[JOI Spotlight] Walkies Edition

March 5, 2023 20:05
[JOI Spotlight] Walkies Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk Maret 2023 ini. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre 08

Kaptain

Yay, arc favorit saya. Iya saya tahu ini arc mayoritasnya ya duduk manis di kamar. Tumben-tumbennya Kotoko dibayar buat ngebikin cerita bohong. Pada dasarnya emang kasus pembunuhan 23 tahun lalu ini diungkit biar si kepala keluarga bisa mati dengan tenang, sementara Kotoko ada untuk ngejaga batas antara kedua dunia. Perhatikan kalau ini adalah dua tujuan berbeda.

Benriya Saitou-san 08

Kaczmarek

Si ninja akhirnya bisa mengorbankan diri untuk sang penyihir. Kehilangan dua anggota geraknya nampak terlihat murah dibandingkan mengorbankan nyawanya. Primas juga ngebantu si ninja dan semoga hubungan mereka jadi keluarga beneran.

Sekarang ke Saitou lagi, ini jadi momen kebenaran yang dia tunggu-tunggu selama in. Morlock yang jadi kunci untuk kembalinya ke dunia nyata harus tertahan dengan keinginan bertahan dari Raelza dan dirinya sendiri. Raelza x Saitou ini semoga lebih cepet bersatunya, hingga Morlock menghilang dan dinyatakan meninggal dunia. Dari teaser, episode kesembilan bakal fokus ke masa kecilnya Raelza dan jawaban akan pertanyaan hubungannya dengan Morlock.

BlueHeaven

Bruh, Morlock died at the end really gave me shock. What just happened? Seharusnya episode ini bisa happy chappy tapi malah berakhir begini. They got us nearly the whole episode, not gonna lie.

Mononogatari 08

Kaczmarek

Taiju cukup pragmatis pasca kena bash Hyouma. Karena gak bisa ngalahin si saenome itu, Bonding antara Hyouma dan Botan mulai naik, namun risiko bagi keluarga Nagatsuki juga ikut naik. Saya kira bakal ada episode flashback tambahan untuk Kusui dan Hayato sebelum terbunuh sama tsukumogami. Semoga ada sebelum bencana datang di bagian akhir adaptasi ini.

Ningen Fushin 09

Kaczmarek

Ahh arc ini saya kira bisa dikebut di satu episode. Nyatanya tak demikian, dan Stepping man selama ini udah di depan mata mereka. Olivia sendiri udah jelas adalah stepping man namun dalam misi baik. Cuman situasinya agak membingungkan kalo diliat dari penuturan anak korban itu. Kita juga gatau apa ada hubungannya dengan Nalgarva disini yang secara desain mukanya udah nampakin peran sus. Ngomong-ngomong, ini side charanya diperanin seiyuu great tier semua. Budgetnya kuat juga di tengah animasi seadanya.

DanMachi IV 20

Kaczmarek

Benar saja ada episode khusus untuk flashback Astrea Familia. Yang saya gak kira justru ini suasanya lebih terang dari ilustrasi novelnya. Posisi para anggota Astrea Familia saat dibunuh satu per satu ini jauh lebih tame dan gak pake rona atau corak gelap. Namun saat Ryuu berniat menghabisi anggota Rudra, ronanya jadi gelap. What an episode. Sekarang balik ke kenyataan.

Isekai Nonbiri Nouka 08

Kaczmarek

Probably the only isekai series that i don’t want to end soon this season. Speedrun pengenalan banyak karakter di episode ini ditambah dengan dua POV yang dipersingkat jelas. Ada banyak hal mendetail yang gak diangkat misal kenapa Michael takut sama Lizardmen, dan kenapa Doraim takut sama Hakuren, Beezel ngeri sama Lizardmen dan Hakuren, dan masih banyak lagi.

Lineup harem utamanya Machio akhirnya berkumpul. Disini mulai ada pengenduran urat di batang penisnya karena Ru sudah mengandung. Selain Hakuren yang resmi jadi guru SD, Lamia juga resmi bikin jasa kurir logistik. Seperti yang dibilang Machio, mereka butuh busana yang lebih pantas walau hanya dikasih penutup dada.

BlueHeaven

Hakuren debut! Perlu dikoreksi kelakuan naga satu ini. Di sisi lain mau ngatain bego, tapi dia jadi guru para bocah. Main mahjongnya jago pula. Machio kena senjata makan tuan.

Revenger 09

Kaptain

Dengan Koban terakhir ini, Ribenji-ya perlu ngelawan, let’s see here; everything. Masih ada si komisaris sih tapi ya paling dia dateng akhir banget buat ngejatuhun semua tuduhan ke kantor saingan. Seperti semua masalah di sejarah umat manusia, sumber masalahnya akarnya dari kekuatan kolonial yang kelamaan “berlibur”.

Sen no Kiseki 09

Kaptain

Ini editingnya belepotan banget, saya bisa ngeliat ini pacingnya bsa masuk akal di sebuah game yang bisa dimainin cuma ya karena ini di anime yang udah deket klimaksnya ya kerasa banget lompat-lompatnya. Diluar masalah kayak militer yang baru aja kudeta itu sangat nggak efisien, ini Rogan ya santai banget ngebiarin orang yang jelas-jelas tersangka utama pembunuhan keluyuran di markas.

Ars no Kyojuu 09

Kaptain

Ya pantesan aja Romana sebagai dokter antipati sama para Paladin kalau pengalaman dia dengan mereka itu sejelek pengalaman Healing saya di Aurum Vale. Valid juga sih soal komentar kalaupun sisa Kumi bisa diselamatin nggak ada jaminan kalau eksperimen bakal dimulai lagi. Ini juga para Chapeau saya nggak terlalu kaget punya agenda sendiri, cuma kaget aja plesetan binatangnya itu mandat profesional.

Otonari no Tenshi-sama 09

Kaczmarek

Man, SOFA-KUN NEEDS HIS TIME ALONE! Ini berdua demen banget berbuat hal yang enggak-enggak di atas sofa astaga. Kadowaki jadi pengingat nomor tiga disini, tapi dia paling nyablak bilang hubungan keduanya kayak pasutri pisah ranjang wkwkwk. Otomatis juga Kadowaki jadi bagian sirkelnya mereka.

Ini episode nge-rush banyak skenario dari sumber aslinya. Jadi saya gak heran banyak yang berang di medsos. Kayaknya poin akhir dari adaptasi ini udah ketauan dimana, yakni akhir volume keempat.

BlueHeaven

Are you sure these people are not even dating? Bahkan normal couple bisa kalah sama kelakuan mereka. Bagian menarik yang jarang muncul justru di mana Amane digoda sama cewe lain. Mahiru main serobot aja. Mana baju yang dites tadi? Kirain bakal ada scene itu tapi ternyata lanjut.

Saikyou Onmyouji 09

Kaczmarek

Efa akhirnya lepas dari ketergantungan, sementara Cecilio yang juga mikirnya kayak bocah sedikit dapet tamparan dari Seika. Ini arc kecil yang sebenernya punya peluang gede karena ada naganya aja. Akhirnya arc terakhir ngelawan Seika dalam waktu dekat. Beruntung ada skenario ini untuk nutup adaptasi karena agak aneh kalo misalnya ngikut skenario asli yang seharusnya bisa ditutup di arc naga.

BlueHeaven

Too fast for a conclusion. Perlu lebih dikoreksi ini satu kerajaan, tapi yang kena serang cuma pangerannya. Itu elfnya dibikin agak baik citranya supaya tidak merusak pandangan orang yang melihatnya sebagai calon waifu mungkin. Efa character developmentnya juga terlalu menanjak di episode ini.

Kaiko Sareta Ankoku Heishi 09

Kaczmarek

Akhirnya skenario menyatu dalam hubungan antara Arantzil, Granversa, dan Dariel. Pas dikasih tahu Reidy kalo Dariel punya empat atribut dan cuma Yuusha yang punya karakteristik ini, udah menandakan ada hubungan Dariel sama Yuusha di masa lalu. Entah kelahiran Gran juga jadi alasan kenapa Marika juga makin overpowered atau enggak. She got the seed, so maybe? Also, Zebiantes is literally an airhead outside and inside.

Sekarang tinggal bagaimana Granversa sama Arantzil bakal nyelesain masalah masa lalu mereka disini. Tentu Dariel gak pengen ada masalah yang keliatan di desa dia, tapi ini masih menyangkut dirinya. Belum lagi Bashbarza masih ada peluang untuk nyerang atau ngebunuh Dariel. Gak sabar ngeliat ekspresi dia sekaligus Doroye, Lizet, dan Maou pasca mengetahui Dariel anaknya Arantzil. Tapi kayaknya Maou udah tahu semua ini secara diam-diam.

BlueHeaven

Jadi Maou yang ditemui Bashubaza atau apalah itu hanyalah cerminan dari dirinya. Secara tidak langsung kena roasting nih bocah belagu. Pertarungan bapak-bapak jadi next episode. Bakal sengit tentunya memperebutkan hak asuh anak yang sudah 33 tahun.

Spy Kyoushitsu 08

Kaczmarek

Greteeeeeeeeeee! Pengadaptasian arc terbaik di shitshow ini sejauh delapan episode. Selain dari bahasa tubuh Klaus yang mulai dinamis, mental sang guru juga makin sensitif. Senjata ampuh untuk si keras kepala itu. Sejauh ini emang misi yang buat tim selalu dibabat abis sama Klaus. Jadi terpaksa slowburner untuk para ciwi-ciwi umur tanggung ini (kecuali Thea dan Grete).

BlueHeaven

Setelah wasting a lot episodes and hiatus, finally a good episode. Thea hampir ga kedengeran suaranya, padahal di fokus karakter lain dia masih bisa cerewet. Mungkin jatah menggodanya sudah dipake Grete jadi ga terlalu dimunculkan. Lebih baik begini daripada mencoba adil rata semua wajib ngomong. Yang penting cerita dulu, soal dialog seiyuu mahal bisa ditahan dulu.

NieR Automata 06

Kaptain

Sesuai harapan saya kita dapet versi anime dari cerita prekuel dan dari sosmed juga diungkap kalau para aktris balik lagi memerankan masing-masing karakter. Ada juga sebenernya manga yang belum saya cek soal misi ini yang juga ngasih lebih banyak karakterisasi. Cuma soal Lily pas sesi hacking harusnya kita sudah punya cukup konteks soal trauma dia.

Episode juga ngejawab kalau Anemone ada di timeline anime. Cuma nasib masing-masing anggota tim emang beberapa tuh ambigu so we’ll see.

Trigun Stampede 09

Kaptain

Oke, dah fix ini abis insiden Steamer. Endgame Knives: Buat dunia untuk para Plant. Kecuali ada perubahan di fundamental setting, ini sesuatu yang sangat kontraproduktif melihat Plant emang bukan dari dimensi ini. Sedikit preview buat Angel Arm Vash yang aman diasumsikan kalau sekarang dia masih belum tahu gimana nembakinnya.

Bencana ekologis bumi emang udah jadi klise, tapi ini ngasih penjelasan yang lebih rapi soal kenapa Zazie mihak Knives yang ngaku sebagai perwakilan para Plant dibanding umat manusia yang terbukti gagal merawat bumi. Ini setidaknya mastiin kalau kesetiaan dia sebatas sama keamanan para Worm aja.

Tonsuki 08

BlueHeaven

Jarang-jarang nih isekai fantasi yang nampilin petualang yang mesti regis ulang karena tidak aktif selama kurang lebih sebulan. Sui tambah hari tambah OP. Sekarang bisa ngebunshin langsung keingat memori Isekai kenja slime yang hobi ternak slime juga. Fel aja sampai kaget ga pernah ketemu slime sekuat ini.

Tenten Kakumei 09

BlueHeaven

Orang bilang kasihan sama Al, tapi bagi saya semua cerita dia bullshit. Harus banget ya bolongin dada orang, badmouthing keluarganya, terus dengan enaknya bilang “Tidak ada yang bisa aku lakukan lagi, blablabla..” Eh, kepala sarden! Tolonglah jadi karakter cerdas dikit kek. Bikin kacau iya, benerin kerajaan kagak. Satu tampolan dari Euphy masih belum cukup untuk membayar ketololan dari karakter ini.

Kalau mau berkorban, masa cuma nyeret satu keluarga bangsawan korup. Dia bilang sendiri padahal sejarahnya ada bangsawan yang berontak sama raja sebelumnya karena ga terima sistem baru yang menyamaratakan rakyat biasa dengan bangsawan. Berarti masalah yang pengen dia selesaikan belum selesai.

Terus sekarang taruhlah dikata Anis jadi penerus pemimpin kerajaan berikutnya. Emangnya dengan begitu sudah selesai solusinya? Ya enggak lah! Masih panjang untuk si psikopat yuri yang mencintai sihir tapi tidak dicintai sihir ini buat memimpin satu negara. Bakat dan otak ada, tapi ngurus negara itu ga bisa satu tahun, dua tahun belajar terus bisa. Dia aja kerjanya cuma ngembangin sihir semaunya. Palingan Euphy lagi yang repot buat ngerjain administrasi negara.

Hyouken no Majutsushi 09

BlueHeaven

Ah, ternyata final Rebecca ditampilin di episode ini. Emang ambigu sih kata-katanya. Final Rose lawan Olgren berasa kayak puncak dari acara.

 

Sekali lagi, episode ini menegaskan kalau anime ini ga punya transisi bagus kecuali satu episode yang bahas masa lalu Ray kemarin. Tiba-tiba langsung persiapan festival, maid cafe, apa pula itu! Yang lebih parahnya, ide datang dari Rose. Benar-benar maksa ini konsepnya.

Saya lebih tertarik kalau ceritanya dibuat sehabis turnamen langsung ke Rebecca yang ditunangkan. Dengan demikian masih ada tali yang nyambung antara satu kisah dengan lainnya.

Shin Shinka no Mi 08

BlueHeaven

Tiap minggu dikasih kerandoman dari anime ini. Geleng-geleng saya nontonnya. Audisi yang konyol dengan hasil yang konyol. Orang baru langsung dapat pos jabatan penting sebagai penerima tamu perdamaian. Parodi evangelion cukup menghibur, tapi battle Zakiya itu benar-benar ampas. Setidaknya di episode ini dikasih spoil buat next episode kalau temannya Seichi yang sempat terperangkap di batas dunia akhirat ternyata musuh yang menyamar. Terus orang aslinya ke mana?

Tomo-chan wa Onnanoko 09

BlueHeaven

Man.. that cherry perry person, Carol nangis. Jadi cakep badai pesonanya. Si Misaki ini sepupuan sama Carol loh, kalau Carol dari keluarga Kristen harusnya itu hubungan terlarang. Misuzu mencoba jadi batman malah banjir pujian. This girl sacrificed too much for who she called as her friend. Sayang banget belum ada pasangannya

Tsundere Akuyaku Reijou Lieselotte 09

BlueHeaven

Loh, Fabian malah disikat sama adiknya Liese. Emang dasar keluarga Riefenstahl kalau udah kepicut sama seseorang bakal gas terus sampai pelaminan. Berhubung yang satu shota, yang satu loli, boleh lah ini dijodohkan. Tinggal yang kembar, semoga jangan mau sama si priest mesum.

Blue Lock 21

BlueHeaven

Setiap gol dalam pertandingan ini dibuat begitu berharga. Barou bikin rusak permainan sekaligus bikin seru. Isagi masih jauh buat nandingin Rin, kita lihat saja kalau Bachira bakal evolusi di episode berikutnya.

Roukin 09

BlueHeaven

Main warungnya udah selesai. Sudah waktunya Mitsuha ngeberesin ini horde of monster. Demi Collete tercinta.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Kiri X Yato, Rathalos S Noir Corne, dan Terra Research Commision. Meski ini update CN, tapi implikasi ke rencana nabung di global udah bikin bingung. Pengen Texas Omertosa dulu sebenernya, tapi ini banner collab bakal berturut-turut sama Lin. FFS HG why? Dossoles re-run yang enak karena saya butuh certi kuning tambahan buat dapetin 180.

Limbus Company

Kaptain

Besok sore buat impresi penuh.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: _imifumei_