[JOI Spotlight] Elf Izakaya Edition

February 25, 2024 20:41
[JOI Spotlight] Elf Izakaya Edition

Selamat datang di JOI Spotlight akhir Februari.  Mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Delicious in Dungeon 08

Kaptain

Silakan intepretasi sendiri hubungannya, tapi mandat buat nekanin Marcille tuh luar biasa simpatetik dengan Falin udah dipenuhi. Literal class buat gimana dungeon berfungsi dan dibuat, semua fundamental yang disampaikan bakal kepake terus di nih seri. Seperti yang udah dicontohin, Dungeon alami rapuh banget ekosistemnya dan dungeon utama kita dibuat untuk tujuan tertentu. Pada dasarnya semua dungeon yang jadi contoh, termasuk yang buat kelas; ada untuk “dipanen”.

Saya selama spotlight ini nyebut Kabru sebagai tim C. Well, say hello to the B Team.

BlueHeaven

Kirain yuribait apaan, masih normal kok di mata saya. Cuma ya, kebebasan penonton sendiri untuk menafsirkan apa yang terjadi dalam episode ini.

Frieren 24

Kaptain

Bagian menarik buat saya dari episode ini tuh foundational knowledge buat dungeon raid emang udah ilang. Karena Dungeon gampang udah dijarah abis dan sisanya tinggal murderzone kayak nih dungeon, ini ga kondusif buat pengembangan sumber daya petualang. Rada lelet aja pacingnya pas nekanin para klon ga mempan diserang pake serangan mental.

BlueHeaven

Episode ini heboh karena dua hal: ketek Ubel dan pelukan Methode. Edel yang mulai menonjol malah jadi yang paling dilupakan. Minggu depan mungkin Lawine dan Kanne bakal muncul lagi secara mereka ga dapet jatah di episode ini, kecuali kalau episode minggu depan mau full fokus pertarungan lawan klon Frieren.

Mato Seihei no Slave 08

Kaptain

Mandat dipenuhi. Saya susah inget transformasi Shushu gimana dan nih episode ngingetin kalo formnya emang ga guna.

Kaczmarek

Harta Tahta Tenka (2014 of me probably)

BlueHeaven

Kecupan bahaya sang senpai.

Shin no Nakama S2 07

Kaczmarek

Lavender secara teknis mengontrol Van dengan sugestinya selama ini dan ditambah peri ini juga gak punya intelegensi mumpuni. Seperti yang dibilang Tisse, blessingnya Ruti menekan ekspresi emosinya sementara blessingnya Van menekan kecerdasan emosionalnya. Ekspektasi jika seseorang punya blessing otomatis gak perlu dianggep “manusia” lagi masih jadi awan yang menyelimuti otaknya.

BlueHeaven

Ketimbang progress di yuusha baru, saya lebih tertarik buat melihat gimana ini orc bisa dapet blessing. Apalagi blessingnya lumayan variatif. Apa ini artinya teori dewi yang ngasih blessing cuma mitos belaka?

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 08

Kaczmarek

Episode emosional terbagi jadi tiga bagian: Takahiro, Fuuka, dan Mimimi. Takahiro disini perannya selain jadi advisor tapi juga examiner dari Tomozaki yang dalam proses perbaikan diri. Sementara itu Fuuka, yang tetep keep in touch dengan Tomozaki ngurusin skenario novel, mulai ngasih petunjuk soal siapa yang Tomozaki pilih untuk berkencan. Meanwhile, Mimimi blatantly ngungkapin isi hatinya langsung ke Tomozaki. Well, ini curang, karena selain kedok promosi novel utamanya sekaligus short stories spin-offnya author wkwk.

BlueHeaven

The flag rises, let’s go, Mimimi bros!

Ishura 08

Kaczmarek

Elea, Kia, dan Lana. Trio ini malah jadi yang paling menarik sejauh cerita berjalan, terutama urusan World Word yang masih jadi pertanyaan sejak perkenalan Tia. RIP Higuare, tapi bukan karena Tia untungnya, melainkan Kuze dan malaikatnya. Sejauh ini, yang masih jadi pertanyaan apa gunanya Yuno selain jadi bait? Please don’t make some Deux ex Machina trope on here. Dakai ngasih reality check ke Yuno agaknya bikin cerita lebih kental dengan pendalaman karakternya Yuno sendiri.

YouZitsu S3 08

Kaczmarek

Nah ini. Expulsion paling memuaskan dalam jagat dunia Kinugasa Shougo (not for everyone tbh). Setelah kedoknya dibongkar Suzune, kemudian dikhianati Arisu, Haruki langsung tantrum di kelas make akal delusionalnya. Ryuuen barely survived kalau Ibuki sama Ishizaki gak inisiatif minta tolong ke Kiyotaka. Permintaan ini jadi mutual advantage karena Ichinose juga butuh poin. RIP Manabe, meski saya lebih suka desain karakter anime-nya > desain novelnya.

BlueHeaven

Kiyotaka ga bakal bisa begini kalau ga ada Yamagod yang mulai dari senggolan sama Arisu. Semua sudah direncanakan dari awal oleh senjata paling lethal kelas C. Omong-omong, ekspresi Manabe cakep banget pas tahu ternyata dia yang harus keluar.

Mahou Shoujo ni Akogarete 08

Kacmarek

Gue gak bisa nahan ketawa saat Matama mulai nyanyi di hadapan Kiwi sama Korisu. Udah dijelaskan dalam bentuk animasi di opening-nya tapi sekarang bisa puas betapa gak worthnya didengerin wkwk. Lord Tanaka (bukan KC) dan Utena gak sejalan, otomatis perpecahan di Enormeeta udah dimulai. Tiap kali Utena frustasi atau ke-trigger emosinya, bintangnya juga ikut nambah.

Kaptain

Utena cukup pinter buat nyadar kalau trio dia emang dipake buat “pembersihan internal”. Baguslah ini udah ga perlu pake anceman lagi buat gerak ngeliat ambisi si bos emang kelewat goblok bahkan buat Kiwi.

BlueHeaven

Terima kasih Kiwi sudah mewakili suara penonton yang harus menyia-nyiakan sebagian menit untuk mendengar salah satu lagu idol paling jelek yang pernah ada. Mukanya doang yang paling cakep, kelakuannya layak dikasih punish.

Sokushi Cheat 08

Kaczmarek

Flashback yang nunjukin bagaimana perkembangan karir Asaka sebagai babysitternya Yogiri. Dari yang pengen vacation secepatnya pasca intern di Deloitte, sekarang kudu balik demi keselamatan dunia. Finally dapet Dannoura action setelah sekian, wait ini pertama kalinya. Sekarang udah bisa ngukur Dannoura bisa di atas warga asli dunia ini.

BlueHeaven

Dannoura ganti baju lagi buat nekenin dia bagian manis dalam seri ini. Bisa dibilang, untuk pertama kalinya tidak ada korban jiwa di isekai dalam satu episode berjalan. Cukup flashback yang nekanin seberapa bisa nahan diri Yogiri kecil untuk tidak menjadi musuh satu dunia.

Chiyu Mahou 08

Kaczmarek

(MASIH) belum turun ke medan perang dengan ngasih flashback timnya Rose. Karena belum ada cut-out untuk episode 9 serta cliffhanger di episode 8, nampaknya flashback bakal terus jalan sampai 9.

BlueHeaven

We all know, ini tim yang ga bisa berpulang ke kampung halamannya setelah melawan demon. Padahal zaman dulu sama sekarang hampir ga ada bedanya Rose dari sikapnya. Sayang juga kalau karakter seasik ini harus tinggal nama dan kenangan saja di cerita.

Nozomanu Fushi Boukensha 08

Kaczmarek

Ok, side quest ngurusin kedok merchant sebagai Lord of the Lake. Reward yang gak seberapa untuk Rentt, tapi berkesan untuk Amiris. Easy quest, terutama Rentt udah develop (technically) udah mithril. Gak heran Lorraine nyadar kalo pesona Rentt di mata orang yang diselamatkan bakal gak jauh dari kekaguman atau jatuh cinta. Lorraine juga beruntung Rentt punya pendirian lebih rigid sebagai seorang adventurer.

BlueHeaven

Saya akhirnya bisa ngejar seri ini dan ternyata cukup menarik. Episode ini terkesan filler karena ga punya efek apa-apa ke garis utama cerita. Dari sini jelas kalau tugas Rentt selanjutnya adalah mencari dalang penculikan para pemula yang membuat namanya sempat diragukan.

Bravern 07

Kaptain

Waterboarding jadi running joke. Ini emang gizi seimbang banget ngeliat aksi super robot & real robot ganti loadout. Jadi horor sebenarnya tuh semua invasi ini sebenarnya “ziarah” para alien yang ingin konflik mecha. Sesuai jadwal juga Smith dapet midseason upgrade.

Buat gambar di atas, itu reaksi normal kok setiap runner kali diabisin.

Shangri-La Frontier 20

BlueHeaven

Akhirnya pacing Shangflo balik ke yang lazim terjadi pada anime umumnya. Menarik juga dibuka gimana developer kami-gemu ini ternyata dah kayak bocil kelakuannya. Karena Pencilgon dan Psyger-0 udah sering nyuri spotlight apalagi Emul yang cuma NPC support, saya harap bisa mendapat pengalaman nonton lebih untuk karakterisasi OiKatzo.

Apothecary Diaries 20

Kaptain

Rangkuman total buat rencana pembunuhan minggu lalu. Masuk episode kepala dua, Maomao dapet Moriarty dia. Lucu aja di klimaks kasus besar ini perangai serem dia jadi jelas banget nurun dari si bapak. Saat balik lagi ke harem istana, di mana sang sponsor lagi sibuk banget manjangin phon keluarga.

Saikyou Tank 08

BlueHeaven

Bisa-bisanya ada dungeon meshi moment di episode ini. Walau episode ini lebih nekenin Lilia, Nin tetap bersinar dengan supportnya yang ciamik. Manager dungeon kali ini akhirnya muncul. Desainnya cakep juga.

Mashle Season 2 07

BlueHeaven

Let’s write <template> exam arc. Give an enemy that is hard to deal with, a lot of technique from the enemy escalates, and boom make it stop by interference from outside. Berasa kayak nonton ujian chunin Naruto kan? Namanya juga seri parodi. Lebih kocak lagi kalau dumbledore KW bakal mokad sama Innocent Zero nantinya. Btw, ini saya yang kelewat info atau emang wall arenanya sudah tahan segala macam serangan sihir dan fisik, ya? Penontonnya aman-aman aja tuh, tapi Margaret bisa sampe ke area tribun larinya.

Bokuyaba Season 2 08

BlueHeaven

Anna masih belum bisa untuk terbiasa nyebut panggilan Kyo. Kelakuan kakaknya Kyotarou bikin episode ini hidup banget, emang best aneki buat support ke-cringe-an dari anime ini. There’s a lot of lucky sukebe moment, tapi momen terbaiknya jatuh ke mama Ichikawa yang nyanyiin wedding song pas bawain kue ultah Kyotarou. Di situ saya ngakak lama.

Gekai Elise 07

BlueHeaven

Ini pihak kerajaan try hard amet buat jadiin Elise ratu. Agak disayangkan sahabat baru Elise langsung hilang setelah unofficial pengumuman tunangan. Cara yang bagus untuk memperkenalkan aksi dari karakter baru yang sudah ada bayang-bayangnya di episode sebelumnya. Cuma saya agak khawatir ini bakal jadi another template kakak adik rebutan tahta terus Elise bakal nengahin, kayak anime sebelah lah jadinya. On positive side, akhirnya ketahuan selama ini yang bantuin Graham di klinik adalah Elise.

Sasaki to Pii-chan 08

BlueHeaven

Ending poster girl dapet jatah full satu episode tur jepang gratis. Episode yang tergolong cukup “damai” meski ada insiden “kecil”. Untung punya loli baba power sejuta yang bisa cover segala masalah dengan masalah. Piercarlo bisa jinakin doi pula dengan cursenya, makin terkontrollah makhluk buas satu itu.

Akuyaku Reijou 07

BlueHeaven

Akhirnya dikasih porsi gede buat Eleanora tampil di episode ini. Langsung hidup suasana karena ada dua karakter airhead, cuma Eleanora lebih pekaan soal bibit romance antara Patrick dan Yumiella. Hisatsu waza Yumiella cukup bisa bikin Patrick kena mental damage dan menggagalkan kemungkinan confess darinya. Ayo semangat Patrick, bisa lah tembus level cap 99 kalau training cara Yumiella.

Saijaku Tamer 07

BlueHeaven

Ketemu orang-orang baru yang kebetulan baik lagi. Nasib jelek Ivy udah bisa dibilang berubah jadi beruntung, lah karena kebetulan yang satu ini benar-benar bisa dibilang great luck. Visual udah ga secemerlang sebelum-sebelumnya, tapi masih bisa ditonton tanpa masalah.

Ragna Crimson 19

BlueHeaven

Dikasih harapan kecil kalau Ria masih hidup. Limit break di anime ini udah patah berkali-kali. Ga heran nanti pas pertarungan selanjutnya bakal ada yang lewat batas, mungkinkah naga sepuh yang jadi ikemen lagi bakal habis-habisan? Biasanya buat karakter yang udah divonis mati bakal dikasih cara mati yang keren, sih.

Buat Crimson yang ga berhasil implemen rencananya, good luck deh. Kayaknya dia dapet moment of truth setelah ditinggal penceramah andal kita, Ragna. Ini anime pacingnya padahal ngulur-ngulur, tapi Ragna tiap bisa gerak dikit langsung gas mau ngalahin musuh.

Like A Dragon 8

Kaptain

Done. Makan 80 jam. Endgame level di 52. Character moment dan cast-nya masih kuat tapi keliatan banget narrative bandaid macem Mirror Face game sebelumnya lebih banyak dipake. Kerasa banget on some point the dev changed their minds on certain plot beat jadi beberapa karakter kesannya underbaked baik karena ilang dari narasi atau ga jadi mati berkat draft baru.

So yeah, not as tightly written tapi ya 7 tuh mandatnya ngejual Ichiban dan mereka sukses soal ini. Narasinya 8 cukup kuat buat bikin “Harta Paling Berharga adalah hubungan yang kita buat” sebagai pesan bisa efektif dan ga dangkal. Cuma memang ini pace-nya kebebani banget buat farewell party Kiryu, efek sosial Great Dissolution, the merciless force of social media, Hawaii societal ill due to being a colony, & Arakawa legacy. The whole thing is a bit bloated yea tapi Honolulu tuh sebagai RPG area enak banget dijelajahin. I expect a return on future RGG title.

I say kesuksesan terbesar nih game selain ngebikin sistem RPG yang lebih enak tuh Yamai. Cukup cerdas devnya ngebuat Crime Dracula jadi Majima-nya Ichiban.

Rating: This ain’t a show dipshit/10

Unicorn Overlord

Kaptain

Nyoba 4 Jam demo. Ogre Battle (bukan Tactics Ogre) buat konsumen modern. Belum kerasa Vanillaware type of madness-nya tapi ada poin di map yang ngasih peringatan “You will fight max level units, turn back” jadi kalo ada NG+ I expect some wacky stuff. So far juga ini by the book fantasy banget. Story choice juga baru sebatas Recruit this guy? (Y/N) sama Execute this guy now? (Y/N).

Squad buildingnya punya depth bagus. Tutorialnya juga (both via popup & dialog NPC) cukup indepth soal fungsionalitas unit. Singkatnya tiap unit punya 2 macem counter buat ngatasinnya. Example: Buat ngurus Thief unit ada Hunter yang selalu punya 100% hit rate ato a Housecarl yang bisa drain AP musuh jadi 100% eva dia ga aktif. Belum buka unit promotion but I expect ini bakal nambah tools buat counter atau nutup weak point.

Ga ngambil day one. Maret udah penuh. Kecuali ada “jangan baca review, go in blind” level of word of mouth kayak 13 Sentinels.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: kaai_yuu