[JOI Spotlight] World Cancer Day Edition

February 4, 2017 18:19
[JOI Spotlight] World Cancer Day Edition

4 Februari adalah Hari Kanker Dunia, tahukah kamu angka kematian kanker terus turun dari tahun-ketahun? Ternyata berbagai bantuan dari sumbangan, seminar, dan speedrun berhasil menghasilkan efek yang nyata. Pada edisi pertama bulan Februari JOI Spotlight kali ini, kita sudah memasuki minggu keempat musim ini dan berbagai seri yang tidak lulus 3 Episode Rules mulai berjatuhan. Mari kita lihat hal menarik apa yang disimak staf JOI untuk minggu ini.

Gundam Iron Blooded Orphans 41

joispibo41

bukan_randy

Remember when I said “huh, that’s less casualties than I expected” last week? HAHAHAHAHAHAAHAHAHAAH

Tidak seperti kematian di minggu lalu yang sudah dikasih death flag besar-besaran di episode sebelumnya, bahkan dari preview next episode minggu lalu sama sekali tidak ada tanda battle/tragedi, sehingga kematian di episode ini bagaikan one-two punch tidak terduga yang sangat efektif untuk mengejutkan dan mempermainkan emosi penonton. Kini baik para penonton dan para karakter sama-sama memiliki motivasi besar untuk melihat villain kali ini dihancurkan secara habis-habisan.

Dan minggu depan Barbatos Lupus Rex akan mulai beraksi, yay.

Kaptain

Saya sendiri mengira Azze yang mati di episode ini. Berhubung runtime seri ini sudah mencapai titik ini, susah rasanya untuk Jasley punya motivasi/karakterisasi selain “is a dick”, kecil juga kemungkinannya dia tetap hidup di episode selanjutnya. Prediksi saya kemarin gagal juga, kemungkinan besar Teiwaz dan Tekkadan akan menghancurkan satu sama lain.

Akihiro, yang mendapat gelar “Space Guts” sejak season pertama tentu saja kehilangan route untuk happy ending-nya.

Dragon Ball Super 70-76

joispdbs7076

bukan_randy

Filler-filler yang in the grand scheme of thing mungkin ga penting, tapi ngasih sedikit development ke karakter-karakter sampingan dan juga hiburan buat long-time fans yang pingin tahu kehidupan sehari-hari para karakternya saat tidak sedang menghadapi ancaman kehancuran dunia #2378.

Yamcha main baseball bersama Goku, Bezita, dan karakter-karakter super powered lainnya; Gohan tidak sengaja menjadi stuntman untuk film Great Saiyaman, Krillin yang stres karena menyadari power level-nya sudah ketinggalan jauh dibanding Goku yang dulu adalah rekan berlatihnya saat masih kecil, dan bagaimana ia menghadapi PTSD terhadap villain-villain Dragon Ball yang pernah membunuhnya. Iya, ini cuma filler, tapi konsep ceritanya IMO menarik.

Dan minggu depan bakalan mulai masuk arc gede lagi, setelah arc Goku Black sebelumnya yang menarik, saya makin tertarik untuk terus nonton Dragon Ball Super. It’s actually a great time to be a Dragon Ball fan.

Yami Shibai 4: 5

bukan_randy

joispys45

Ini pasti serangan Stand musuh!

Demi-chan wa Kataritai 4

joispdmc4

bukan_randy

Di satu sisi, ini penggambaran menarik tentang masalah personal yang terjadi akibat perbedaan individu dan tidak adanya individu lain serupa yang dapat menolong/membopong individu tersebut, setidaknya dalam skala kecil.

Di sisi lain, Takahashi-sensei harem hugging mazter *TEOTTEOT suara klakson*

Onihei 4

Onihei - 04 (Amazon).mkv_snapshot_18.32_[2017.02.01_15.21.02]

Kaptain

Episode paling action packed. Satu lagi episode dimana Heizo merekrut agen baru, bahkan ceritanya sendiri relatif sama dengan episode pertama. Hanya saja sekarang reputasi Heizo sebagai “Onihei” ditunjukkan dengan spektakuler dengan action montage di akhir episodenya.

Sangatsu no Lion 15

3-gatsu no Lion - 15

Kaptain

Pertandingan final Gotou dan Shimada. Saya sendiri mengira pertandingan akan di-skip agar fokus kembali ke Rei, namun ternyata episode ini memiliki banyak character moment untuk Kyouko, Nikaido, dan kedua finalis. Perubahan perspektif dapat dengan efektif menunjukkan sisi lain para karakter yang sejauh ini dibebani bias dari Rei.

Nikaido is still a good boy.

Little Witch Academia 4

Little Witch Academia - 04

Kaptain

Agaknya novel Twilight dunia ini ditulis oleh Hirohiko Araki. Episode yang bisa disimpulkan dengan “Tidak apa-apa menyukai hal yang ‘bodoh’ dan direndahkan banyak orang”. Character development kali ini dikhususkan untuk Lotte yang ajaibnya adalah seorang fujoshi yang tidak menyebalkan dan kedua antek-antek Diana yang ternyata dipedulikan oleh Trigger.

Banyak yang mengomentari dari episode pertamanya bahwa seperti Hogwarts, Luna Nova nampaknya tidak punya standar keamanan. Namun paling tidak sekolah ini punya alasan karena mereka kekurangan dana, bahkan memberi makan muridnya saja sulit.

bukan_randy

Beberapa pesan menyentuh tentang being an author in the age of jerks-filled internet & liking dumb shit. Dan juga lebih banyak menampilkan sisi lain Lotte ketimbang cuma “that timid kind girl that Trigger went all out in how to draw her eyes depending on the scenes”

Konosuba 4

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku Wo 2 - 04

Kaptain

Setelah hilang selama dua episode, Ai Kayano langsung balas dendam di sini. Saya sudah pernah bilang delivery dan casting untuk anime ini merupakan salah satu contoh terbaik dari genre ini, but hot damn this episode aced it on that front.

Untuk kalian yang masih merasa kurang dengan aksi Lalatina Ojou-chan, tenang saja, episode berikutnya masih akan berfokus kepadanya.

bukan_randy

Akhirnya Darkness ada arc-nya sendiri, and you might want to wear your earphones on this one. Mungkin ada beberapa orang yang merasa beberapa episode awal s2 itu “kurang lucu” dibanding s1-nya, tapi saya merasa itu lebih karena bagian perkenalan karakternya sudah lewat (ga belajar trait-trait baru karakter yang unik) dan ekspetasinya sudah tinggi, jadi saya sendiri senang bisa lebih banyak bahas Darkness yang kurang banyak dibahas di s1.

Gabriel Dropout 4

joispgd4

bukan_randy

Beach episode yang sayangnya tidak begitu menarik, dan character backstory untuk Gab & Vigne.
Saya harus mempertanyakan, kalau malaikat sampai punya kitab suci untuk mengusir setan di dunia ini, kok hubungan karakter-karakter di sini bisa lancar? (I know, I’m digging way too deep at this, but…)

Kaptain

Episode yang lebih fokus ke karakter dan slice-of-life. Dengan kata lain ini adalah episode paling lemah dari episode yang sudah tayang.

Seiren 4

Seiren - 04 - Large 11

Kaptain

Oh boy.

Setelah seminggu mencerna episode ini, saya rasa kegagalan utama dari arc ini adalah tidak konsistennya tema yang menjadi fokus. Tsuneki adalah karakter yang dilihat orang-orang berdasarkan gosip dan rumor yang melingkupinya, dan saya sendiri merasa “Rumor” adalah tema fokus dari arc ini. Kamita sendiri di awal cerita digosipkan ingin menjadi mangaka (yang lalu berkembang jadi H-Mangaka), digosipkan berhubungan dengan Tsuneki di training camp, dan akhirnya menjadi tersangka utama yang membuat Tsuneki dikirim ke training camp. Situasi Kamita (yang terseret rumor) dan Tsuneki (yang malah menerima rumor tersebut) dapat menjadi pondasi yang bagus untuk interaksi mereka.

Yang kita dapat adalah konflik yang diselesaikan dengan SANGAT lemah dan hubungan yang berakhir bukan karena tema diatas, namun karena sang penulis nampaknya tidak sadar dengan tema yang sudah ada dan harus mengarang sebuah konflik untuk drama penutup. Arc ini menginginkan bittersweet ending namun tidak memiliki niat ataupun usaha untuk membuat drama berfungsi dengan baik.

Melihat respon yang cukup keras dari fans, mungkin staf produksi harus lebih berhati-hati lagi untuk arc selanjutnya. Yang jelas dari yang sudah saya dengar untuk arc barunya, Kamita tidak terlalu menyebalkan di sini dan interaksinya dengan sang heroine juga lebih baik.

Nobunaga no Shinobi 18

[HorribleSubs] Nobunaga no Shinobi - 18 [480p].mkv_snapshot_02.49_[2017.02.01_13.09.57]

Kaptain

Breather episode. Chidori dapat equipment upgrade di sini. Klan Oda sendiri sudah mulai bersiap-siap untuk Kyoto campaign.

Akiba’s Trip (Dub) 1-3

9

Kaptain

Dub untuk anime ini adalah sleeper hit saya untuk season ini. Delivery dialog dan komedinya JAUH lebih bagus dari versi orisinalnya. Kemungkinan besar ini karena kebanyakan VA-nya adalah veteran dari seri abridged anime Youtube, jadi saya tidak terlalu kaget bila mereka juga yang menulis skripnya.

ACCA 13-ku Kansatsu-ka 4

ACCA 13-ku Kansatsu-ka - 04

Kaptain

Cara terbaik untuk menujukkan buruknya situasi yang ada di anime ini adalah dengan mengurangi jatah food porn episodenya. Pada episode ini akhirnya ditunjukkan juga pengorbanan yang dilakukan atas nama “stabilitas”, hal paling depresif yang diungkap oleh distrik baru ini adalah, pemberontakan yang terjadi sudah beberapa kali dilakukan dan hasilnya selalu sama.

Kengan Ashura Vol 1-6

OmRU2wC

Kaptain

Bayangkan dunia dimana korporasi besar melakukan kesepakatan bisnis bukan lewat kompromi, arbitrasi, dan negosiasi, namun dengan memperkerjakan petarung untuk mewakilkan mereka pada sebuah turnamen mematikan. Hal inilah yang membuat Kengan Ashura memiliki daya tarik yang lebih tinggi dibandingkan seri action lainnya, karena selain aksi yang sangat kompeten dan petarung yang super menarik, ada juga para CEO dan Manager gila yang mencoba memanipulasi pertarungan di balik layar.

Pantas saja seri ini bahkan mendapat julukan Grappler Baki generasi ini. Untuk kalian yang mengharapkan seri action yang sangat kompeten dan memiliki gambar yang lebih halus dan moe daripada Baki, saya sangat menyarankan seri ini.

Ah ya, seri ini juga “nyambung” dengan manga Danberu nan kiro moteru?, berhubung penulisnya juga sama.

Fire Emblem Heroes

fe heroes

Kaptain

Mobage yang cukup oke. Kali ini salt atas RNG bukan dari gacha saja, tapi juga dari stat growth karakter yang memang sudah khas seri ini. Yang saya suka sejauh ini adalah tidak adanya permadeath (sebagai gantinya experience & level hangus), gacha yang relatif dermawan, dan meningkatkan rarity karakter bisa dengan grinding.

Gameplay sayangnya biasa-biasa saja, pemahaman atas Weapon Triangle masih vital untuk memenangkan quest dan kalian hanya dibatasi membawa 4 unit saja per map-nya. Sejauh ini progresi lebih dibatasi oleh stats dan level karakter daripada kemampuan strategi pemain. Tiap karakter juga memiliki skill dan equipment (untungnya di game ini tidak dapat rusak) eksklusif bawaan mereka sendiri yang bisa di-upgrade dengan skill point, jadi kustomisasi karakter juga tidak terlalu mendalam.

Sekedar tips saja, 10 Gem gratis bisa didapatkan dengan men-tap silver medal di kanan atas halaman misi (struktur kanan bawah kastil), dan walaupun mengupgrade kastil itu cukup vital untuk mempermudah progresi, lebih baik hal ini dilakukan setelah mendapatkan unit yang cukup solid.

NanaMiku

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya versi mobile dari Fire Emblem keluar juga. Saya sendiri belum memainkannya dengan serius, tetapi merasa masih banyak kekurangan sepertinya tidak ada sistem player rank yang membuat stamina sedikit dan item yang sulit untuk di-farming. Tetapi dari segi core gameplay sudah cukup baik. Mudah-mudahan kedepannya Intelligent System dan Nintendo akan merilis update yang menyempurnakan pengalaman bermainnya.

Yakuza 0

YAKUZA 0_20170203201316

NanaMiku

Dulu sebenarnya udah pernah coba main Yakuza 1 di PS2, tapi tidak “nyantol” sama saya. Kebetulan sekarang Yakuza 0 ada versi Inggrisnya dan karena berupa prekuel, jadi sekarang coba lagi.

YAKUZA 0_20170203204357

Mainnya baru sebentar aja, tapi ternyata seru. Berantemnya cukup simpel tetapi penuh aksi, dan banyak hal yang bisa kalian lakukan di Kamurocho, mulai dari bermain arcade hingga melakukan hal yang tidak jelas seperti screenshot di atas.

Itulah seri JOI Spotlight untuk minggu ini. Untuk kalian sendiri, seri menarik apa saja yang kalian saksikan minggu ini?