[JOI Spotlight] Dragon’s Dream Edition

January 28, 2024 20:14
[JOI Spotlight] Dragon’s Dream Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup Januari. Harusnya daftar tontonan kita sudah terkonsolidasi untuk musim ini jadi mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri minggu ini.

Mahou Shoujo ni Akogarete 04

Kaptain

Bener kan. Pas mulai fokus ke mahou shoujo budgetnya jatoh. Paruh kedua ngungkap kalau grup mahou shoujo ga cuma trio utama kita ini. Jujur aja sebagai pembaca manga juga saya ga tahu ini duit dari merchandising dipake buat apa.

Kaczmarek

Why kerasa jomplangnya kalo Tres Magia yang tampil, tapi di saat Enormeeta (terutama bagian soft torture) kualitasnya naik. Sedikit tambahan info soal Venalita dan Vatz kalau mereka awalnya di satu sisi yang sama. Kedua faksi juga nunjukin kalo ini bukan kegiatan bunuh membunuh, melainkan sikut-sikutan di dunia bisnis. Bikin heran setelah Vatz bilang kalau adegan combat itu sebenernya dilarang sama pihak sponsor lol.

YouZitsu S3 04

Kaczmarek

Valentine’s Day! But Yamauchi being a dickhead as always makes me cringe. It’s Kei time to shine, until Mashimoto decided to put the brush on the background. Perlahan rumor-rumor ini berkembang dan puncaknya bisa di 1-2 episode lagi. Honami bermain aman walau nyatanya dia emang sakit.

BlueHeaven

Tahan aja sama kelakuan Yamagod, udah bentar lagi dia. Sejak dapet sekuel, Kei dibikin sugarcoating buat bumbu romance. Something that must be in school genre, huh?

Jaku-chara Tomozaki-kun 04

Kaczmarek

That ending will brought disaster for next episode. Aaaaarrgghhh di saat semua hal bisa berkembang sesuai keinginan, ada kecerobohan dari rencananya Tomozaki. Harsher bullying expected, but this time someone will take a step forward rather than being a spectator. Siapapun selamatin harmonisme di dalam kelas ini. Btw, ngeliat Mimimi bertingkah bikin gue gundah kalau dia masih jadi sadgirl sejauh cerita berjalan dari awal musim lalu.

Ishura 04

Kaczmarek

Gue pikir ini bakal jadi pengenalan karakter terakhir sebelum ombak pertama muncul di episode berikutnya. Sempet ngira Kia yang ngisi Rina Hidaka sampai obrolan normal di desa. Elea bisa jadi biggest or worst dead character kalau jadi cadaver di sesi paling awal.

Sokushi Cheat 04

Kaczmarek

Kembali dengan no brainer to kill. Berharap dikit Dannoura bisa jadi airhead sepanjang episode, tapi dia malah melebihi ekspektasi jadi “reality checker” bagi Takatou. Momen dimana itu batman mau henshin pun harus diberhentiin di pake jurusnya Takatou. Btw, gimana cara bunuh undead? Well di mata Takatou benda bergerak itu “hidup” jadi konsep undead/living di mata publik berbeda darinya.

BlueHeaven

Easy come, easy go. Seri ini penyajiannya emang sengaja gak ngotak. Cuma lucunya world building isekainya terlalu kompleks, bahkan untuk isekai in general. Setidaknya pinta saya kalau karakternya survive jangan dilupain gitu aja, in this case salah satu bawahan teman MC yang dibunuh episode kemarin. Sama aja kalau gitu nasibnya dengan yang kena instant kill MC. Well, mereka gampang ngekill banyak karakter biar recyclenya cepet sih masuk ke babak baru.

Delicious in Dungeon 04

Kaptain

Satu tim berhasil ngalahin semua Persuasion Roll, tapi ya makanan enak jelas jadi bonus yang kuat. Kondisi geopolitik nih dunia mulai dijelasin. Detail lebih jelasnya ada di guide book nih seri, tapi kalian cuma perlu tahu kalau sebagai peradaban, Elf itu tetangga yang luar biasa ngeselin.

BlueHeaven

Satu lagi perbuatan gak biasa yang baru di anime ini bikin saya geleng-geleng “kenapa ga dari dulu ya konsepnya bisa gitu”. Dungeon dengan sistem ada toiletnya sepertinya juga gak banyak yang mikir sampai gini. Hal simpel kayak gini sebenarnya penting tapi ga bisa juga dimunculin di semua cerita, kecuali ceritanya absurd macam anime ini.

Mato Seihei no Slave 04

Kaptain

Giliran tim saingan nongol budget ngocor lagi. Maaf Himari, di mata fans juga situ tier bawah dibanding anggota keluarga lainnya. Paling nggak ini udah diungkap kalau tiap heroine punya Slave Form mereka sendiri.

Frieren 20

Kaptain

Kompromi yang bisa diterima antara tim Fern dan Wirbel. Ini ujian sebenernya lebih berguna buat nanem bibit karakter di nih setting. Masih soal monopoli juga ini institusi sepenuhnya dipegang sama orang yang tahu semua sihir.

BlueHeaven

Frieren goes shounen mode. Ini pake acara banyak flashback di battle berasa kayak nonton Naruto. Tetap diselepin nilai moral kehidupan dan kemanusiaan untuk episode yang mayoritasnya diisi pertarungan. Ubel terlihat cukup jinak untuk seseorang yang digaungkan haus darah.

Bang Bravern 03

Kaptain

Bagian radar sama latihan emang buat guyonan, tapi ini juga nunjukin gimana Bravern ngambil alih Chain of Command dan masuk sistem sedikit demi sedikit. Untung aja designated mascot heroine ga lama-lama diumpetin dan seenggaknya Bravern bisa ngasih kesaksian kalau militer nyari ribut.

Nozomanu Fushi 04

Kaczmarek

Rentt mulai berevolusi jadi thrall pasca ngalahin big skeleton. Tapi seperti yang ditanyain Lorraine, faktor utama dia berevolusi jadi thrall itu emang dari monster tengkorak itu? Soalnya kalau diliat dari gejalanya, Rentt udah kehilangan lebih dari ½ kesadaran dalam perjalanan balik ke rumahnya Lorraine. Puncaknya menggigit daging segar Lorraine dan menghisap darahnya, tapi apa ini karena dia baru aja jadi thrall atau ada faktor lain?

Chiyu Mahou 04

Kaczmarek

Blurin udah jadi boneka berjalannya Usato di tengah latihannya. Sementara itu Orga dan Ururu akhirnya debut. Keduanya bakal jadi tim medis juga namun scopenya beda. Suzune masih hyper seperti biasanya. Ini episode preparation sebelum ketemu pasukan demon yg melibatkan Amila. Gue baru ngeh Celia, si anak raja diisi sama Reina Ueda.

BlueHeaven

Jalan lurus tanpa hambatan untuk Usato dan Suzune, itupun kalau mereka mau ngasih porsi romance yang decent untuk seri ini. Tinggal ngasih surprise attack dari demon army pas mereka latihan dan voila.

Majo to Yajuu 03

Kaczmarek

Udah cukup ngira witch gadungan ini aslinya adalah witches dan jumlahnya lebih dari satu karena warna dan gaya rambut dibalik jubahnya berbeda dari satu sama lain. Kiera gue pikir dua anaknya ini masih kecil-kecil ternyata udah gede dan adalah dua anak adopsi. Ngeliat clue yang ditinggal dua pelaku juga sempat mengira ini udah ada hubungannya sama Kiera karena korban-korbannya gak jauh dari dirinya. Lagi-lagi, Guideau gak dapet witch yang dicarinya selama ini.

Sasaki to Piichan 04

BlueHeaven

Ini sebenarnya plot twist, sih. Cuma feels-nya itu kurang dapet. Cukup senang sang viscount ternyata masih hidup. Sayang banget kalau beneran mati karena dihilangkan dari cerita pas lagi enak-enaknya dispill backgroundnya. Musuh yang dilawan Pii-chan ga jelas. Jeleknya anime ini gitu, ngasih penjelasan ga kelar, mahou shoujo yang muncul aja udah lama ga ditongolin lagi. Mending disimpan buat sekalian besok kalau gitu mah, toh ga ada efek di arc yang ini.

Bokuyaba Season 2 04

BlueHeaven

Valentine yang panjang untuk satu episode full. Sampai malam betul, disebut pula jam 7.26 mereka ketemuan di luar rumah dan baru dapet cokelat. Ichikawa juga ga mau sembunyi-sembunyi lagi. Ya, makin jelas sih pergerakan dari Yamada juga. Yang paling mindblowing itu karakter imajinasi Ichikawa ternyata ada versi realnya, langsung kaget saya pas lihatnya.

Solo Leveling 04

BlueHeaven

Mending nonton Shangri-La Frontier kalau mau dapet aksi pertarungan yang pol. Pihak studio anime dah berusaha naikin karakter pendukung, tetapi emang base ceritanya terlalu fokus ke MC. Plot ginian juga ga ada spesialnya. Nonton Ore dake Haireru Kakushi Dungeon tapi versi 1 player ini mah.

Akuyaku Reijou Lv99 03

BlueHeaven

Debut real Eleanora yang bikin saya terkesima waktu tampil di ending. Beneran gara-gara dia ga bisa diskip ending anime ini. Posisi karakter utama dan pendukung yang kontras itu formula yang terbukti ampuh untuk menggerakkan roda cerita. Bakal seru dan kacau pastinya. Buat heroine pink dan haremnya buang jauh-jauh.

Gekai Elise 03

BlueHeaven

Yet Another unlogical show from this anime. Ngepel maju itu gimana ceritanya. Menu utama anime ini operasi medis tapi yang ditampilkan ketahan keterbatasan visual dan animasi. Cuma menang scoring dan timing buat anime berasa lebih ngefeels, selebihnya weird aja sih.

Buat yang bingung diabetes kenapa bisa masuk ke setting fantasi, ini penyakit udah lama ditemukan sejak lama. Kalau operasi sejarahnya juga udah lama, salah satu yang paling saya ingat adalah Hua Tuo zaman 3 negara Tiongkok. Itu pun belum ada bahan dan alat modern kayak sekarang. Kalau lihat sejarah sih 1842 itu pertama kali tercatat operasi pakai anestesi. Itu zaman udah ada mesin uap, jadi ya fantasi ini berasa aneh mungkin karena ini.

Apothecary Diaries 16

Kaptain

Metode perlindungan paten era ini: “Pecahin misteri biar tahu metodenya”. Sekali lagi kasus ini ada biar Maomao tahu trik metalurgi kayak gini. Kirain bakal disingkat, tapi nih cour emang rasanya lebih fokus di penyelesaian subquest kayak gini.

Ragna Crimson 15

BlueHeaven

Akhirnya si yang katanya dragon ahli taktik sadar kalau Ragna orang yang mereka harus waspadai. Sejauh ini Olto Zora kocak sih cara perangnya. Lu unggul jumlah, lu unggul kekuatan, masih aja kebantai banyak sama kroco yang ga seberapa. Palingan ada berapa dah yang bisa nyaingi kekuatan dragon dewasa, ga sampai sepuluh kan? Itu aja masih struggle. Masih belagak 5 menit kelar perang? Itu letnan dan kolonel kena bantai ga sampai semenit. Emang bener sih musuh paling besar di dalam perang itu diri sendiri. Kalau dah songong, calon kena comeback deh. Berlaku juga buat Crimson yang rencananya ga pernah mulus walau dah kelihatan sama-sama cunning tactician.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Gaada masalah untuk tahap EX. Selama timingnya pas (dan device gak kena stutter), nge-clearin seluruh stage bisa sambil ngemil. Di tengah nunggu S stage, kita dapet update dari CN soal Sui Siblings berikutnya bernama Shu. Fokus ke agrikultur dan persawahan, namun di PV-nya gak menjelaskan secara jelas konflik apa yang dijadiin main plot di event itu. Pasca ngeliat gameplay-nya, udah bisa ngecek bakal ada villain (yg gak villain-villain amat) di event baru ini. Menunggu lore tambahan nantinya dan semoga ada penguakan siblings lain dari yang evil dan non evil.

LAD 8 Infinite Wealth

bukan_randy

Ngakak lepas saya pas ngeliat kita dapet summon Not-TM Revolution.

Anyway, sistem positioning, knockback, & combo attack itu jadi improvement terbesar dari game sebelumnya. Di battle susah, sistem knockbacknya bisa jadi alternatif opsi selain pakai skill-skill berat. Di battle gampang, sistem ini bisa jadi hiburan yang ga bikin saya bosen karena Like a Dragon berubah jadi Like a Karambol.

Saya pribadi kebanyakan muter-muter ngerjain macem-macem ketimbang ngikutin main story dan jadinya baru buka job change system setelah 30 jam lol. Saya saranin pemain lain untuk ngikutin main story-nya saja sebelum buka job change system di pertengahan chapter 5 biar buka semua collectible dan ga perlu muter map berkali-kali. Substory Sujimon juga ga begitu panjang terutama kalau pakai unit DLC dan bisa ngasilin duit cukup banyak di awal-awal game.

Kaptain

Ini ribet banget ya kasus drama streamernya, anyway this game: Kaset baru dateng kemaren malem jadi masih di Cringe Namek. Buat yang masih main di awal, ada.Thundercrack Bat di hadiah Poker Yokohama yang relatif murah tapi kepake terus sampe 3 chapter ke depan.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Shiroshisu