[JOI Spotlight] Curse of Hunger Edition

January 21, 2024 19:43
[JOI Spotlight] Curse of Hunger Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang sudah masuk ke minggu ketiga musim ini. Seperti biasa staf Jurnal Otaku akan memberikan impresi untuk daftar tontonan yang mulai stabil.

Mahou Shoujo ni Akogarete 03

Kaczmarek

Kiwi: medium (aslinya), inverted, beauty mark, gal-like, M, gunnery, Aoi Koga.

Pengenalan Kiwi dipercepat, kini Atena juga gak perlu lama-lama berhadapan satu-satu sama Trias Magia karena perlahan dia juga dapet companion. Ya secara kronologis, kita nge-skip magenta disini, tapi dia untungnya dapet scene lagi saat lawan Kiwi. Masih banyak yang bakal nongol lagi termasuk Korisu dan Matama. Seperti yang dialami Sayo, seri ini juga pengen bangkitin sesuatu di dalam diri penonton masing-masing.

Kaptain

Dapet istri resmi. Ini kayaknya Kiwi dapet perhatian khusus dari staf ngeliat kualitas produksinya.

BlueHeaven

Bibit yuri mulai terasa. Ini Azure malah jadi yang rusak duluan.

YouZitsu S3 03

Kaczmarek

Mau bilang wasted character, tapi bakal makin sering ngerasain ini di arcnya Honami dan seterusnya. Dua karakter sampingan yang gue demen sejak baca novelnya, Masumi Kamuro dan Mako Amikura akhirnya balik lagi walau hanya bentar doang. Mengecualikan Kamuro, yang disini maen agresif maen ke kamar si pemilik aset terbesar menurut fandom. Episode director sama animation director di episode ini mutusin bakal nge-showcase beberapa aset Kamuro yang biasa aja sebenernya. Tbh ini permulaan adaptasi arc yang lebih adil dari dua episode awal yang udah kerasa rush-nya.

BlueHeaven

YAMAGOD BERAKSI.

Sokushi Cheat 2-3

Kaczmarek

Tolong siapapun beliin rem brembo buat komite produksinya karena ini cepet banget pace-nya. Setelah tiga episode, akhirnya kepala ini bisa nerima kalau “death is cheap” di sepanjang seri ini. Karena ini cepetnya minta ampun, kematian karakter jadi bukan hal yang serius disini pasca Takatou bersabda.

Delicious in Dungeon 03

Kaptain

Episode yang Trigger-nya lebih kerasa dibanding Ryoko Kui-nya. Kali ini dua bab aja yang diadaptasi tapi kita dapet bonus akhir volume juga. Selamat datang juga untuk party member kelima yang saya optimis ga jadi sumber perkara.

BlueHeaven

Baru ini saya bisa lihat orang makan armor hidup. Idenya ga biasa dan saya tahu karakternya juga ga normal di anime ini.

Bang Bravern 02

Kaptain

Well, jadi pendamping Witch from Mercury deh, banyak intepretasi yang bisa dibuat pada ED-nya. Berhasil menuhin kriteria penting sebuah seri mecha yaitu “Pengen lihat nih mecha di SRW”, karena interaksi dia sama Aerial, EVA 01, dan Getter bakal asik banget. So yeah, ini bukan hubungan yang sehat dan jujur ini sudut menarik dari senjata yang jelas nyiksa penggunanya secara emosional.

Komplikasinya ya di Bravern yang jelas banget pasangan toksik jadi infodump dia ga bisa sepenuhnya dipercaya. Makanya tumben ini pihak bumi dan penonton secara umum bisa sepaham soal apakah ini Super Robot bisa diandalin dalam jangka panjang.

Mato Seihei no Slave 03

Kaptain

Sumber duit akhirnya nongol. Begitu juga dengan target jangka pendek berupa antagonis utama nih season. Surprise-surprise targetnya tuh 2 mahkluk yang punya sejarah sama pasangan utamanya. Saya tahu alokasi budget emang ga gede, tapi masak ini Kyouka yang mukul dirinya sendiri di off-screen?

Kaczmarek

Tenkaq nongol akhirnya. Tentunya ada pihak yang gak seneng kalau fanservice di beberapa bagian di-cut gitu aja, terutama adegan motorboat.

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 03

Kaczmarek

Lagi-lagi padet. Berasa cepet perkembangan ceritanya, tapi dialog yang isinya daging dari masing-masing karakter bikin episode ini progresif. Tama kini dapet support dibalik tekanan Konno Bitchi. Ditambah Aoi juga tetiba berubah pikiran pasca Tama bilang pengen berubah. Seperti yang dibilang Tomozaki, Aoi masih jadi perfect heroine tapi itu topengnya kalau dibuka satu masih ada topeng lainnya.

BlueHeaven

Tama berasa makin cakep di arc ini. Kalau diem emang cewek kelihatan cakep ya. Mimimi dibuat kaget berkali-kali karena nambah terus pengawal sorenya tuan putri di arc ini.

Majo to Yajuu 02

Kaczmarek

Another case. Sekarang serial killer yang ngincer cewek-cewek. Setting daerahnya yang sepi dan gelap banget gini, dan ada perempuan nolak ditemenin cowok untuk pulang. Setelah berkoordinasi sama otoritas setempat, Ashaf dan Guideau dihadapkan dengan potensial adanya Majo disini. Ngeliat akhir episode, kayaknya penggambaran Majo yang sebenernya kepake di seri ini.

Ishura 03

Kaczmarek

Dakai dan Taren next. Atasan dan bawahan, yang satu kepala dan yang satu tangan. Duo yang sebenernya udah kuat banget kalau dilihat dari track recordnya di combat. Lithia yang dipimpin Taren bersiap untuk peperangan dengan naiknya kasus penyusup yang ditemuin Dakai. FYI, Taren ini adalah ortu asuhnya Curte.

Curte dan Regnejee, dijelasin juga gimana kedua insan ini bertemu dan bagaimana keduanya bisa deket walau berbeda wujud. Curte di satu sisi tampak lemah apalagi di episode ini gak ada info showcase tambahan soal skillnya. Sementara Regnejee yang masih anti sama skinship mulai naikin derajatnya di kalangan wyvern. Tiga episode yang semua cabangnya masih berjalan stagnan dan gue gak heran ada yang ngedrop dari episode sebelumnya atau yang sekarang.

Metallic Rouge 02

Kaptain

Belepotan banget eksposisinya, begitu juga storyboarding paruh keduanya yang langsung aja hantam penonton dengan karakter baru & walaupun saya udah nonton berulang saya ga tahu walker kedua asalnya darimana. Entah ini berbagai penumpang bakal jadi recurring cast atau sekedar buat worldbuilding ngeliat beberapa tuh punya setup cukup kuat buat plotpoint tertentu.

Tahulah saya ini materi orisinal Bones, makanya udah siap sama bagian awal yang emang lemah walau duitnya ada.

Frieren 19

Kaptain

Udah jelas lah ini tim pentingnya yang mana. Menarik juga ini Denken yang ngeliat ranking sebagai aset strategis dan ujian ini ada buat monopoli kekuatan politik, baik buat penyihir yang pengen posisi tinggi atau ke utara buat ngeubah power balance dunia. Dia sendiri ngaku kalau penyihir yang jauh lebih kuat tuh banyak di luar, tapi ga tertarik buat main politik nih institusi. Makanya tumben banget ini seri yang ngelibatin Guild paham soal fungsinya sebagai monopoli legal.

Fern secara efektif cuma pake Barrier sama Zoltrak, cuma keliatan banget dari penyihir lain kalau mereka butuh sumber daya alam buat sihir mereka. Dalam jangka panjang ya dia yang bakal menang karena cuma butuh ini 2 sihir aja.

BlueHeaven

Mulai terasa shounennya. Idenya Frieren oke juga. Episode ini kita dikasih lihat sepuh bertapa dan bisa dapat burungnya tanpa perlu mengeluarkan banyak energi. Ya, walau ngajak perang ke semua tim, sih.

Shin no Nakama 02

Kaczmarek

Jangan berharap banyak sama kenormalan otaknya Ruti. Setelah ditolak untuk jadi 1st partner, kini dia mengampanyekan diri untuk jadi pacar buat Red. I mean, Ruti butuh satu ada dua dialog mendalam sama Red dan Rit kalau ternyata “solusi” ini bisa bikin konflik di masa depan. Lagi-lagi masalah dalam slow life gini adalah klimaks, dan Shin no Nakama punya ombak yang “tahu-tahu ada” macam episode pertama saat Yarandrala berkenalan sama Ruti dan Tisse.

Pon no Michi 03

Kaczmarek

Pasca settle sama tempat bermain dan lawan bermain, kini masalah muncul: mau didampingin makanan apa? Makannya dimana? Beberapa hal yang seharusnya dipikirin sebelum buka kayak ngubah “gudang” ini jadi toko pun baru dipikirin sekarang. IDK Nashiko pengen bikin salon ini beroperasi lagi atau cuma jadi basecamp mahjong. Yang pasti dari skala finansial, Riche disini paling tajir dan Izumi yang paling concerning.

BlueHeaven

This whole episode is about cooking. No mahjong this week. Riche tebar pesona as rich ojou-sama.

Chiyu Mahou 03

Kaczmarek

Ok, pacenya udah konsisten. Usato udah masuk masa training di hutan dan cepet aja kita dapet debut Blurin. Beberapa detail gak dikasih tahu, tapi yang penting arc yang pantes dicepetin ini bisa segera diselesain dalam satu episode. Tinggal nunggu Ryuusen breakdown sendiri karena masih gak kuat ngebunuh makhluk hidup.

Nozomanu Fushi 03

Kaczmarek

Lorraine untungnya udah biasa sama gestur dan gerak-gerik Rentt jadi walau wujudnya udah berbeda, dia masih sadar kalo itu adalah partnernya. Pertanyaan di spotlight sebelumnya akhirnya kejawab kalau Lorraine ini pura-pura tidur lol. Kehidupan baru Rentt dimulai dengan ketemu blacksmith langganan yang sedari awal juga sadar kalo itu orang yang mereka kenal. Cliffhanger lawan skull king ditemani newbie yang nyari duit demi bayar utang. Episode berikutnya ada adegan makan-makan jadi siapkan kudapan untuk ngikutin jalannya cerita.

Apothecary Diaries 15

Kaptain

Udah mulai ditarget Lakan/Rakan, salah satu sumber perkara nih arc. Langsung saya bongkar aja semua insiden kali ihi bakal nyambung sama kasus utama nih arc. Anggap aja ini tutorial buat Maomao biar punya skillset buat tuh kasus.

Sasaki to Pii-chan 03

BlueHeaven

Otonari cegil is back. Pacing berasa banget ada yang dicepetin. Itu viscount sayang banget matinya cuma dalam bentuk kabar aja. Ngerti sih dia perlu mati buat buka jalan fetish penulis nampilin another loli on the plate.

Mashle Season 2 03

BlueHeaven

Rayne Ames ini karakter cool di tempat yang salah. Kalau Mashle ga komedi puter pasti keren digali karakternya. As prolog for exam boleh lah ini episode ini.

Bokuyaba Season 2 03

BlueHeaven

Ichikawa akhirnya meet up dengan calon mertua. Jadi sudah jelas ya kenapa Yamada bodynya gede sendiri itu datang dari bapaknya. Di luar dugaan keduanya korporatif. Nambah satu lagi temannya Yamada yang ngerti situasi di antara pasangan utama. Pas Ichikawa bersaudara ngebahas soal Yamada berasa apa yang mereka rasakan ke penonton. Still good as usual.

Loop 7-kaime 02

BlueHeaven

Makin asik aja ngelihat Rishe dengan 6 pengetahuan masa lalunya. Pelurunya (maid yang dibully) malah disimpan buat episode nanti. Kita punya banyak predictable future untuk cerita ini, tetapi karakter yang pilotin bakal menarik buat disimak eksekusinya.

Solo Leveling 03

BlueHeaven

Animenya bisa nutup kekurangan yang ada di manhwanya. Karakter pendukung dikasih spotlight lebih jelas daripada sumber aslinya. Eranya solo leveling akhirnya dimulai.

Isekai Mofumofu 03

BlueHeaven

Cuma mau laporan aja, saya nonton ini kok. Cuma ya ini buat healing mingguan aja. Ga ada jaminan selalu ada di spotlight. Siapa juga yang mau panjang lebar ngebahas bocil 4 tahun yang kerjanya jadi pawang hewan?

Tsukimichi Season 2 02

BlueHeaven

Skip aja buat episode ini. Sekarang tahu kan kenapa background 2 yuusha ampas banget buat diikuti. Semua hal unik itu ada di kelompoknya MC soalnya.

Himesama Goumon no Jikan Desu 02

BlueHeaven

Ternyata mereka ga cuma pakai makanan buat “menyiksa” tuan putri. Melihat Mato Seihei yang tayang juga musim ini saya makin yakin pengertian reward and punishment sudah sepenuhnya terbalik bagi seri-seri anime macam ini. Si pedang ga banyak terlibat dalam episode ini, mungkin udah cape juga ngelihat siksaan konyol di hadapannya. Sekali-kali saya pengen dianya juga yang tergoda dengan siksaan berikutnya.

Akuyaku Reijou Level 99 02

BlueHeaven

No nonsense. Yumiella benar-benar kebalikan dari kebanyakan akuyaku reijou di luar sana yang ngenahan diri buat ga show-off. Baru episode 2 loh ini udah dikasih lihat ke semuanya tanpa terkecuali. Mukanya madesu, rambutnya LSBH, sifatnya oke, saya bimbang dengan plus dua minus satu ini. Lebih menariknya, ending song anime ini kece buat ga diskip. Jogetan Eleanora sama Yumiella lebih gampang dipraktekin daripada Bling-Bang-Bang. Ekspresinya si air head ojou juga betah banget dipantengin.

Gekai Elise 02

BlueHeaven

Mereka masih ngasih bumbu agak dramatis tetapi ujung dari anime jelas buat dilihat. Saya ga bilang ini jelek, cuma udah biasa aja plot beginian. Ke isekai kemudian ngurus bagian kesehatan bukan barang baru soalnya.

Saijaku Tamer 02

BlueHeaven

Visual dan animasinya masih top seperti episode pertama. Nonton ini kayak nonton Frieren tanpa aksi. Pelajaran hidupnya banyak banget. Auto bersyukur emang melihat orang pinggiran menjalani hidup. Pemulung dengan slime lemah yang adorable, hidden gem musim ini.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Stretching! Udah dapet Eyja Hvit Aska, tapi Swire gak dapet sama sekali. Butuh 40-an roll untuk dapet si kouhai dan tak lama juga buat naekin ke level 60 E2. Mekanik eventnya sebenernya seru aja, tapi agak mendokusai di bagian pink cloud ini. Also, penerjemahan cerita di event ini dibuat dengan subtle daripada versi CN-nya. Tinggi Eyja di versi wandering medic ini juga naek 8 cm.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Starbind_S