[JOI Spotlight] Natsucomi Soon Edition

August 6, 2017 18:16
[JOI Spotlight] Natsucomi Soon Edition

Bulan ini adalah Agustus, itu berarti Comiket 92 akan segera diadakan. Berbagai pengumuman menarik dan “karya fans” yang tentunya sudah ditunggu-tunggu akan hadir dari 11-13 Agustus nanti. Untuk sekarang JOI Spotlight akan kembali memberikan impresi untuk berbagai seri sudah tayang pada seminggu ini, yang sayangnya beberapa tidak bisa tayang akibat penyesuaian jadwal di televisi Jepang.

Ballroom e Youkoso 05

Ballroom 04

Kaptain

Misi resmi pertama Tatara: Kalahkan Gaju & Shizuku. Sengoku jauh lebih menyebalkan di anime-nya karena adegan manga dimana dia melindungi dan mendukung Tatara dari Bully lainnya dilewati di sini. Tatara sudah tidak menari sendirian lagi di ending-nya, so that’s sweet.

Action Heroine Cheer Fruits 04

Cheer Fruit 04

Kaptain

C&D kemarin untungnya cuma sebatas peringatan. Sekarang saatnya membuat hero show yang benar-benar orisinal dan saya senang para heroine tidak langsung sukses. Mereka tetap butuh duit walaupun salah satu kru mereka super kaya, namun atraksi yang sekarang itu masih belum cukup berkualitas untuk menghasilkan uang.

Princess Principal 04

Princess Principal - 04

Kaptain

Berhenti eksposisi tentang rencana spionase di tempat umum. Saya juga ingin protes dengan Charlotte yang repot-repot menutupi wajahnya, padahal dengan melihat wajah anggota tim lain identitasnya bisa dideduksi. Saya asumsikan salah satu efek samping Cavorite adalah semua orang jadi budeg dengan konspirasi dan nggak bisa ngenali orang yang mulutnya ditutup. Saya nggak protes terlalu banyak dengan Dorothy karena:

“Jadi kayak gimana muka perempuan yang ngegoda kalian?”
“Bulat, empuk, enak dipegang dan-”
“Nevermind”

Tiap anggota tim untungnya punya agenda tersendiri, Dorothy terus mengawasi Charlotte atas gerak-gerik mencurigakan dan Chise kemungkinan besar juga mata-mata dari Jepang. Saya juga senang Beatrice punya tombol “Shut the hell up” yang bisa dipencet orang lain.

bukan_randy

Awalnya saya sempat duga episode 4 ini bakalan jadi episode perkenalan Chise, tapi ternyata langsung loncat ke case 9. I guess this flow also works, biar tension-nya naik turun antar episode. Thankfully, we’re back into the good territory in this episode.

Thankfully Beato beneran tidak se-ngeselin di eps 3, dan malah jadi target beberapa joke di episode ini. Keberadaan Chise sedikit menunjukkan pihak ke-3 selain Kingdom & Commonwealth, dan ditunjukkan juga kalau sampai case 9 (dan nampaknya juga sampai case 13) kalau Charlotte masih belum sepenuhnya dipercayai oleh para atasan Commonwealth, meski setidaknya para anggota tim sudah.

Ditunggu episode di mana mereka bertemu penguinnya.

Fate/Apocrypha 5

joispfa5
bukan_randy

Oh hey, someone got eaten by an imaginary dragon again. No mana transfer sex this time though. Di episode 3, Gordes & Siegfried jelas-jelas datang untuk menolong Jeanne, tapi di episode 5 Darnic (dan nampaknya semua orang lain dari Yggdmillenia) sama sekali tidak mengenali Jeanne. Kok?

Jeanne nyebut Astolfo sebagai “kanojo”(she). Antara Jeanne sendiri ga tahu kalau Astolfo itu cowok, atau A-1 bikin kesalahan/ngerubah jenis kelamin Astolfo.

Fun fact, saya harus buka wiki tiap kali saya mau nginget nama para master dari faksi Yggdmilenia. Mari kita lihat apakah saya akan bisa ingat semua nama mereka saat anime-nya tamat.

Aho Girl 05

Aho Girl 05

Kaptain

Mom is still pretty great. Walaupun sebenarnya di manga sendiri dia sudah lebih awal bertemu dengan Iinchou.

bukan_randy

Seandainya Aho Girl itu cerita adventure, ibunya Yoshiko itu pasti last bossnya

Sakurada Reset 18

pasted image 0

Etherlite

Still not enough information, especially on Urachi Masamune’s motive and Souma’s moves behind the scenes. But I guess we’ll hear it from herself next week. Saya lebih ga suka liat Oka Eri yang pembangkang koq ga ada hujan ga ada angin bisa jadi kaki tangannya bureau.

Gundam Battlelogue 01

Gundam Build Fighters Battlogue - 01

Kaptain

Seri dimana Obari diberikan izin untuk bersenang-senang dengan seri Gundam. Baru satu episode saja dan seri ini sudah jauh lebih bagus dari keseluruhan Try. Episode ini juga membuktikan bahwa Newtype>Innovator, jadi argumen itu sudah bisa dipensiunkan.

bukan_randy

We’re back to the good ol fanservice and fun from s1 of Gundam Build Fighters. Dear Sunrise, do more of this and less of Island Wars. Lucunya meski Char bertanya-tanya mengapa Amuro dan Ribbons suaranya sama, Amuro ga nanya kok Char suaranya beda (di sini Char diisi oleh Toshihiko Seki yang mengisi Char Aznable yang asli (bukan Casval) di Gundam Origin dan juga mengisi Rau Le Creuset di Gundam SEED dan Duo Maxwell di Gundam Wing).

Now I have high hopes for GM’s Counterattack that will air later this month.

Signum

Entah kenapa Alan terlihat agak jauh lebih cowok di episode ini, dia bahkan punya vibe seperti Shino dari IBO di penampakannya yang sebentar tersebut. Mungkin kualitas ini akan terus terbawa sampai perilisan baru Sunrise di masa depan. Selain itu, walaupun pendek, I appreciate the battle dan ini sebuah fanservice yang luar biasa bagi para penggemar Gundam. Sayang sepertinya simulasi pun tidak bisa memprediksi apa yang terjadi pada Amuro dan Char selepas Char’s Counter Attack.

Gamers 04

pasted image 0 (1)

Etherlite

Yet another day in Tendou Karen’s delusional life.

Made in Abyss 05

Made in Abyss - 05

Kaptain

Kalau episode sebelumnya itu tentang kelebihan masing-masing karakter, episode ini menjelaskan berbagai kelemahannya. Seperti Reg yang masih belum berpengalaman dengan berbagai predator Abyss yang lebih cerdas, tangannya yang merupakan metode transportasi yang bagus ternyata rentan dengan angin, dan Riko sendiri walaupun cerdas cuma seorang anak berusia 12 tahun.

Ada juga lebih banyak perbandingan antara pandangan hidup Reg dan Riko, dimana sang robot ternyata memiliki pandangan hidup yang lebih manusiawi daripada si anak yang kelewat pragmatis, “Nggak apa-apa makan monster yang barusan makan manusia, it’s the circle of life

Sakura Quest 18

Sakura Quest - 18

Kaptain

More drunk girls, that’s always great. Solusi dari masalah arc ini adalah Shuttle online, yang bisa dimanfaatkan lebih baik berkat penduduk yang lebih melek internet. Para manula tahu mereka akan mati dan daerah mereka tidak akan dihuni lagi, namun setidaknya sekarang peninggalan mereka akan terus hidup.

Jigoku Shoujo Yoi no Togi 04

pasted image 0 (2)

Etherlite

This one leaves a bitter taste on my mouth. Tsugumi berhasil mendapatkan bukti konkrit dari rekamannya tapi Nenek Sakura keburu narik tali straw dollnya. On the other hand, Shibata Tsugumi is back, tapi seperti season 2 & 3, ia kembali diturunkan hanya menjadi figuran dalam seri ini. Finally, minggu depan tampaknya kita akan diberikan background story Michiru.

Dragon Ball Super 101-102
joispdbs102

bukan_randy

Ternyata Pride Troopers yang maju di episode 101 cuma cecurut-cecurut saja (dan langsung kalah), sementara heavy hitter-nya seperti Jiren dan Toppo masih belum ngapa-ngapain. Dua eps ini nampaknya masih sekedar filler/hiburan saja, tapi saya cukup senang melihat #18 dan terutama #17 cukup aktif.

Joke transformasi di episode 102 sebenarnya cukup oke tapi dirusak dengan adegan yang diulang-ulang yang kelihatan kayak padding blak-blakan.

Fate/Grand Order

Signum

fgo signum face

SUMMER NERO, mfw.

Granblue Fantasy

ss__2017-08-04_at_07.59.47_

 

Signum

“Terima kasih GBF, sekarang akhirnya SSR saya penuh 1 halaman tanpa suptix atau start dash.

#legfestisnotalie

Untuk Comiket nanti, apakah ada pengumuman atau seri yang kalian nantikan? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.