[JOI Spotlight] Diegetic Theme Edition

January 14, 2024 19:49
[JOI Spotlight] Diegetic Theme Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masih mengumpulkan daftar tontonan buat musim ini. Seperti biasa mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Mahou Shoujo ni Akogare 02

Kaptain

So yeah, Sulfur got hands. Ritme konfliknya udah kebentuk ngeliat power level tiap karakter mulai kebongkar dan saya ngarep ini kualitas produksinya ga ambruk begitu level konfliknya udah ga cuma nggerayangin orang aja.

Kaczmarek

Peralihan dari Utena yang lama jadi yang baru. Sedikit demi sedikit mau menerima fetishnya sendiri, atau malah fetishnya dibangkitin. Sayo/Magia Azul jadi korban pertama walau kayaknya ini episode gamau all out kayak episode pertamanya dalam hal torture.

Sengoku Youko 01

What’s this?

Masih mencoba ngelawan kutukan adaptasi Mizukami.

Kaptain

Untung aja duitnya ada. Nggak wah banget tapi minimal ini ga kekubur kayak Biscuit Hammer kemarin. Seri Mizukami yang strukturnya paling shounen di awal jadi saya ngarep banget ini bisa diterima lebih baik.

BlueHeaven

Nyoba episode pertamanya aja dulu. Produksinya bukan mediocre, tetapi ceritanya masih belum ngena di saya.

Dosanko Gal 01

What’s this?

Tur Hokkaido paket Gyaru, buat yang ga minat sama paket om-om berotot

Kaptain

Seri Jump+. Anime turisme dengan aspek fantasi berupa gyaru yang belum punah. Pas masa terbit di Jump saya ga terlalu tahan lama bacanya dan ini berlaku juga sama nih adaptasi. Ya kondisi pasar gyaru paca Marin juga udah ga sama lagi.

Metalic Rouge 01

What’s this?

Blade Runner Tokusatsu.

Kaptain

Proyek besar Bones, ngeliat ini bela-belain ngebuat armornya 2D. Masih fokus di setup yang secara mengejutkan minta penonton buat merhatiin dunianya, sesuatu yang nekat banget dilakuin ngeliat banyaknya seri yang ngerasa perlu penonton dapet penjelasan soal konsep macem “Duit” dan “Leveling”.

Mato Seihei no Slave 02

Kaptain

Mulai ngenalin heroine sampingan lainnya. Jelas budget nih proyek ga banter, tapi “menu” yang ada juga jelas narget pasar tertentu. Maaf Shushu, you’re like dead last di kompetisi grup yang makin kebelakang makin brutal.

Delicious in Dungeon 02

Kaptain

Hore. Ilustrasi baru Ryoko Kui buat ED. Agak disayangkan panel partywipe ga diadaptasi. Ini juga emang keliatan pemangkasannya biar 3 chapter bisa dimuatin dan perkenalan awal buat party kita lebih perlu diutamain. Kayaknya udah sering banget dibicaraain kalau jebakan Dungeon itu harta paling berharga ngeliat ini mekanisme kuno yang masih fungsional.

Oroka no Tenshi/Kanaten 01

What’s this?

Butchered expectation of Interworld Slavery

Kaczmarek

Udah ngerasa pesimis karena ini proyek Children Playground Entertainment, dan bener aja di episode pertama udah bikin turn off. Kesalahan terbesar gue adalah baca manga-nya dulu di akhir 2016 lalu. Mungkin kalo gak baca saat itu sampe sekarang, ekspektasi gue bakal se-standar “Shinka no Mi”. Satu faktor yang gue liat bisa nyelametin adaptasi ini adalah Kawasaki Itsurou dengan tim produksi yang udah ngerjain dari dua tahun lalu.

BlueHeaven

Dah ketebak karena studionya punya rekam jejak ga bisa ngangkat satu pun anime yang diadaptasinya.

Tsukimichi S2 01

What’s this?

Why timeskip all of a sudden?

Kaczmarek

Timeskip ini bikin gue bingung, jadi kudu nonton ulang tiga episode terakhir musim lalu dulu buat refresh ingatan. Dua event berbeda berjalan, Mio masak dan Makoto ngurusin masalah di Desa Tapa. Episode berikutnya jadi debut Hibiki dan Lily kalau timelinenya gak diotak-atik. EZ start i guess.

BlueHeaven

Masih belum panas. Di akhir episode sempat ngemention dua yuusha. Orang yang baca sumber aslinya katanya malas buat ngikutin POV mereka, mungkin sesaat lagi kita bisa mengerti kalau sudah diperlihatkan dalam anime.

Shin no Nakama S2 01

What’s this?

Gula musim dingin

Kaczmarek

Mungkin penundaan penayangan itu bisa jadi oasis buat para staf dan juga kualitas produksinya. Openingnya dibikin dua versi kah? Kita dapet fokus Ruti dan Tisse di episode pembukanya. Yarandrala ini punya affection lebih gak sih ke Red? Mungkin cuma sahabat aja kali ya? Smugnya Ruti akhirnya balik!

BlueHeaven

Ruti berhasil berevolusi. Yuusha baru jadi villain berasa right on track. We need new source of conflict di tengah gimmick slow life yang kalian tahu tidak 100% terjadi sejak musim pertama.

Jaku-chara Tomozaki-kun S2 02

Kaczmarek

Rushed but pleasuring episode. Episode yang bikin “andai YouZitsu dibuat sekompak ini” karena ngeliat dalemnya adaptasi dari satu volume di dua episode awal. Masih di urusan Erika biar lebih semangat sama perlombaan ini. Tiga uler udah dilepas sama Tomozaki, sekarang menunggu eksekusinya.

Udah ketahuan Konno juga mainin game. Aoi main rasional dan realistis, tapi Tomozaki dengan empatik pengen mecahin masalah Hirabayashi. Saat konfrontasi dimulai, Hanabi yang inisiatif duluan. This shit even more realistic from my third person POV. Hanabi pun sadar saat dia berada di posisi yang bener, dia gak masalah dijauhin dan dihina temen sekelasnya. Tapi yang jadi concern utama disini itu Aoi. Dia pengen gak ada orang yang disalahin, tapi nyalahin keadaan.

BlueHeaven

Referensi quote No Game No Life, life is just a bad game. Somehow meski pembawaan yang serba gaming, ini terlalu real untuk terjadi di kehidupan nyata. Sekalian ngasih alasan kenapa banyak orang ga mau ikut campur ketika melihat ketidakadilan di depan matanya. Takut malah kena hal yang sama, cuma itu tidak berlalu dengan Hanabi.

YouZitsu S3 02

Kaczmarek

Karena udah kena stockholm syndrome, jadi gue lanjutin aja nonton ini ampe abis nanti. Sorry for being subjective on this part. Apa yang harus diterima di arc ini? Titit Kiyotaka segede cula Caterham CT05? Atau Manabu yang jadi karakter lemah karena Miyabi? Satu hal yang gue anggep penting disini adalah Nazuna. Adegan keplesetnya diubah, sama seperti saat amuletnya dikembaliin Kiyotaka secara langsung, yang seharusnya dititipin ke security. Honami? Tunggu episode berikutnya. Udah saatnya kuda hitam jadi kuda tunggangan.

BlueHeaven

Satu-satunya momen keren di episode ini adalah ketika Kiyotaka bilang gak bakal biarin Kei di-DO. You know lah, sebagai alat tentunya. Sisanya “nani kore” karena lu punya banyak chara tapi satu arc ngabisin cuma dua episode doang.

Ishura 02

Kaczmarek

Pindah POV. Ars (entah kenapa jadi Alus), jadi protagonis berikutnya yang dapet spotlight pasca Yanagi. Hargend, Legnezi, Shark, Higuare, Lana, Jeruki, dan Hidou juga dapet bagian walau ini pengenalan aslinya lebih lama dari yang diperkirakan. Dua episode, kita juga mulai dapet apa tujuan dari mashup cast ini inginkan. Sedikit hint, ini battle royale. Seperti yang dijelasin Lana, Demon King udah tiada. Sekarang saatnya ada Champion baru untuk memimpin semua ini. Like they said, new champion isn’t necessarily human.

Frieren 18

Kaptain

Ujian SIM, secara teknis ya Frieren masuk via jalur joki. Tapi ini emang komplain yang valid kalau sertifikasi tuh ga guna buat ras yang usianya bisa sampe seribu tahun karena institusi yang ngasih ijin juga kecil kemungkinannya bisa tetep ada selama itu.

BlueHeaven

Kirain bakal ditunjukkin ujiannya minggu depan, ternyata langsung dikasih setengah episode jalannya ujian penyihir. Mengingat Himmel yang ga tahu holy emblem punyanya Frieren, berarti bapak tua yang bisa mengenali emblemnya Frieren bisa jadi punya guru yang setidaknya ngajarin soal ini dan beliau pasti pernah lihat. Ga mungkin lebih tua dari Himmel karena Himmel aja mati udah jadi kakek dan ini sekitar 30 tahun setelah kematiannya.

Pengenalan karakter baru di episode ini juga fresh, ada penyihir cegil, dan duo sahabat tsundere. Semuanya waifuable dari segi desain dan watak.

Maju to Yajuu 01

What’s this?

Pickup Service for Witches

Kaczmarek

Ok what a firestarter (literally). Dijelasin juga bahwa duet Ashaf dan Guideau adalah tukang jemput paksa para witch yang berulah di dunia ini. Namun ada tujuan lain dari keduanya selain jempiut mereka, yaitu mencari penawar kutukan witches di leher Guideau. Setelah liat Guideau mencium Ione dan wujud di dalam peti keluar, apa ini artinya wujud itu adalah tubuh asli Guideau? Also, kenapa para perempuan yang dijadiin kunci itu balik lagi punya tangan dan kaki? Detail kecil ini belum kejawab walau ngikutin credit scenenya sampe abis.

Pon no Michi 02

Kaczmarek

This is too big to be carried over. Setelah Saki, Pon No Michi gak nahan diri buat manfaatin segala material mahjongnya untuk dieksplor ke penonton. Bagi pemain tulen, ini jadi sarana hiburan tersendiri. Namun bagi yang awam masih kudu belajar lebih sama sistem mainnya. Dua episode sejauh ini masih 50:50 konten CGDTC dan teknis mahjongnya.

Bang Bravern 01

What’s this?

Surprise Brave Series

Kaptain

Karena twistnya udah nyebar di sosmed langsung hantam aja premis benerannya. Ini seri real robot yang kehantam sama konflik super robot, dan pihak militer can’t deal with the everything terutama mecha yang ngeyel nyanyiin theme song dan nuntut finisher diteriakin. Sekarang bagian make or break-nya tuh tergantung mau fokus di tuh dinamika atau jadi seri Super konvensional, both works just fine for me. Cuma ya dari OP kayaknya emang bakal fokusnya di combined arms tactics.

Apothecary Diaries 14

Kaptain

Dapet kerjaan sampingan sebagai guru les sekaligus konfirmasi ulang power balance harem istana. Kasus utama nih cour juga dimulai dan secara pribadi ini ngebantu saya mastiin alibi tiap karakter pas ledakan terjadi.

Nozomanu Fushi 02

Kaczmarek

Rentt akhirnya bisa keluar dari dungeon dan ketemu Vivie lagi yang rumahnya entah ngapa gak aman banget. Gimana aman kalau Rentt dengan mudah masuk gitu aja dalam keadaan Vivie tertidur make busana gitu. Keep up the guard, Vivie! Tapi dari proses menuju itu beruntungnya ketemu Rina yang cukup polos. Ini kalau secepet ini bisa nyampe volume keempat sih, dan kita dapet evolusi terakhir si Rentt yaitu vampir. Udah balik ke kota, sekarang gimana dia beraktifitas di kehidupan normal.

Shangri-La Frontier 14

BlueHeaven

Beneran bakal lawan Wethermonnya dibikin episode pamungkas ini mah. Dikasih prequel dulu soalnya buat ngebersihin guild. Does it mean if PK getting targetted, the PK killer became the one, too? Dah dibahas tapi ya bodoh amet. Bad system from “said the best game”.

Hime-sama Goumon no Jikan Desu 01

What’s This?

Not S&M anime

BlueHeaven

Bisa gitu ya, animasi pas lagi mode tarung serius keren, pas jadi prisoner malah ngelawak. Main dishnya di sono, sih, jadi pas lagi tarung di bagian awal episode bisa loose dikit. Sisanya jadi acara penggugah selera. Pas ramen dikeluarin langsung keingat Ikenaikyo. Karakter paling menarik menurut saya di sini adalah Maounya yang ga tegaan.

Akuyaku Reijou Level 99 01

What’s This?

Just your seasonal akuyaku reijou (not blonde this time)

BlueHeaven

It’s just the usual seasonal Akuyaku Reijou. Setidaknya itu yang terjadi sampai di 5 menit terakhir. Saya ga bisa ngasih simpati gede meski MCnya LSBH. Masalah high level chara at the beginning of episode bukan barang baru di jagad anime atau perisekaian, tetapi ini bisa dieksekusi jadi bagian unik buat anime ini. Opening gaya VN harap dipertahankan bukan hanya untuk episode kali ini saja. Poin plus soalnya itu.

Gekai Elise

What’s This?

An impossible way to survive from plane crash

BlueHeaven

Ini dokter bedah asli bikin saya geleng-geleng di momen krusial pesawat jatuh. Di saat yang lainnya sudah pasang masker oksigen, eh dia malah nunduk dan ga mencoba pasang masker oksigen sama sekali. Dari ketinggian berapa ribu kaki pasti udara yang bisa didapet bakal drop, bisa hebat itu dokter bisa masih sadar dan nolongin beberapa orang sebelum akhirnya mati. Hebatnya lagi itu pesawat komersil gede yang buat perjalanan internasional, kena landing di tanah ga meleduk, euy.

Sokushi Cheat 02

BlueHeaven

No mercy, semua dibabat habis termasuk beast girl yang lumayan effort design charanya. Baru di episode 2 dinyatakan buron terselebung. Kalau mau tahu yang mati kena OTK MC tinggal lihat opening aja, udah ada spoilernya, kok. Bagian hitam yang sering muncul itu bikin anime ini yang punya ide viral jadi jelek experience nontonnya.

Sasaki to Pii-chan 02

BlueHeaven

Tidak ada otonari JK-san di episode ini. Atasannya Sasaki ternyata underage. Terungkap 5 calon waifu di seri ini ternyata rata-rata punya trait yang sama. Dua karakter baru berhasil diperkenalkan dengan baik di episode ini. Isekai, otonari romance spice, polisi sihir, dan sekarang mahou shoujo. Kurang campur sari apa seri ini.

Chiyu Mahou 02

Kaczmarek

Sudah masuk training arc untuk semua MC. Ryuusen, Inukami, dan Usato lagi dapet grinding dari masing-masing keahlian. Healer yang secara otomatis ngeheal diri sendiri? Kenapa meta ini gak kepake di beberapa seri lain? Mulai digodok soal masalahnya Ryuusen, dan semoga detail penting ini gak keskip di episode berikutnya. Also, itu animation endingnya cuma pencitraan aja ke Inukami Suzune lol.

BlueHeaven

Senpai LSBH di seri ini ga bakal sendirian jadi heroine di seri ini. Tentu saja saya exclude pelatih setan yang ngajarin Usato kayak orang gila. Emang bener sih kalau healer punya kemampuan penyembuh, terus kenapa ga dipake ke diri sendiri biar jadi invisible dari segala macam cedera dan kelelahan?

Mashle Season 2 02

BlueHeaven

Masalah serius, kelar, langsung hura-hura main ala airhead. Emang sirkel Mash yang waras cuma sebiji. Di luar lagi capek-capek buat mertahanin ego dan pandangannya, eh yang di dalam rumah malah maen sugoroku.

Bokuyaba Season 2 02

BlueHeaven

Ichikawa main langsung peluk aja itu Anna. Rada cengeng, sih, nabe masih direbus udah mewekan dulu. A true moment of being mature. Jarang-jarang nih pergantian suara cowo dibahas di anime romance SMP. Episode ini secara ga langsung juga udah ngenalin bapaknya Anna.

Solo Leveling 02

BlueHeaven

Masih bagus sebagai bagian pembuka dalam animenya. Adegan sujudnya kurang menghidupkan meme yang telah lama ada. Gorenya ok, tetapi pas Jin-woo dibantai malah berasa ketahan. Udah berapa kali swing cuma tangan doang yang ilang (kaki dah ilang di step 2). Mekanisme dungeonnya mantap, masuk ke pemuas logika saya. Turut berduka untuk ayah dua anak yang nyari sesuap nasi di dungeon. Dia juga termasuk orang ngevote, jadi resiko ditanggung sendiri.

Arknights (Global)

Kaczmarek

4 tahun sudah game ini eksis di luar CN. Acara di JP juga beberapa jam lalu kelar dengan ngasih beberapa informasi sekaligus kilas balik dari Perish in Frost. Mungkin telinga gue salah denger atau gimana, tapi Ayahi Takagaki (Frostnova VA) bilang ada liveshow next time? Ada waktu kurang dari satu bulan menuju Chinese New Year. New update sooner than we think~

Neural Cloud

Kaptain

40 roll, abis ini rerun campaign jadi stok masih aman. Lebih fokus ke gimana robot yang didesain jadi anak kecil ngeproses trauma dibanding kondisi fauna tahun 2050. A rather miserable ending ngeliat Bonbin barunya juga tetep ga dapet pengunjung, tapi ya tergantung timelinenya ini habis atau sebelum invasi perhaps this is for the better.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: menasor_cute