[JOI Spotlight] Delapan Belas Edition

July 23, 2023 20:12
[JOI Spotlight] Delapan Belas Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di mana seri musim panas sudah memulai penayangan. Mari kita simak impresi para staf JOI untuk seri yang hadir di minggu ini.

Shinigami Bocchan S2 02

Kaptain

Bentar, ini ceritanya sekarang fokus ke penyihir yang bisa ngendaliin waktu untuk ngebongkar misteri dibalik kutukan tokoh utamanya. Secara mengejutkan kita malah jadi nonton Dorohedoro. Ini seri emang temperamennya lebih anteng, tapi saya khawatir karakter yang ilang karena Time Paradox bakal jadi plotpoint.

Mushoku Tensei II 03

Kaczmarek

Paruh pertama yang smooth tapi paruh keduanya kayak kehilangan poin utama. Banyak yang nyadarin ini terutama bagi yang ngikutin sumber utamanya. Kematian Mimir jadi bagian yang mulai off, dimana Suzanne dkk berbagi kesedihannya ke Rudeus dalam dialog dengan tone rendah ini. Jangan tanya kenapa versi Muse (dan mungkin sebagian besar streaming service lain yang megang lisensi) nge-zoom bagian groping Rudeus ke Sara.

Eiyuu Kyoushitsu 02

Kaczmarek

Kousuke Kawamura lagi dapet jatah gede untuk bikin transisi unik di dua episode awal. Yep, dia juga jadi desainer karakter untuk proyek animasi ini. Episode fokus untuk Sophie dan kencannya dengan Blade dengan bumbu stalking dari ketiga orang di atas.

Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha 03

Kaczmarek

Persepsi dari penggambaran karakter di versi anime ini bikin banyak penonton kurang apresiatif. Jujur gue lebih milih penggambaran para karakternya dari persepsi novelnya daripada anime-nya. Kalo ini konsisten sampai abis, satu-satunya cara nikmatin adaptasi ini cuma berharap ada skenario orisinal dimana Wataru milih Kei atau kakaknya sendiri dalam urusan percintaan.

BlueHeaven

Downgrade visual kelihatan dengan jelas. Pacingnya masih kacau dan belum bisa dikatakan bagus. Entah kenapa saya masih aja nonton anime dengan tsundere nyebelin ini.

Okashi no Tensei 04

Kaczmarek

Pastry vs. Brioche jadi highlight di tengah krisis moneter di region ayahnya. Gue baru tahu kalau kedua orangtuanya ini castaway dari kerajaan sebelah dan punya royalty namun dibekukan karena hubungan mereka. Mungkin udah ada yang nyadar, kalau diantara Pastry, Marcarullo, sama Luminito, yang seiyuu-nya cowok cuma Pastry. Sisanya Natsumi Fujiwara dan Maaya Uchida.

Mononogatari S2 03

Kaczmarek

Karasaka akhirnya debut. Bagusnya saya udah biasa sama Youko Hikasa ngisi villain, ditambah desainnya juga ngedukung tipikal karakter yang dia isi. Ini mungkin jadi pertemuan pertama dia sama Botan dan Hyouma karena kalau ngeliat kebiasaan cerita di medium ini, Karasaka bakal cabut untuk nyerang di waktu lain. Coba tunggu apa bener kejadian.

Ai no Idenshi 04

Kaczmarek

Ini makin berat dari dua skenario episode ini. Berat yang gue maksud adalah implikasi gue sebelumnya yang mikir ini hanya berfokus ke satu masalah dalam sekitar Sudou itu, kini melebar jauh berkat contoh-contoh lain dari pengemplementasian teknologi ini. Kasus Poppo sama John ini jadi pintu kedua untuk ngadepin masalah lebih besar dari implementasi teknologi ini.

Spy Kyoushitsu 02

Kaczmarek

Anette ketemu ibunya, tapi apa bener ibunya? Ini dunia yang secluded dari dunia aslinya jadi kalau ada yang ngaku Thea itu punya sugar daddy pun saya gak bisa percaya langsung. Monika untung masih idealis untuk ngelakuin segalanya sendiri jadi bisa ngungkap kecurigaan soal Matilda sampe akhir episode ini. Memar di bahunya Thea ini juga masih belum keungkap asalnya darimana. Semoga bukan dari yang mudah ditebak kepala aja.

BlueHeaven

Awalnya saya malas untuk menonton anime ini lagi, tetapi bait Yumegatari tidak bisa ditolak begitu saja. Sejauh ini lumayan membaik, meski saya juga ga bisa bilang bagus banget karena ini anime juga angin-anginan di season 1. Thea maha carry.

Higeki no Genkyou 03

Kaczmarek

Gonna covering this series cause i’m late to the train. Pride diisi Ai Fairouz dan Tiara diisi Haruka Tomatsu ini jujur unorthodox outcome bagi gue. Kalau Maaya Uchida jadi Stale udah biasa karena sebelum-sebelumnya suka ngisi tipikal shounen. Sesuai dugaan (karena gabaca sumber utamanya), usaha Pride keluar dari peran antagonis akan berbalik ke arah yang gak dia duga. Stale jadi berpaling dari Tiara ke dirinya, sementara Gilbert jadi batu sandungan paling menyusahkan nantinya.

BlueHeaven

Pride lumayan lihai memanfaatkan segala skill yang tersedia buat naikin meritnya. Tanpa dia sadar semua mulai suka sama modelnya. Sayangnya, bukan akuyaku reijou MC kalau ga peka. Informasi kemampuan khusus karakter lain juga lumayan membuka tabir luas potensi cerita dalam anime.

Suki na Ko ga Megane wo Wasureta 03

Kaczmarek

Ren is such a bro, tapi Ai mulai keliatan depended ke Kaede kian dalem dan dalem. Formulanya masih sama dan sekarang makin keliatan careless-nya Ai di ranah publik terhadap tindakan apapun itu. Anyway, that’s the point of the plot because there’s no plot in this kind of stories except…………

Nanatsu no Maken ga Shihai suru 03

Kaczmarek

Gue masih di posisi kosong terkait persaingan senior-senior ini mengincar adik-adik yang baru masuk ke akademi. Mau direktrut ekskul kah? Organisasi kah? Haremnya kah? Dijadiin mayat kah? Kalau pake common sense ala Harry Potter orang-orang kayak Cyrus dan Ophelia ini udah dimasukin Azkaban. Tapi karena ini akademinya basisnya dari kriminal juga (re: Esmeralda), jadi anggep aja batas norma di dunia ini beda jauh sama dunia nyata.

Masalah Nanao ngikutin perannya sebagai samurai, dan soal Oliver yang secara gak langsung ngasih kesempatan kedua baginya, bikin kisah cinta di lingkaran ini dimulai dengan cara yang gak biasa. Jangan lepas Katie juga walau posisinya di bawah Nanao dalam hal ini. Sementara soal Vera yang friendly banget sebagai senior, gue masih menaruh kecurigaan dengan mata kirinya. Tentu ada cerita yang bakal dibuka dalam waktu dekat selain pertarungan Andrews.

Temple 03

Kaczmarek

Mia nyebut “Erotic Family” bikin gue muncrat. Kenapa nyebutnya kudu Janglish padahal sebelumnya lancar ngomong Jepang hahaha. Kagura juga yang bikin otaknya Mia kian terjerumus ke hal jorok selain ibunya.

Liar Liar 03

Kaczmarek

Walau animasinya kaku, minimal ada informasi baru yang bisa dicerna di episode ini. Agaknya soal Akizuki yang jadi pemegang sixth star berikutnya yang keluar ngeintervensi Hiroto dan Shirayuki. Walau jadi cewek lengket dan racun macam dia, paling enggak ulahnya bikin tambahan konteks soal sistem trial test. Sekali lagi, disini banyak pembohong jadi bermain peran adalah cara ortodoks untuk dapetin keinginan apapun itu. Termasuk kalimat yang diucapin Sarasa di episode sebelumnya.

BlueHeaven

Apaan sih yang saya tonton sepanjang episode ini? Mereka mencoba menutupi plot hole di episode dua dengan membuat Shirayuki pindah sekolah? Lucu banget. Ini Akizuki juga ga jelasnya minta ampun. Ngobrol bentar, terus kabur. Maunya apa? Sumpah, mau dijelasin lagi kayak tambal gigi, tetap aja hubungan sebab akibatnya ga bakal jauh dari iri dengki soal unique star palingan.

Zom100 03

Kaptain

Kesannya kayak episode balas dendam setelah fokus di Mikazuki kemarin. Jadinya ya dapet episode manservice. Seperti biasa buat genre ini ya masih aja yang nekat pake pusat populasi sebagai markas, tapi ya nyatanya infrastruktur kayak internet dan listrik masih jalan. Then again udah jelas dari awal tuh fokus utama nih cerita soal gimana bisa hidup, bukan gimana untuk survive. Ngeliat lapangan kerja di JP itu didesain untuk ngebuat tenaga kerja jadi Zombie.

Jidou Hanbaiki 03

BlueHeaven

Kocak juga dari supply makanan, nih vending machine bisa berubah ke bentuk yang aneh-aneh. Baru inget ada juga yang jualan kondom, tepatnya di love hotel. Jepang emang gila vending machine sampe semua barang yang bisa dijual dimasukin ke vending machine. Perpanjangan fokus ke karakter sampingan juga pas eksekusinya di sini.

Level 1 dakedo Unique Skill 03

BlueHeaven

Cara mereka jelasin sistem drop dan respawn kelihatan simpel dan mudah dimengerti. Padahal aslinya agak ribet sih. Bisa ketemu sengaja, tapi tololnya MC malah dipake buat nembakin kecoa. Pas habis peluru, baru tangan kosong beraksi. Kenapa ga pake tangan aja dari tadi? Slime kecoa juga konsepnya fresh nih. Sepanjang diperlihatkan, penonton diguyur gap moe Emily. F buat resepsionis yang kena kacang goreng ditinggal MC pas lagi ngomong.

Star Rail

Kaptain

Jadi event musiman abis update story tuh soal betapa ga mutunya cerita yang baru aja kita jalanin. Ini tim penulis di sana lagi berantem ya? Ini bisa aja menarik, cuma ini event tuh 2 hari setelah update dan jelas event juga ya ga kompeten banget kualitas penceritaannya. If anything format “ngedeteksi insiden yang barusan terjadi” udah dieksekusi dengan jauh lebih baik via quest Luocha.

Exilium

Kaptain

Observasi close beta GFL2 sejauh ini: Client selancar PNC jadi minimal Mica dah kebukti punya dev yang lebih bermutu. Ini butuh data lebih banyak emang, tapi dari itungan resource sejauh ini unit & weapon banner bisa nyampe pity kalo beli monthly pass. Sweep juga ada buat Frontier Raid selaku mode tarkov/dark zone nih game. dan sejauh ini juga stage pada pendek semua.

Emang ada kritik soal format gacha yang njiplak game Hoyo, tapi kalau kayak game sebelumnya ya bansosnya jauh lebih dermawan dan dupe juga cuma relevan buat unit limited. Pada akhirnya juga rarity cuma dua level dan sistem naikin bintangnya sama via shard kayak Neural Cloud. Balancing karakter juga ya saya ga bakal banyak komentar ngeliat fungsi beta ya buat balancing.

Sekarang masuk ke masalah fundamental. Ini game punya penyakit yang sama kayak XCOM, di mana kalian bakal digilas sama reinforcement kalau kalian gagal ngegilas pod/mobs pembuka. Jadi ya fokusnya tim di DPS check/Alpha Strike. Kekhawatiran utamanya ya progresi tuh balapan antara mesti ngeroll senjata dan unit top tier dengan musuh yang jadi lebih badak.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Cleared semua ini event, finally. Gue kesel sama sistem armornya Eblana tapi gue berterima kasih sama Reed alter yang bisa ngebersihin kroco-kroco di sekitar saudaranya.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Got yo ass.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: popoitapoita