[JOI Spotlight] 2023 Award Edition

December 31, 2023 19:22
[JOI Spotlight] 2023 Award Edition

2023 akan habis dalam hitungan jam dan staf Jurnal Otaku siap dengan JOI Spotlight di jam-jam terakhir tahun ini. Tentu saja penghargaan khas situ juga disiapkan untuk seri tahun ini. Sebelum itu mari kita lihat impresi berbagai seri yang sudah tayang di minggu ini.

Hyakkano 12 (End)

Kaptain

Langsung dapet season 2. Selamat untuk seri yang Akasaka dan mangakanya sendiri ngaku ngeadaptasi nih seri tuh sebuah kegilaan. Secara pribadi ini seri cukup sopan buat nentuin target, cukup pinter buat ga boros waktu ngeliat barisan karakter yang perlu nongol, dan cukup bijaksana buat nekanin kalau Rentarou paham kalau para heroine nggak sekedar nomor yang perlu dikumpulin.

Seri harem punya kebiasaan di mana para heroine malah disuruh lomba dan mungkin bakal ada “pemenang” di akhir. Struktur Hyakkano lebih ngepentingin gimana karakter baru diintegrasi ke grup dan efeknya ke dinamika karakter. Ini tipe cerita di mana saya yakin pacar pas endgame itu Rentaro sendiri.

BlueHeaven

Sekuel terkonfirmasi dan kita diperlihatkan next kanojo-tachi yang bakal jadian dengan Chadtarou. Adaptasi Bibury sekali lagi membangkitkan seri harem untuk bisa muncul di permukaan dan dinikmati oleh banyak orang. Jokes 4th wallnya bisa dikatakan kena ke hampir semua orang dan jadi pembeda yang bisa bikin anime ini bisa dinikmati dengan caranya sendiri.

Dead Mount Death Play 24 (End)

Kaczmarek

Bener aja, Civil dibiarkan hidup karena Polka nyadar dia bisa berguna untuk kelanjutan penguakan misteri Sabaramond sendiri. Di episode ini juga ngebuka satu hal dimana Civil memang berhubungan sama Arius, tapi sebagai kloningan dia juga gak otomatis punya memori yang sama dengan Arius.

Seperti yang dijelasin di media sosial DMDP, cerita masih berlanjut di original story yaitu manga-nya (dan novel gaiden). Seperti proyek anime dari karya Ryogo Narita lain, apakah bakal bisa dilanjutin? TBH dari situasi saat ini, gue pikir sekuel itu jadi proyek keajaiban. Apalagi cast dari cour kedua ini udah ngelompatin ekspektasi pasca datengnya Ise Mariya, Inoue Marina, Maaya Sakamoto, Ayumu Murase, sama Koichi Makoto.

16bit Sensation: Another Layer 13 (End)

Kaptain

Entah apa yang terjadi di ronde kedua 1999, kesannya ada satu lagi episode yang nggak tayang. Nggak terlalu minat soal OVA dan semacemnya ngeliat mandat cerita soal pasangan yang mesti ngelawan sejarah dah dipenuhi. Game Konoha pada dasarnya tuh nggak wah secara teknis tapi hatinya banyak. And that’s all you really need to create. Buat ngejualnya ya good luck deh.

Jujur saya masih sinis sama nih seri yang aslinya tuh fokus full sama sejarah game dev Jepang, cuma ya dapetnya cerita time travel yang bersyukur aja saya mostly bisa jalan lewat garis finish. Lucu aja di akhir tuh Konoha secara teknis bikin husbando ideal dia.

Kaczmarek

Techinically Konoha nge-grooming Mamoru jadi orang yang bisa berpengaruh tanpa melepas idealisnya hingga masa depannya nanti. Bener aja kita dapet ending yang pasti pasca 13 episode ini. Open ending gak yang diperlukan kecuali mereka ngelanjutin ini ke OVA seperti apa yang dibilang Kaptain.

BlueHeaven

Dengan sisa 23 menit, mereka berhasil nampilin semua cerita yang perlu ditunjukkan tanpa memperlihatkan segalanya. Memang, lebih baik menampilkan beberapa adegan yang tidak ditunjukkan seperti apa yang dilakukan Konoha di leap terakhir. Cuma orang kurang lebih dah paham ini game pasti sukses punya ditambah udah dispoil echo. Mereka juga nunjukkin Kaori dan lainnya di tahun 2023. Masih cakep seperti 20 tahun lalu waktu pertama kali bertemu.

Saya harap ada publisher manga di Indonesia yang bisa datengin seri ini. Serius, pengen beli dan baca manganya. Yes, I know, di manganya bukan Konoha yang jadi MC tapi Meiko. Itu yang bikin saya makin tertarik dengan manganya.

Di tahun ini saya protes pas Natsu e Tunnel melenceng jauh dari sumber aslinya. Untuk anime ini yang juga tidak mengadaptasi riil manganya, saya punya pandangan beda. Bisa dikatakan ini just another spin-off atau POV dari karakter lain, beda dengan Natsu e Tunnel yang punya tujuan sama tapi cara sampai ke sana dibuat beda. Bagian Toya bisa dijadikan spin-off lainnya kalau mau karena sosoknya masih cukup misterius bagi penonton yang belum sreg kalau dia di tahun 2023 berasa kayak artis top.

Pada akhirnya semua kembali ke jalur keluar yang sudah dipersiapkan satu episode Mamoru bersama 3 Echo. Imajinasi manusia menuntaskan segalanya dan saya bisa terima alasan itu, walaupun beberapa penonton agak kurang sreg sama bagian yang ini.

Temple Special

Kaczmarek

Dituangin semua trope utamanya, tapi nipple pun masih belum dibuka di versi ini. Treatment yang dipake di proyek lain di masa ini kayak Ayakashi Triangle. Tapi Gekkou lebih berani untuk gak ngasih sinar terang di seluruh adegan, jadi target utamanya gak 50% miss. Special ini punya dua part. Part pertama: body swap, part kedua: fever dream.

Bagian mana yang paling enak diikutin? 2nd one. Yang pertama mubazir bgt karena masalah udah kelar sebelum ada event berantai yang muncul karena itu. Kedua masih bisa dinikmatin karena apa yang tertinggal di paruh pertama, dituangin semua disini.

Jujutsu Kaisen 47

Kaptain

Selamat tinggal Jepang, susah bikin peradaban kalo demit era Heian pada balik semua. Secara keseluruhan? Really not worth nyiksa staf dan ngancem nuntut staf yang protes sama kondisi kerja. Ini di episode penutup juga jelas banget produksinya udah abis napasnya. Secara pribadi juga Culling Game tuh momen nih seri kerasa banget dipanjang-panjangin walaupun udah dapet poin bagus buat berhenti.

Tapi ya jelas staf ngasih banyak banget nilai tambah buat aksinya walaupun didera berbagai keterbatasan. Jadi ya masih tetep ada episode yang saya tertarik nonton.

Hikikomari no Kyuuketsuki Monmon 12 (End)

Kaczmarek

Finally, an enjoyable ending. Meski agak scuffed akhir-akhir ini kualitasnya (karena production issue), mereka masih bisa ngurangin beberapa moving-material untuk dijadiin statis demi fokusin ke klimaks. Secara gak sadar material ini mirip ama Hamefura, namun bedanya action > talks di seri ini. S2 could be still there to grasp, but not on near future.

BlueHeaven

Episode terakhir ga bisa nunjukkin seberapa mengerikan 5000 pasukan yang sempat ditakutkan di episode sebelumnya. Ujung-ujungnya Komari Rekkaku Liberation selesaiin semua. Orang bilang anime ini yuri, padahal cuma bait jokes aja. Komari disukai banyak orang ga cuma cewe aja. Kebetulan animenya jualan waifu, jadi yang ditampilin ya yang cewe-cewe aja. Sayang Belius ga dapet spotlight dibanding 2 jendral freak lainnya, ya walau kerjanya ga guna sih, banyak jadi karakter numpang mati di screentimenya.

Zom 100: Bucket List of the Dead 10-12 (End)

BlueHeaven

Akhirnya kelar juga ini anime pertama buatan BUG FILMS. Satiran episode pertamanya renyah banget nyindir OLM dan sendiri kena getahnya karena jadwal produksi yang ga mampu nampilin 12 episode penuh dalam satu musim.

Untuk sisa episode yang ditebus berbarengan dengan momen natal cukup fun ditonton sebagai kepingan terakhir dari anime ini. Munculnya waifu-waifu baru yang cuma nampil sekilas itu nambah kesegaran yang buat kita ga selalu terpaku sama kuartet pemeran utama. As a final battle, nampilin karakter antagonis yang punya buku 100 wishlist itu emang peak moment, sih.

Tiap penjahat dikasih lihat backstory terus kalah dan jadi zombie, sementara seluruh warga desa yang mayoritas lansia bisa selamat dan rebuild desanya. Agak maksa sih, apalagi pas blokade jalan dengan traktor. Itu zombie ga ada harga dirinya.

Sekuel bisa ya atau ga. Mereka nampilin beberapa tease karakter-karakter yang berjuang di tengah zombie apocalypse, memperlihatkan tujuan baru, dan proses pengisian 100 wishlist dari 4 karakter utama. Mengingat betapa buruknya scheduling mereka, saya pesimis kalau ini lanjut dalam waktu dekat.

Hoshikuzu Telepath 12 (End)

BlueHeaven

Seperti seri yuri lain yang tampil di tahun ini, momen yurinya baru muncul di episode-episode akhir. Sebagai salah satu seri CGDCT garapan dari Kirara, akhir-akhir ini susah sih buat diterusin jadi sekuel.

Sampai akhir ketidaknyamanan saya untuk seri ini berasal dari suara Umika yang bikin greget. Wajar sih karena dirinya ga pandai berinteraksi, cuma Bocchi dan karakter introvert lain masih lebih enak dilihat ketimbang dia.

Komposisi kelompok ekskul roket juga ga ada yang spesial-spesial amet. Yang bikin seri ini spesial adalah kalian bisa melihat chara development yang jelas bahkan untuk karakter seperti Matataki dan Haruno. Buat kebenaran soal Yuu itu alien atau bukan biarlah itu terungkap jika suatu saat seri ini bakal tamat.

Shangri-La Frontier 13

BlueHeaven

Spotlight episode ini jatuh pada keluarga unik dari Hizutome. Bisa-bisanya Sunraku nganggep dia yang paling waras di antara semua. Paling kocak pas emaknya MC manggil serangga peliharaannya dengan nama keren. Weird, tapi bisa dimaklumi. Soal prelude event buat ngelawan Wethermon expected sih ceritanya. Modernitas di tengah fantasi bukan barang baru soalnya.

Uma Musume Season 3 13 (End)

BlueHeaven

Penutup yang sempurna untuk perjalanan Kitasan sebagai kuda balap Twinkle Series. Beda dengan Teio, buat Kitasan lebih terasa spesial perjalanannya karena kita diperlihatkan ini uma dari kecil. Lika-liku karirnya sebagai kuda balap tidak sedramatis Teio. Jatuh bangunnya tidak bisa disamakan dengan kuda-kuda lain. Mentok, bangkit lagi, begitulah Kitasan. Dia mungkin jadi kuda yang paling batu di antara kuda-kuda lain yang sudah ditunjukkan.

Untuk musim ketiga yang saya paling sayangkan sih Sound of Earth yang nyaris ga guna sepanjang 13 episode. Buat apa dia mejeng bersama dengan 5 kuda lain kalau dia sendiri screentimenya lebih dikit dari Necha atau Vrexina yang baru masuk di pertengahan? Musim ini juga memperkenalkan banyak kuda baru yang fresh lisensi didapat Cygames.

Sedikit bisa soal visual, saya bisa apresiasi ada hal yang masih baru ditampilkan di episode akhir ini. Momen ketika pengibar bendera start naik itu suatu hal yang baru, sih. Sudut pengambilan gambar pas race juga punya banyak hal yang beda dibanding race-race sebelumnya. Beberapa selingan seperti nenek yang berdiri atau orang panjat tebing sambil nonton Arima itu juga cukup menghibur. Mereka juga ga segan nampilin kuda NPC walau ga jelas lisensinya dah aman atau belum. It’s Calling boleh banget sih, apalagi dapet momen konser yang kalau dipikir-pikir cukup jarang di musim ini.

Dark Gathering 25 (End)

BlueHeaven

Butuh sekuel buat seri ini. My pokemon horror series can’t stop at this point. Mereka benar-benar prepare buat trio karakter utama bisa logis jalan-jalan ke Kyoto. Kalian juga bisa lihat character development untuk Eiko dan Keitarou. Kalau buat Yayoi, ya karena dia guide seri ini susah buat berubah meski ada sedikit untuk lebih peduli dan menghargai rekan-rekannya.

Burn The Witch #0,8 01 (End?)

Kaczmarek

Prekuel yang dibutuhkan dari movienya, tapi tetep Balgo makin berasa annoying dari sekuelnya wkwk. Colorido akhirnya bisa ngeshowcase lebih soal ciri khas studionya. Walau ini proyek dengan durasi pendek, itu gak bikin Tatsurou Kawano buat gak all-out. Out of nowhere juga ada referensi Dragon Ball. As we thought, Noel jadi MVP sepanjang episode walau jadi objek Balgo terus soal pantsunya.

Girls Frontline

Kaptain

Baru masuk chapter 2, mastiin dulu game lain dah kelar kerjaan musimannya. Emang ngeselin ga boleh pake unit sendiri sampe chapter belakangan, tapi jadinya ya ini level UX gampang mainnya ngeliat kita cuma disuruh main puzzle. Ini berani juga nge-speedrun Snake Eater dan Phantom Pain. Portable Ops masuk juga sih ngeliat legally distinct Frank Jaeger nongol bareng legally distinct The Boss. Masih soal berani, ini juga kentara banget staf pengen pemain baca Roadside Picnic.

Honkai Star Rail

Kaptain

Karena baru sekali terjadi, untuk sekarang saya bakal liat ini sebagai ketidaksengajaan. Soalnya secara mengejutkan staf akhirnya ngebuat antagonis yang efektif tanpa perlu banyak bacot soal power level dan takdir. Baru ketemu udah ngeracun orang dan nyuruh bersih-bersih. Ngeliat manipulasi aksi dan ingatan udah jadi faktor entah berapa banyak bencana yang asalnya dari Ruan Mei.

Begitu juga Dr. Ratio yang megang posisi “Para Genius tuh ga ada yang beres. Stop nyembah mereka.” Messed up that tipe karakter gini yang malah jadi paling waras.

JOI Award 2023

Seperti biasa penghargaan -asal-asalan- dengan berbagai pertimbangan bijaksana akhir tahun kami siapkan. For real, penghargaan ini diliat aja sebagai kilas balik berbagai seri tahun ini.

Set Piece Fight of The Year

Breach The Karman Line

Kaptain

Saya percaya kalau ada duel mecha di low orbit, paintjob merah atau putih mesti dipake tergantung dari paintjob lawan. Kegagalan ngelakuin hal ini itungannya kejahatan SARA.. Breach The Karman Line hadir sebagai Battle of Loum nih game, sementara Bring Down the Xylem tuh Axis Shock, saya ngasih penghargaan ini ke yang pertama karena ketopang sama insert song.

Alan Wake 2: We Sing

bukan_randy

Recency bias be damned. Remedy sudah pernah masukin segmen action dengan dibarengin dengan set piece musik di Alan Wake 1 & Control, and this is bringing it to the next level. Ditambah lagi musiknya super catchy dan berhasil bikin saya nge-loopin selama berhari-hari.

Boss Music of The Year

The Tireless One

Kaptain

Iya saya tahu playerbase juga mulai males sama penggunaan medley buat boss music, tapi ya ngeliat Endwalker juga ada buat jadi penutup arc ya gini deh mayoritas OST-nya. Dari semua medley juga saya milih ini ngeliat semua musik raid digabungin dan dibengkokin biar jadi musikal Disney Villain. Athena sebagai final boss nih arc juga kesannya lebih seger dibanding antagonis lain berkat fondasi “Sini nggak mungkin salah, seluruh jagat raya yang salah”. Sampe nama movelist dia tuh teori yang udah ga jaman/ga valid.

Treachery

bukan_randy

Saya kurang lebih udah nyerah berharap ost Yakuza bisa selevel Yakuza 0, tapi LAD Gaiden berhasil bikin OST yang bener-bener hampir sampai ke tingkat itu. Saya juga nyaranin dengerin Hellish Octagon yang motif-nya terasa seperti remake dari Pledge of Demon Yakuza 0.

Make More Remake Like This Please Award

Star Ocean The Second story R

Kaptain

Agak malu-maluin kandidat GOTY pribadi saya tahun ini tuh kebanyakan remake game dari jaman PS1 dan PS2. Risiko jadi otaku tua ya gini. Kayaknya pengen Chrono Trigger dan Xenogears dapet perlakuan kayak gini udah jadi sentimen universal.

2000 Year of Waiting Award

Attack on Titan: Final Season

BlueHeaven

Selamat untuk tamatnya anime yang berusia 10 tahun. Penantian serasa 2000 ribu untuk tamatnya terbayarkan sudah. Keputusan pindah studio memang tepat untuk mengejar target hype sampai tahun 2023. Ending yang kontroversial juga bisa dibenerin biar ngurangin teori-teori liar terkait ending masih agak open buat digali.

Most Chug of the Year

Seija Musou: Salaryman

BlueHeaven

Tebak ada berapa kali Luciel meneguk substance X dalam anime ini? Jumlahnya sudah tidak manusiawi jadi ga ada lawannya buat anime yang isinya sebenarnya receh dan tidak ada yang spesial. Tidak ada yang spesial tapi saya mendambakan seri menegah ke bawah seperti ini buat dapet season 2.

Next Year’s Most Awaited Game

Dragon’s Dogma 2

bukan_randy

It’s real and it’s finally coming. Dari dulu saya selalu bilang kalau Dragon’s Dogma itu game oke yang punya kerangka yang sangat bagus seandainya bisa diaplikasiin dengan lebih berisi misalnya dengan sekuel. Ga heran sih karena setelah kemarin-kemarin di-reveal, ternyata Dragons Dogma 1 itu banyaaak banget kena cut.

Sekarang, lebih dari satu dekade dari rilisnya, akhirnya kita bakalan kebagian sekuelnya, dan kali ini tampaknya Capcom berani kasih kepercayaan ke Itsuno untuk bener-bener ngeaplikasiin semua idenya setelah kesuksesan Devil May Cry 5.

Rada seram sama minimum spec requirement beratnya sih, moga-moga Itsuno bisa aplikasiin RE Engine-nya dengan baik.

Kaptain

Beli apa nggaknya ini game di hari pertama tuh tergantung dari ada apa enggaknya crossplay. Exoprimal sama SF6 pake crossplay sih, so here’s hoping.

Moment of The Year

The Makanai: Cooking for the Maiko House

CTian

I know my year is ruined when my best moment I have this year is watching a Netflix series. Adaptasi live action dari manga yang di Indonesia dikenal dengan judul Juru Masak Para Maiko adalah satu-satunya adaptasi karya manga yang buat saya “kenyang” di tahun ini. Membuat momen pertama kali nonton seri ini benar-benar momen terbaik saya di tahun ini, my ichigo ichie moment. Saya sangat memohon setidaknya coba nonton ini sekali di Netflix, terima kasih. Juga kalau boleh beli manganya kalau kamu masih ketemu bukunya di toko buku terdekat, terima kasih.

Most Annoying Setup Award

Arknights

Kaczmarek

Hortus de Escapismo, sesuai dengan terjemahannya (Garden of Escapism), ngasih kita stage yang dimana kita gak hanya ngalahin enemies dan melindungi civilian, tapi juga ngurusin lobang sekaligus moral civiliannya. Bermain ini stage (terutama EX) dengan speed X2 makin dipersulit karena manajemen DP juga. HG decided to suffer these lousy players with this kind of GC.

Miss then Hit Award

Spy Kyoushitsu

Kaczmarek

Adaptasi dari novel Takemachi ini punya dua cour dan cour pertamanya jujur aja gak dapet enjoymentnya. Karena ini masih introduction chapter, jadinya misi yang karakter hadapin masih meh dan cetek banget. Tapi setelah cour kedua dateng, switching fokus ke beberapa karakter lain (selain Lily) bikin cour ini jadi lebih menarik. Thea, Annette sama Monika jadi MVP yang nyelametin seri ini balik ke ekspektasi awal.

BlueHeaven

Anime ini membuat saya melanggar janji saya buat ga nonton sekuelnya. Can’t resist Thea, benar-benar penyelamat seri dibanding Lily yang jadi karakter boke.

Wish This Was Longer Award

Isekai Nonbiri Nouka

Kaczmarek

Pertamanya sedikit kecewa karena cast di voice cardnya beda sama anime-nya. Kalau ngikutin novelnya (aja) dan mengesampingkan adaptasi manga-nya, versi anime ini lebih sebagai pengenalan dari mereka ke konsep farming yang fokusnya beneran slow-peaceful-life. Tapi kalo dibandingin ke manga-nya, gue mikirnya anime ini bikin berantakan timeline yang udah ada. Ngerti sih sutradara pengen nyari klimaks terbaik dari seri tarik ulur ini, dan kehamilan Lou dan kelahiran Alfred itu jadi hal berpengaruh bagi Machio. But yeah, pada akhirnya slow life anime ini berakhir disitu dan berharap bisa dilanjutin.

The Sugar is Too Much, The Animation Become Diabetic Award

Otonari no Tenshi-sama ni Itsunomanika Dame Ningen ni Sareteita Ken

Kaczmarek

Project No. 9 tertatih-tatih di tahun ini. Setelah keliatan ada penurunan kualitas animasi di Mamahaha, kini giliran Otonari no Tenshi-sama yang kena juga. Beruntungnya mereka gak ngedrop kualitas di penyusunan skrip ceritanya sepanjang proyek, jadi ini bisa jadi obat masalah yang ada kayak rambut tempelan Amane. But hey, mereka masih punya kesempatan memperbaiki kekurangan di Season 2!

Sequel is Inevitable Award

Dead Mount Death Play

Kaczmarek

Udah seneng sedari awal ini adaptasi bakal berjalan dua cour karena Ryogo Narita pasti punya material yang jumlahnya gak cukup buat 12 episode. Pasca cour kedua tayang, Ryogo ternyata belum cukup untuk mengakhiri adaptasi ini dengan klimaks tertinggi. Karena ensemble cast ditambah banyaknya main character seperti karya Ryogo lainnya (Baccano, Durarara), ini seri butuh tambahan proyek sekuel buat muasin hasrat.

Tapi kita dihadapkan situasi menggantung karena ini proyek yang melibatkan Square Enix yang dimana jarang ngasih perpanjangan sekuel jika gak bikin fuss di media. Beda kayak Durarara yang dibekingi Aniplex sedari awal proyek yang berhasil nutup adaptasi dalam kurun waktu kurang dari 7 tahun.

Humble to The Void Award

Iseleve

Kaczmarek

Kalau usia gue masih di sekitar 14-16 tahun, mungkin seri macem ini bisa jadi jembatan buat mengenal dunia perwibuan. Sayangnya udah di usia 20-an dan ini jadi ngingetin betapa cringe-nya diri ini saat nonton SAO 10 tahun lalu. Ironisnya, MC dari kedua series diisi oleh seiyuu yang sama yaitu Matsuoka.

Yuuya adalah murid yang sempurna pasca perubahan bentuk. Cheat skill, ganteng, humble, polos, punya peliharaan imut dan gampang didekatin temen sekelas. Jangan tanya kekurangan, Yuuya itu udah embodiment of literally me selain Ayanokouji bagi laki-laki yang baru beranjak dewasa dan kenal anime di pasca lockdown.

BlueHeaven

Seri ini ga bisa calm buat ngerem satu episode aja tanpa Yuuya diperhatiin banyak orang. Serasa cuma ada satu orang ganteng di dunia. Mimpi basah author memang.

The Disappearance of Undergarment Award

Undead Girl Murder Farce

Kaczmarek

Sebenernya kemana undergarmentnya Shizuku? Gue masih optimis bukan sama Tsugaru karena sepanjang adaptasi ini momen pervert dari dia cuman ngeliatin Shizuku saat bajunya robek and that’s it. Atau emang ilang beneran? Satu-satunya seri yang gak gue masukin Spotlight sebelumnya karena genre-nya yang bikin gue penasaran tiap minggunya dan pengen ngelibas itu dalam satu malam.

Economies of Scale Award

Kaptain

Sedikit penjelasan buat yang mungkin kemudaan buat ini masuk materi belajar, Keekonomian Skala sederhananya itu soal berapa banyak duit yang bisa dipake buat produksi sebelum jadi mubazir. Entah karena pasar dah kelewat penuh atau teknologi serta materi produksi udah nemu batasnya.

Ini udah terjadi di pasar konsol game. Bahasa formalnya “Implementasi kapasitas tidak mampu memenuhi kualitas”, bahasa manusianya “Pembeli udah ogah bayar lebih mahal dan beli lebih banyak. Baik via duit atau waktu”. 2023 emang miris buat yang kerja di industri, dan sayangnya 2024 bakal lebih parah.

Sementara di mobile? Game dimatiin gara-gara beta yang ga memuaskan udah umum. Kalau nanti saya ngeliat perilisan ZZZ jelas nyerap persenan dari pendapatan HSR dan Genshin, saya bakal sepenuhnya yakin kalau market share udah kemakan semua. CyberAgent selaku penentu tren gacha di JP juga akhirnya nemu batas mereka di pasar mobage. Secara umum perusahaan yang tumbuh gede dari era pandemi harus downsize atau mati.

Jadi penghargaan ini buat para eksekutif yang akhir nyadar mereka hidup di dunia fisik. Think fast chuklenuts, karena situ pada udah ga bisa bakar duit lagi buat kabur. Ini bukan berarti industri bakal ambruk, kontraksi aja yang udah ga bisa dihindari lagi.

Can’t Miss for a Week Award

16bit Sensation: Another Layer

BlueHeaven

Kalau ada seri yang ga pernah alpa diisi oleh tiga penulis utama di JOI, seri ini bisa yang paling diperhitungkan. Pandangan dari kami berbeda-beda untuk anime ini, tetapi kami bisa sepakat tanpa deal-dealan untuk selalu ngisi spotlight buat anime ini. Anime ini cocok buat kamu yang suka sejarah otaku dan akiba, PC-98, visual novel, dan plot time travel. Sebagai catatan, ini bukan time travel biasanya karena less despair dibanding seri sejenisnya.

Most Brutal Battle Award

Boushoku no Berserk

BlueHeaven

Battle dalam ini saking brutalnya bisa membuat mata saya perih dan tidak tahan menontonnya. Bisa-bisanya ada anime yang serinya nampilin banyak aksi tapi eksekusinya kayak gini. Tiba-tiba langsung dimatiin aja itu lawan MC, benar-benar niat nampilin pertarungan yang brutal untuk dilihat.

“Fine, I’ll Promote It Myself, Square Enix” Award

PARANORMASIGHT: The Seven Mysteries of Honjo

bukan_randy

Paranormasight adalah game point-and-click adventure yang di-publish oleh Square Enix yang rilis di awal tahun ini. Meski Square Enix sendiri sepertinya tidak mempromosikan game ini sama sekali terutama di luar Jepang, game ini berhasil jadi cukup laku melalui word-of-mouth dan bahkan berhasil memenangkan Award for Excellence di Japan Game Award 2023.

Game dengan genre cerita misteri ini memiliki setting di Jepang pada tahun 80’an, di mana pada suatu malam,sang protagonis tiba-tiba menjadi pembawa kutukan dan membunuh pembawa kutukan lainnya menggunakan kutukan yang membutuhkan kondisi khusus sebelum bisa diaktifkan… Atau setidaknya begitu di awalnya sebelum game-nya menjadi lebih terbuka dan melibatkan lebih banyak karakter.

Ini adalah salah satu game rekomendasi saya di tahun yang penuh game-game bagus, dan untungnya juga harganya ga begitu mahal untuk hitungan game Square Enix.

New Innovation Award

Kaminaki Sekai

BlueHeaven

Dari anime ini kita belajar kalau keterbatasan bisa melahirkan inovasi baru. Anime ini berani dengan gamblang menampilkan gambar-gambar yang tidak lazim dan belum pernah terpikirkan sebelumnya. Momen trakter tempel muka bakal jadi momen yang paling dikenang dari anime ini. Selebihnya kita bisa melihat penggunaan CGI yang terus terang dan scene pixel bit yang sering digunakan. Semuanya demi memperlihatkan grafis terbaiknya saat Mitama mengeluarkan kekuatan dewanya meski hanya beberapa detik saja. Habis itu anime ini balik makan “nasi kecap” dengan segala inovasi dalam keterbatasannya.

Most Unexpected Line Award

Dark Gathering eps 21

bukan_randy

Konteks: Yayoi, seorang bocah SD, yang mana suka berbicara dengan pilihan kata-kata bahasa Jepang yang belibet, tiba-tiba ngomong sumpah serapah dalam bahasa Inggris (lengkap dengan suara sensor) setelah nimpukin hantu pakai batu ke mukanya.

The 3 Episode Starter Award

Kaptain

Ini bukan penghargaan spesifik buat sebuah seri, tapi kesadaran industri buat nayangin 3 episode langsung di awal itu lebih efektif. Jadi penonton bisa lebih cepet nangkep esensi utama seri dan staf bisa dapet sumber daya selevel film buat pembuka. Ini bukan berarti tahun ini tuh pertama kalinya nih format dipake, tapi jelas seri besar tahun ini tuh ngelakuin hal ini karena jelas ada efeknya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI. Tentu saja kami yakin kalian punya penghargaan sendiri buat berbagai seri tahun ini, silakan sampaikan di bawah.

Header: daromeon