[JOI Spotlight] 30 Years Past Edition

December 4, 2022 20:28
[JOI Spotlight] 30 Years Past Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di bulan ke-12 ini. Persiapan buat bulan terakhir mulai dibuat dan tentunya staf Jurnal Otaku menghadirkan impresi mereka untuk seri yang hadir minggu ini.

Chainsaw Man 08

What’s this?

Now this? Sekarang cerita bener-bener baru mulai.

Kaptain

Selamat datang di episode pembuka adaptasi anime dari manga karya Tatsuki Fujimoto ini. Pas juga minggu ini lagi nggak ada bab baru manga jadi diskusi seminggu ke depan bener-bener fokus buat nyerna nih episode. Fun. Iya Denji, sebagai orang yang kerja Shift malam emang nyenengin ngopi sambil liat orang commute kerja.

Ga terlalu khawatir sama Himeno, dia kelempar ke timur Ukraina tahun 2063. Good luck with the murder mutant.

CTian

Setelah adegan original keseharian pagi Aki, kita dapat adegan original keseharian malam hari dari Himeno! Sebenarnya adegan awal itu cuman ngulang adegan terakhir episode kemarin saja tapi lewat pov Himeno. Saya suka mereka niat banget bikin adegan kayak gini, memang bukan anime serial satu ini~

Tapi adegan yang menurut saya paling gokil di episode ini waktu timnya Akane dan Samurai Sword bantai divisi 4 dan Makima. That non dialogue scene with Ushio Kensuke music is such a cinema! Sumber adaptasi adegan itu panelnya beneran silent panel terus tiba-tiba bang bang bang gitu, dibuat kayak gini lebih dari sempurna lah.

Ulangin Kap, selamat datang di adaptasi anime Chainsaw Man! Di saat kata kamu bisa tak bernyawa kapanpun bukan cuman omong kosong saja dan gimana caranya beneran hidup di dunia yang keras ini. Dengan adegan original di awal dan seberapa lovely aktingnya Mariya Ise sebagai Himeno itu bikin kematian dia di sini lebih sakit menurut saya. Episode ini cuman negasin kalau ya memang ini lah dunia Chainsaw Man yang dibuat Tatsuki Fujimoto.

Jujur saja waktu ikuti serialisasinya saya kira ini bakal dikapak sama Shonen Jump. Tapi setelah dilihat ToC di majalah performanya nggak pernah bottom 3 dan malah bagus,  terus banyak juga yang omongin di Twitter Jepang, jadi saya jujur saja bingung dan beneran nggak siap sama manga satu ini waktu itu. Mungkin perasaan saya waktu itu dirasakan beberapa penonton animenya saja kali yak.

Debut Samurai Sword arc ini dah gokil banget, Aki vs Samurai Sword, Samurai Sword vs Ghost Devil, terus Snake Devil-nya Akane, wah horrro action-nya parah banget. Favorit saya ada dua di sini, waktu Fox Devil makan Samurai Sword, terus sama Samurai Sword tebas-tebas tangannya Ghost Devil, puas banget sama koreografinya! Saya nggak sabar lihat adegan Kobeni lawan dua antagonis ini episode depan!

Lagu tema penutup minggu ini dari sang legenda anisong edgy pada masanya, TK from Ling Tosite Sigure, dan tentu saja its a banger!!! Visualnya astaga, foreshadowing-nya nggak ngotak, dan ada homage karya Tatsuki Fujimoto yang lain! Iyak, ada gambar poster manga one-shot Fujimoto, Look Back dan Goodbye Eri! Tolong MAPPA adaptasi mereka juga yak! Pendekatan sinematik di adaptasi ini lebih dari cocok sih buat 2 karya itu~

Isekai Ojisan 08-09

Kaptain

Yey, idup lagi. Lebih tepatnya ya akhirnya dapet cukup manpower buat ngelarin proyek. Baguslah si Ojisan cukup introspeksi soal pentingnya pengalaman buat berkembang sebagai manusia. Walopun di sesi diplomasi juga dianya belepotan, paling nggak reputasi dia bisa dibenerin dikit.

Episode 9 fokus ke alasan kenapa walopun keluarga punya akses ke sihir, kualitas hidup masih pas-pasan. Ya iyalah sihir yang secara teknis tuh minjem dari alam punya aturan yang bisa fatal kalau dicuekin.

Ren’ai Flops 08

What’s this?

Answer Arc Starting Point

Kaczmarek

At this point, the ending could be more tragic. Karena ini proyek orisinal, saya yakin ada campur tangan seseorang dari Mages. Kita bisa ngeliat ada material Chiyomaru Shikura dari petunjuk awal soal flashback, kemudian penunjukan Konomi Suzuki sebagai pengisi OST, dan yang terbaru adalah material SciAdv yang PASTI ada di kepala seorang Ryou Yasumoto.

FYI, Ryou, yang punya nama lain “Tooru Yasumoto”, si penulis skrip anime ini juga pengawas skenario adaptasi anime Steins;Gate 0 dan tentunya ia punya kontak lebih ke Chiyomaru Shikura. Ditambah ia juga jadi penulis skrip VN Chaos;Child, Memories Off, Robotics;Notes DaSH, dan Clear World.

Mari kembali, Asahi semoga kau bisa nenangin diri dan cairin emosinya dulu. Ini tentu jadi shock therapy baginya setelah ngikut proyek yang ia sendiri gatau dampaknya. Saya gka habis pikir mereka pake Feynman untuk nama belakang Yoshino. Coba search aja Feynman itu siapa di Google. Anda pasti udah bisa nebak maksud saya.

Mempersingkat impresi gila ini, Ai punya peranan besar dalam memanusiakan AI lainnya. Tapi apa tujuannya? Ini konsepnya Total Recall + Terminator digabungin tapi pake bumbu Chu-chu begitu?

Shinmai Renkin 09

Kaczmarek

Shit Episode, literally. Mereka nge-skip adegan Iris berak. Seharusnya ada dialog dia nyangkul di sekitar rumah dan buang hajat di lubang. Entah ini bakal jadi OVA atau episode spesial hahaha, tapi secara akal gak bakal diadaptasi juga sih. Edisi madu ini juga ngasih peringatan bagi mereka yang pertama kali manen madu mentah, jangan sekali-kali langsung dikonsumsi karena belum higienis dan perlu diolah dulu.

Bentar, itu emaknya Kate sama bapaknya Iris? Kenapa mereka kudu berdua pas dateng ke tokonya Sarasa? Satu hal yang Sarasa sering lupain, gak semua yang dia tahu sudah diketahui orang lain. Tolong diingatin dulu minimal temennya sendiri kek wkwk.

Shinobi no Ittoki 09

Kaczmarek

Episode sembilan, masih belum ada tanda-tanda Satomi lagi. Saya berekspektasi pertarungan ngelindungin baterai charger itu bisa lebih wah gitu karena ini proyek Troyca, tapi hasilnya meh. Kawajiri ketangkep tapi dia punya kartu truf yang bisa dipake untuk ngendaliin senjata lainnya, Kousetsu. How? Why? Asal-usulnya Kousetsu juga belom dibahas hingga lewatin pertengahan seri ini, jadi tiga episode sisa bakal ngungkap identitas aslinya dalam waktu cepet gitu? What a waste if it’s true. Kita akhirnya bisa ngeliat mulut Kousetsu, dan yep.

Fuufu Ijou, Koibito Miman 08

Kaczmarek

Beruntung misunderstanding material di seri ini gak seri Gamers yang bisa ke-strecth lebih dari satu musim. Kalo enggak, Shiori udah jadi heroine ter-annoying di seri ini. Skenario pacaran dalam peran keluarga boongan ini seharusnya udah dipake sama author, tapi tentunya tiga sisi belum nge-resolve keputusan masing-masing. That’s why romcom series like this become longer and longer and longer. Minami keknya punya “rasa” sama Shiori.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 09

Kaczmarek

Banyak yang mulai mempertanyakan kenapa Cid ngerahasiain alasan mengapa ayahnya terbunuh sama Shadow ke Sherry. Mari mencari pengungkapannya di………………..sumber aslinya! Alias LN-nya. Gamau spoiler dulu kalau proyek berikutnya setelah game diumumkan sebelum pertengahan April nanti.

Saya ngerti ada beberapa material orisinal di anime ini, tapi untungnya ini dibuat bukan diluar pengawasan Daisuke Aizawa, author novelnya. Ada alasan selain writer block yang bikin Daisuke-sensei gak ngupdate novel ini di fisik atau pun webnya. Yep karena proyek ini, jika ngeliat beberapa faktor.

BlueHeaven

Selamat gamenya sudah launching. Tuh kan, apa! Bapak angkatnya Sherry emang sus. Kasihan Sherry, pinter-pinter digoblokin. Pindah sekolah pula nih anak. Awas kalau ntar jadi last boss buat ngelawan Shadow-sama! Minggu depan mbak ketos kayaknya bakal PDKT sama MC mob kita.

Futoku no Guild 09

Kaczmarek

Daga otoko da! Kutipan legendaris kembali muncul saat debut penuh Rune. Cukup sakit memang Rune ini secara karakteristik mirip Enome, tapi nyatanya dia cuman mirip luarnya saja, dalamnya satu tipe sama Kikuru. Paling enggak ya Kikuru dapet rekan baru yang punya kelebihan yaitu bisa mikir secara rasional sih, walau skill-nya standar.

Bagian kedua: ENOME! She’s not combat skilled obviously. Tujuannya cuman ngumpulin kerak di mata sapi-sapi ini. Kikuru di satu sisi lagi berpikir “harusnya itu gue!!!” sepanjang bagian kedua ini. Puncaknya ya ini, di gambar atas. Esyne vocab-nya udah keterlaluan bagi bocah umur 11 tahun hahaha.

Arknights Prelude to Dawn 06

This is edited by someone in AKDP btw

Kaczmarek

Hoshi debut! Dan debutnya udah bikin Madam Chen terpana dan tersipu. Franka out of nowhere bisa dapet porsi gede banget dalam tiga episode terakhir. Ada cameo Kroos, Lava dll di episode ini, tapi sayang cuma nongol doang bentar kemudian bubar lagi pas bantuin LGD ngedorong Reunion. Ada sedikit detail yang miss dari Yostar dkk, buntutnya W seinget gue item bukan merah, tapi dianimasiin merah. Kita sudah lewatin setengah adaptasi, dan dua episode sisa kita ke battle utama sama Skullshaterer

Noumin Kanren 08-09

Kaczmarek

Ok Ilvia nongol di visual, tapi apakah dia bakal nongol di anime-nya dalam situasi sekarang? Cukup gila kalo pake reinkarnasi atau dibangkitin sih. Cuman tanpa dia, si Al gak kayak gini kelakuannya. Sedih sih, tapi balik lagi ini seri komedi jadi gak sepenuhnya overwhelmed sama bagian ini. Nge-cast Tamura Yukari jadi mayat agak di luar ekspektasi juga sih.

Episode sembilan yang tradisional dari seri ini di bagian plotnya. Kala kualitas produksi animasinya bisa dibilang mid di masa modern ini, tapi bagian dialog mereka justru lebih kentara dan mengalir nyaman. Saya dapet momen gak enak di episode ini hanya karena Kana Ichinose. Abis nonton Gundam Witch, pindah ke BTR, kemudian kesini ketemu lagi sama suaranya. Beruntung Higehiro gak dapet sekuel dan tayang di musim ini juga.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 26

Kaczmarek

Mereka bener-bener ngehindarin adegan pertarungan di adaptasi ini. Yep, pertarungan trio anak buah Woshis itu di-cut sedemikian kecil demi dapet monolog Woshis sendiri. Konsep makhluk yang sudah mati jadi satu jenis seaborn ini sudah sering dipake ya, apalagi yang belum lama ini di adaptasi Fate.

Dengan ini Haku butuh ngorbanin dirinya seperti saat Hakuoro dan Dii disegel di Prelude to Dawn. Dialognya Kuon semoga gak dipotong, walau kemungkinan besar iya demi penentuan umat. Yah sudahlah.

Akiba Maid Sensou 09

Kaptain

Jiah, ternyata industri maid emang ga beres sejak era Meiji. Jadi soal ekosistem, terus-terus aja ngasih tekanan ke para babi. Mungkin manajemen atas bakal sadar alasan kenapa monster legendaris di beberapa budaya itu babi liar.

RIP si ajudan otaku, akhirnya kegoblokan si manajer ngebuahin hasil yang signifikan. Ngarep banget juga itu identitas asli si panda cuma Red Herring. Btw si ratu singa diperanin sama Yoko Hikasa. Itulah seri yang di-backing Cygames, VA otentik bisa, VA mahal buat cameo bisa.

Pop Team Epic S2 10

Kaptain

Saat nih anime tayang, Bkub juga nge-stream Endwalker di channel dia. Makanya tuh dipasin Pipimi pake set PLD Endwalker. Masih soal cameo mahal, iya itu Sawashiro dateng buat meranin Minfilia.

Spy X Family 22

Kaptain

Dikebut lebih cepet sesuai dugaan, jadi episode depan bisa lebih nyaman buat epilog turnamen. Imajinasi liar emang udah jadi cita rasa nih seri, makanya saya nantiin Fiona memang karena dia ngasih rasa baru buat nih tipe guyonan.

BlueHeaven

Saya kira maen tenisnya cuma satu episode, ternyata dibuat jadi dua sesi. Ga berasa karena di episode-episode sebelumnya ada banyak short story yang disatuin dalam sebuah episode.

Beast Tamer 10

Kaczmarek

Mungkin arc ini jadi satu-satunya arc yang pengen gue skip dari serialnya. Namun ada dua karakter penting yang diperkenalin di arc ini, walau salah satu diantaranya gak jadi prioritas subjektif. Stella dan Nina akhirnya secara resmi jadi “calon anggota” kumpul kebo yang secara gak tersirat dilakuin Rein.

BlueHeaven

Last taming target hakken~! Ada karakter baru non-beast yang lumayan juga di episode ini. Plot seperti biasanya berjalan normal. Yang penting gula dari jinakan Rein masih manis mempesona.

Tensei Shitara Ken Deshita 10

BlueHeaven

Wohayoloh, Fran harus berjuang sendiri tanpa Shishou. Masuk klimaks ujiannya harus lepas dari pedang yang sudah menemani hidupnya semenjak lepas dari rantai perbudakan. Menarik, karena sebelumnya anime ini berhasil menampilkan sebanyak dua kali usaha Fran melawan lawan yang susah. Semua mereka semua bisa pulang dengan selamat. Ga bakal ada korban jiwa, kan?

Akuyaku Reijou Last Boss 11

BlueHeaven

Apa ini terlalu cepat? Things go fast. Emang ini Eliphas sus sejak awal. Kenapa bawahan Claude yang ada di kastil clingak clinguk baru tahu plot twistnya? Ini hole gak sih, soalnya pas Claude amnesia, Aileen baru diteleport dan di situ banyak orang. Apa semuanya dicuci memorinya juga? Kalau iya, harusnya sekalian aja bikin mereka semua jadi gak kenal Aileen. Karakter nenek loli ga ngenakin buat dilihat. Apalagi cowok megane baru yang sok ide di episode ini. Jelek banget plot progressnya mentang-mentang sisa satu episode. Padahal build up episode 1-8 tergolong di atas rata-rata.

Witch from Mercury 09

Kaptain

Emang sesuai dugaan. Aerial, atau lebih tepatnya Suletta sebagai pilot; masih punya rahasia di dalamnya being a super cursed family and all, tapi saya bersyukur ini konflik bisa dimenangin sebagai tim. Entah itu Prospera nangis di akhir mungkin karena akhirnya teknologi yang ngebunuh si bapak bisa dikalahin.

Dengan ini ketiga House udah dikalahin, jadi kecuali ada duelist rahasia di sekolah harusnya sekarang tantangan datang dari luar. Yang ga susah dipancing ngeliat konflik udah masuk ke level korporat.

Bocchi The Rock 09

BlueHeaven

Selesai mengadaptasi satu volume sebanyak 8 episode, Bocchi The Rock kini memasuki babak baru, meski secara animenya sudah 5 season, dihitung berdasarkan credit + Bocchi tewas. Karakter Ryou sama Kita dikasih penegasan dan penampilan lebih lama. Maklum, Nijika sudah cukup banyak spek yang ditampilkan sampai pada rebutan pengen jadiin dia waifu. Saya suka episode pantai yang wajib pake bikini. Episode pantai ini bahkan lebih banyak menghabiskan di altitude yang lebih tinggi dari pohon kelapa daripada memperlihatkan lautan kosong. Banyak hal baru yang pernah ada di anime sebelumnya kayak makanan gepeng yang mereka makan, lumayan untuk yang baru tahu ada menu seperti itu. Sisanya, ada banyak jenaka yang pastinya panjang kalau dibahas satu-satu di sini. Overall, still a fun ride.

Kaptain

Sedikit behind the scene aja pas nyari header nih rubrik. Twit di atas tuh masalah utama nyari gambar yang enak.

Blue Lock 09

BlueHeaven

Wow skornya jadi 3-3. Sempat dibikin despair karena tim lawan terlalu OP akhirnya disadarin sama monsternya Bachira. Melihat tim Z berevolusi dan mulai mencetak gol itu asyik banget. Apalagi pas Chigiri duel dengan Zantetsu. Ternyata begitu toh solusinya. Di episode ini juga langsung keleak kelemahan trio Reo, Nagi, Zantetsu. Pantes mereka ada di bangunan yang levelnya paling rendah. Kena comeback langsung kelar. Masih ada lanjutan pertandingannya di minggu depan, jadi mungkin tim lawan bisa evolusi juga untuk melawan balik tim Z. Oh ya, terima kasih untuk Anri minggu ini.

Dandadan 84

CTian

“People we’d never seen before?!” Yukinobu Tatsu knows what he is doing, LMAO!!! Gila, party yang tidak disangka-sangka muncul! Momo dan Serpo!? Siapa yang kira di masa depan mereka bakal side to side setelah semua yang sudah terjadi. Momo si anak baik dan tidak sombong ya ikut saja, lagi juga mau tidak mau dia ikut, buat keselamatan dia juga.

Ini Serpo sudah kayak Doraemon yak, alatnya nggak ada yang beres bentuknya. Itu setrikaan tolong lah, mana fungsinya sebegitu anehnya. Tapi asli, kelihatan kan dia tuh memang butuh bantuan Momo dan kayak bersalah gitu membawa Momo ke masalah ini. Dia nggak ragu buat jelasin keadaan, selalu tarok Momo di belakang dia, bahkan melindungi dari serangan musuh, Serpo itu baik, fix!

Yukinobu Tatsu ini nggak ada obatnya kalau soal bikin cerita kubu Alien. Itu apaan woi fidget spinner dijadikan desain Alien, lol! Battle-nya juga, gokil banget euy, lagi-lagi saya cuman bisa berdoa semoga orang-orang yang kebagian jadikan manga ini menjadi media anime suatu saat nanti, sehat-sehat dan beneran niat kerjain ini!

Ahh tidak sabar kelanjutannya! Penasaran langkah big brain move apa yang bakal dibuat untuk Momo. Sama apakah setelah ini Serpo langsung jadi jahat lagi, atau malah masuk ke sisi terang kayak ayahnya Chiquitita? Aduhhh penasaran banget. Ada beberapa hal juga yang masih harus diceritakan seperti Reiko dan makhluk Subterraneans. Dandadan masih menjadi manga mingguan terbaik buat saya saat ini!

Chainsaw Man 112

CTian

Ahhh sayang sekali tidak kesampaian rilis mingguan terus sampai animenya kelar! Tapi okelah, bab ini kita dapat porsi 2 bab serialisasi mingguan. Lalu, tentu saja seorang Tatsuki Fujimoto yang menulis ini!

Bab dibuka dengan konfirmasi kalau Yoru ternyata tidak kenal seorang yang ngaku jadi kakaknya mereka, terus Asa curiga kalau dia sebenarnya Justice Devil. Kalau lihat dari aksesori antingnya yang kayak bentuk scale atau timbangan, kayaknya gitu yak, terus kepalanya yang selalu miring sebelah, mungkin tanda ketidakseimbangan si Justice Devil ini.

Sekali lagi, tentu saja Tatsuki Fujimoto menulis ini! Saya senang sekolah bukan jadi latar tempat manga ini saja, tapi beneran jadi tema utamanya ceritanya. Jadi tentu saja OSIS menjadi organisasi terbesar di bagian kedua ini, LOL! Mana OSIS juga dibuat setara lagi sama klub Pemburu Devil-nya, ini betul-betul karya yang ditulis seorang Tatsuki Fujimoto. Penasaran Fujimoto bakal bikin salah satu protagonis jadi ketua OSIS nggak yak atau minimal bagian penting dari OSIS juga oke lah.

Lanjut ke Asa yang akhirnya nurut ikutin goal-nya Yoru buat bebas dari mimpi buruk ini. That smug from Yoru, ini makhluk gemesin amat dah. Pembahasan lagi soal kekuatan War Devil dan sekaligus bahas filosofi ceritanya bagus banget bab ini, antara kucing dan kriminal. Oh yaaa ini juga, tentu saja Denji melakukan ini. Aduhh itu salah sangkanya Asa lucu banget. Denji just being Denji banget, saya suka.

Panel of the week? Tentu saja halaman terakhir!

The Ichinose Family’s Deadly Sins 3

CTian

Ternyata mau dibuat 1 karakter 1 arc kemungkinan besar yak. Atau mungkin karena Tsubasa sudah ngeluarin sisi gelapnya di bab ini, kita bakal pindah anggota keluarga lain bab depan? Patut dinanti tentunya, ini yang saya suka dari serialisasi mingguan.

Tsubasa ini kasus dosanya malah kejadian pas dia lupa ingatan, dia jadi liar karena nggak kenal sama dirinya yang lama. Suka banget sama dia lihat Tsubasa lama ini sebagai orang lain karena dia lupa ingatan dan akhirnya lakuin apa yang Tsubasa dulu nggak bisa lakuin. Kalau lihat dari tingkahnya, ini mungkin wrath/kemarahan kalau dibandingkan sama 7 dosa maut.

Panel of the week? Tentu saja di mana Tsubasa katain Nakajima “stupid dickhead!”.

Neural Cloud

Kaptain

Kuro Rabu/Kamis besok. Buat yang masih farming mungkin perlu nyisihin dikit resource buat dia. Main story yang bisa diakses udah kelar jadi sampe campaign pertama mulai ya saatnya naikin roster biar sesuai standar. That dan ngumpulin Delta V sampe tolol.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: ueyama michirou