[JOI Spotlight] Imlek 2568 Edition

January 28, 2017 17:33
[JOI Spotlight] Imlek 2568 Edition

Selamat Tahun Baru Imlek! Kita telah memasuki minggu ketiga dari anime winter season tahun ini. 3 Episode Rule dari kami akan segera mengalir dalam waktu dekat untuk kalian yang menantikannya. Seperti biasa, JOI Spotlight akan memberikan impresi singkat untuk berbagai seri yang kami nikmati & deritai di minggu ini.

Konosuba S2 3

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku Wo 2 - 03

Kaptain

Sejauh ini merupakan episode yang terlihat paling “cantik”. Episode ini lebih terasa seperti episode pembuka season baru, mungkin DEEN sadar dengan “3 Episode Rule” dan mengalokasikan budgetnya menjadi seperti ini. Melihat preview episode selanjutnya Kikuta akan kembali sebagai sutradara, so yeah.

Adegan terakhir episode ini terasa seperti DEEN mengatakan “Kami masih anime yang sama, kami masih ingat dengan apa yang fans suka dengan seri ini”, hal ini membuat saya optimis dengan anime ini kedepannya.

bukan_randy

Loh, kok gambarnya bagusan?  Jujur saja, kalau ditanya karakter mana aja yang pernah diisi suaranya oleh Amamiya Sora selain Aqua, mungkin saya ga bisa nyebut satupun (then again, dia kebanyakan nongol di anime yang ga saya tonton sih), but I could listen to Aqua cry and scream all day.

Oh, and masturbation jokes.

Sangatsu no Lion 14

3-gatsu no Lion - 14

Kaptain

Rei digilas habis-habisan oleh “karakter latar”. Anime dengan sukses membuat ilusi bahwa Rei tak terkalahkan, dan begitu dia kalah telak, kepribadiannya yang rapuh langsung rontok. Saya jauh lebih menyukai adegan dimana Rei dengan emosi semacam ini makan dibandingkan dengan adegan simbolis yang megah. Sebenarnya saya memiliki masukan lebih lanjut tentang kepribadian ini, namun saya memutuskan untuk menyimpannya untuk review akhir nanti.

Ini adalah salah satu episode depresif khas seri ini, namun saya menyukai eksekusi melodrama seri ini, karena walaupun Rei mudah depresi, dia selalu mendapat bantuan dan dukungan berharga dari orang-orang disekitarnya.

Onihei 3

onihei 3

Kaptain

Episode kali ini lebih action heavy. Sudah lama saya nggak menikmati pertarungan dimana stamina dan napas adalah faktor penting. Memasuki episode ketiganya, yang untungnya memiliki tema baru; saya melihat Onihei sebagai sebuah seri yang sangat by-the-book, walaupun sentimen ini kurang adil juga berhubung novelnya sendiri adalah generasi awal dari genre drama samurai.

Saya baru sadar bahwa daya tarik utama seri ini secara pribadi adalah karena saya sudah lama tidak menonton drama samurai. Bahkan saya tidak bisa ingat kapan terakhir menonton anime dengan genre ini selama lima tahun terakhir.

Little Witch Academia 3

Little Witch Academia - 03

Kaptain

Bagi saya, ini adalah 3 episode terkuat untuk season ini. Kualitas animasi dan direksi yang setingkat OVA-nya dulu dengan lebih banyak worldbuilding, what’s not to like? Walaupun Imaishi sendiri tidak menyutradarai episodenya, animasi energetik khas studio ini masih terus bersinar. Agak aneh juga melihat seri yang sangat Gainax namun tidak memiliki satupun fan-service. (Would bang Ursula though)

Berapa banyak dari kalian yang sadar dengan cameo Pawn Star dan Inferno Cop?

bukan_randy

Again, fun & adventure. Trigger juga berhasil manfaatin setting fantasi-nya untuk nambahin hal-hal tidak terduga.

Gundam Iron Blooded Orphan 40

joispibo40

Kaptain

Goddamnit Iok. Sebenarnya saya lebih suka akhir plotline Naze semacam ini, karena saya punya prediksi Turbines bakal memulai konflik dengan Tekkadan begitu situasi Mars semakin kacau mendekati akhir ceritanya. Dengan development kemarin, kecil kemungkinannya hal itu terjadi.

bukan_randy

Well that’s actually way less casualties than I thought lol. Dan Iok terus-terusan build-up heel heat-nya.
Sama kayak Kaptain, saya juga dulu sempat punya perkiraan kalau Teiwaz dan terutama Turbines bakalan dipaksa bentrok dengan Tekkadan demi TRAGEDY. So yeah, it’s actually better this way.

Ricoricorii

Episode ini sukses menjadikan Iok sebagai salah satu karakter yang paling dibenci di seri Gundam. Kesuksesan Iok mendapat predikat ini membuat netizen membuat petisi untuk menghabisi Iok bahkan menciptakan subreddit tersendiri. Nampaknya kematian bahkan terlalu lembut untuk Iok.

ACCA: 13-ku Kansatsu-ka 3

ACCA 13-ku Kansatsu-ka - 03

Berapa banyak sih konspirasi negara ini? Episode yang sudah tayang memberi penekanan bahwa sudut pandang Jean tidak bisa dipercaya, hanya saja dengan pengenalan berbagai faksi, motivasi, dan karakter baru di episode ini, semakin tidak jelas konspirasi mana yang didukung oleh Jean, dan apakah dia sebenarnya sadar bahwa dia terlibat dalam intrik politik negara ini.

Saya sendiri sangat menyukai walaupun anime ini dipenuhi misteri dan intrik, tone ceritanya tetap bisa santai dan tenang.

Kobayashi-san Chi no Maid Dragon 3

joispkmd3

bukan_randy

Sama seperti biasa, jokes yang eksekusinya ga memuaskan, slice-of-life yang mediocre, and an actually cute moeblob every now and then.

Episode kali ini mulai ngenalin lebih banyak karakter dan moga-moga bisa lebih memeriahkan anime ini. Beberapa side character baru punya eksekusi pengisi suara yang lebih jelek lagi dari main character-nya, tapi untungnya Quetzalcoatl punya pembawaan yang relatif cukup bagus, dan Fafnir yang diisi oleh Ono D. And a Dark Souls parody, yay.

Ai Mai Mi: Surgical Friends 4

joispamm34

bukan_randy

It’s actually crazy AND funny this time instead of just crazy, good job.

Gabriel Dropout 3

joispgd3

bukan_randy

Ciri khas Dogakobo yang kadang suka bikin animasi super niat buat hal yang ga penting-penting amat nongol lagi di episode ini. Kocak seperti episode sebelumnya. Itu master kasian amat wkwk

Kaptain

Masih menghibur. Hanya saja saya susah punya niatan untuk menonton episode yang sudah tayang lebih dari sekali, ini bukan pertanda yang bagus untuk sebuah seri komedi.

Demi-Chan wa Kataritai 3

joispdmc3

bukan_randy

Juunichi Suwabe ngelawak di sini wkwk. Anyway, kayaknya anime-nya makan materi manga-nya dengan cukup cepet. At this rate, kayaknya dah habis materinya sebelum cour pertamanya kelar.

Yami Shibai 4: 4

joispys44

bukan_randy

Again, same old “huh? What? How– SCARE!!”

Seiren 3

Seiren - 03

Kaptain

Daya tarik utama dari anime ini adalah fakta bahwa si protagonis terus saja terangsang dengan hal yang aneh-aneh, mulai dari bekas karet ikat pinggang, duduh mi instan, atau telapak kaki. It’s bad in a fascinating way. Pada dasarnya, masalah terbesar dari interaksi karakter adalah dialog yang terlalu sepihak.

Saya baru bisa menonton episode keempatnya besok, saya dengar episode ini cukup membuat ribut para penontonnya.

bukan_randy

Saya tahu dari dulu pas Amagami kalau penulisnya punya fetish aneh kayak nyium belakang lutut dan semacamnya, tapi orang apaan yang turned on gara-gara campuran bikini dan garis bekas celana goddamnit.

Tiger Mask 15

Tiger Mask W - 15

Kaptain

Dear weight lifter, ALWAYS HAVE A SPOTTER. Ada dua pertandingan utama di episode ini, Diva Squash Match, dua kombinasi dari tipe pertandingan gulat yang paling bikin saya males nontonnya; dan main card yang memiliki premis menarik, namun diselesaikan dengan Kekuatan Cinta™. Kemungkinan besar 2-3 episode selanjutnya akan lemah juga kualitasnya.

Nobunaga no Shinobi 17

Nobunaga no Shinobi - 17

Kaptain

Gifu Campaign selesai di episode ini. Agak kaget juga dengan Chidori yang memiliki pandangan yang cukup pragmatik tentang Daimyo yang menolak untuk bertarung di era yang penuh kekacauan ini.

Maaf saja bila impresi kali ini tidak sebanyak minggu lalu, karena kebanyakan staf juga sedang liburan Imlek dan agak teralihkan perhatiannya dengan “sweater”. Terima kasih juga pada Handband Studios untuk gambar headernya.