[JOI Spotlight] Calamity Edition

July 16, 2023 20:39
[JOI Spotlight] Calamity Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang mulai ngebentuk daftar tontonan untuk musim panas. Mari kita simak impresi para staf JOI untuk seri yang hadir di minggu ini.

Helck 01

What’s this?

Harapan ga kesampaian.

Kaptain

Ergh, masuk ke bangku yang sama kayak adaptasi Satoshi Mizukami. Seri kompeten yang sayangnya ga dapet cukup sumber daya buat sepenuhnya wujudin potensinya. Jujur saya netral sama manganya, tapi saya akui ini emang seri yang di aspek produksinya sangat solid dan sama kayak seri Mizukami, doesn’t outstay its welcome ngeliat ceritanya tuh rapi, by the book dengan eksekusi bagus.

Maaf aja kalau saya kelewat negatif sama realita industri. Secara individual sebenernya ini episode pembuka emang ngasih hook bagus soal kondisi dunia manusia yang jelas ga beres. Again manga-nya itu bacaan yang gampang direkomendasiin.

Mushoku Tensei II 01

Kaczmarek

Rudeus POV dan bergabungnya ke Counter Arrow. Sosok Sara jadi cermin Rudeus masih bucin sama Eris ditambah mentalnya yang menurun bikin attitudenya bikin eneg. Perlahan kayaknya Rudeus bisa nelan kenyataan lagi berkat Counter Arrow dan pasca gabung mereka, mentalnya membaik. Kontribusi besar juga dari para anggotanya yang suportif.

Pertemuan dengan Counter Arrow ini juga cuma sekelebat dalam cerita novelnya. Jadi nikmatin sedetail-detailnya sebelum Sara kaget kalo dia belum cocok untuk jadi pelayan Rudeus. Soldat nanti yang jadi highlight utama di episode kedua.

Kaptain

Ini seri yang punya dedikasi kuat buat ngingetin saya buat nggak terlalu seneng sama nih seri. Tapi itu momen di akhir Rudeus yang nyadar dia terjebak dalam spiral negatif tuh saya apresiasi banget.

Eiyuu Kyoushitsu 01

What’s this?

GJ-bu on Skimpy Clothing Hero Academy

Kaczmarek

Yep dari kreator GJ-bu!. Judul ini udah ada sejak 2015, tapi baru dapet promo animasi sekarang. Jarak yang lumayan jauh dari pertama kali rilis hingga animasinya. Episode pertama mid karena formula friendly MC + good-stacked heroine + setting yang sesuai ekspektasi. Sistem dressbreak masih jadi senjata fanservice terbaik di tengah dunia dengan OP dan skilled karakter. Mau dibawa kemana ceritanya? Sesuai dengan sinopsis di situs resminya, ini bakalan fokus ke struggle para heroes di dalam akademinya aja. Kalaupun ada entitas luar sekolah yang ikut ganggu, paling juga urusan politik dan balas dendam masa lalu ke Blade. Ditambah raja konstitusionalnya sekarang jadi headmaster.

Mononogatari 2nd Season 02

Kaczmarek

Sebenernya episode filler kayak gini dibutuhin sebelum masalah utama muncul, apalagi kedua MC dan heroine sampe sekarang gaada progres. Mak comblang dari kedua temen heroine pun cuma bisa kebingungan karena Hyouma ini cukup musclehead. Daripada urusin masalah percintaan, gimana ini masalah soal ancaman Botan dari tsukumogami luar? Trio tsukumogami musik itu gak terlalu sus sih.

Yumemiru Danshi 02

Kaczmarek

Wataru dapet misi dari kreatornya untuk nyelesain masalah di sekitarnya dulu sebelum kembali ke jalan pengejaran Aika. Bareng Rin, Wataru kudu terjebak sama masalah yang sebenernya bukan masalah dengan Yuyu-senpai. Ya, ini memberatkan Yuyu daripada Wataru terutama Yuyu sendiri kerap menghindar daripada meluruskan masalah. Poin plusnya ini episode adalah Wataru cukup perseptif dan gak nambah kerumitan ke Yuyu. Di sisi lain, OSIS-nya pushover atau mereka ada cuman demi jadi simp-nya Kaede.

BlueHeaven

Fokus cerita utamanya hilang di episode ini. MC malah ngerjain side quest dan keberadaan main heroine bisa diabaikan seutuhnya. Btw, opening anime ini ngambil banyak inspirasi dari berbagai opening anime romcom lain ternyata. Copas sih copas, tapi kreativitasnya mana?

AI no Idenshi 01-02

What’s this?

Love Is the Plan, the Plan Is Death

Kaczmarek

Kelewatan ini minggu lalu. Episode pertama udah dikasih tearjerker dengan skenario memori seminggu ilang. Bakal makin nguras emosi jika anaknya itu gak sedewasa ini, tapi minimal itu bisa jadi penghantar premis utama bagi Hikaru. Moggadeet itu nama samarannya Hikaru saat ngurusin proyek ilegal buat nge-backup memori humanoid. Karena pace-nya begini, gue mikirnya ini bakal jadi seri pendek dan kemudian dilanjutin ke adaptasi sekuelnya. FYI, ada tiga judul dari franchise manga ini dan AI no idenshi ini yang pertama dari Kyuuri Yamada (mangaka-nya)

Episode kedua yang mulai berani ngasih fanservice selain tetek gedenya Risa Higuchi. Selain itu, mulai dibahas limiter dari humanoid ini agar gak ngelewati batas atas manusia. Tapi tentunya ini bisa dikulik jadi rencana berbahaya kalau muncul dari entitas dengan kekuatan besar.

Spy Kyoushitsu 2nd 01

Kaczmarek

Thea kena cover tapi ini disunat lumayan gede untuk diadaptasi. Jangan tanya kenapa pace-nya melambat kalau kalian gak nonton paruh kedua musim pertamanya. Yeah mostly udah pada nge-drop karena ini cuma proyek jualan waifu. Ngelambatnya pace ini minimal bisa ngasih porsi dialog lebih detail dan gak cuma sekelebat aja tanpa konteks lebih. Bukannya penasaran sama latar belakang Thea, episode ini malah ngebuka kartu baru bagi Annett.

Nanatsu no Maken ga Shihai suru 02

Kaczmarek

Vibe-nya Harry Potter masih berasa untuk perkenalan awal ini terutama saat pengenalan kelas. Beruntungnya gak perlu nunggu lama untuk dapet pengenalan sekaligus pengungkapan labirin di bawah sekolah. Ditambah senior-senior berbahaya yang baru nongol kayak Ophelia dan Cyrus. Keluarga McFarlane mulai dapet exposure melalui tingkah Richard Andrews.

Animasi pertarungannya yang gak JC Staff banget. Ini proyek minimal dapet perlakuan kayak Railgun pasti bakal gak mengecewakan. Namun budget masih jadi tanda tanya hingga dua episode berjalan. Gue demen sama lagu opening dan ending sekaligus animasinya. Minusnya sekarang adalah gue bakal sering liat letdown post daripada bringup post di platform manapun hahaha.

Suki na Ko ga Megane wo Wasureta 02

Kaczmarek

GoHands you can rest easy now. Sudah mulai kembali ke daratan pasca dibawa terbang tinggi lewat animasi 3D x 2D di episode pertama. Disini progres Ai sama Kaede udah cepet ke jalur kencan. Walaupun gak dinamai resmi kencan, tapi Kaede pasti nganggep hal itu kebalikannya.

Temple 02

Kaczmarek

Lucky sukebe trope masih jadi yang utama di serial ini. Kalo dipikir-pikir, ngebayar utang dengan merelakan dirinya dipekerjain di dalam suatu tempat gini tanpa gaji malah keliatan kayak MLM. Ya untungnya nunnery ini butuh orang yang secara fisik kuat dan bisa jadi guard dog. Di satu sisi, Akagami butuh kebiasaan baru untuk menahan dirinya dari nikmat dunia. Walau sebenernya nikmat dunia di tempat ini lebih tinggi daripada di dunia luarnya. Tsukuyo and Yuzuki jadi dua adik yang kayak dipilih salah satunya asma Akagami di akhir manga-nya.

Liar Liar 03

Kaczmarek

Meh, easy battle tbh. Sejak dijelasin sama Himeji, dia kayak ngelupain satu skill yang udah kesebut di episode kedua soal manipulasi aturan. Ya untungnya Hiroto ini observant dan gak cuma skimming aturan tok. Sarasa udah ngungkap dirinya Sarasa beneran jadi salah satu faktor ini adaptasi bisa dibikin cepet.

BlueHeaven

Weak episode. Saya tidak bisa menikmati permainan ataupun kebohongan dalam anime ini. Itu Himeji nongol bareng MC aja berasa aneh. Bukannya dia harusnya kerja di balik layar?

Jitsu wa Ore Saikyou deshita 03

Kaczmarek

Episode yang bikin Char jadi otaku dan segera jadi neet kalo dia udah melajarin ini sihir. Seperti testimoni Haruto, adek tirinya ini progresnya kecepetan dan bisa dianggep jenius kalo minimal gak dikasih pelan-pelan. Sejak dapet tontonan super hero, pandangan Char ke dunia nyata bakal terasa gak menarik. Haruto punya PR gede kalo adeknya bisa sampe gini nantinya. Ah iya, Marianne bakal nongol terus ini gegara Haruto gak bisa nge-surpress kekuatannya. Kemudian kostumnya Haruto malah kayak Zero (Code Geass).

BlueHeaven

Char ini karakter yang menjual banget. Apalagi dia sukses bikin trigger para mahasiswa sasjep yang struggling belajar nihongo. Kasihan kakaknya mesti jadi seigi mikata dadakan.

Shinigami Bocchan S2 01

Kaptain

Halo lagi horniest maid. Tentu aja buat ngingetin soal dagangan utamanya nih episode nawarin banyak fanservice Alice. Seperti biasa 3D semi 2D-nya tuh masuk ke aspek take it or leave it, tapi ya seperti biasa interaksi karakternya masih kompeten kok.

Horimiya Piece 03

Kaczmarek

Episode yang banyak yang ditungguin dari pembaca manga-nya. Remi ngerjain Hori jadi salah satu momen yang saya tunggu-tunggu, sementara Sakura dapet porsi yang kena cut dialognya tapi masih bisa dikasih showcase di cheerleading-nya.

Neural Cloud

Kaptain

Valentine & Banner event kelar. Buat Valentine cuma Evelyn doang yang dapet konten “Semua Umur” kayak iterasi sebelumnya. Buat event Nora ya untung aja ada lebih banyak fokus sama interaksi kedua penulis jadi ya consider me sold on Zangyin. Critical Cascade juga bentar lagi jadi yang butuh tim Specialist ya siap-siap aja nabung buat Turing.

Anyway sekalian ngomongin stream GFL2 kemaren. Beta 3 Kamis besok dan minimal banget ini segmen intro game udah kebentuk. Client juga keliatan lancar & untungnya dah fix bakal ada sistem sweep.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Good on Nasu yang nyadar banget kalau karakter utama yang ga peka sama misteri yang terjadi tuh bakal ngeselin banget dimainin. Makanya kita dapet pilihan merah di akhir cerita kalau kalian ga main sambil merem.Bagian jeleknya cuma fakta kalau Bao secara efektif ngilang di part 3 dan jatohnya cuma buat ngasih Cern skill tambahan. Akhirnya juga pake Leyline setelah nyentuh Cernunos and boy ini emang difficulty spike nih LB kalo ga punya Enkidu. Emang penutup yang bagus buat nyambut dead year.

Ah well. Setelah dapet semua Tam Lin akhirya luck abis. See you next year you noisy fluffy fuck.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Layer0222