Malahan pacingnya berantakan, tiba-tiba MC udah ke isekai aja, terus menikah, terus lawan musuh. Semua dalam satu episode. Pusing saya ngikutin kalau kek gini modelnya. Ecchinya ok, apalagi bagian ending. Karena saya udah jarang berkutat di genre ini jadinya saya ga bisa komentar lebih jauh.

Yubisaki to Renren 01

What’s This?

Monologatari

BlueHeaven

Saya kira mereka bakal lebih fokusin bahasa isyarat, ternyata karakter utama perempuannya lebih cerewet dari yang saya kira. Inner thoughtnya kebanyakan, ngambil banyak durasi diisi ocehannya. Kukira bakal jadi anime yang ramah buat tunu rungu, ternyata masih perlu subtitle buat tahu isinya. 60% monolog, 25% text message, 5% sign language, sisanya dipake buat yang lain-lain, kurang lebih seperti itu di pandangan saya.

Bibir bagian bawah karakter terlalu tebal di pandangan saya. Entah ini biar lebih jelas dibaca gerakan mulutnya atau gimana. Cuma di mata saya agak aneh aja, terutama cowoknya.

Solo Leveling 01

What’s This?

The myth became real

BlueHeaven

Ucapan berbahagia saya sematkan pada fans Solo Leveling yang sudah lama ngidem seri ini jadi anime. Benar-benar episode pembuka yang ciamik. Sudah lama saya tidak melihat monster yang bukan CGI. Penyutradaraan juga ok sampai ke titik di mana episode pertama harus ditunjukkan. Sayangnya mungkin di bagian cerita karena semua karakter yang kalian selain MC bakal jadi karakter numpang lewat. Tipikal kebanyakan manhwa yang saya baca, authornya kelupaan develop heroine, bahkan ada yang kesannya “dibuang”.

One Piece 1089

Kaptain

Kandidat opening terbaik musim ini, kaget aja adegan pilihannya juga itungannya masih baru di manga-nya. Adaptasi anime Uranus saya ga sreg sama segmen bombardirnya, cuma efek akhir penembakannya emang lebih efektif.

Apothecary Diaries 13

Kaptain

Episode khusus onboarding tempat kerja baru ngeliat udah serumah sama si bos. Selamat atas promosinya. Makasih ke bapak yang ngingetin buat nggak bawa sesuatu yang bikin spesialis racun kayak Maomao lebih dicurigaiin, apa lagi buat area yang deket banget sama markas militer.

Kay Daily’s Doodles 11-12 (End)

Kaczmarek

CGDCT Arknights ini berakhir dengan Kay masih kayak sebelumnya. Masih nyusahin, masih beast, masih butuh pengarahan. Dengan berakhirnya proyek ini, apa ada proyek baru yang bakal di-tease di 4th anniv nanti?

Mashle Season 2 01

What’s This?

Saitama Potter 100 Season 2

BlueHeaven

Mash ternyata masih ada akal buat nyalain api, kirain otaknya cuma isinya kue sus. Episode ini juga ngenalin para divine visionary yang tentunya bikin musim baru lebih rame dari sebelumnya. Innocent Zero juga ditegaskan sebagai main antagonist di seri ini.

Saikyou Tank no Meikyuu Kouryaku 01

What’s this?

Siscon Tanker

Kaczmarek

Tertarik nonton ini karena ini dikerjain sama Studio Polon, studio yang dibentuk eks Madhouse, Masao Morosawa dan Fuminori Hara. Baru berdiri dua tahun lalu, dan ini jadi proyek mayor pertama mereka. Fern, i mean, Luna dikenalin dengan durasi lebih pendek dari yang gue bayangin. Ngeliat gimana episode ini berjalan, gue ngeri bakal sama treatmentnya kayak seri musim lalu, Toaru Ossan.

Nozomanu Fushi 01

What’s this?

Undeadly starter

Kaczmarek

Akhirnya Rentt dianimasiin dalam bentuk yang memprihatinkan. Beruntung ia gak terlalu bermasalah saat berubah wujud, tapi bakal bermasalah kalau disuruh komunikasi sama manusia. Nasibnya ditentuin sama grindingnya sampe berubah jadi vampir atau malah bisa jadi Demon Lord. For disclaimer, gue gak baca novel dan manga-nya sejauh ini.

Girls Frontline

Kaptain

Tumben ini map UX pada waras semua, selama mau nyurangin bagian teleporter maze. Then again ya Suomi Mod sama Sniper Fairy tuh dah fix jadi jawaban buat boss battle. Bagian lambatnya cuma pas segmen technobabble danau aja dan itu juga karena penulis kayak berusaha banget nggak nulis “Iya, ini teknologi makanin jiwa”. Seperti biasa ke-spoil the big reveal, tapi momen emosionalnya masih banyak dan “piknik” SF di akhir juga ngasih detil menarik.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Seminggu sebelum 4th anniv, dan kita kembali dikasih kesempatan buat bikin kartu anniv di situs terbaru. Kadang nemu yang nyeleneh, hingga kita dapet voice card karakter dengan dub EN. Rerun Lingering Echoes is here, or basically deadweek. Nunggu event berikutnya demi Eyja alter.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: _Achyue_