[JOI Spotlight] Millenium Wet Work Edition

February 12, 2023 19:17
[JOI Spotlight] Millenium Wet Work Edition

Selamat datang di JOI Spotlight menjelang Valentine 2023 ini. Selagi menunggu coklat diskonan mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre S2 05

Kaptain

Yey, si mantan nongol lagi. Berani banget di musim yang banyak seri isekai dia ngalahin truk. Selamat untuk dunia RPG random yang dapet truk gratis. Keberadaan Rikka mastiin kalau ga ada yang supernatural di kasus ini karena seperti yang Kotoko bilang, ga ada demit yang nekat mau ngedeketin wilayah yang ada Rikka-nya.

Kaczmarek

Beruntung itu pasangan muda-mudi punya karakterisasi yang level-headed daripada kayak bocah. Jujur saya kurang sreg trope serius di dalam pelarian Rikka ini dibarengi sama trope icha-icha yang yang kurang dewasa.

Tenten Kakumei 06

BlueHeaven

Saya mulai mengerti kenapa Al bisa kesesem sama putri dari Baron Cyan. I mean look at those gigantic booba! Malah pas baru disummon gaya berlututnya memperlihatkan pemandangan maksimal dari bukit kembar. Ditambah lagi Anis megang-megang secara frontal punggung bagian penting dari klien barunya. Punya Euphie masih belum memadai jadi nambah selir gitu? Makanya ibunda ratu langsung geleng-geleng melihat tingkah laku Anis yang ga mikir dulu konsekuensinya.

Kaczmarek

Saya disini cuma pengen liat Tiruti.

BlueHeaven

Tilty slurp.

Benriya Saitou-san 05

Kaczmarek

Ini jadi pelajaran ke author dan pembaca (termasuk saya) karena overlapnya karakter bakal jadi momok kalau skenarionya make plot yang sama. Meskipun beda gender, nge-favor satu diantaranya tentunya bakal lebih normal dari yang diperkirakan. Saya sempet ngeri sama anime ini jika Saitou mulai buas untuk nyari informasi sampai-sampai si Raelza merenung kalo calon pasangannya tiba-tiba nemu cara untuk balik ke dunia nyata.

BlueHeaven

What a build up and what a let down. Ini dari awal episode ke tengah bagus, tapi pas dari tengah ke akhir malah fail jatuhnya. Pas bantuan datang satu-satu itu bagus, vibe last boss battle. Eh, pas fairy sayap hitam mulai cast, itu semua party begong semua. Mau maju juga keburu telat. Jatuhnya jadi stupid battle.

Mononogatari 05

Kaczmarek

Misteri soal Botan bakal dijelasin justru dari POV luar lingkarannya. Hanya aja, pengenalan Kai jadi masalah utama bagi Ryouma nantinya nih. Dua orang yang nyoba untuk ganggu Botan juga sebenernya cuma merchant tsukumogami. Turunkan fokus untuk cinta-cintaan disini, mari fokus ke kenapa kehadiran Ryouma di lingkaran Nagatsuki itu jadi masalah dan bagaimana dari internal mereka nyoba nyelesainnya.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 19

Kaczmarek

Selamat! Iris menemukan kopi susu! Satu episode lagi, dan seri ini kelar adaptasinya (untuk dua cour ini aja). Rose sudah berapa persen jadi anggota Shadow Garden. Yang ia butuhin sekarang adalah naikin rasa penasarannya, nyari kedok Shadow aka Cid, dan temenan sama anggota SG lainnya. Mari menanti bagaimana mereka nutup ini adaptasi.

BlueHeaven

Kalau anime ini kayak gini diaturnya, pasti bakal dapat apresiasi yang lebih bagus. Episode ini benar-benar bagus buat ngasih jalan ke episode terakhir. Jokes buat Stylish Touzoku Slayer juga ngena, ga kering kayak biasa. Salut buat aktor utama yang terkait dalam pementasan episode ini: Rose, Doem, Martial God, dan tentu saja Stylish Touzoku Slayer.

DanMachi IV 06

Kaczmarek

Akhirnya progres yang kerasa lebih cepet karena kita make tiga POV (satu dari masa lalu). Saya lebih nunggu Tsubaki dan grupnya bertemu Lily dkk untuk bantuin nyari Bell daripada Lily ketemu Bell duluan. Butuh lebih banyak dialog berarti dari Bell dan Ryuu karena ini bisa ngebuka misteri yang seharusnya gue tulis di Waifu Wednesday edisinya. Yep Ryuu memandang Bell dengan afeksi sebagai laki-laki, namun perannya disini lebih ke kakak atau guardian bagi si prota. Xenos utusan Fels minimal bisa bantu disini, walau secara manpower masih kurang.

Spy Kyoushitsu 06

Kaczmarek

Surprisingly saya menikmati episode yang dikhususin buat Sibylla. Setelah kena prank di awal episode, sekarang giliran Lily yang ngasih pelajaran. Banyak plothole sebenernya di episode ini, tapi saya udah nyerah untuk ngeluh di adaptasinya. Nikmati aja setengah cour sisanya yang mungkin berakhir di poin yang gak kalian kira.

BlueHeaven

No hope for progression, we fall back. Ga mungkin mereka sampai episode 6 nyeritain flashback ginian. Tiap karakter pasti dapat satu. Kalau saja misinya ga ditaruh di episode 3, ga terlalu buruk lah penyusunannya. Jatuhnya jadi malesin buat ngikutin episode per episode karena dah ketebak isinya kayak gimana dan hypenya dah hilang.

Isekai Nonbiri Nouka 06

Kaczmarek

Gamau ngomongin Fairy Tail ost karena udah rame di FB. Rombongan Oni + Lizardmen + seekor Flora + dua sapi + tiga malaikat + 1 ayam + elf terbaru akhirnya masuk ke Taiju. Ah iya, udah resmi ini desanya disebut Taiju ya berkat Zabuton ngasih saran. Soal Wyvern, keknya banyak yang kena Mandela Effect karena Lasti dan Hakuren bukanlah yang jadi yg pertama untuk datang ke Taiju. Namun di episode berikutnya, kita akhirnya dapet debut mereka berdua dengan episode menyisakan 5-6 episode. Ini bakal diabisin dimana ya? Festival pertama masih jauh. Mountain Elf dan Frau sendiri belum ada. Mungkin sampe ke kota pesisir itu aja?

Ini pemerasan anggurnya sungguh penuh dengan material degenerasi + minim kehigienisan. Tapi siapa coba yang gak mau nyobain wine dari kaki para elf cantik dan bekas pantat Tia. Love the elf song tho, that definitely expand more budget.

BlueHeaven

This is why I signed up for this. Sebuah episode yang sungguh berkesan dengan diangkatnya Machio jadi Pak Kades. Warga baru yang datang juga punya role yang bagus. Agak dikasih lihat dikit sekitaran desa pada cemas tahu Wyvern keok dua langkah. Saya juga turut berduka untuk Dewi pertanian yang dibikin patung om-om.

Ars no Kyojuu 06

Kaptain

RIP para wong gunung. Masih disiplin soal pacing, 2 episode buat nyeritain satu area cukup bisa diterima. Ngeliat di pertengahan musim udah ada payoff soal pasangan Paladin antagonis (yang sesuai setup udah ga waras) dan eksperimen lain selain Kumi. Secara makro juga cukup demen sama fakta kalau konflik nih anime “cuma” di level konflik politik internal dan ga sampe ke misteri yang ngancam dunia.

Revenger 06

Kaptain

Baguslah ini nyiapin konflik akhir ngeliat ini plot opium akhirnya jalan lagi, “pengedar dah mati, tapi dagangannya ilang”. Ya susah juga ini bisa diselesaiin baik-baik ngeliat ngebalikin Opium biar distribusi lanjut juga unacceptable buat tim. Emang ini dikode banget soal siapa biang keroknya, tapi saya expect ada twist soal siapa yang nyimpen gunung opium dan si ketua serikat dagang juga ngaku kalau dia ga terlalu ngawasin kapal orang luar (hint, hint). Lucu aja ini seri kedua minggu ini yang ada adegan “antagonis ngasih makan ke peliharaan eksotis buat intimidasi”.

Masih soal konfilk ini juga Raizou dapet jalan keluar dari bisnis via art commish dan karena dia masih butuh character arc, ya sekarang masih di sesi fatalistik dia.

Sen no Kiseki 06

Kaptain

Reuni para Ironbloods. Biar ga keberatan anggota tim dimatiin, Martin diungkap sebagai salah satu yang bertanggung jawab sama pembantaian di Celdic. Sebagai perwira militer juga ini Rogan sama sekali ga melek kalau pihak yang ga punya angkatan udara, batalion tank, and you know, hundreds of huge ass robot; ga bisa nentuin gimana konflik bakal berjalan.

Kaiko saeta Ankoku Heishi 06

Kaczmarek

Yep, timeskip yang wajib untuk dapetin progres berikutnya. Semoga Gran kelakuannya gak kayak Rudeus, walau keliatannya mirip. Progres pasca bikin Gran juga udah keliatan. Dariel bisa nahan terjangan pelukan V10 20.000 RPM dari Marika. Musim ini udah kebanyakan Akari Kitou, dan sekarang saya di tingkat jengah setelah denger suara dia nongol lagi jadi Redi.

BlueHeaven

What a joyful week. Kita dapet dua anime yang karakter utamanya diangkat jadi kades. Kalau yang ini sih warisan, tapi gapapa lah ada hasil usahanya sendiri. Secara garis besar ada dua momen penting di episode ini.

Akhirnya setelah lama digantung, Marika sama Dariel bisa nikah juga. Langsung punya anak pula.

Hero baru punya pesona tersendiri, terutama aset di bagian yang dipelototin Gran. Bapak sama anak emang ga jauh beda. Sisanya kita dikasih lihat si Bashubaza atau apalah itu masih ngebego walau sudah dikemplang oleh bapaknya sendiri. Owalah bos, kalau masih hidup, sesekali tengok perbuataan anakmu. Jangan ngedekem di kastil sendiri. Sudah tua kok hikki, lempar tanggung jawab tanpa konsekuensi pula. Loh, kok saya jadi lebih banyak bahas yang bagian ini?

Maou Gakuin Futekigousha II 06

Kaczmarek

Zeshnya ucul banget di episode ini. Nonton ini sebelum Tenshi keknya emang pas (terkhusus episode termehek-mehek ini). MAAAAN i feel bad for Sasha. Dia selalu jadi bahan candaan Anos terus. Karena ini cuma misi overseeing, seharusnya storytellingnya bakal makin banyak di episode berikutnya. Tapi karena ini masih ngejar Lena sama Shin untuk kenalan ke Misa dan Lay. Momen pantai jadi puncaknya sih, cuman kita kudu melibas Avos dulu sampe episode 8-9.

BlueHeaven

Anos to his friends: Jangan berbuat macam-macam, nanti masa lalu bisa terdampak sama perbuatan kita sekecil apapun itu.

Also the same Anos: Lebih baik kita datengin Shin sama Leno aja. Biar masalahnya gampang diselesaikan.

Bruh.

Saikyou Onmyouji no Isekai Tenseiki 06

Kaczmarek

Ini Seika sama Efa nyadar gak sih itu Kyle yang kalian kenal? Maybell masih bersikeras untuk jadi pemenang, tapi skenario Hero palsu disini bukannya justru menguntungkan Seika ya sebagai support chara? Satu-satunya hambatan cuma Maybell jika Kyle bisa gampang ditaklukin. Setelah interogasi itu, kayaknya ini seri bisa dapet sekuel. Karena udah nyebut banyak fraksi, kecuali mereka mau ngedempetin di 6 episode sisa, ini seri butuh adaptasi berikutnya. Yuki ini haus banget.

BlueHeaven

Genderuwo Jepang bisa baca pikiran orang. Hati-hati kalau ketemu makhluk seperti yang ada di episode ini.

Otonari no Tenshi-sama Itsunomanika 06

Kaczmarek

Percakapan Amane dengan Chitose, Itsuki, sama Kadowaki di episode ini bisa nutupin glukosa saat pasangan suami istri itu kambuh lagi. Kemanisan yang gak saya kira justru bukan dari Mahiru, tapi ulah Chitose kepada temen-temennya. Ini cukup unik kalo gue liat jajaran suara kameo di episode ini dari seiyuu yang lagi naik daun. Termasuk Hina Youmiya dan Yuu Sasahara.

BlueHeaven

Everytime Mahiru hugging her pillow. HNGGGGHHHHHH!!!!

Trigun Stampede 06

Kaptain

Hore. Si Livio yang ga sempet nongol di adaptasi pertamanya bisa hadir di sini. Ga tau twist adaptasinya bakal gimana ngeliat pentingnya hubungan kedua Eyes of Heaven sama development para karakter sentral, kalau ngikut sumber ya Livio bakal belajar buat berjalan sendiri, tapi bisa aja yang sebaliknya terjadi dan kita dapet Wolfwood versi Extra Punished.

Ga terlalu sreg sama desain baru Legato, cuma saya hargai banget cara ngenalin dia di nih adaptasi tuh via nongolin skill bulsyit dia.

Eiyuuou 05

BlueHeaven

Akhirnya dapat juga teman baru yang sesuai di opening. Kehidupan sekolah yang tertunda sekarang dimulai. Ini kepsek ga riset dulu apa punya murid kekuatan gorila. Untung kas sekolah masih terselamatkan setelah nego dan dua kali dibantai kroconya. Took too long for ya!

Koori Zokusei Danshi to Cool na Douryou Joshi 06

BlueHeaven

Ini Fuyutsuki no celah. Sekarang dikasih lihat sifat keibuannya. Himuro juga bagus jadi bapak. Sekarang kapan nikah?

Kubo-san wa Mob wo Yurusanai 05

BlueHeaven

Setelah banyak clue yang dikasih Kubo masih ga nyadar juga Shiraishi. Saya ga bisa berharap jauh sama MC model kayak gini. Kemampuan menghilangnya sudah cukup membuat anime ini menarik. Sisa satu episode sebelum anime ini hiatus.

Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi 05

BlueHeaven

Dewinya vibe Aqua banget. Ini bisa amet dah nama Slimenya, Sui. “Sui-chan wa.. kyou mo kawaii”, ingin menyebut kalimat itu apalagi Fel ga guna selain berburu, bikin takut, sama makan.

Bofuri Season 05

BlueHeaven

Balik lagi ke settingan episode 3, tapi CGI yang dipakai ga selama yang kemarin. Masih acceptable sih karena dikasih lihat Kasumi dan duo kembar kerja keras demi mendapat peliharaannya. Sementara itu Maple.. makan tros! Jadi ingat kenapa dia awalnya bisa OP. Untung pattern yang begini ga sering diulang. Bisa ganti jadi anime kuliner kalau itu keseringan.

Onimai 06

BlueHeaven

Biasanya saya nonton anime ini ketika spotlight minggu tersebut sudah terbit. Jadi, tidak sempat masuk ke dalam artikel.

Makin lama, Onimai makin seru walau material yang diberikan agak minim pada awalnya. Sekarang sudah unlock latar tempat sekolah, jadi bisa lebih luas mau lari ke mana ceritanya. Terutama dua teman terbarunya yang punya potensi bagus kalau dipoles. Nice directing there.

Hyouken no Majutsushi ga Sekai wo Suberu 06

BlueHeaven

Oh no, we got another crossdress MC here. Lebih parahnya, dia melakukannya secara sadar dan mandiri. Saya tidak menyangka kemampuan sosialisasi MC dengan dunia luar lebih parah dari yang diduga. And damn, seiyuu nambah jadi Kugumiya Rie. I’m in!

Shin Shinka no Mi 05

BlueHeaven

Nih dua utusan sekte iblis akhirnya kerja juga setelah berleha-leha keliling kota. Bukan plot Shinka no Mi kalau ga aneh. Bisa-bisanya MC kena mencret pas momen sepenting ini. What a way to remove the protagonist so the new characters can get more time to shine.

Tsundere Akuyaku Reijou Lisselotte 06

BlueHeaven

Wow, didn’t expect Fiene can hear God’s voice too. Akhirnya Baldur dan Fiene jadian juga. Hampir kelar sih masalah utamanya, apalagi sempat Liese-tan denger suara Endo dan Kobayashi. Rahasia juga ke leak, tapi masih ada setengah musim buat namatin ini anime. Ya, apalagi kalau bukan waktunya membahas karakter cowo lain yang belum kegali.

Blue Lock 18

BlueHeaven

Dua episode terakhir ga berasa durasinya bisa habis buat pertandingan ini. Barou awaken juga dibikin epic. Mulai dari despo modenya, sampai akayaku mode. Tapi bagian terbaiknya justru jatuh ke after credit. Kya, lihat Anri housewife mode, siapa yang ga kepicut. Kecuali Anda adalah Ego Jinpanchi.

Roukin8 06

BlueHeaven

Weak episode for this week. Hampir ga ada progressnya, padahal Roukin dengan segala hal simple yang dibawa ke isekai bisa menarik selama 5 minggu belakangan ini. Intinya cuma satu sih, saya ga dapet hal yang baru di episode ini.

Ningen Fushin 06

BlueHeaven

Haiya, where’s the logic? Cheating when you are leading? So weak, so weak. Ada 1001 satu alasan buat ga nyontek dan plotnya malah maksa buat nampilin begini. Apa karena ini Ningen Fushin kena kapak manganya? Scene kayak gini mending diskip aja dan langsung kita ke cerita sesungguhnya. Kapan yang katanya party ini mau nyelametin dunia?

Neural Cloud

Kaptain

Event Valentine plus banner Phyton selaku pahlawan EP Rabu besok. Ga bisa barbar ngeroll ngeliat banner Magnhilda dah deket dan saya lebih butuh dia ngeliat ini game endgame-nya tuh “ menangin damage race ato minggat sana”. Iya, masih nyoba nembus 6-6 Dark ngeliat paling banter nyampe 30% sebelum enrage.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Clearite

Sorry. No data so far.