[JOI Spotlight] Tight Spot Edition

February 18, 2024 21:48
[JOI Spotlight] Tight Spot Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di minggu pasca aktivitas demokrasi. Seperti biasa mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Delicious in Dungeon 07

Kaptain

Balik ke tim C. Mati lagi buat jadi contoh perbandingan tim amatiran dengan tim veteran Laios.

Laios juga ini kenceng banget instingnya kalau mesti urusan sama monster, yang sejauh ini keredam karena interaksi dengan para bahan makanan ini buat guyonan. Cuma ini bukan karena statsnya tinggi tapi karena ada debuff macem Dark Urge dari BG3 karena butuh gangguan mental tertentu buat bikin orang makan parasit mentah.

Mato Seihei no Slave 07

Kaptain

Mulai deh pasangan dipenjemin ke temen departmen lain demi dapet promosi. Utamanya ya biar bisa nambah genre dan bumbu, ningkatin pangkatnya Kyouka cuma bonus aja.

Kaczmarek

Genre orgy mulai dipertebal disini dan swinging-slavery jadi barang murah dalam dua grup ini juga. Payment’s up! Makin banyak klien, makin banyak reward bagi Yuuki.

Bravern 06

Kaptain

Campaign Jepang mulai. Obari ngaku speaker dan proyektor logo tuh emang makan slot hardpoint Bravern. Karena presentasi itu penting. Menariknya ini mecha musuh juga bingung kenapa dia juga punya hardware linguistik yang khusus biar bisa ngasih pidato antagonis.

Mahou Shoujo ni Akogarete 07

Kaptain

Episode hari valentine. Bela-belain ngedatengin Sakura Tange dan Aya Hisakawa di awal, kalo “kerusakan” ga dari seri mahou shoujo ya paling dari episode 50 Digimon. Pada akhirnya ini episode lebih penting buat Utena yang mulai paham soal apa yang dia mau dari konflik ini.

Kaczmarek

Azure udah tenggelam tapi orang yang pengen dia berubah justru orang yang bikin dia tenggelam. Utena udah mulai nambah bintang di versi Beisernya dan gak sabar liat versi berikutnya. Oh iya, para senpai udah pada nongol (lagi) dan dari semua seiyuu, dua seiyuu veteran di dunia ecchi yang dapet peran ini. Youko Hikasa + Inoue Kikuko, coba tebak perlu audisi gak ini komite milih keduanya.

BlueHeaven

I can’t miss every single nun moment from this anime.

Frieren 23

Kaptain

“Oke, jalan ini buat progresi dungeon. Saatnya balik buat menuhin map dulu”. Sejauh ini emang Himmel terbukti jadi pahlawan bukan karena kekuatan tapi dari praktik bagus petualangan. Sekali lagi ketiga tim protag yang dapet fokus ngeliat ekstra lainnya juga bakal pada mampus ngeliat raid bos di bawah.

Saya tahu medal yang ditemuin tuh referensi Dragon Quest, jadi penasaran ada nggak kasus warga sipil yang diteror orang gila yang ngobrak ngabrik furnitur buat nyari tuh medal.

BlueHeaven

Minggu kemarin masalah mimic dibahas di anime dungeon sebelah, sekarang masuk sini mimic dan ngebahas masalah dungeon juga. Satu hal yang sayang, partynya Denken minus satu cewe cakep, seenggaknya dia ga mati konyol dan milih pilihan rasional untuk coba lagi kapan-kapan.

Shin no Nakama S2 06

Kaczmarek

Ngebuka lagi soal Hero baru, Van yang nunjukin lagi kalau dia masalah kedua setelah si Lube. Ini gimana nyelesainnya kalau keadaan Ruti gak boleh diketahui gereja? Karena satu-satunya orang yang minimal bisa nahan Van tinggal last hero of course.

TsukiMichi S2 06

Kaczmarek

Akhirnya Mio memasak di episode ini. Thanks to Hibiki yang lebih berguna dari si kampret Tomoki. Bonding keduanya sudah cukup mengamankan slot Hibiki di seri ini. Tomoki, nah, just die already with Lily. Mora-nya semoga selamet sih, waste banget kalo redhead ini juga ngilang. Otherwise, konflik masih dalam skala receh dan belum ada yang ngeganggu si Makoto.

BlueHeaven

Akhirnya ada gunanya yuusha yang ngambil jatah 2 episode awal anime ini. Mio jadi punya guru masak, sementara yuusha yang satu stresnya akut. Walau stres, setidaknya dia bisa ngasih spotlight ke Tomoe.

YouZitsu S3 07

Kaczmarek

Kembali lagi dengan Suzune. Setelah didorong sama Ayanokoji via Manabu, Suzune bisa mutusin untuk berani ambil keputusan. Meanwhile, masalah si Ichinose juga ada penerangan dari Nazuna. Yep, Miyabi bisa agak menjauh dari Ichinose pasca ini. Tinggal nunggu aja apa mereka ngasih beberapa detik scene di episode berikutnya. Kushida balik juga tapi bukan sebagai informan, tapi sebagai dirinya sendiri.

BlueHeaven

Sayang sekali Yamagod salah pilih target. Kalau saja yang dipilihnya bukan Ayanokoji kelihatan jelas kalau beliau bukan sembarang beliau. Cara Ayanokouji counter di episode ini dikasih lihat receh banget step by stepnya. Semoga penyelesaian masalah yang bakal ditunjukkin di episode minggu depan ga seampas waktu Arisu selesaiin konfrontasi dengan Honami.

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 07

Kaczmarek

Gue kehilangan daftar misi dari Aoi jadi gue anggep tinggal setengah lagi. Setelah selfie, dan buka IG, kini Tomozaki tinggal menyelesaikan hal penting di misi Fuuka. Tapi sayangnya ada sedikit yang panas dari Mimimi. Kesadaran ini nanti bikin Mimimi mengendurkan tali ke Tomozaki atau enggak?

BlueHeaven

Saya suka momen canggung antara Tomozaki dan Mimimi. Aktingnya natural banget, cari-cari alasan sekonyol apapun itu buat jepret Mimimi makan ramen. Lupakan soal bibit romance antara mereka, toh kita udah tahu siapa yang menang di akhir.

Sokushi Cheat 07

Kaczmarek

Manzai lagi! Sekarang ditambah dengan karakter baru yang kayaknya juga gak ada sangkut pautnya ke Yogiri lagi di petualangan berikutnya. Dannoura dibutuhin Yogiri juga cuma buat airbag sejauh ini dan semoga ada perkembangan di arc berikutnya. Entah berapa kali gue nulis “semoga” di seri beginian.

BlueHeaven

Ga di-OTK sama Yogiri, sih, tapi ga ngilang kabur MIA juga kali. Yet again, bibit-bibit waifu unggul lewat begitu saja. Momen kepala meleduk di akhir juga ga nyangka aja. Konsep instant kill Yogiri lebih dalem dari world building isekainya, ini yang bikin unik dalam anime ini selain kombinasi Yogiri dan Dannoura yang ga bisa diganggu gugat.

Chiyu Mahou 07

Kaczmarek

That’s straightforward. Sejauh ini adaptasinya masih adil dari versi manga-nya. Kekuatan penglihatan Amako jadi bahan utama penggumaman Usato. Konsultasinya ke Rose udah menjawab siapa Amako sebenarnya. Momen curhat Kazuki dan progres bondingnya dengan Celia jadi wholesome part di episode ini. Preparation kayaknya kelar, kalau mereka gak nahan-nahan, kita dapet anggota baru sebelum episode 10.

Nozomanu Fushi 07

Kaczmarek

Episode dimana dua istri Rentt bertemu dan rekonsiliasi soal keadaan suaminya. Gue kelupaan detail yang ngescout selama fase ujian ini saudaranya si Sheilla. Raiz dan Laura officially hengkang dari Rentt (untuk sementara) hingga takdir mempertemukan mereka lagi.

Ishura 07

Kaczmarek

Nah udah saatnya kita dapet aksi lebih. Dimulai dengan Yuno dan Soujiro melawan Shalk dan Higuare di perbatasan Lithia. Higuare gak bisa ngedarain kuda dan nyuruh Yuno yang bawa agak bikin anti klimaks. Apa guna Yuno cuma sebagai pengendara kuda? Nihiro dipanggil dengan Helneten dan kini battle royale pertama udah resmi dimulai!

Majo to Yajuu 06

Kaczmarek

Helga dan Ashgan, penyihir dan pedang iblis yang jadi fokus berikutnya. Sayangnya oh sayangnya, Helga bukan yang dicari Guideau selama ini. Dari kriterianya justru Helga bisa jadi companion mereka sesuai yang disaranin Ashgan. Mostly informasi masih di sekadar perkenalan, dan yang pastinya banyak pertanyaan terutama itu pedang iblis Asghan. Episode berikutnya bakal ditunda sampe akhir bulan. FFS.

Sasaki to Pii-chan 07

Kaczmarek

Piercarlo ngebongkar kedok sendiri di depan Elsa. Parahnya, setelah harus meyakinkan Elsa untuk menjaga rahasia, bocah ini nyelundup ke dunia nyata. Officially manusia kedua yang hengkang ke dunia lain. Ok ini mungkin titik tersulitnya, masalah di dua dunia punya konteks berbeda dan kini mulai mengerucut. Satu masalah yang dibikin Elsa ngubah nasib Sasaki lebih dari yang dia mau. I blame Piercarlo at this point.

BlueHeaven

Kelakuan satu-satunya loli yang selalu muncul di ending. Ternyata tindakannya di luar prediksi BMKG. Bisa-bisanya dia nyelip di peti emas. Kapan coba masuknya? Anime ini juga sekali lagi tidak menembak peluru yang sudah ada di selongsong dalam episode ini. Buat apa ngasih tahu chefnya datang disuruh tunggu terus malah lari ke masalah baru? Emang too much focus jadi kemana-mana meleber ceritanya.

Shangri-La Frontier 19

BlueHeaven

Kirain bakal lama lagi buat after story quest Wethermon, ternyata cuma ngabisin kurang dari setengah episode. Maklum dah kebawa sama super slow pace-nya dari dulu. Episode ini fokus ke Pencilgon yang dikasih bonus say goodbye sama Set-chan sekaligus pertarungan dengan Psyger-0. Asli kalau mau ngomong battle, Shangflo juaranya untuk musim ini. Peak gaming anime untuk musim ini.

Mashle Season 2 06

BlueHeaven

Shift langsung diubah ke Margarette. Harga diri Carpaccio yang diangkat di episode sebelumnya langsung jatuh gara-gara episode ini. Emang bisa antagonis langsung dilupain gitu? Karena mereka bilang ini tahapan terakhir ujian, saya expect something great karena bagian ini harusnya jadi klimaks, secara Margarette dapet introduce yang cukup panjang buat sampai ke sini. Bagian Mashle main “jangan lihat ke sana” juga rigged, bisa-bisanya “anggap saja ini seri”.

Loop 7-kaime 06

BlueHeaven

Ya ampun ternyata masalahnya receh. Kirain bakal seru, eh malah cuma konflik adik kakak yang ga bisa jujur satu sama lain. Masalah “akuyaku reijou know their dead end” plot dari dulu sama: akuyaku reijounya bakal jadi penegah semua masalah dari yang kecil sampai yang besar. Ini yang bikin saya agak berkurang minatnya buat series ini. Kecuali ada pendobrak baru di bagian plot, mungkin bakal lebih seru dibahas di spotlight.

Akuyaku Reijou Level 99 06

BlueHeaven

Still no Eleanora, huh? Benar juga, tanpa pangeran goblok bisa akur itu rambut pink sama Yumiella. Patrick sama Yumiella udah terlalu banyak jam tayang sampai jadi gosip bagi NPC.

Gekai Elise 06

BlueHeaven

No medical treatment this week, cuma ngeistirahatin orang yang demam doang sambil dijagain. Lebih berat ke politiknya. Rajanya ngeles kayak udah pasti menang taruhan. Anda itu bukan emsi, bos! Jangan seenaknya menentukan, dong! Penasehatnya juga kayak calon villain ngeposisiin di jalan antagonis. Nenek bangsawan yang tampil di episode ini kemungkinan bakal jadi batu loncatan buat pencapaian Elise yang dicari buat ke depan. Sebenarnya tugas dokter bedah apa aja sih? Kok job desc-nya luas banget, ya?

Saijaku Tamer 06

BlueHeaven

Ah, Ivy harus meninggalkan desa yang paling bagus penanganannya selama ini. Banyak info penting dalam episode ini. Ratomi ternyata chaos setelah dia pergi. Salah kades juga kalau ga ngasih obat ke nenek peramal secara dia penting buat ekonomi desa. Dancho pasukan ternyata ga bodoh juga bisa tahu seluk beluk Ivy. Sayang belum dapat dipercaya 100% as the adventure must goes on. Rekening bank yang penting sudah berhasil diamankan.

Ragna Crimson 18

BlueHeaven

Ultimatia, Ultimatia everywhere. Secara ga langsung episode ini ngasih backstory Ultimatia dari mana untuk penonton. Ria kayaknya masih bisa dibangkitin lagi pakai kekuatan Ultimatia clone(?) Ga bisa seratus persen ngarep gitu sih. Seengaknya Crimson kembali hadir dengan rencananya yang pasti berantakan. Ah, soal pertarungan Ragna dengan Voltekamui harus berakhir prematur karena teleportasi sudah set duluan. Ga dikasih tahu langsung sih, bangun-bangun udah dua hari aja timeskip. Should have 1 minute to explain this clearly.

Solo Leveling 07

BlueHeaven

Back to the classic manhwa plot. Lawan cerberus ga berasa wah karena ketebak semua. Saya capek ngebandingin ini sama Shangflo, karena basicnya hampir sama. MC berasa kayak main game, cuma lebih real aja. Harusnya ada tekanan yang kuat buat memberi efek thrill bagi penonton cuma saraf sensori saya ga dapet soal itu.

Saikyou Tank 07

BlueHeaven

Dedikasi untuk development karakter kembar. Anggota party diganti ke yang lebih OP. Akhir-akhir ini Nin sering tebar pesona ke MC. Peran homunculus semakin pudar dari hari ke hari.

Bokuyaba Season 2 07

BlueHeaven

Satu lagi episode yang bikin guling-guling. Episode kali ini kebanyakan momen yanderenya. Masing-masing udah tahu perasaan satu sama lain, cuma ya seperti yang dikatakan dalam episode ini, ini vibe mereka, mau jadian kapan ya sabar aja. Pasti bakal indah pada waktunya.

Apothecary Diaries 19

Kaptain

Payoff dari penyelidikan kasus paruh kedua ini. Ini semua buat ngungkap secara tidak langsung soal gimana jebakan disiapin, walaupun saya yakin bakal ada debrief dari Maomao soal siapa pelakunya di episode minggu depan. Jumpscare kemarin juga pada akhirnya biar penekanan aja kalau bapak anak punya tatapan mata yang sama.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: meke