[JOI Spotlight] End of Spring 2024 Edition

June 30, 2024 20:21
[JOI Spotlight] End of Spring 2024 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup blok Musim Semi. Saatnya seri musim panas dimulai dan beberapa memang nyuri start sebelum Juni habis. Jadi mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri yang sudah hadir.

Blue Archive 12 (End)

Kaptain

Duitnya ngocor lagi di episode klimaks ini. Blue Archive sebagai seri punya kualitas berupa durasi cerita yang efisien dan soundtrack yang kuat banget, dua hal yang nggak diterapkan di nih adaptasi anime. Ini adaptasi yang dibebanin banget sama durasi 12 episodenya dan sayangnya aja metode kayak masukin cerita tahun pertama Hoshino dan ngasihin bond event siswi Abydos ga dipake lebih banyak. Hasilnya ya duduk manis buat rapat jadi diseringin.

Ga ada pengumuman buat season selanjutnya dan kalaupun ada saya yakin adaptasi volume Millenium bakal kena penyakit serupa. Kecuali mau langsung lompat ke quartet Trinity yang jauh lebih berisi.

Isekai Suicide Squad 01-03

What’s this?

DC berusaha banget ngelupain Demon Knights

Kaptain

Sebagai entri DC, Suicide Squad modern tuh seri yang kesannya digenjot sama eksekutif bisnis dan bukan pekerja kreatif. Emang film keduanya tuh jauh lebih mendingan, season awal Harley Quinn cukup oke, dan Peacemaker juga kompeten banget sebagai seri TV. Tapi tetep aja ada bau tengik dari tangan eksekutif yang pengen banget ngedorong Deadshot & Harley. Pada dasarnya sebagai seri, mandat utama Suicide Squad tuh buat ngasih jatah waktu tayang ke roster hero & villain level C-D.

Paling nggak udah ada hook awal via si putri yang kembar sama Harley, bonus kekuatan selama di dunia ini, dan tim kedua yang jelas bakal jadi sumber konflik. Bakal malesin banget kalau lawannya makhluk fantasi standar aja, ini tim yang bisa lawan Parademon sehari-hari dan rutin ngeliat perang di orbit.

Girls Band Cry 13 (End)

Kaptain

Konteks penuh kasus bullying. Nina nggak bisa berhenti jadi protag dan tentunya di cerita kayak gini kelakuan dia nggak bisa ditolerir. Sama seperti yang dibilang seri band sebelumnya, Rock nggak dinyanyikan oleh pemenang dan karena ini keluar dari agensi saya bisa bandingin sama Beck lagi. Ini band perlu arc tour dengan budget pas-pasan sebelum boleh sukses.

Sempat liat komentar kalau nggak kayak kita, publik di dunia animenya nggak dapet konteks soal gimana musik Togetoge terbentuk. Jadi ya respon realistik dari konsumen mainstream emang kayak gini. Internet demen banget sama target gampang, apa lagi yang jelas ga bisa ngelawan balik.

Jukki Hanada ngaku kalau nih musim emang ga sempat ngasih episode Rupa dan Nina dan segala KeNina-an dia disalahin buat ini. Jadi ya semoga aja region resminya pada      ngembat habis merchandise biar cerita bisa lanjut.

BlueHeaven

Semua salah Nina sampai Rupa ga dapat ceritanya. Episode terakhir berasa antiklimaks dengan downgrade TogeToge balik jadi indie. Berasa sia-sia progress mereka? No! Justru saya suka sama yang gini, ga template naik terus. Saya kira bakal nihil nyanyi di episode akhir, bakal beda dengan seri musik lain tetapi ok buat saya. Nyatanya masih ada satu lagu di terakhir. Nina megang gitar malah berkurang vibe tantrumnya. Peak mereka di episode 11, jadi episode ini buat jadi ending pereda segalanya.

Mushoku Tensei S2 Part 2 11

Kaczmarek

Oh pembaca novel mungkin terbelah dua dari yg kesel dialog dan detailnya kena potong banyak demi scene intim ini. Udah merasa ada yg kena cut demi bagian obrolan ini karena cukup gendut pembahasannya. Gak kaget, tapi cuma gak nyangka dipotongnya disitu. But anyway, menyisakan satu episode nanti malam dimana Norn dan Aisha bakal nerima berita buruk soal ayah kandungnya.

TsukiMichi S2 25

Kaczmarek

Kalau kalian mikir ini sekuel kelar musim ini, tolong dicek ulang. Musim kedua ini kita dapet jatah 25 episode (paling enggak) sampe Tomoki dikasih pelajaran. Yang kalian bisa harapkan dari karakter otherworlder yg ada ini cuma di Makoto daripada Hibiki dan Tomoki. Minusnya Sofia dan Lancer juga mulai meredakan ekspektasi masalah berikutnya. Kita tinggal berhadapan sama Lily dan Luto.

Shuumatsu no Train 12 (End)

Kaczmarek

Ending yang gak terlalu wow. Tapi overall bisa saya nikmatin perjalanan mereka mengembalikan dunia ke seperti semula (meski gak 100%). Zombie balik lagi jadi manusia namun kesadarannya masih zombie. Mereka yg berubah jadi hewan cuma balik ke badan manusia namun berkepala hewan. Yang jadinya pendek, malah tinggi banget. Ini after-effectsnya belum jelas alias masih ada misteri, tapi cerita diakhiri di selamatnya Youka aja.

BlueHeaven

Akhirnya bisa ngasih verdict kalau ini emang anime iseng buatan tangan-tangan orang pro. Harusnya saya sadar sejak lama, tetapi CGDCT dan openingnya terlalu menghipnotis.

Lv2 Kara Cheat 12 (End)

Kaczmarek

Berakhir di begitu aja (lagi). Penyelesaian yang meh karena Yuigarde juga gak kuat-kuat amat serta Gholl udah OP dari awalnya. Gue malah agak khawatir formula ini dipake untuk kelanjutan ceritanya (terutama dapet sekuel) karena bakal hambar. Enjoyable tapi gak berharap ada adaptasi berikutnya (walau pengen liat Balirossa lagi).

BlueHeaven

Yang paling dikhawatirkan ga terjadi. Fokusnya cuma buat Rys dan Flio. Decent ending tapi ga terlalu memorable. Nyelesaian cerita di onsen kayak berasa bukan ending. Bagusnya semua karakter yang berpartisipasi sepanjang 12 episode dijelaskan nasibnya.

Date A Live V 12 (End)

Kaczmarek

Original ending (perhaps). Apa yang berakhir di musim ini gak 100% akurat sama dengan volume ke-19 novelnya. Gue sarankan yg penasaran bagaimana masalah ini berakhir, silahkan cari sumber utamanya. Meanwhile Koushi Tachibana ngasih saran lanjutin baca sampe Tohka Good End yang dimana lebih kerasa kayak epilog. Thanks for Geek Toys dan unnamed producing committee yang udah ngelanjutin serial ini dari “Date A Bullet”, musim keempat, dan musim kelima. Lanjut? I don’t think so.

Unnamed Memory 12 (End)

Kaczmarek

Shallow adaptation, thanks to the orang di dalam komite yg pengen musim pertama ini mengandung 4 volume novelnya. Mereka melakukan hal terbaik untuk bikin tiap dialog ini lebih bermakna terutama berhubungan dengan plot di sekitar para karakternya. Seolah tak ada lubang yg menganga, mereka tetap berjalan lurus aja sampai tujuan akhirnya. Ada season 2-nya namun kita harus tetap optimis sama semuanya.

BlueHeaven

Baunya tangan ENGI dan bagusnya seri ini bisa dirasa dari episode terakhir. Bisa-bisanya ENGI show-off slide show di akhir dengan gambar yang lagi kocak-kocaknya. Saya ngerti kalau mereka mau ngejar bagian ini karena keren dan buka kartu soal arti jadi judul seri ini. Sayangnya, terlalu banyak lubang dan loncatan sepanjang 12 episode. Potensi karakter pendukung dan antagonis sangat kurang, bahkan hubungan antara Oscar dan Aeti kayak nasi instan yang dimasak di microwave.

Satu hal yang heran, kenapa Oscar panggil Tinasha bukan dengan nama Aeti pas dia ketemu versi 13 tahunnya. Sepengetahuan saya, Tinasha masih lebih dikenal Aeti pada waktu itu. Mungkin ini akibat plot bajing terbang ENGI sehingga saya ga nemu jawaban dari hal ini, atau blunder ENGI yang bikin Oscar manggil Tinasha. Apapun itu, semua salah ENGI merusak salah satu novel yang pernah meraih peringkat atas dalam Kono Light Novel ga Sugoi.

Tensura S3 13

Kaczmarek

Udah mulai ekspansi bisnis tapi kita masih dalam tahap perencanaan. Ramiris dateng “aslinya” pengen permanen di Tempest, tapi Rimuru gak akan mau ngasih lahannya secara cuma-cuma tanpa ada profit. Demon lord labyrinth akhirnya bakal berguna sebagai kreator dungeon yg sesuai sama targetnya Rimuru untuk menambah okupansi Tempest sekaligus mobilitas adventurer tiap harinya. Gazel nongol lagi dan kayaknya juga diundang ke acara Rimuru nanti. Also, sejak kapan Treyni jadi makin goofy gini? Sejak dijejelin kentang mulu kah?

Mahouka S3 13 (End)

Kaczmarek

Zhou mati dengan cara yg sama dengan orang yang membantu Tatsuya dalam pengejarannya. Seperti yg dibilang Maya, misi ini cuma sebuah tes. Tapi gue masih gak percaya Zhou mati begitu aja, walau kalau beneran ini jadi kematian villain paling meh dari cerita Mahouka sejauh yg diadaptasi. Meanwhile, kebenaran kenapa Minoru punya situasi yg aneh di dalam tubuhnya udah terkuak sama Tatsuya sendiri atas permintaan Kyouko. Miyuki yg nyadar ini mungkin gak cuma syok sama situasinya Minoru, namun juga “peluang” masa depannya nanti. Arc ini secara teknis belum selesai, karena bakal berlanjut di arc Yotsuba Succession berikutnya dalam format film.

Boku no Tsuma wa Kanjou ga Nai 01

What’s this?

We back to birth issue

Kaczmarek

Ngikutin ini karena penasaran seberapa manusianya para android ini. Kemudian kita dapet pemahaman “permintaan” pemilik itu absolut, dan tiap kerjaan mereka digantikan sama pemiliknya, otomatis mereka overseeing step by step. Karena keseringan baca seri android-human relationship gini berakhir dengan bad ending, gue jadi emphatic duluan di episode pertama.

Tensei Kizoku Kantei Skill de Nariagaru 12 (End)

BlueHeaven

Berlanjut ke musim kedua dengan jeda hanya semusim. Mereka ga mau buru-buru ke bagian perang dan nyelesaiin musim dengan dengan komplitin bawahan Ars. Satu musim ini cuma prolog aja.

Kami wa Game ni Ueteiru 13 (End)

BlueHeaven

Saya bisa apresiasi dengan desain karakter anime ini yang cakep-cakep. Walau anime ini belum bisa membuat saya excited dengan gamenya, sebenarnya ini fair decent dan gak jelek amet jatuhnya. Common ending dengan ga nyelesaiin masalah utama udah klasik. Waktunya move on dan ninggalin seri ini sebagai kenangan sementara.

Viral Hit 12 (End)

BlueHeaven

Meski belum bisa meyakinkan saya untuk bisa melirik lebih, Viral Hit cukup rapi dalam penulisan ceritanya. Ga ada karakter yang berasa ditelantarkan seperti kebanyakan manhwa yang saya tahu. That’s already a good point. Selesai di emaknya Hobin bisa dioperasi itu udah good end.

Seiyuu Radio no Uraomote 12 (End)

BlueHeaven

Selesai tanpa ada adegan yuri yang bold. Paling jauh ya Yuuhi waktu mandi bareng sama Yasumi, itupun adegan udah biasa kalau cewe flat ketemu yang punya lemak lebih waktu berendam. Adegan voice acting Yasumi dibuat totalitas. No BGM, just voice acting. Anime ini emang lebih setia dengan judulnya dengan lebih berfokus ngulas dunia seiyuu, dan itulah yang saya cari dan nikmati dari seri ini.

Kaijuu no. 8 12 (End)

BlueHeaven

Penggemar manga agak kecewa desain karakter yang dibuat sama yang ngerjain anime Boruto juga. Saya ga punya masalah serius soal ini. Yang penting ceritanya enak dilihat, sampai akhir gelutnya oke diikuti. Musim dua wajib dan kita akan lihat om-om berjiwa shonen bakal berjibaku lawan kaijuu no. 9 si pecatur andal.

The New Gate 12 (End)

BlueHeaven

Baru dibuka semua kartunya di akhir. Shin bukan orang spesial. Ternyata banyak player lain berseliweran dan ada yang jadi PK. Soal romansa, Shin juga ternyata sudah ada gebetan dan kita bisa melihat pengakuan cinta Schnee walau tertolak di muka. Semua dump info skala besar ini baru dikasih di episode akhir, which is bad, apalagi ga ada kejelasan sekuel. Emang niatnya cuma promo novel dengan mindset bisnis yang bikin anime ini.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Event komedi dengan boss yg jenaka. Sumpah yg ngeselin cuma retorching-nya aja daripada mekaniknya Harold. Apart from that, gue menikmati baca ceritanya walau sempet gak nyangka Degen ini agak-agak sengklek juga wkwk. Ah iya, udah dapet Degen dan Leto juga jadi agak tenang buat banner berikutnya.

Dawntrail

Kaptain

Masih fase beres-beres hotbar/inventory jadi baru nyampe ngebuka Role Quest. Update engine yang paling kentara buat saya tuh gimana lighting berinteraksi sama material dan beberapa rambut/headgear ngasih bayangan yang bener sekarang ke muka. Sejauh ini emang tone lebih lighthearted ngeliat posisi kita sebagai mentor si designated heroine dan tim juga isinya para anak baru yang khusus buat Krile emang butuh lebih banyak screentime. Ini masih di awal tapi bagus deh nuance tiap kontestan bisa diungkap cepet

Viper lebih simpel dari dugaan karena pada dasarnya sama aja kayak Dancer. Ini pencet aja hotbar yang nyala. Belom main banyak sama Pictomancer, cuma singkatnya ya tombol gedenya di gambar Motif yang butuh waktu buat nyala.

Neural Cloud

Kaptain

270 roll buat kedua unit collab. Kayaknya mesti ngelewatin Xinghuan biar bisa dapet Dark Star nanti. Redo cerita anime/true route cuma dengan lebih banyak karakter NC yang dilibatin. Ini juga nyaman banget adaptasinya ngeliat kedua seri juga punya World Line sebagai fondasi sci-fi. Ide bagus emang pake Okabe sebagai sudut pandang jadi kita dapet kesempatan buat liat si professor dari luar. Cuma ya siap-siap aja ngadepin kelakuan Otaku tahun 2010.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Sushispin