[JOI Spotlight] Iustitia Edition

October 1, 2023 20:46
[JOI Spotlight] Iustitia Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di perbatasan musim panas dan gugur ini. Seperti biasa mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir dan tutup pada minggu ini.

Jujutsu Kaisen 34

Kaptain

Konsekuensi dari hilangnya Gojo udah dijabarin baik di aspek supernatural dan dunia sekuler. Jogo sekali lagi jadi antagonis paling cerdas walaupun Mahito sendiri udah ketemu variabel paling nggak stabil kayak Sukuna. Fact is Sukuna itu nggak dikenal sebagai demit yang bersedia berbagi.

Zom 100 09

Kaptain

Senasib sama Nier, arc penutup ini entah kapan lanjutnya. Padahal udah pas klimaks adaptasinya tuh ngehadepin versi destruktif dari tim protag.

BlueHeaven

Mereka berhenti di saat sudah masuk klimaks cerita di musim ini. Kalau jadwal ga kacau pasti keren ini adaptasi.

Castlevania Nocturne S1

What’s this?

Kombinasi cerita Symphony & Rondo, dengan sedikit bumbu Harmony ngeliat protagnya nongol juga.

Kaptain

Big twist kali ini tentu aja via fakta kalau Vlad Tepes udah “diberesin” jadi tradisi rutin buat nyegel dia bukan faktor. Ada juga dunia yang semakin sekuler yang jadi sumber konfliknya serta efeknya ke dunia supernatural. Saya emang apresiasi subplot revolusi Haiti yang emang nyambung sama revolusi Perancis, cuma saya tersinggung aja figur penting macem Toussaint dan Oge ga diomongin sama sekali, ada juga Annete yang jadi perwakilan Creole di sini.

Nggak jelek, tapi juga nggak bagus amat. Jelas walaupun Warren Ellis emang kreator yang kontroversial dia itu ngasih bumbu yang berarti buat Netflixvania. Sayangnya penggantinya tuh sebagai penulis kelewat praktikal dan fungsional jadi momen yang ada kebanyakan datar, tapi juga ya momen yang kebangeten dan kesannya ngemis shock value kayak season 3 jelas nggak ada. Saya ngeliat masalah produksinya tuh di eksperimen rotoscoping yang belum bener-bener beres.

Overall aspek yang cukup ngena buat saya tuh Orlox yang nyatanya “Revolusioner” dari pihak vampir dan lebih banyak penekanan soal Vampir Mesir jadi ya Galamoth atau perwakilannya paling bakal nongol. Atau jangan-jangan ya itu identitas asli Liz.

Mushoku Tensei II 12 (to be continued)

Kaczmarek

Thanks Luke. Very good choice of words in front of your slutty Queen and comrade. Tapi penjelasan dia soal Greyrat bikin Sylphy kelabakan, dan beruntungnya Rudeus gak peduli ukuran hahahaha. Proposal yang gak tahu darimana datangnya, dan Rudeus bisa ngeklaim Sylphy sebagai istri pertamanya. See you next April, if we still alive!

BlueHeaven

Tumpengan Rudy sembuh dari impoten.

Spy Kyoushitsu II 12 (End)

Kaczmarek

is such a filler episode for the ending, tapi kehadiran Olivia ngobatin episode ini. Agak berharap bagian ini difokusin ke ngurusin misteri kertas itu dalam kacamata sherlock daripada dalam nuansa komedi. Tapi kena reality check kalau ini seri yang fokusin ke CGDCT + badass scenario. 2nd cour yang memuaskan walau gue sempet bermasalah dengan starternya yang masih kayak Season 1.

BlueHeaven

No more Thea next week.

Nanatsu no Maken 13

Kaczmarek

Kembali dalam acara Vera Milligan Attenborough dimana si senpai menjelaskan berbagai flora dan fauna dalam dunia labirin yang gak tahu gimana caranya punya matahari sendiri. Monster yang sempet di-jinakin Nanao gue kira bakal jadi rekanan mereka selama di labirin, tapi malah jadi korban chimaeranya Ophelia.

Masa lalu Lia juga sedikit dijelasin terutama terkait kekuatannya sebagai half-succubus yang dimana laki-laki yang tertarik dengan dirinya 99% karena parfum atau charm-nya. Kekuatan problematik bagi para succubus terutama Lia saat dia masih minor (gue lupa umurnya Lia sekarang berapa). Sedikit konteks soal Carlos kenal Lia dari kecil berkat hubungan keluarga malah bikin pertanyaan besar. Apa keluarga Whitrow juga full reversi?

S Rank Musume 01

What’s this?

Daddy Gurl: Mudik Level IMPOSSIBLE

Kaczmarek

Nonton ini karena Jun Shibata tiba-tiba turun gunung jadi chara designer setelah 12 tahun. Pelecut lainnya karena Takeshi Mori, sutradaranya Shangri-La (bukan yg Frontier) ikut turun gunung. Setelah diumumin Hayamin sama Junichin yang ngisi malah jadi pengen nonton. Episode pertama yang mayan di atas ekspektasi dari studio yang jarang ngerjain anime seasonal. So far good enough tapi gue belum bisa bandingin sama sumber novelnya.

BlueHeaven

Masih belum kuat untuk meninggalkan impresi di awal. Apalagi musim ini saingannya berat-berat, semoga ga gampang tenggelam karena judul-judul lain.

Seiken Gakuin no Maken Tsukai 01

What’s this?

LSBH (Lewd, Straight, Boobies, Hips)

Kaczmarek

Kado penantian dari adaptasi ini novel karya kreator “Seirei Tsukai no Blade Dance” ini adalah Yui Ishikawa ngisi karakter Onee-san. Gue pemuja suara Yuishi kalo ngisi karakter kayak gini, bukan yang datar kayak sebelum-sebelumnya. Plus more, Inoue Marina yang ngisi Leonis dan biasanya kalo kayak gini rekaman mereka gak terlalu canggung wkwk.

Downside sejak PV-nya rilis cuman di bagian CG monsternya aja sih. Ini Passione yang bikin, jadi kemungkinan besar konsisten begini terus sampe akhir. Hiroyuki Morita, yep sutradara yang gak pernah absen ngasih hot take di kolom twitter-nya, bisa ditarik ke proyek ini sebagai sutradara utama sejak “Bokura no”. Gue gak mau jelasin panjang lebar soal kontroversinya dulu di proyek sebelumnya, tapi paling enggak gue bisa ngasih konklusi kalao dia sama author udah saling jabat tangan. Expect ini anime full dengan fanservice ya guys, terutama kalau kalian ngikutin novelnya.

BlueHeaven

Pahanya sangat menjual. Dari segi lore perbedaan teknologi bahkan budaya sampai sistem penanggalan menjadi daya tarik saya menggali potensi plot dari anime ini.

One Piece 1078

Kaptain

Pria berumur 8 tahun kembali untuk memimpin Wano. Sisa arc ini tinggal buat pesta dan ngungkap rahasia di bawah tanah aja. Jadi paling ya satu battalion animator bisa istirahat. Khawatir aja status perekrutan karakter tertentu yang bakal diributin kalau adaptasinya terlalu ngikut sama manga.

Dark Gathering 12

BlueHeaven

Penjinakan sotsugyosei pertama yang tampil di animenya. Ternyata hantunya baik, tapi tetap poweful. Mulai cour 2 bakal seru nangkap hantunya ga bakal sembarang nangkap asal-asalan. Perlu taktik dan sedikit suntikan baru untuk plotnya bisa jalan enak.

Shiro Seijo to Kuro Bokushi 12 (End)

BlueHeaven

Family zoned. Keadaan stalemate memang penting biar seri romance awet. No more asupan seijo. Cecilia full imut sepanjang 12 episode.

Jitsu wa Ore Saikyou Deshita 12 (End)

BlueHeaven

Secara garis besar, anime ini fun to watch. Mereka masih setia dengan patokan si Hart suka males-malesan dan sayang adik dan itu yang ditunjukkan sampai akhir. Sayangnya, menit-menit terakhir dalam episode ini ampas banget buat jadi closing seri ini. Suasana yang dibawa musik nuansa foolish fun lalu dihajar lagu ending. Mending yang ginian ditaruh after ending bisa lebih bagus untuk nutupnya.

Eiyuu Kyoushitsu 12 (End)

BlueHeaven

Nih anime cukup menyiksa saya sepanjang 12 episode. Ga ada tujuan MCnya, plotnya kopong. Mau dibilang slice of life juga salah. School juga kerjanya cuma lawan monster, kalau bisa jadi nakama ya jadi nakama. Nothing important. Sukses menguras 3-4 jam dalam hidup saya.

Sousou no Frieren 1-4

What’s This?

Kunci jawaban kalau ada yang nanya soal surga ada di sini

BlueHeaven

Saya akan menggunakan reversed sandwich buat nulis ini. Opening animenya ga cocok antara visual dengan audionya. Nama gede YOASOBI disia-siakan di sini. Lagunya ga jelek, dibilang ga pas buat fantasi itu masih bisa diakalin kalau visualnya bener. Sayangnya itu fail, jatuhnya skippable every episode.

Selain dari itu, kalian bisa melihat betapa indahnya adaptasi anime ini. Madhouse masih hidup dengan sebutan salah satu studio anime paling kece di abad ini (tapi malas buat sekuel). Ga ada yang malas gerak di sini. Malas gerak bukan artian itu Frieren bangun aja susah. Maksudnya animasinya jalan terus. No slide show, at least until episode 3 (episode 4 ada sekali saya notis). Panel-panel di manganya yang satu halaman no dialog itu diadaptasi gerak semua, bukan cuma Frieren tapi mob chara dan barang yang bisa digerakkan.

Pesan moral begitu kuat, character development Frieren langsung terasa di 4 episode awal ini. Flashback efektif ditunjukkan dengan timing yang pas. Contohnya pas episode bersihin patung Himmel, itu saya udah langsung waspada melihat Himmel tidak dibuat bersuara di flashback pertama. Kirain seiyuu Himmel mau dinganggurin buat satu episode ini. Nah, pas dikeluarin suaranya ternyata itu untuk flashback selanjutnya, pas di momen yang tepat (no spoiler here).

Meski semua dihajar keren abis, masa ada celah kecil yang bisa saya komentari. Itu penanggalan setelah yuusha Himmel meninggal penting dalam manganya (ini bukan spoiler karena ada di sinopsis resmi). Jadi ciri khas dan mengingatkan selalu kalau kematian yuusha Himmel itu jadi titik balik karakter Frieren bisa berubah seperti sekarang. Nah, di anime cuma ditulis pakai tulisan putih tanpa banyak yang nolongin di pojok kanan atas. Ditambah sub yang ditaruh di sebelahnya, bukan di bawah (saya nonton di BStation) itu makin hilang tulisannya ga kebaca. Saya harap yang nonton anime saja bisa notis itu tulisan penting.

Genshin Impact

Kaptain

Mulai deh pacingnya macet pas arc penjara. Strukturnya nih game emang jadi nyapekin banget kalau tempat geraknya ga gede. Saya yakin kebanyakan juga balik cuma buat ngembat bansos dan ini progresi ceritanya juga buat ngekonfirmasi identitas karakter aja buat mereka yang sama sekali ga mampu ngelakuin deduksi.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: DJ06735285