[JOI Spotlight] Soft Daiwa Edition

April 25, 2021 19:58
[JOI Spotlight] Soft Daiwa Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan April ini. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Sentouin 03

Kaptain

Take it or leave it, tapi tim kita ini emang lebih kompeten jadi sumber komedinya ya dari metode nggak bersih dari 6 untuk nyelesaiin misi, yang jujur aja ga seasik Kazuma yang berusaha bikin tim yang fungsional. That and budgeting poin 6 yang saat ini masih belum jadi masalah.

Megalo Box Nomad 03

Kaptain

Cepet juga ini langsung final. Sebenernya agak risih ngeliat Joe yang bisa bersih dari adiksi di episode 2, tapi di episode ini bagusnya ditekanin kalau dia sekarang di proses pembersihan adiksi yang super nyakitin. Antara Chief ga bakal bisa main di final gegara lukanya atau dia bakal mati di ring, either way abis “prolog” ini semoga aja fokus bisa balik ke Joe karena penasaran banget seberapa parah kesalahan dia.

Odd Taxi 03

Kaptain

Goddamn, ini emang mayoritas adegan ngelibatin orang duduk manis di taksi, but that was a good thriller. Si baboon itu tipe karakter yang bakal mati di cerita kayak gini ngeliat Odokawa juga perlu nih Yakuza mati kalau ingin hidup tentram. Ngarep aja ini anime istirahat bentar dari nambah subplot ngeliat ini jaring ceritanya udah sibuk banget.

Zombieland Saga Revenge 03

Kaptain

Ah, non-drama. Ga sedetikpun saya percaya Ai bakal minggat. Demen aja sama setiap momen Junko aspect ratio jadi jadul, dan untuk konser berikutnya yang fokus ke dia ngarep banget dapet proper city pop. Ada juga detail lucu kayak sebagai zombie jadul cara dia matiin PC tuh dengan nyabut listrik.

CTian

Wew, baru episode 3 sudah dapat episode bersambung yak~ Setuju sama Kap, suka waktu momennya Junko aspect ratio video-nya jadi jadul. Juga tingkahnya Junko yang jadul, nggak bisa mengoperasikan komputer.

Nampaknya Kotaro sadar kalau Ai terlalu nge-carry Franchouchou sebagai grup idol, dan memutuskan untuk melepas Ai dari grup sementara. Biar grup nggak terlalu bergantung sama Ai. Akhirnya, ini orang beneran keliatan kerja layaknya manager grup idol.

Pfft, MAPPA lagi-lagi berulah, udah nggak sabar nih adaptasi bagian terakhir Attack on Titan. Adegan Sakura dan Junko, waktu kepalanya Sakura copot terus diambil sama Junko. Banyak yang berharap ada referensi rumbling di sini nih, wkwk.

SSSS.Dynazenon 04

Kaptain

Saat saya ngeliat lagi Gridman kemarin, saya akhirnya cukup ngerti dengan kekuatan utama entri ini: Tiap karakter punya masalah mereka sendiri dan walopun saya suka para karakter Gridman, pada akhirnya mereka semua ada buat Akane. Ngeliat ini antagonisnya juga (mostly) kasual banget juga ngebuat interaksi dengan tim protagonis enak. Untuk bagian jenguk di akhir silakan cari audio drama keempat.

Dari gedung (macem Starbow) dan infrastruktur yang ada, sebenernya ini dunia yang sama atau minimal kopi 1:1 dari dunia Akane dulu, yang jadi masalah tinggal berapa lama jarak waktu dengan entri sebelumnya ngeliat seperti yang udah ditunjukin sebelumnya, Kaiju itu sesuatu yang alami dari pandangan penduduk lokal.

Chise sebagai Timebomb tim terbukti bisa jadi pilot juga, walaupun emang nggak terlalu kompeten. Yang aneh aja ngeliat di episode dia bisa pake NeGcon.

Back Arrow 16

Kaptain

Long live the queen and the rest of the defectors. Introspeksi yang bagus dari Arrow yang nyadar kalau orang yang kompetennya di mecha battle aja jangan jadi kepala negara. Kalau Rekka ga runtuh gegara kehabisan Bind Warper serangan ini jelas udah namatin nih negara. Kayaknya emang negara yang tersisa selain Grandedger bakal runtuh semua biar ada insentf untuk ngedobrak dinding, yang sekarang ngasih pengunjung lain selain Arrow.

Thunderbolt Fantasy S3 04

Kaptain

Karena Kong dirasa nggak cukup Overpowered sekarang dia punya Ea, yang saya seneng aja ngeliat ga ada satupun faksi yang bisa ngurus dia. Penasaran aja apakah dia bakal tetep ngesimp sama Aoi Yuuki yang bakal segera bebas ke wujud aslinya, karena buat maximum irony bisa aja malah dia nyegel si demon lagi dalem pedang.

Alasan utama saya bisa nolerir Lin itu fakta kalau di tiap season konspirasi utama dia itu gagal melulu. Tapi tetep aja sih kasian sama si Jenderal yang bisa-bisanya senaif Tan Hi dulu, udah gitu yang dimanipulasi tuh itikad baiknya dia sebagai patriot.

Agak tersinggung saya Mu Tian yang nongol di preview kemaren baru hadir di akhir banget. Tapi ya ini biar impact dari kondisi sia bisa kuat dan ngejelasin kenapa dia ga bisa ikut Shang ke Dong Li.

Seijo no Maryoku wa Bannou desu 03

Kaczmarek

Sei again with her insensitivity. Lama kelamaan mungkin dirinya gak sadar kalau beneran dilamar salah satu laki-laki di dunia itu. Yang saya khawatirin adalah dirinya juga bakal gak sadar nanti kalau nikah dan berkeluarga. Memang Sei payah soal beginian dan di dunia yang baru ini ia harus lebih meningkatkan guard-nya.

Kyuukyoku Shinka 03

Kaczmarek

Hiro lagi-lagi apes. Setelah Ginji membelot dari kepercayaannya, kali ini isi kepalanya yang menipu dirinya pada rute cinta dengan Mizarisa. Sadly and again, Mizarisa bukanlah perempuan normal yang bisa marah-marah seperti Alicia. Ia lebih sadis dari Alicia dengan amarahnya. Reona? Apa yang diharapkan dari perempuan satu ini? Selain ngaish panduan yang ngaco, ia juga memberikan info yang berguna kepada Hiro. Ini belum lagi si Yuuki (adiknya Hiro) yang mungkin bakal juga membuat stres.

Higehiro 03

Kaczmarek

Mengerti substansi dari episode ini sebelum mengomentari atau bereaksi. Sehingga mungkin saya dan para pembaca/penonton bisa lebih mengerti apa yang akan lontarkan, daripada menjadi residu akibat dari budaya ikut-ikutan. “Oh yeah it’s fiction! So we could do anything about it ha ha ha!”, yeah semoga otak anda juga gak merespon dengan cara yang sama saat melihat contoh di realita.

Di satu sisi saya mengerti mengapa Yoshida masih ingin menjaga kehadiran Sayu di lingkungannya, namun ada sisi lain yang tentu bakal membahayakannya. Khawatir dimana laporan dari orang tua Sayu bakal membuat pihak berwajib mencari jejaknya hingga ke apartemen Yoshida. Namun setelah Sayu mengungkap sudah berapa lama ia pergi, ada asumsi bahwa ia pergi dengan alasan baik mungkin seperti menghindari tindakan abusif keluarganya. Ia sebagai seorang gadis membuatnya tidak beruntung dengan cara ini, dan satu-satunya hal yang bisa menjaganya dari hal yang lebih buruk lagi adalah menjual diri.

Melihat pertemuan Sayu dan Mishima, apakah Yoshida bakal menjelaskan kedok yang keduanya lakukan kepada teman kerjanya itu?

CTian

Wow, saya jadi nagih sama anime ini. Nagih dalam artian, “pengen tahu kelanjutannya kayak apa!”. Sudah lama banget saya nagih nonton anime, rasanya pengen terus nonton sampai ceritanya benar-benar tamat. Semoga adaptasi ceritanya penuh dan benar-benar menggambarkan dengan baik cerita yang pengen dibawa pengarang aslinya.

Episode 3 ini benar-benar bagus, episode ini menutup bagian awal cerita sekaligus membuka lembaran baru ceritanya dengan sangat baik. Kita bisa sampai cerita ini karena pertemuan Mishima dan Sayu yang buat pikiran Sayu terbuka. Walau Sayu terlalu harfiah yak saat dia menangkap omongan Mishima soal “buka segalanya”. Tapi memang itulah Sayu selama ini, jadi dia benar-benar menunjukkan jati diri dia yang sesungguhnya.

Kita jadi tahu kenapa Sayu bisa punya pemikiran seperti itu, juga alasan lain kenapa Yoshida mau mungut Sayu. Sayu sebenarnya itu korban, korban lingkungan yang tidak sehat. Dia menganggap lingkungan yang dia tinggali selama ini adalah hal biasa atau kebanyakan memang seperti itu, tapi sebenarnya tidak. Maka dari itu Yoshida mau membawa Sayu ke lingkungan yang lebih sehat, mengenalkan Sayu ke hubungan yang lebih sehat.

Yoshida bilang dia nggak mau berhubungan badan dengan Sayu karena dia nggak mencintai Sayu, tapi saya yakin Yoshida sebenarnya “sayang” sama Sayu. Bukan rasa sayang sebagaimana rasa sayang pria dan wanita, lebih ke hubungan sayang ke teman atau saudara yang saling membutuhkan. Salah satu yang saya rasa mau diangkat di cerita ini sebenarnya arti manusia yang merupakan makhluk sosial, di mana manusia itu saling membutuhkan satu sama lain, bukan memanfaatkan satu sama lain seperti yang dikira Sayu selama ini.

Di saat yang sama, episode ini membuka lembaran cerita baru. Sayu yang punya pemikiran baru tentang hidup yang sebenarnya pasti bakal benar-benar mengubah hidupnya. Di preview episode berikutnya kita udah dikasih tahu sekilas kalau Sayu bakal kerja paruh waktu, menghidupi dirinya dengan lebih layak. Juga, ya Yoshida harus jelasin dengan baik sih ke Mishima kenapa dik Sayu bisa berakhir di apartemen om-om~

Terakhir, Mishima best girl lah! Semua ini bisa terjadi karena Mishima, no debat! Saya suka heroine kayak gini, walau tahu mereka nggak bakal punya akhir hidup bahagia selamanya dengan karakter utamanya. Suara Kaori Ishihara juga lucu banget meranin dia, aahhh!

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu Ω 03

Kaczmarek

Agak annoyed dengan kepolosan Lumachina di dua episode pertama, namun sekarang saya bisa terbiasa dengan itu. Dengan ia mulai melawan kedok dari Batutta, sudah saatnya ia melihat dunia yang sebenarnya. Setelah episode ini, saya sadar bahwa Okuruto Noboru bakal cocok untuk mengadaptasi serial fantasi lain di waktu yang akan datang.

Shadows House 03

Kaczmarek

Seri yang belum cukup menarik akhirnya ada yang bisa menarik perhatian saya. Soal karbon yang tiba-tiba bisa hidup dan menguasai tubuh boneka, hingga mengapa Kate bisa mengendalikan karbon tersebut. Banyak pertanyaan yang sebenarnya diangkat di episode ini, namun kedua hal itu yang paling menarik perhatian saya. Mungkin kita bakal disuguhkan dengan politik di dalam keluarga besar ini di sisa episode anime-nya.

Ijiranaide, Nagatoro-san 03

Kaczmarek

Nagatoro mode posesif akhirnya muncul. Yoshi dan Gamo mencoba dekat-dekat dengan Senpai adalah hal yang tak diinginkan Nagatoro. Gamo sudah menyadari respon ini dan mengerti kenapa temannya satu ini bersikap posesif. Momen gak sengaja nyentuh disini juga mencuat, dan semoga Twitter gak rame karena ini.

“Sus” juga nongol lagi.

86 03

Kaczmarek

Melihat Kaie Taniya alias Kirschblüte dapet porsi lebih di episode ini sudah ngasih pertanda bakal ada berita buruk di sisa episode. Pola dimana penulis meninggikan ekspektasi dengan interaksi basa-basi yang mendekatkan antara Handler dan Prosesor memang sudah sering kita temui. And it’s come in the best place and time. Saat dimana penonton dan pembaca bisa percaya pada Kaie dapat menjadi jembatan persahabatan dengan Lena, namun itu hancur seketika saat kelengahan muncul.

Pasca menonton ini entah mengapa saya melihat kesimpulan dari banyak netizen yang dimana menekankan bahwa “A-1 Pictures lagi-lagi nge-butcher karakter bagus”, saat mereka lupa atau tidak tahu bahwa staf yang dimaksud hanya menggambarkan apa yang ditulis Asato Asato. Mohon untuk bersabar jika karakter yang kalian sukai di seri ini tewas begitu saja. Oh iya, jika kalian bingung siapa yang nge-rant di sisa episode ini, itu dari Theo alia Laughing Fox. Not gonna condemn him about that lashing out cause they are living in frickin hardship since day one. Even back then their parent treated as livestock to freely killed.

To Your Eternity 02

CTian

Belum nonton penuh karena ada gangguan Wi-Fi di rumah! Melihat cerita “Gadis yang Tak Patuh” ini juga masih bersambung, jadi ngebahasnya nanti saja ya.

Yang saya mau bahas sih sekarang bagian lagu tema pembukanya dulu. Suka banget! Banyak adegan yang diambil dari yang bikin penasaran. Ilustrasi cover tankobon-nya juga dimasukin, saya notis semua cover yang sudah diterbitkan m&c!, sampai jilid 6.

Sudah, itu saja dulu deh~ Belum nonton euy soalnya, maaf. Baru nonton sampai adegan Machi (translasi dari m&c!) kabur. Adegan ini benar-benar well adapted sih dari manganya. Walau nggak mewah banget, tapi cukup mengadaptasi panel manganya dengan baik.

Tensura: The Slime Diaries 03

CTian

Minggu lalu saya bahas soal desain ceweknya yang enak banget dipandang, tapi ya nggak desain Rimuru-sama dibuat feminin banget kali! Proporsi badannya dibikin kayak cewek banget dong! Nonjol lho itu bagian tengahnya! Memang dia genderless, bisa bongkar pasang juga, tapi tolonglah, itu slime satu jiwanya laki banget, om-om itu euy.

Ya, selain membahas pemanasan global di Jura Tempest karena dampak hilangnya Veldora, episode ini ada cerita yang sedikit menarik. Backstory tentang duo Ranga-Shion waktu lawan Charybdis. Saya nggak tahu timeline serialisasinya, tapi kayaknya ini dibikin setelah cerita utamanya, jadi ya backstory ini dibikin kemungkinan besar karena adegan waktu lawan Charybdis itu~

Cerita SoL musim panasnya juga lucu sih, tapi isinya nggak beres semua! Dari bunga matahari jadi-jadian, kumbang badak yang beneran segede badak, sampai kontes daya tahan yang bikin pendekar terkuat Jura Tempest pun tumbang. Ah ya, senjata buatan Kurobe yang saya malah berharap masuk seri utamanya, wkwk.

Satu episode penuh ini cuman kegiatan musim panas dari pagi sampai malam. Malam musim panas di bar tante Treyni juga bikin santai banget euy. Ditutup lagu tema penutup lain yang merangkum semua kegiatan musim panas di episode ini.

Tapi yang saya tunggu ya jelas episode berikutnya. Hayo, anime kalau ada adegan di musim panas identik dengan apa? Iya, teriknya matahari! /bukan! Jawabannya adalah… BAJU RENAANGGG!!! Yeaaah, umiii-daaaaa!!! Sangat menantikan episode minggu depan!

Maiko-san Chi no Makanai-san 03

CTian

Tak terasa, sudah masuk akhir April, ya. Kiyo & Sumire pun kembali muncul di layar kaca! Episode ini merupakan salah satu favorit saya dari seri ini. Adaptasi Kiyo dan Sumire merantau ke Kyoto.

Dua bagian pertama ceritanya mengingatkan saya kenapa saya suka sama seri ini. Kiyo yang ingin membuatnya neneknya tidak harus merasa khawatir dengan kepergiannya, dan sikap Kiyo setelah dia ditolak untuk belajar menjadi Maiko. Semua yang positif dari Kiyo ini membuat saya senang banget dan ikut ingin menjadi positif seperti dia.

Sebenarnya ada satu masalah di alur cerita adaptasi ini. Di anime Sumire memantapkan dirinya untuk menjadi Maiko di episode pertama, sebelum cerita Kiyo dan Sumire merantau ini ada. Sedangkan di manga kita dikasih backstory ini dulu, baru cerita Sumire memantapkan dirinya setelah dapat kabar kalau dia akan debut segera. Perasaannya jadi kurang kena aja gitu.

Tapi ada yang saya suka banget di adaptasi episode ini. Bagian Sumire pertama kali muncul dengan seragam Maiko-nya, waaahhh, cantik banget. Sedikit berlebihan, tapi oke, karena di manga adegan ini salah satu adegan dengan panel yang besar dan menonjol.

Rasa puas sederhana dari Sumire waktu bisa makan sandwich mini itu bagus banget. Sebuah alasan kecil yang beneran kecil itu bisa jadi salah satu motivasi besar bagi Sumire biar cepat-cepat menjadi Maiko. Ini dia alasan lainnya saya suka banget sama seri ini.

Bagian Dish of the Day bagian ketiga juga bagus banget, ada referensi bab pertama manganya yang nggak diadaptasi di animenya! Menu roti rasa puding yang dimakan Kak Tsurukoma! Beneran jadi rahasia Kiyo dan Kak Tsurukoma saja ya, sampai nggak diadaptasi dong adegannya :’.

Episode berikutnya kita bakal lihat Sumire beraksi sebagai Maiko dan resmi debut! Bakal ditunjukkan juga betapa dekat dan kompaknya Kiyo dan Sumire di episode ini. Saya masih berharap cerita keseharian Kiyo di Kyoto diadaptasi sih, walau secara adegan ada yang nggak mungkin diadaptasi karena Sumire sudah jadi Maiko di anime ini.

Arknights (END)

Kaczmarek

Kaltsit playable, Skadi jadi pesaing Sora, dua operator baru, skin baru, mini annihilation baru di CN dan bla bla bla bla. Ini butuh satu tahun lagi untuk mereka hadir di EN. Karena mungkin masih lama, mari menabung untuk Mudrock yang makin mepet waktunya. Dapet gak dapet ya harus bersyuk—–harus dapet pokoknya dah.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir? Sampaikan lewat komentar di bawah dan jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: Victim Girls