[JOI Spotlight] Juggernaut Edition

August 27, 2023 19:52
[JOI Spotlight] Juggernaut Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup Agustus. Entah kalian sedang main game mecha tertentu atau nunggu perilisan September yang bakal penuh, mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang akan hadir minggu ini.

Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha 08

BlueHeaven

Transisi, woi, transisi! Apa susahnya ngasih jeda sejenak biar enak perpindahan antar scene. Ini memang sudah jadi penyakit bukan hanya untuk episode ini, tetapi di episode ini jelas banget ketidakbecusan tim produksi anime dalam membuat transisi menjadikan anime ini jadi makin tidak enak dipandang.

Saya belum ngomong soal visual dan tidak akan membahas soal visual dan animasi lebih lanjut untuk episode ini. Yang saya butuhkan hanyalah transisi yang bener, itu aja.

Jadi, dalam episode ini ada scene di mana Mina baru belajar jadi pegawai toko. Pertama-tama diajarin nyusun buku di rak, kemudian jaga kasir. Habis itu dia tepar. Entah berapa lama durasinya, yang saya lihat Mina diceramahin sama ibu pemilik toko, terus ngobrol bentar sama MC, lalu bapak yang punya toko menyuruh mereka pulang. Mereka berapa jam kerja di situ? Ga nyampe sejam? Wuih, enak banget! Karena ketidakjelasan durasi ini yang bikin saya geleng-geleng kepala. Padahal bisa tambahin suasana toko di luar dengan langit sudah senja, itu bisa membuat penonton mengerti latar waktu yang sudah berjalan di cerita. Ga perlu budget banyak loh bikin begituan kalau yang simpel aja.

Yang lebih parahnya lagi soal transisi ke lagu ending. Itu cutnya gak banget. Saya balik nonton anime ini buat melihat Fuuka, Fuuka hilang jadi malas lagi nontonnya gara-gara kualitasnya begini. Padahal dari segi plot agak lumayan, loh. Dari awalnya nyari pegawai toko baru, jadi masalah keluarga yang kakaknya bawa pacar ke rumah. Kakaknya Mina juga karakter yang unik, beda sama MC dan temannya yang mirip vibenya. Mau salahin sutradara, tapi sutradaranya juga punya pengalaman di anime besar seperti Re: Zero dan Steins Gate 0. Sisanya bisa kalian baca di review saya satu ini.

Mushoku Tensei II 07

Kaczmarek

Pursena dan Linia tertangkap dan tentunya kena doktrin sekte Roxy dari Rudeus. Reaksinya Juliette lucu juga disini karena berlindung di belakang Zanoba. Fittz ngikut ngasih pelajaran ke duo beastwoman ini jadi bikin menarik. Terlepas dari Rudeus yang sempet-sempetnya ngecek ereksinya dengan ngeraba dadanya Pursena, gue gak nyangka scene Pursena pengen untung sendiri bisa lebih goofy dari novelnya. Enjoyable episode nonetheless.

Mononogatari II 08

Kaczmarek

AH YES! Chonk of his stomach is gone and he literally recovered in no time without any magic thing is such a shounen traits. Kadang gue lupa ini seri based-for-shounen-audience. Karakasa sama Beurau belum juga dapet satu tujuan yang sama karena mereka cuma pengen dapetin kekuatannya Botan. Ini jadi episode pembuka untuk ngeliat kekuatan aslinya Tsubaki yang masih misterius dari cour pertama.

Eiyuu Kyoushitsu 07

Kaczmarek

Ini episode harusnya mengesampingkan Blade sama Earnest, demi dapet pengembangan karakter Jessica dan Claire. Sistem VR disini juga sebenernya berguna kalo mereka ini punya tutor yang bener-bener berguna buat ngajarin combat tapi juga mental. Dua hal yang mengecewakan disini cuman Claire kena nerf dan nudity-nya juga dihapus kecuali bagian Earnest.

Okashi no Tensei 09

Kaczmarek

Pastry udah terlalu nyaman dengan situasinya saat ini jadi dia gak ngejaga dirinya kalau orang kayak Brioche maen agresif. I know i know Brioche secara umur berbahaya untuk nikahin Pastry, tapi dia itu gak menahan dia buat maen lebih agresif dengan kontak fisik. Poor Licorice, karena dia juga orangnya gak demen tinggal di kerajaan dan dalam lingkungan mewah, jadi males dengertin omongan getir dari orang lain.

Higeki no Genkyou 08

Kaczmarek

Gilbert udah dibantuin dan ngasih gestur positif ke Pride, tapi Stale dan Arthur sempet berdiri ngeliat ciuman tangan, tulang kering kaki belakang, dan ujung kaki. Maria cuman cengar-cengir, sementara yang dapet ciuman malah gak bisa nahan ekspresi. Gilbert naikin umur Stale sebelum make teleportasi ini cerdik banget.

Spy Kyoushitsu II 07

Kaczmarek

Kembali, Annette story yang sebenernya ini gak ngejawab pola pikir si rambut pink. Elna sama Sara udah ngasih penjelasan bagaimana otak Annette bekerja tapi kalau digunakan dalam konteks hal sehari-hari masih susah ditebak. As long as Annette punya suatu tujuan yang bisa didapetin sambil ngerjain tugas lain, dia gak masalah buat menyelesaikannya. Tapi cara dia buat nyelesain tugas sering kali gak bisa diatur yang bikin rekan lainnya kebingungan macam Thea dan Sibylla.

Nanatsu no Maken 08

Kaczmarek

Oh no, she’s hot, she’s cute but she’s hot. Nanao lagi serius ini charm-nya emang memikat Oliver lebih daripada versi carefree-nya. Ketemu Ophelia dan ngungkapin sedikit bahwa posisinya ini ada hubungannya sama kursi di opening animation-nya. Disitu juga ada Gwyn dan Shannon, kemudian saat Oliver cerita soal ketemu Ophelia, Shannon sempet tertegun bentar, entah ada apa ini. Shannon ini jadi karakter penting di keluarga Sherwood walau kegiatannya BTS. Semoga mereka ngasih porsi buat nyeritain Sherwood Family deh, karena alasan Shannon demen skinship sama Oliver tertuang di bagian itu.

Tullio ini bisa jadi karakter suportif bagi kelompoknya Oliver dan perannya yang terbilang soliter juga bisa nambah side-plot kalau mereka ngasih adaptasi skenario orisinalnya. Oliver sama Tullio bisa jadi buddy pasca duel sebenernya, tapi disini belum ngebuka masalah dibalik rencana duel antar siswa kelas satu.

BlueHeaven

Karena ini series punya nama Maken di judulnya, jadi style berpedang juga jadi bahan bahasan dalam episode ini. Setidaknya benar kata antagonis yang hadir di episode ini. Oliver itu terlalu textbook makanya nyebelin. Mantaplah itu muka berdarah di episode ini.

Temple 08

Kaczmarek

Kagura jadi heroine terakhir yang kudu dijinakin, walau sebenernya Kagura sendiri yang kudu jinakin Akagami. Mia yang jadi sahabatnya juga sedungu itu buat dimanfaatin, tapi mau gimana lagi kalo ngeliat ulang latar belakang mereka di Nunnery ini. Episode natal yang gak kayak biasanya walau trait seri ini berasa nostalgik di awal-awal nge-wibu dulu. Ini baru epilog dari kisah Kagura, belum lagi ngedalemin keanehannya nanti tanpa ada Mia.

Liar Liar 09

BlueHeaven

Pertarungan dengan si OTK boleh juga. Kukira bakal airhead kayak Nanao di anime sebelah, nyatanya cerdas juga musuh satu ini. Kemungkinan mereka juga sudah kongkalikong dengan si musuh utama dalam arc ini, Many Faces.

Ga ngerti kenapa Hiroto mundur dari lomba. Taktik yang dibicarakan dengan Sarasa juga belum jelas. Ga bisa tebak karena emang di luar nalar taktiknya. Mesti lihat episode minggu depan biar tahu maksud dari semua ini. Lagipula aturan permainannya yang ribet masih belum masuk di kepala saya saking ramenya info dump tiap mulai permainan.

Dark Gathering 07

BlueHeaven

Misi pertama secara ofisial antara Keitarou, Yayoi, dan Eiko. Nangkep hantunya ga semenegangkan episode-episode sebelumnya. Ya bisa dispotlight di sini bagaimana Yayoi dengan cerdiknya punya alasan agar bisa masuk ke rumah Keitarou malam-malam. Ini anak kalau bukan jadi ghost hunter bisa bikin penemuan gede buat kemajuan manusia.

Level 1 Dakedo Unique Skill 08

BlueHeaven

Nambah nakama, resmi bikin party. Selamat dapet Megumin KW versi ga chuuninya, Yoda. Walau pengalaman kerjanya cuma jadi tukang bakar sampah. Terima kasih sudah menerima waifu satu ini agar hidupnya tidak terjebak di penampungan sampah.

Jitsu wa Ore Saikyou Deshita 07

BlueHeaven

Anime ini berasa kehabisan bensin. Loh, kemarin padahal pas lawan ratu dicepetin, ternyata ga bisa ngisi dengan real story. Setengah episode dipake buat nunjukkin kegunaan karakter baru, ditambah kelucuan Char. Setengah lagi buat mini story kecil-kecilan. Ogah banget kayaknya mereka buat bikin fokus ke cerita, terlalu over di komedi. Semoga arc sekolah bisa ngasih sesuatu yang berbeda untuk dinikmati.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Ngebaca cerita Mulberry malah jadi keinget sebuah judul shoujo manga yang baru aja diadaptasi ke anime belum lama ini. BK otomatis bukan lagi seorang contracted-operator tapi sekarang jadi kolaborator operator macem R6S. Sikapnya BK juga gak serta merta salah sih cuman disini faktor komunikasi jadi hal terpenting. Apalagi Mulberry ini kadang enggak bisa baca situasi.

Jangan tanya soal Golding, yang ada sedih mulu. Saya masih nunggu translasi akurat dari versi game-nya untuk Damazti nanti. Karena dari gameplay CN, ini bagian yang paling めんどくさい.

Blue Archive

https://twitter.com/Victim_Girls/status/1694656174438961623

Kaptain

Toki & Nagisa dalam 1 spark cycle. Seneng saya Rio dapet perlakuan yang pantas di nih episode. Harsh but necessary, dosa dia tuh nggak ke Aris aja tapi juga ke Toki. Sampe di invasi Ark untung aja ini lebih fokus ke tim kapal + support ngeliat sesi sanctum sebelumnya itu nyapekin banget ngeliat semua murid dapet slot.

Armored Core 6

Kaptain

Saat artikel ditulis, playerbase yang bisa ngelewatin Balteus di Steam 47%, sementara di PSN 38%. It’s what I expect ngeliat itu poin di mana pemain harus ngerti tuntutan game yaitu ngebuild AC yang cocok untuk situasi. Tapi ya ada aja demografi yang ke-filter sama helikopter, walaupun game dah njerit kalau musuh gede perlu di-stagger. Jadi Iudex Gundyr lagi deh.

Anyway build Stand and Deliver dari jaman main Last Raven dulu masih kepake, di game yang nuntut pemain agresif ya terus ngehujanin musuh pake chaingun dan granat bakal jadi mayoritas jawabannya. Ini bukan game susah kok kalau dibandingin AC sebelumnya, ngeliat ada checkpoint yang ngisi ulang resource dan ngerakit ulang build.

bukan_randy

It’s fast, it’s brutal, it’s exhilarating, it’s fun. Sistem stagger bikin gameplay-nya expect pemain untuk main seagresif mungkin, so get in there and hit them hard. Awal iseng bikin build double shotgun buat haha hihi tapi ternyata super efektif banget sampai nge-carry saya sejauh ini sampai pertengahan chapter 3 (tapi sempet kewalahan lawan boss akhir chapter 2).

Saat ini ngerasa pilihan part body-nya agak dikit, tapi saya juga masih baru tengah jalan sih. Moga-moga ada lebih banyak part yang keren-keren.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: solokov09