[JOI Spotlight] Hand Hygiene Edition

June 9, 2024 22:22
[JOI Spotlight] Hand Hygiene Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di weekend yang lagi banyak pengumuman. Seperti biasa mari ita simak impresi para staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir di minggu ini.

Blue Archive 09

Kaptain

90% Yume nongol, senggaknya bagian tahun pertama Hoshino bisa saya apresiasi ngeliat update gamenya juga nyorotin itu. Seperti biasa padding waktu tayang via rapat buat jaga-jaga kalau penonton masih ga nangkep kalau Kaiser pelakunya.

Masih soal gamenya, akhirnya ngelarin volume Hyakkihyakko. “Saksikanlah kegelapan dalam hati umat manusia” “Dude, ini cuma ABG being ABG. Situ ngomong apa”.

Konosuba 09

Kaptain

Ini emang seiyuu yang bisa “bersenang-senang” tukeran karakter tuh bumbu utama nih season. Thing is, di LN dan materi sampingan tim Dust dapet lebih banyak sorotan. Makanya ini di nih adaptasi rasanya aneh begitu dapet fokus khusus. Mungkin aja ngarep penonton main gacha-nya ngeliat mereka juga lebih banyak dapet peran di situ.

Konteks penuh hutang keluarga Dustiness baru bakal keungkap nanti. Kazuma cuma bisa nebak sendiri aja kenapa keluarga butuh duit dan situasi kesehatannya.

BlueHeaven

Abs save the day. Kazuma seperti biasa jadi Kuzuma. Musim ini Konosuba peak perform seiyuu, scoringnya pas jadi makin mantap bagian visual.

Delicious in Dungeon 23

Kaptain

The truth, perjalanan kuliner Senshi pada dasarnya itu untuk nemu jawaban dari tragedi yang ngebentuk dia. Ini tim emang beruntung banget punya Laios yang “maksa” nemuin jawaban sekarang juga. Karena seperti yang Marcille bilang cerita pada umumnya bakal berhenti pas tes pertama griffin dilakuin.

Makanya ini paruh keduanya whiplash banget. Di luar komedinya masih dapet sih worldbuilding menarik soal gimana tiap ras ngebentuk tradisi mereka. Menariknya juga tiap seri fantasi biasanya punya precursor race yang punya teknologi maju, di sini ada 2 ras yang menuhin tuh kriteria tapi mutusin buat ga balikin tech level karena “insiden” sebelumnya.

BlueHeaven

Terima kasih Professor matkul anatomi monster bisa nyelesaiin trauma Senshi. Momen tukeran ras juga pecah banget. Saya ga bisa ngomong yang mana favorit, semua kena di saya. Senshi cuma jadi model berjalan, Chillchuck jadi om-om kayak abis lembur, sedangkan dua pendek berusaha ngecarry dengan perubahan ras mereka. Kucing jadi anjing, oh well what an irony.

Mushoku Tensei 2 Part 2 08

Kaczmarek

Reuni keluarga dan juga party. Paul show-off di depan Rudi ini bakal jadi hal yang dikenang bagi anaknya, canonnicaly. Kemudian kita ketemu anggota baru yang belum ngomong sampe sekarang (padahal nunggu siapa seiyuu-nya). Di akhir, Rudi entrance-nya jadi hero untuk Roxy. Dahlah poligami.

BlueHeaven

Ramalan Roxy jadi kenyataan. Oh ya, baru nyadar ini dungeon pertama Rudeus. Episode kali ini ngingetin pas masa Rudy di demon continent cuma ditemani Eris dan Ruijerd. Party ini kali lebih banyak membernya tetapi tentu saja tingkat kesulitannya tidak bisa dipandang remeh.

TsukiMichi S2 22

Kaczmarek

Blessing in disguise, Hibiki dapet power baru dengan nuker kapasitas kandungan mana-nya. Secara gak langsung bikin dia bisa lebih kuat untuk sementara, tapi itu outfit bisa diganti gak sih? Jujur untuk pemimpin party yg paling normal, kasian banget Hibiki dibikin fanservice point lol.  Tapi ini pertarungan lebih kayak mendalami bodysuit daripada nambahin progres lebih ke tujuan utama Makoto. Gue lebih tertarik episode berikutnya bakal gimana sama Sofia dan Lancer. Stretching dikit gapapa ya walau arc ini kayaknya bisa kelar lebih cepat.

BlueHeaven

Nope, nope, and nope. Sebagai orang yang ga baca LN-nya sorry saya koar-koar. Escapism di episode ini bener-bener wandehoi. Apa pula bisa dapat buff seenak jidat, waktu dibikin berhenti. Hei bukan gitu caranya upgrade karakter. Ngelihat Makoto perlahan upgrade sama para cecunguknya di subscape, mereka seakan jadi kepiting di christmas island yang cuma lewat gegara develop emergency kek gini. Kalau saja ada penjelasan dikit meski saya bisa menerka dari mana dia dapat cheat baru itu, mungkin saya momen gini saya bisa terima, but as it stands now, nope.

Lv2 kara Cheat 09

Kaczmarek

Saatnya jadi pahlawan berkamuflase. Phufun sama Yuigarde udah nguasain singgasana yang ditinggal Gholl kemana-mana. Disini momen “coexist or die” kepake lagi demi menghindari konflik di kota sekaligus meredam upaya Yuigarde. Gue belom baca cerita orisinalnya, entah kenapa bisa nebak Yuigarde bakal membahayakan nyawa Ballirosa dan kemudian Gholl ujuk-ujuk muncul jadi penyelamat.

BlueHeaven

Ini banished hero malah jadi otw mahkluk jadi-jadiin lagi nih. Bahannya ga ada yang lain apa? Pihak iblis sekarang bakal disibukkan sendiri dan pihak manusia tinggal tunggu waktu momen kudeta. Flio kayaknya bakal lebih ngebantu iblis soalnya udah ditunjukkin effortnya buat pihak manusia di episode ini.

Shuumatsu Train Doko e Iku- 10

Kaczmarek

Udah kebaca arahnya kemana seperti di episode sebelumnya. Uniknya disini kita ketemu ayahnya Shizuru yang nyari kebenaran keluar dari kampungnya. Dua tahun menghilang, gak heran ibunya Shizuru udah siap sama sendal di rumah. Di kota ini juga mereka mengalahkan mangaka atau author or sejenisnya. Akira nge-carry power disini berkat beret ijo itu, dan pengetahuannya soal hal-hal non casual.

Unnamed Memory 09

Kaczmarek

Mereka masih konsisten dengan cara motongnya, jadi kalau sajiannya gak terlalu enak jangan heran. Oscar secara out-of-context ngelakuin pelecehan kalau cuma nonton anime-nya aja. Tetiba skinship dan makin intim tiap episodenya. Salah kalo nonton ini secara skimming, walaupun kalo diikutin secara runut masih bikin “hah?”. Trus, ITU SENSOR KAYAK PAKE PAINT BRUSH DOANG ANJERRRRR. Tsundere-nya Tinasha juga ngeri buset wkwk.

BlueHeaven

Pernah lihat orang menangkap angin dengan tangan? Yep, seperti itulah episode kali ini. It’s useless. Ngasih amnesia ke Oscar kayak itu bakal jadi hal gede. Eh, ujung-ujungnya wosh langsung inget lagi. Terus buat apa build upnya. Lagian nih anime di episode ini mau nunjukkin romancenya Oscar dan Tinasha… dengan build up loncat-loncat bugs bunny.

Episode ini juga ga jelas nurunin masalah ibukota diserang gegara apa sampai Oscar kena racun mematikan. Cara Tinasha sembuh setelah mengorbankan dirinya (for the sake of many times) juga langsung jump into results. Ga ada tuh yang namanya proses cerita dalam anime ini. Saya ga nemuin notable visual ampas, tapi tolonglah ceritanya jangan gantian jadi tumbal, NGI!

Henjin no Salad Bowl 10

Kaczmarek

Livia kembali makan info mentah-mentah dan kini terjun ke dunia perjudian. Pachinko gagal, judi kuda gagal, tapi yang penting bisnis figurnya Noa kayaknya sukses. Ini kalau Noa ketemu Sousuke atau Brenda dan ngungkap diri sebagai pemilik cult bakal gimana akhirnya ya? Ini kota udah diisi manusia-manusia aneh dan kita gak akan berhenti dapet lagi. Sekarang urusan Brenda yang merasa ketinggalan untuk ngejar Sousuke. Tateyama jadi bintang episode ini karena gak ngerem untuk nge-roast bosnya sendiri. Gue ekspektasi dia jago urusan DIY dan masak, tapi ternyata gak bisa. Hadeh.

BlueHeaven

Salad buah minggu ini saya suka. Brenda peak body, sekaligus flexing tolol yang bikin dia ga dapat hasil apa-apa ngedeketin Sousuke. Ngejadiin Sara sebagai anak langsung trigger challenge buat yang suka sama detektif yang sudah ga miskin lagi. Episode ini juga mempertegas kalau gambling still not a good things setelah nampilin Sara menang pacuan kuda. Sekalian ngasih tahu Livia selama di Gifu ga ada gunanya selain dimanfaatin orang dan masak belalang goreng.

Date A Live V 09

Kaczmarek

Kencan dengan Reine dibuka dengan sukses. Namun ada pertanyaan yang muncul saat ia diajak kencan sama si Shido, “Ini Reine gak punya ingatan soal Mio kah? atau dia nunggu Mio muncul dari tubuh Kurumi dulu baru bisa nge-trigger ingatannya? Punya ekspektasi Reine bisa lebih kritis ke Touka juga yang udah keliatan mencurigakan di belakangnya.

Tensura 3rd Season 10

Kaczmarek

Yang ngelawan Clerics langsung si Rimuru dan Diablo, tapi yang menyelesaikan justru Luminus di wilayah Tempest. Masa lalu Hinata juga sekilas dapet adaptasi dimana ada masalah keluarga yang membebaninya. Saat ditransfer ke dunia sekarang, Hinata dapet kekuatan yg mirip sama Rimuru (walau beda wujud). Raphael-like ada di tubuhnya Hinata juga? Gue nungguin mereka rapat di akhir episode ini tapi malah disuguhi cutscene-nya aja.

BlueHeaven

Luminus ngehajar Veldora. Cukup itu sudah membuat saya puas.

Mahouka S3 09

Kaczmarek

Zhou terlalu OP untuk jadi rekanannya keluarga Saegusa. Udah menduga utusan bapaknya Mayumi juga bakal mati mudah, tapi gak kepikiran semudah itu dengan trik bayangan. Bom bunuh diri make darahnya juga gak berpengaruh (so far). Meanwhile, Mizuki diikutin anggota underground tradisionalist yang bikin Miki geram. Unnecessary fanservice gondal-gandul buah dadanya Mizuki dibarengi sama naik pitamnya Miki malah jadi pembuka jalur Erika x Leo balik bantuin misinya Tatsuya. Oh jgn lupa sama Minami yang kesengsem sama Minoru. Cocok berdua karena Minami fokusnya ke defensive dan si Minoru ke offensive.

One Room, Hiatari futsuu, Tenshi-tsuki 10

Kaczmarek

Gak ngira Hisui dari keluarga konglomerat yang sampe punya banyak korporasi. Ngeliat keluarga Kappa sebelumnya, gue pikir dia minimal standarnya menengah wkwk. Ini episode fanservice beach + onsen + maid (tergantung perspektif). Ngeliat gelagat si maid, gue gak heran kalau Hisui bakal dijodohin dengan cowok pertama yang dia kenal deket yakni Shintarou. Tinggal ketemu ortunya untuk skenario agresif, tapi jangan deh untuk keberlangsungan series wkwk.

Yorukura 10

Kaptain

Pada akhirnya Mello ngebuat neraka dia sendiri. Harusnya masalah doxxing udah beres kalau udah masuk ke ranah rahasia terbuka. Cuma ya di akhir masalahnya Kiui masih harus diurus. Ini seri emang pengen percaya generasi ini bisa lebih waras soal identitas internet talent. Tapi ya dari dulu sampe sekarang, jadi target gampang itu sesuatu yang harus dihindari.

BlueHeaven

Takanashi Kim Anouk Mei MVP. Sial baru kali ini saya terharu denger orang nyanyi fals. Lebih-lebihnya lagi, itu ditahan jadi senjata pamungkas Kano balik. Banyak langkah cerdas dalam anime ini. Semua anggota JELEE malah lagi kena kasus doxxing, dan seperti yang diduga Nox juga kebongkar identitasnya. Apa yang mau diharapkan dari vtuber yang seenak jidat ngenalin diri gw Nox ke orang baru pertama kali dikenalnya (flashback ke episode kenalan sama Kano).

Re:Monster 10

BlueHeaven

Anak pertama dan kedua akhirnya lahir. Cepet banget bunting terus lahirnya. Untungnya si kembar ga dibiarin kurus kering. Yang tiga lagi siap-siap bakal jadi emak juga. Baru seratus harian umurnya, MC udah jadi bapak aja. Sasuga grafik pertumbuhan monster.

Dainana Ouji 10

BlueHeaven

Sylpha appreciation episode. Akhirnya dapat buff senjata dari Lloyd jadi bisa nandingin demon kelas 8. Spot fotonya juga cakep-cakep. Emang anime ini pintar buat nentuin mana momen yang harus cakep, mana yang dibikin chibi lawak.

Madome 11

BlueHeaven

Ini anime pelit buang nyawa. Meski musiknya masih ganggu, momen jenaka Chastille masih bisa saya nikmati. Sekarang semua masalah mostly kelar, sisa satu episode lagi kemungkinan bakal ngemanjain momen berdua Zagan dan Nephy diganggu Foll tentunya. Bakal jadi anime kedua yang tamat di musim ini setelah Dekisokonai. Lumayan minggu depan beban berkurang dua.

Kaijuu no. 8 09

BlueHeaven

Hoshina dapet spotlight lawan humanoid kaijuu dua kali dalam waktu dekat. Kaijuu di episode ini juga main taktikal bukan asal dibantai aja. Jatuhnya jadi perang walau konteksnya pembasmian. Kikoru cakep banget dengan senjata barunya. Anak baru tapi udah dapat nomor urut 3 di skuadron sebagai yang terkuat. Dengan absennya Mina, apakah Kafka harus berubah lagi atau megang kata-kata Reno buat percaya teman-temannya? Hoshina kalau disingkirin bisa sih, itu buat Kafka bisa ngisi jadi orang nomor 2. Cuma ya itu, alasannya sama kayak Reno: terlalu dini kalau mati sekarang.

The New Gate 09

BlueHeaven

Cuma bisa berkomentar Schnee cakep banget pake kemonomimi. Tiera jadi tukang ngomel lagi-lagi bikin saya keki. Momen ketemu putri kedua akhirnya nyampe di episode ini. Udah siap counter buat ditanya nikah malah diajak gelut. Ujung-ujungnya keleak lagi soal high human Shin.

The Fable 10

BlueHeaven

Fable sudah mulai persiapan buat momen klimaks. Kasihan stalker Misaki malah jadi batu loncatan info Fable buat misi penyelamatan. No jackal this week, adanya Misaki funny face. Ya, meski itu hadir di episode yang juga ngebahas kerjaan prostitusi yang bakal dijalanin dia. Setidaknya itu yang dari kontrak.

The Fable yang awalnya saya anggap jadi cemilan ringan, sekarang udah jadi anime wajib tiap minggunya. Karakter yang terlibat disusun rapi dengan humor yang bukan common things. Ga sabar buat penyelesaiannya.

Girls Band Cry 10

BlueHeaven

Saya kaget ada Yoshinoya asli di anime ini. Anime yang publikasinya ga mentereng tapi bisa bawa resto yang cukup dikenal di Indo juga. Wait, jadi episode-episode kemarin tempat kerjanya Rupa itu Yoshinoya. Kaget asli baru tahu di episode ini.

Harus saya akui meski Nina itu karakter yang super nyebelin, tapi kalau dia yang jadi biang ulahnya anime ini hidup ceritanya. Bicara soal episode ini, ini episode yang super rapi. Saya emang lemah dengan masalah keluarga terutama libatin peran bapak. Rupa meski cuma dapat sedikit potongan masa lalu, tetapi cukup jelas masalahnya sampai ke poin ini. Sisa fes dan ngalahin Diamond Dust dan anime ini bakal menemukan endingnya.

Kaptain

Agensi dapet. Masalah keluarga beres walaupun tentu aja sekolah tetep ngeles. Kirain bakal lebih panjang buat integrasi manajemen barunya, tapi ini kesepakatannya cukup masuk akal baik di aspek kreatif dan moneter. Lirik di akhir tuh ditulis Nina yang berhasill lepas dari beban emosionalnya so looking forward to that.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Belom, belom nyampe 620. Kesel gue ngurusin itu sisi kiri. Akhirnya ngutak-ngatik make trapper bisa dengan Robin. Laneholder di kiri malah si Grani yang lumayan tanky wkwk. Menuju target 620 yang pengen dikelarin esok hari (Senin 10/06). Di CN, baru baca sampe ibunya Gladiia. Truly family issue (again).

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: ChakkuX