[JOI Spotlight] Waiting Room Edition

June 16, 2024 21:29
[JOI Spotlight] Waiting Room Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada long weekend ini, baik untuk kalian yang lagi di luar kota atau tetap di rumah. Seperti biasa mari kita simak impres para staf Jurnal Otaku untuk seri yanng hadir di minggu ini.

Blue Archive 10

Kaptain

So yeah, Aru walaupun suka jadi karakter guyonan tuh kuat dan ini saya apresiasi ngeliat Shiroko yang pake equip Abydos lain. Ini fanservice yang harusnya diseringin. Tinggal 2 episode yang saya harap ga dihabisin lagi buat duduk manis dan rapatt.

Konosuba S3 10

Kaptain

Konsekuensi dari bencana season pertama, selama ini emang aktivitas party ditalangin sama keluarga Darkness. Bagusnya cerita yang fokus ke satu kota aja emang gini kalau penulisnya paham soal konsekuensi dan progresi waktu. Saatnya ngerusak pernikahan. Adaptasi ini punya kebiasaan buat naikin level konflik momen klimatiknya jadi saya cukup nantiin bencana baru nih adaptasi.

BlueHeaven

Aqua cakep banget pakai rambut maroon. Episode ini entah kenapa saya jadi kepikiran Kazuma ga cuma recokin nikahan, tetapi nyelamatin karir butler Dustiness yang jaga pintu kamar ganti Lalatina.

Delicious in Dungeon 24 (End)

Kaptain

Tentu aja masih lanjut. Lucu aja Canary yang di-hype pas di paruh akhir nih musim ujung-ujungnya cuma duduk manis dan tampil serem aja. Tetep konsisten dengan temanya tentang hasrat & makan dan target barunya ini juga pada dasarnya ngerujuk ke itu, Temuin Naga>Makan Naga. Urusan mad mage dan winged lion pada dasarnya buat ngedukung tuh dua misi.

Ada yang kaget ga sih seri dengan reputasi tinggi dan diadaptasi sama studio yang bisa diandalin selama dikasih waktu dan duit itu jadi mainstream hit di nih musim? Ini dua cour tapi saya ga ngeliat ada episode yang lemah.

BlueHeaven

Tamat season 1 tanpa terasa. Saya bisa dengan pede rekomen anime ini ke normies. Benar-benar terhibur dengan 4 orang utama yang jadi fokus selama 24 episode. Ini bukan soal masak-masak aja, cour 2 banyak “daging” buat yang nyari plot. Rombongan elf dan white lion bakal dibawa untuk season 2.

Mushoku Tensei 2 Part II 09

Kaczmarek

Calm before storm, or agony. Seminggu terakhir penuh sama spoiler di sana-sini, bagi yang belum tahu perkembangannya mohon untuk menahan diri untuk mencari keyword tertentu. Di episode ini, kita bisa ngeliat kekompakan dan keharmonisan party-nya Paul. Hadiah untuk Elinalise dari Rudi ini bakal berkesan di kemudian waktu.

BlueHeaven

Makin kencang anginnya buat yang tahu spoiler. Dua pedang itu konotasi buat dua bini Paul. Kalau soal Roxy sama Rudy, sepertinya ga perlu spoiler orang bisa paham otw harem route nih MC bejat. Tolonglah itu Roxy masih polos belum tahu Rudy sudah otw jadi bapak. Ga ada cincin kawin atau dikasih tahu Elinalise atau Paul kah yang sudah tahu infonya lebih dulu?

Tsukimichi S2 23

Kaczmarek

Animation director di episode ini kerja sambil ngocok kayaknya. Scene Rona di tiap saat selalu berfokus ke aset atas bawah daripada ke wajahnya. Tolong iya, iya, Rona is an absolute unit. Tapi mohon dikurangi apa yg dialami si karakter yg disuarain Yukiyo Fujii ini wkwk. Gue juga gak bisa fokus. Sofia dan Io malah jadi underpowered dengan melawan Makoto. Entah ini udah jadi fase mentok keduanya atau punya kartu lain.

Girls Band Cry 11

BlueHeaven

Saya nangis. Saya teriak. GBC udah jadi anime yang bikin emosi saya kayak naik roller coaster. Episode ini masih bikin trigger saya dengan campuran 2D yang masih nongol di beberapa part. Udah dibilang full 3D lebih keren, masih aja mereka buatnya campur-campur, jadi agak keki lihatnya.

Aside from that, episode ini keren. Performance TogeToge asli membangkitkan jiwa fanboying saya. Pilihan baju Nina ganteng banget, saya fans haori auto suka sama si tantrum yang menang 2-1 (2 untuk tampang dan suara, 1 untuk kelakuannya). Cek soundnya juga proper dan bikin nilai tambah buat music geek ngelihat anime ini. Drumnya juga resmi pakai pearl, merk yang udah bertahan sejak saya lahir.

Khusus lagu Emptiness and Carthasis saya mau bedah sedikit. Openingnya agak unorthodox di jagat anisong. Majuin bass dan vokal duet di bagian detik awal itu langsung mengambil atensi saya. Pas bagian teriak bareng sampai masuk last reff itu best part. Bener-bener diaplikasiin dong yang di latihan, semua instrumen bareng tanpa gitar, terus gitar solo singkat sendiri. Asli itu merinding bareng lihatnya. Sudut kameranya punya daya jelajah yang gila berkat animasi 3D fleksibelnya. Langsung masuk list favorit ini lagu buat saya.

Kaptain

All the budget. Ngingetin banget sama arc Grateful Sound 5 di BECK dulu, momen di mana band kecil kita ini against all odds berhasil meninggalkan jejak mereka. Situ nyolong brand kelingking TogeToge? Kita balik nyolong bassline situ.  Nice surprise juga via kembalinya berbagai karakter nih seri sampe Kyoko dari episode awal yang balik lagi.

Shuumatsu no Train Doko e iku 11

Kaczmarek

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA! Episode terakhirnya ditunda for some reason. Episode 11 ini akhirnya mereka bisa reunian sama Youka-chan yang masih dalam pengaruh 7G. Pocchi kayaknya punya andil besar dalam kembalinya Youka di episode akhir. Selain Pocchi, ada buah/sayuran pare yang secara ajaib malah jadi kayak telpon. Ini kalau parenya dijejelin ke mulut si Youka, apa dia bisa jadi normal? Btw Kurokin nongol lagi.

BlueHeaven

Biasanya anime bakal nunjukkin peak story di episode 11 karena episode 12 penyelesaian. Khusus anime ini ga bisa saya nilai sampai episode akhir. Hipotesisnya salah, kemungkinannya mengerucut ke tombol 7G harus ditekan sama Youka. Cuma gimana mereka bisa ngejer Youka kalau yang personilnya pada tumbang. Saya suka bagian kereta yang muncul di menit-menit akhir, nunjukkin kalau yang punya kereta bukan rombongan karakter utama aja.

Lv2 Kara Cheat 10

Kaczmarek

Where do we start. Gholl resmi jadi penghuni rumah Flio terbaru bersama Uliminas. Tentunya dengan cara yang gak mudah terutama untuk Balirossa yang punya memori buruk sama demon. Ini momen yg bisa bikin luluh Balirossa secara perlahan nantinya tapi kita gak bakal fokus ke romance dulu, karena kita ngurusin Yuigarde.

Unnamed Memory 10

Kaczmarek

What the hell, the rush is faster than Magnussen pitstop. Tolong ini intepretasinya mereka berdua udah sex dimana ini harusnya jadi puncak utama untuk nuntasin tujuannya Oscar. Tinasha juga makin linglung karena bingung sama persepsi soal perasaan.

Ini beruntung bakal diselesein di bagian tengah sebelum fase yg bikin banting novel (re: judul seri ini). Tapi saya gak nyangka bisa dibikin lebih kesel lagi dari empat episode terakhir.

BlueHeaven

Puncak komedi anime ini ada di scene Tinasha dan Oscar habis hohohihi. Emang layak dikatain seribu bahasa nih ENGI, visual sampai detik ini ga ada masalah serius, tetapi penataan cerita zonk besar. Mau yang lebih lucu lagi? Anime ini masih ada sisa 2 episode yang gak bakal tahu mau nyeritain apa. Apa yang mau diharapkan dari anime nol build up. Ibarat mau naik 10 lantai ada tangga atau lift, tapi malah ngeglitch langsung pindah lantai. Mau terbang atau teleport pun butuh proses, ini malah kagak.

Date A Live V 10

Kaczmarek

Tentunya gak semudah yang diperkirakan. Gak mungkin Reine gak sadar sama kelakuan aneh Shidou saatnya ngajakin kencan. Puncaknya di ciuman keduanya yang justru mentransfer memori yang bikin rasa penasaran Reine tertuntaskan. Kita ngulang lagi battle sama Wescott, Nibelcole, dan kembalinya Mio dari tubuh Kurumi (namun di posisi sekarang Kurumi udah punya antisipasi).

Tensura S3 11

Kaczmarek

Kembali rapat dan isinya summary serta menuntaskan kesalahpahaman sekaligus berbagi informasi terkait siapa dalang dari semua masalah di dua musim terakhir. Call me weird or something, tapi ngeliat staf ngasih porsi leha-leha ini dalam satu episode ini cukup melegakan pasca clergy-fiasco. Episode ini juga diakhiri sama Yuuki yang akhirnya mengungkap diri gak dalam posisi netral di masalah Hinata-Rimuru sebelumnya.

BlueHeaven

Friendly reminder kalau Veldora itu pernah ratain kotanya Luminus waktu zaman dulu, gak terlalu bold tapi cukup bisa ngingetin saya terkait info ini. Back to meeting, saya ga bisa cover lagi anime ini karena aksinya seuprit (adegan battle Souei dan lainnya ga dikasih lihat) dan emang kebanyakan rapat. Siapa juga yang mau udah capek rapat di kerja eh malah pelariannya nonton anime yang nunjukkin rapat doang?

Mahouka S3 11

Kaczmarek

My finest senpai is back in seconds only. Yep i’m talking about Watanabe Mari, not Saegusa Mayumi. Kematian bodyguard Saegusa sudah pasti mendorong Mayumi untuk turun sendiri untuk nyari pelakunya, Zhou. Namun dari banyak pilihan, yang paling aman ya Tatsuya yang kebetulan juga lagi ngejar Zhou. Di scouting lokasi, nampaknya semua pergerakan Mikihiko dan koleganya selalu dipantau sama Tradisionalist. Entah ini sampai kapan masalah ditunda penyelesaiannya dengan hitungan dua episode.

One Room, Hiatari futsu, Tenshi-tsuki 12 (End)

Kaczmarek

Janji terakhir jadi kencan terakhir di episode terakhir. Setelah ngebungkus jalan-jalan ekskul, kita disuguhin wholesome interaction antara kedua makhluk beda jenis ini. Jujur ini masih dangkal banget cerita utamanya karena belum ngebahas teknisnya non-human hidup berdampingan di dunia nyata. Tapi paling enggak kita dikembalikan ke sosok heroine utama lagi setelah beberapa episode malah kayak jadi chara pendukung. 7/10.

Yorukura 11

Kaptain

Disutradari veteran Shaft. Entah permintaan revisi si ibu tuh taktik dia buat nyari ilustrator yang punya visi atau submisi di akhir emang dia ngasih jawaban diplomatis soal ilustrasi yang ga sesuai demand. Perlu diinget juga Yorukura tuh seri idealistik karena realistisnya ya artist yang kayak gini kemungkinan besar bakal di blacklist. Tapi ya ini juga seri di mana anak SMA dipercayain buat jadi lead di proyek segede ini jadi ya ngapain sih saya bacot soal realisme.

Bagian Kiui saya yakin ngena sama demografi tertentu, “be someone you can love” dan pada akhirnya juga semua anggota JEELE paham sebagai pekerja kreatif mereka nggak bisa ngelakuin apa-apa tanpa cinta. Ini bersyukur aja sumber harassment Kiui tuh cuma 3 orang yang identitasnya udah jelas dan bukan satu situs.

BlueHeaven

Saya punya feeling happy ending buat seri ini. Dengan proposal JELEE naik dari Mahiru, itu besar kemungkinan bakal dikasih lihat emaknya Kano yang cinta anaknya, atau tidak sama sekali. Dari kacamata penulisan, ga mungkin ditolak sih proposal ini.

Masalah doxxing Nox cuma sebatas di permukaannya aja. Doxxing vtuber bisa lebih gila daripada yang ditunjukkin di anime. Ujung-ujungnya lari ke common point: love yourself. Ini jadi dongkrak buat Mahiru juga. Saya bisa lihat Kano-Mei dan Mahiru-Kiui punya hubungan timbal balik yang ngepush develop masing-masing hanya lewat satu episode.

Tensei Kizoku, Kantei Skill de Nariagaru 10

BlueHeaven

Retainer baru masuk dan statsnya lebih tinggi dari 3 bawahan Ars yang sekarang. Sisa dua episode saya sudah ga sabar buat masuk ke pertarungan. Perang ini sudah cukup lama di fase preparation dan sudah segera harus ke masuk ke fase kedua.

Henjin no Salad Bowl 11

Kaczmarek

Gue udah yakin secara anatomi figur Livia yang diproduksi Noa bakal identikal dengan wujud aslinya, tapi gue gak nyangka kalau rambut dan jembutnya juga dari sumber yang sama wkwk. Masalah band yang jujur aja dipercepat dari masalah lirik yang dibantu author yg homeless bareng Livia sebelumnya. Meanwhile, misi Brenda berikutnya adalah hari Valentine. Tapi kayaknya Haruka juga bikin coklat juga buat Sousuke.

BlueHeaven

Livia dibuang dalam episode ini. Lagian polosnya jatuh ke dongo, bisa-bisa bulu bagian anunya juga asli ditempel ke figure. Otaku kolektor figur auto masuk sekte ini mah apalagi kalau mereka tahu rambutnya asli. Brenda bikin coklat tezukuri aja sampai beli mesin pengolah biji cokelat yang harganya bukan sembarang harga. Cuma demi Sousuke si orang biasa sampai ngeluarin modal yang bisa bikin kedai cokelat sendiri. Sasuga orang kaya.

Jiisan Baasan Wakagaeru 10

BlueHeaven

Pertama-tama, selamat untuk tamatnya serialisasi manga seri ini. Animenya udah pasang modal buat ending yang bisa sama dengan manganya. Penyelarasan usia sudah, pewarisan kebun apel juga terjamin. Total moral story, saya tiap nontonnya ga bisa ga dibikin tersentuh. Orang baik, pasangan baik, butuh akhir yang baik juga.

Dekisokonai to Yobareta Moto Eiyuu 12 (End)

BlueHeaven

Anime yang pertama tamat di musim ini. Akhirnya kelar juga derita saya nonton anime ini. Still, this is not the worst meski semua aspek dalam anime ini jelek. Ucapan terima kasih telah menonton selalu menjadi karangan bunga yang bisa saya terima dengan bangga bisa nyelesaiin seri ini walau minus sana-sini. Kemungkinan mulai musim depan saya bakal lebih jarang nonton anime rongsokan kayak gini berhubung makin padat jadwal saya. Kesimpulan animenya: si pahlawan emang seenak jidat hidupnya sesuai judul animenya.

Madome 12 (End)

BlueHeaven

Berakhir sesuai ekspektasi. Chastille nangis aja sudah cukup menghibur buat saya. Ternyata episode terakhir masih nahan dan ga berani nampilin skinship yang wah. Maklum Foll jadi rem ditambah ada butler om-om yang malah jadi fokus cerita sendiri mereka berdua.

Kaijuu no. 8 10

BlueHeaven

The moment of truth. It’s about time, isn’t it? Kalau Kafka ga henshin satu arc aja berasa kurang. Setidaknya Kafka ga langsung henshin dan ketahan beberapa menit dengan datangnya Mina. Momen ketika Kafka ditodong, nostalgia bukan? It’s AOT but kaijuu, Attack on Kaijuu.

The Fable 11

BlueHeaven

Di luar dugaan Ebihara didatengin sama bapak angkatnya Fable. Sepertinya Fable bukan nama untuk satu orang saja. Animenya cukup berani nampilin adegan r*pe walau ga dilanjutin. Tentunya MC kita jadi pahlawan nyelametin tuan putri yang butuh pertolongan tepat waktu. Tinggal ngehadapin Kojima dan pembunuh bayaran yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: wanderjegson