[JOI Spotlight] Neuron Activation Edition

February 11, 2024 19:12
[JOI Spotlight] Neuron Activation Edition

Selamat datang di JOI Spotlight tepat saat berlangsungnya Wonfest. Di mana pengumuman figur dari seri tertentu membuat aktivitas neuron fanbase yang bersangkutan naik drastis. Selagi menghargai berbagai produk, mari kita saksikan impresi staf Jurnal Otaku untuk seri minggu ini.

Delicious in Dungeon 06

Kaptain

Animasi terbaik minggu ini ngelibatin halfling yang dikejar sama kepiting. Laios gagal ngeroll semua Insight check. Mungkin ada timeline lain di mana dia langsung ngebongkar misteri nih dungeon dari tiga lukisan yang dia masukin. Masih soal ekosistem, ini harusnya ngejawab kalau peti harta sebelumnya tuh mimic kecil yang diambil alih, itu notes di atas juga sampe ngejelasi reproduksi mimic gimana.

Mato Seihei no Slave 06

Kaptain

Saya emang suka pedes sama Shushu, tapi saya akui usaha dia di kompetisi harem itu yang paling “terhormat” karena ga ngandalin kutukan Slave buat majuin relasi. Ini juga VA Rairen ga sesuai dugaan, expect suaranya yang lebih berat.

Kaczmarek

Well selamat datang Tenka untuk kedua kalinya. Pose yang dinanti dari manga-nya akhirnya dianimasikan untuk pertama kalinya.

Mahou Shoujo ni Akogarete 06

Kaczmarek

Dari mamah jadi bayik. Ini episode paling jinak dari setengah musim terakhir. Sayangnya, director milih nge-cut chapter 10 demi nyepetin kesini dan persiapan ketemu sama seniornya Utena. Anehnya, baru seiyuu-nya Matama sama Nemo yang baru diumumin. Masih ada dua lagi yang belum.

Shin no Nakama S2 05

Kaczmarek

Balik ke urusan Airship. Hero yang baru ini 11:12 sikapnya sama Ruti di versi jaman dulu. Blessing yang dimilikinya bikin dirinya bengis dan tone-deaf. PR besar pertama ada di pundak Esta/Escarlata alias Theodora. Agak berharap Danan sama Yarandrala bakal stay di Zoltan saat toxic party itu dateng buat ngerebut airship demi gereja.

BlueHeaven

Perpisahan buat Danan. Bro just got fist bump and wakare. Men will be a men.

Jaku-chara Tomozaki-kun 06

Kaczmarek

Pasca denger Yuzu ngomong kalau masalah Konno gak 100% kelar di dalam grup mereka, malah bikin gue lega. Selain karena gak realistis terselesain gitu aja, ditambah support di sekitar Hanabi juga, gue berharap ada resolve dari sisi Konno di depan Aoi secara langsung. Tapi balik ke obrolan Tomozaki ke Aoi, itu cuma masalah sampingan. Kita balik ke jalur utama, yaitu yg mana jadi partnernya Tomozaki.

BlueHeaven

Penjelasan kronologi rencana sadis Aoi. Dimulainya task baru dan arc baru. Saya harap kasusnya Konno bisa ada lanjutin ampas-ampasnya di arc baru ini biar agak clear dari sisi sana. Even with such a generous explanation, we still need a clear status to start a brand new plot.

YouZitsu S3 06

Kaczmarek

Special Exam, ini juga karena bapaknya Ayanokouji yang minta. Ryuen yang udah tahu jadi yang terpilih untuk di-DO, ditambah dengan Suzune yang malah kayak balik ke Season 1. Oh ya, gaperlu tanya adaptasi ceritanya konsisten apa enggak. Also, Honami masih ketar-ketir karena butuh poin tambahan. Miyabi ngasih penawaran, tapi dengan imbalan jadi pacarnya. Well, bisa nebak mau atau enggak. Ngasih sekilas overshadow soal Airi, kejam juga ini yg nyutradarain.

BlueHeaven

Sekolah di anime itu sering ga punya harga diri, tapi sekolahnya Ayanokoji lebih tolol dari kebanyakan sekolah yang ga punya harga diri di anime lain. Bisa-bisanya ada settingan dadakan begini. Iya saya tahu buat spice up the thing tapi ga gini juga kali. Sisi positifnya ujian kali ini lebih simpel buat dimengerti sama monkey brain kayak saya yang susah paham inti anime ini apa.

Majo to Yajuu 05

Kaczmarek

Phannora akhirnya bisa nyelesein kasus ini tapi ngungkapin diri sebagai witch jauh dari ekspektasi gue. Sementara soal Johan, udah mulai keliatan soal undead sejak ngasih petunjuk ke kepolisian. Tapi lucunya, Jeff ngasih empati ke Johan pasca ke-chaos-an ini. Tapi yang belum kejawab, ini istrinya Jeff mau dibangkitin atau enggak?

Frieren 22

Kaptain

Episode yang didedikasikan buat para kontestan yang tersisa. Lebih tepatnya buat netapin mana yang penting buat babak selanjutnya. Lucu aja sih “konflik” kali ini tuh biar ada alesan tim utama kita jajan keliling kota.

BlueHeaven

MC anime shounen wajib makan dengan porsi jumbo, lebih bagusnya lagi daging.

Kaczmarek

Übel nempelin Land cuma buat dapet simpati demi kekuatan clone-nya. Yeah, yang berharap ada romance di keduanya silahkan curahkan di fanmade art/story.

Ishura 06

Kaczmarek

Ok, dua titik mulai bertemu. Ditambah lagi ada “spy” yaitu Lana dengan bantuan Elea dan Kia. Tapi yah, cepet juga diungkap sama Dakai, bahkan dikasih blackmail pasca ini. Sekarang tinggal Lana mau dibantai sama Taren atau Dakai. Sementara itu, Kate jadi “kunci” di peperangan berikutnya ngebuka beberapa cabang termasuk death flag untuk Taren sendiri. Yuno dan Tsoujirou di faksi lain yakni Hidou.

Chiyu Mahou 06

Kaczmarek

OK konfrontasi pertama Rose ke pasukan demon lord. Kalau gak kena stretching, kita bakal dapet battle scene dalam dua episode. Amako udah ngasih lihat kekuatannya dan kini tinggal nunggu Amila dateng.

BlueHeaven

Saya muncul, saya sentuh, saya spoiler, saya pergi. Saya adalah… (perkenalan dulu, dek, woi!)

Nozomanu Fushi 06

Kaczmarek

Blushnya Lorraine kureeeeengg. Gue berekspektasi lebih sama scene itu tapi mereka lebih fokusin di labyrinth. Sheila dan ketua guild sudah ngasih indikasi lagi kalau ini salah satu pesertanya adalah orang yang dia kenal sebelumnya. Kini tinggal Sheila yang maen agresif di depan Rentt untuk nunjukin asli identitasnya. Oh yeah, welcome to the story, Laura dan Raiz.

Bokuyaba Season 2 06

BlueHeaven

Siapa yang memasak episode ini? Asli impactnya ga ada rem: penempatan kamera, pengambilan visual, scoring, bagaimana momen dimunculkan, pencahayaan lebay yang khas, skrip dialog yang menohok, semuanya padu menjadi harmoni kelulusan yang cantik dilihat. Saya baru ingat ternyata itu senpai yang sudah ada jadi penghalang di musim pertama yang ngebuat Kyotarou dorong sepedanya sampai nyebur. This is the moment of truth and they did it with style. Kyotarou is chad, levi haircut just make a bold stance for his well-build up character.

Sokushi Cheat 06

BlueHeaven

De javu one man with his harem kena bantai OTK MC. Skill MC gak cuma limited ke living things/ikimono, tetapi juga sistem wall bisa dibunuh sama dia. Yet another layanan kipas MC dengan heroine boobs.

Kaczmarek

Ini si dewi aslinya gak langsung ngilang begitu aja. Dia kudunya jadi bantal or character pillow or sex toy (what do you call it?). Trope pendalaman side character masih gak kepake disini, jadi masih batshit.

Sasaki to Pii-chan 06

BlueHeaven

Lagi-lagi celah sebesar itu tidak dimasukkan apa yang ditunggu penonton untuk tampil. Hoshizaki dah kebanyakan jam tayang, gantilah sama otonari cegil lebih mantap dan lebih seru konflikya buat dihadapin sama loli baba LSBH. At this point, saya punya trust issue sama bos perusahaan Hoshizaki kebanyakan ngalahnya dan ga ada langkah witty kayak gimana gitu, ga sesuai dengan tampangnya. Setidaknya dia bisa clear up pesawat yang jatuh bukan pesawat penumpang. Ya, mana bisa gitu? Dikira ga ada orang yang lihat dan ga ada korban jiwa seperti pilot atau yang lainnya?

Kaczmarek

Terima kasih untuk kaichou yang coming out sebagai gay. Kasian Sasaki sih di sisi lain pasca itu.

Loop 7-kaime 05

BlueHeaven

Saya cukup yakin untuk menyetop sementara komentar spotlight buat anime ini di minggu-minggu sebelumnya. Hasil dari semuanya expected dan ga ada yang perlu dikomentarin. Hanya saja untuk episode kali ini proses how to get the results itu saya suka. Negonya ga wah banget, tapi prosesnya yang ga sebentar itu bikin saya cukup puas dengan masuk akalnya deal tersebut. Ditambah lagi ada faktor luar yang ngerusak expected plot, jadi lebih seru dengan adanya pengkhianatan dari orang terdekat.

Isekai de Mofumofu 06

BlueHeaven

Tidak ada lagi taman bermain kanak-kanak di episode ini. Pertarungan berdarah, evolusi monster jenis baru, dan makin jelasnya tugas dewa dalam masalah diskriminasi membuat anime ini punya sedikit bumbu serius yang bisa dikomentari. Neema masih bocah under 5 age, tetapi otaknya yang kebawa dari isekai masih bisa diajak ngerti kapan harus serius dan kapan waktunya main dengan binatang. Still bad parenting from her dad.

Akuyaku Reijou Level 99 05

BlueHeaven

Bond Patrick dan Yumiella diperdalam. Yumiella udah dapet banyak restrict dan debuff pengaruh orang-orang yang bisa dekat dengannya. Sayang si gadis biasa ga bisa dekat dengan Yumiella karena pangeran masih tolol as usual. Bakal sabar deh kalau mereka muncul udah hafalan prosedurnya. Kita masih belum dapat secercah Eleanora di episode ini. Mungkin minggu depan karena romancenya Patrick sama Yumiella sudah cukup digoreng.

Gekai Elise 05

BlueHeaven

Kenapa mereka harus nampilin scene cara ngepel sesat lagi, sih?

Saijaku Tamer 05

BlueHeaven

Boya dapet nakama monster rare baru dan pertemuan dengan orang yang sepertinya tidak bakal sekali lewat begitu saja. Cukup jelas dikenalin nama karakter yang ditemui plus jabatan dan sedikit deskripsi untuk karakter-karakter tersebut. Bisa dipastikan Ivy bakal lama di desa barunya yang namanya mirip dengan tempat-tempat sebelumnya.

Ragna Crimson 17

BlueHeaven

It’s so hot, intense, and quick. Ah, mereka padahal cuma ngadu beam tapi udah mau abis aja. Pas dikira sudah happy end langsung dikasih dong sang dua detik kejutan. Detik-detik terakhir penutup penting untuk meninggalkan kesan positif ginki-hime bagi penonton. Ship sailed and sank in a blink.

Butareba 12 (End)

BlueHeaven

Akhirnya tamat juga ini batch fall yang ketinggalan sebulan lebih buat tamat. Visual masih seadanya, tetapi materi cerita yang ingin ditampilkan on point dan hit. Maksudnya dapet, intinya jangan makan sesuatu yang masih mentah, ga berlaku ke babi aja. There’s a lot of after story yang bisa ditampilkan, tetapi saya kira apa yang ditampilkan oleh mereka sudah cukup untuk menuntaskan seri ini.

Solo Leveling 06

BlueHeaven

Saya akhirnya ngerti kenapa kadang anime ini gagal menuhi ekspektasi saya. Sering banget mereka ping pong ganti scene ke luar dungeon pas masalah di dungeon masih on going. Ini ngebuat penonton harus adaptasi lagi dengan karakter baru yang sebenarnya belum ada hubungan apa-apa untuk saat ini terhadap situasi MC. Untungnya, pas balik ke scene dungeon transisi agak lumayan buat ngebalikin tensi di dungeon. Masalah visual pertarungan masih tergolong bagus, cuma sekali lagi ini masih belum apa-apa dibanding Shangri-la Frontier yang tampil superior di minggu-minggu ini. Saya yakin beberapa karakter yang dapat desain cakep-cakep di episode ini bakal jadi karakter numpang lewat begitu aja secara anime ini solo leveling.

Apothecary Diaries 18

Kaptain

Lebih seneng jumpscare manganya. Then again ya saya dah tahu ini bakal terjadi dan ini juga cukup ngasih 2 frame biar ngasih efek di mana “perlindungan batin” Maomao jatoh sekejap karena ngedenger tuh nama. So yeah, ini semua tuh drama keluarga antara Rakan & Maomao dan Rakan serta Jinshi tau banget soal apa yang keduanya sembunyiin.

Bravern 05

Kaptain

Menarik juga ini rupa Bravern mirip seri Toku yang dibawa Smith. Ini juga makin eksplisit ngeliat Lulu dah naik kosa katanya tapi tetep nyebut Bravern pake nama Smith dan Bravern sendiri bilang Smith bakal tahu soal printer dia kalau sudah waktunya. KDRT caught on 4K dan paling nggak character moment antara militer konvensional dan super robot bisa terjadi.

Shangri-La Frontier 18

BlueHeaven

Sheesh, this is how you write the climax. Pertarungan 4 episode akhirnya berada pada pamungkasnya di episode ini. Visualnya benar-benar cantik dan digambar sangat baik untuk momen sepenting ini. Saya suka jurus yang disimpan untuk counter ultimate skill Wethermon dan segala pengorbanan Pencilgon untuk menumbangkan Kirin. What a wonderful episode to finish the tetralogy.

Honkai Star Rail

Kaptain 

Jadi veteran Honkai Impact 3 yang megang cerita nih arc. Makanya sejauh ini fokusnya di bikin fondasi dan struktur yang kuat biar ga kayak Luofu lagi via prioritasi di pengenalan faksi & agendanya. Ini juga saya apresiasi banget ngekonfirm kalo Inferno Mansion dilumat off-screen.

Menariknya juga ada reaktivitas dari teks merah Acheron dan gimana pemain berinteraksi sama Kiana KW, karena kalau kalian nggak sekalipun percaya dia event di hotel bakal berubah. Twistnya juga udah jelas banget dan tim juga kayaknya ngarep pemain ga tau soal penyebutan non slavik dari Misha. Masih soal bahasa, yang pake bahasa Jerman sama Spanyol sayangnya kespoil soal siapa yang ada dibalik armor Sam.

Total 10 jam buat cerita utama. Ini juga udah bersih-bersih jadi tinggal ngumpulin burung di map hotel aja yang belum.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Mana Typhoon sayaa Hai Mao! Masih menanti IS4 juga karena di tengah re-run Ideal City ini jujur gak ngapa-ngapain pasca clearing. Kita juga masih nunggu S3 development yang mungkin ada info keluar saat atau pasca R6S collab kedua dalam waktu dekat. Leaker or more like HG sendiri yang nge-leak diri sendiri terkait info siapa aja yg diimplementasi.

Neural Cloud

Kaptain

Tinggal beres-beres epilog. Kesannya ngejar deadline sebelum liburan imlek ceritanya, ngeliat struktur sama konfliknya by the book banget tapi ya seenggaknya ada konteks buat kostum kali ini. Gimmick map juga nuntut banget punya Undine kalo mau lancar Nightmare, yang saya emang punya tapi ya pait aja kalo nggak.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Solarain_Toys