[JOI Spotlight] Change Getter Edition

July 9, 2023 21:06
[JOI Spotlight] Change Getter Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang mulai ngumpulin tontonan untuk musim panas. Mari kita simak impresi para staf JOI untuk seri yang hadir di minggu ini.

Mushoku Tensei II 00

Kaczmarek

Prolog yang cukup menarik. Selain bisa ngeliat starter ceritanya darimana tapi juga ngeliat perbedaan soal animasi dan ilustrasi novelnya. Ariel tentunya lebih cakep disini, begitu juga Sylphy yang sempat agak bikin saya khawatir soal desain terbarunya pasca ganti staf. Soal pengadaptasian cerita, ini ada beberapa joke yang sengaja kena potong terutama di kasur saat Sylphy dan Ariel tidur bareng. Selain itu, saya merasa gak masalah detail yang sengaja disederhanakan.

Mononogatari 2nd Season 01

What’s this?

Answer Arc, I hope

Kaczmarek

Dapet awalan perkenalan kelompoknya Tsumabiki dan ini mastiin material sebelumnya kena cut atau placement-nya diubah jadi berupa flashback kayak musim pertama. Masih dalam permulaan dengan isi komedi romantis Botan x Hyouma. Calm before hurricane.

Yumemiru Danshi 01

What’s this?

Heroine Pushover

Kaczmarek

Ini formula yang bagus untuk awal tapi kalo jadi repetitif bakal memaksa impresi penonton baru mungkin kayak Gamers nantinya. Untungnya cuma satu, ini aspek kesalahpahamannya kecil dan lebih ke kurang agresif para karakternya. Gak berani baca material orisinalnya demi jaga keinginan nonton minimal ½ cour.

BlueHeaven

Mereka punya jualan waifu yang menjanjikan. MCnya terkesan ga meta banget karena ngehajar konsep idealis dan realis secara bersamaan. Cuma ya, punya feeling nanti bisa malah jadi beta ga peka sama perasaan cewe yang mulai suka sama dia. Kecuali goalnya membuat teman bagi sang main heroine yang ga mungkin karena ini anime romance sedari awal.

Okashi na Tensei 1-2

What’s this?

Wabah Penyakit Gula

Kaczmarek

Double episode di tengah tak tahu menahu berapa cour adaptasi SynergySP ini. Ayumu Murase lagi-lagi jadi pengisi suara protagonis setelah “Jitsu wa Ore, Saikyou Deshita?” di musim ini. Dua episode yang belum bikin saya betah karena belum ada masalah yang bisa diselesein. Speedrun ke ancaman invasi juga mempercepat klimaks utama Pastry sebagai pâtissier . Yep tujuan utamanya bikin kue, bukan perang tok.

Nanatsu to Maken 01

What’s this?

Could be another J.C Staff victim

Kaczmarek

Saya udah baca materialnya dari karya kreator Tenkyou no Alderamin ini. Dari progres yang karya sebelumnya, saya bisa bilang ini Uno Bokuto naik satu tingkat level penulisannya. Namun agak kurang sreg di bagian setting-nya aja sih. Pindah ke soal proyek anime, ini adaptasi ngelibatin lebih dari delapan entitas berbeda dari berbagai lini. Tapi di produksi utama, Matsune Masato masih nyari masterpiece of filmography pertama di karirnya sebagai sutradara. Tapi dia juga punya Yasukawa Shougo yang punya kerja bagus di To Aru Kagaku no Railgun T. Shougo juga jadi penyusun kompisi seri Alderamin, jadi familiar sama cara kerja Bokuto sebagai kreator.

Episode pertamanya sendiri lumayan banyak easter egg-nya. Tapi bagi yang pertama nonton, mungkin kudu nyelesain sampe episode akhir dulu biar dapet referensinya. Mungkin ada yang agak kecewa karena Nanao itu airhead, tapi tenang aja heroine satu ini masih aman untuk kedepannya. Pete itu juga cowok, jadi yang nganggep dia cewek mohon bersabar kecuali kalian mengarah ke rute lain.

BlueHeaven

Ke sekolah ngapain? Yap, nyari mati. Mungkin begitu kalau kalian cuma denger speech principal yang jauh dari standar pendidikan. Satu karakterisasi yang saya cukup suka adalah karakter ojou-sama yang dibikin gyaru. Sejauh ini kan ojou-sama harus menggambarkan bangsawan eropa yang kebanyakan berkulit putih. Selain itu, belum ada poin menarik yang bisa didapat oleh saya.

Genjitsu no Yohane 01-02

What’s this?

Pertanda udah nyerah sama Superstar

Kaptain

Awalnya proyek April Mop. Gamenya juga mau rilis November. Ini kayaknya Numazu ada sisa kembalian buat bikin nih proyek, ngeliat secara efektif nih dunia fantasi tuh versi strangereal tuh kota. Pertanda banget proyek kayak gini dapet dorongan ngeliat status franchise secara keseluruhan. Liella juga ga kesannya ga digubris sampe Alp aja males bikin karya fans.

Kamikatsu 12 (End)

Kaptain

Udah ngejar manganya. Ga seperti kebanyakan kerabat genrenya, ini seenggaknya dapet status meme di musim tayangnya. Anime ekonomis yang tahu diri soal posisinya dan saya bilang udah menuhin tanggung jawabnya sebagai adaptasi anime.

Buat seri fanservice juga saya mending nunjuk ke Megami Cafe Terrace yang kualitas dewinya lebih mendingan. Jujur cita rasa utama nih seri udah kecakup di tuh rotoscope traktor sama truk.

BlueHeaven

How to end your budget anime. Saya kasih applause buat ide gila staf produksi yang bisa membuat anime ini menarik sepanjang musim.

Kaczmarek

Gak percaya gue, anime yang paling dinantiin mingguan ini akhirnya kelar. Lebih gak percaya lagi sama analisis di atas! No way cuma D!

Jujutsu Kaisen 25

Kaptain

Masuk ke slot “nonton pas nyampe setpiece penting”, ngeliat itikad baik saya sama nih seri mulai kering ngeliat status manganya. Anyway, ini arc prekuel bakal fokus sama produk utama nih seri dan Fushiguro Sr. jadi ya saya yakin di lingkaran fandom tertentu bakal produktif. Ini juga Gojo berani banget nyebut Digimon langsung.

Temple 01

What’s this?

Side-jobnya mangaka Grand Blue

Kaczmarek

Impresi pertama dari adaptasi ini adalah suaranya Akagami dalem banget. Jujur jarang denger seiyuu-nya dia yaitu Masayuki Akasaka. Yang paling terkini paling saat dia nyuarain Nicolas di Birdie Wing. Kalau soal line up seiyuu heroine-nya, kayaknya ini udah cukup mentereng. Ditambah video promosi anime ini yang ngelibatin biarawan asli dengan ekstra belahannya Chiaking. Karena itu juga, kata kunci “Tetek” di seri ini jadi paling utama dibanding romance-nya. Oiya karena studio yang ngerjain Isekai One-Turn Kill Nee-san, jadi gak perlu heran dengan kesamaan tone warnanya.

Jitsu wa Ore, Saikyou deshita 02

Kaczmarek

Sebenernya gak mau narok apa-apa di episode ini, tapi karena ada perkembangan baru soal Char jadi agak mubazir kalo gak ditarok. Karena setting latar tempat dan waktunya gak akan berubah dalam satu musim kedepan, agak sayang ngeliat Char dalam posisi ini aja dan gak tumbuh jadi remaja yang ngagumin kakak tirinya. Gue juga baru ngeh ini yang nyuarain Char itu Atsumi Tanezaki.

BlueHeaven

Suara Char membuat pada pengincar loli kejang-kejang. Emaknya oh, gila sih, dia ga mudah percaya dan punya keputusan yang paling bener sebagai ibu. Lumayan untuk yang suka kecil atau besar puas di episode ini.

Liar Liar 1-2

What’s this?

Liar Liar minus Jim Carrey dan Universal Pictures

Kaczmarek

Entah kenapa gue jadi kena flashback sama adaptasi Rakudai Kishi no Cavalry dari episode  pembuka ini. OP dari May’n yang belum lama ini berkunjung ke Indonesia jadi pembuka yang menarik. Episode pertama pas banget jadi prolog untuk mendeskripsikan judulnya ini lebih luas. Kepsek Natsume jadi biang keladi Hiroto bermain peran, sementara Sarasa malah mempersempit peluangnya dengan terlalu cepet ngambil kesimpulan. Starternya juga sebagai murid pindahan ketemu impostor ditambah karakter nyentrik lain yang bakal nongol dalam waktu dekat.

Kalo udah ngerti sistem game-nya, mungkin rencana Hiroto dibantu Shirayuki dan Kagaya (?) ini bisa lebih cepet progresnya. Tapi gue masih mempertanyakan tujuan akhirnya yang pengen didapetin Hiroto pasca Natsume (kepsek) belum ngasih wejangan alias blackmail keduanya. Ini game-type-series yang bisa jadi bagus asal animasinya gak jomplang kayak yang dikerjain Geektoys sebelum-sebelumnya.

BlueHeaven

Solid two first episode. Anime ini berhasil memperkenalkan ceritanya tanpa membuat saya bosan dan ngantuk. Harusnya anime sebelah bisa niru cara beginian. Ga perlu satu episode pertama dibikin panjang. Dikeluarin aja dua episode sekaligus, tapi terpisah.

Dari segi cerita boleh lah. Dikatakan wah tidak juga, yang penting menarik.

Suki na Ko ga Megane wo Wasureta 01

What’s this?

Don’t do it GoHands, please don’t do it!

Kaczmarek

Aspek visual yang ngejreng banget ala GoHands kembali dengan menyalin beberapa potong animasi dari karya mereka dahulu, Seitokai Yakuindomo. 3D 2D yang kecampur dengan POV dari berbagai sudut yang bikin pusing di awal jadi biasa aja setelah keseringan nonton, kayak denger nano:ripe pertama kali dan ngikutin terus sampe terbiasa saat ini. Plotnya udah jelas kayak apa, cuman yang mendukung dari coming-of-age romcom kayak gini tentunya dari visual dan dialognya. Semoga gaada adegan tebak siluet gambar.

Mashle 12 (End)

BlueHeaven

Saya kira bakal lanjut jadi 2 cour, ternyata lanjut tahun depan. Bisa-bisanya mereka ngejutin saya pake break the 4th wall di awal episode. What a fun ride. Real villain sepertinya sudah diperkenalkan, jadi arc di season baru bakal melihat formasi baru. Ah, there’s another problem. Mash ketahuan no magic skill. Menarik ditunggu.

Jidou Hanbaiki 01

What’s This?

Isekai vending machine

BlueHeaven

Sama seperti seri isekai jadi pedang, cerita isekai dengan karakter utama menjadi barang yang bukan makhluk hidup selalu menyimpan plot aneh tapi menghibur. Setidaknya itu yang saya dapatkan di episode perdana.

Beda dari seri lainnya, sebagai vending machine, MC hanya bisa mengeluarkan suara tertentu saja. Ini jadi poin menarik untuk saya yang selalu mengapresiasi keunikan. Sisanya soal skill dan currency di isekai bukanlah hal yang baru.

Level 1 Dakedo Unique Skill 01

BlueHeaven

Konsep segalanya datang dari drop dungeon adalah hal baru bagi saya dan sangat mungkin dieksploitasi jadi cerita bagus. Sayangnya, ruang lingkup yang ditampilkan di episode pertama tidak terlalu luas. Beberapa transisi antar scene juga kurang nikmat ditonton. Seengaknya, anime ini punya premis yang lumayan untuk coba diikuti.

Seija Musou Salaryman 01

What’s This?

Your seasonal isekai is here

BlueHeaven

Straight to your seasonal isekai copycat as always. Tiap musim ada isekai yang punya keunikan sendiri, salah satunya ini. Padahal bisa aja mereka bikin scene MC nangis di sini emosional tapi malah melempem gitu aja. Need more push untuk jadi teary breaker yang harusnya bisa di episode ini.

Higeki no Genkyou Last Boss 01

What’s This?

Katarina Red

BlueHeaven

Serial Akuyaku punya daya tarik dari progress cerita MC yang perlu menghindar dari bad end. Semuanya memberikan keunikannya tersendiri dari proses tersebut tapi ujung endingnya tetap sama. Makanya anime ini masih belum bisa nendang karena di mata saya masih sekadar ganti cover dan karakter saja, tidak punya plot spesial, at least for now. Saya menantikan gebrakan baru dalam dua tiga episode ke depan.

Zom100 01

What’s This?

Zombie Apocalype Can’t Be This Fun!

BlueHeaven

Saya suka penyutradaraan episode ini. Maksud tersirat menjadi tersurat setelah direveal. Keburukan dalam perusahaan dalam monokrom hitam putih itu sangat cantik. Pewarnaan colorful ketika dikejar zombie menandakan perubahan positif yang terjadi di MC. Beberapa unsur dewasa yang erotis tidak masalah karena tidak ada anime zombie yang SU ratingnya. Bagaimana simplisitas pikiran MC setelah jadi budak korporat selama 3 tahun dan momen pengakuan cinta ke senpainya yang jadi zombie itu hit feelingnya di hati saya sebagai penonton. Kandidat AOTS.

FF XVI

Kaptain

Kelar dalam 48 jam. Semua sidequest, tome, hunt, dan chronolith kelar. Saya ngeliat kritik soal game yang kegampangan tuh karena dodge Clive yang kebagusan, pake healing item juga bisa bebas kapan aja. Di endgame saat nuke tiap Eikon bisa di-master juga bikin difficulty tambah jatoh, cuma ya maxed Zantetsuken emang never gets old.

Achieved the aim of making a cool FF game. Cuma keliatan banget beberapa konten sama sekali ga dapet duit yang jelas dah dibakar buat boss fight-nya. Dimana 4 diantaranya itu kandidat boss fight terbaik tahun ini. Buat RPG juga fatal banget kalau interaksi party di field/sidequest tuh terbatas banget. Ngeliat game lain selevel ini cukup melek sama reaktivitas kayak gini.

Ini bukan game yang pantes buat beli konsol baru, begitu juga buat nagih 70 USD kalaupun kalian fans nih seri. Tapi saya akui akui kalau game selanjutnya tuh SE ngeiterasi dari nih game dan nawarin produk lebih gede, saya bakal pake makeup badut dan bayar 70 USD lagi.

Neural Cloud

Kaptain

Jadi idle game lagi via pabrik coklat ngeliat secara efektif tuh Festival Qixi punya peran sama kayak Valentine. Cuma sejauh ini ya dari adegan yang kedapetan belum nyampe level “versi semua umur dari VN”. Benerkan bentar lagi Nora, ga susah ditebak sih ngeliat tuh swimsuit dia tuh emang perlu dijual.

Arknights (Global)

Kaczmarek

CC yang paling lancar dari semua CC yang gue ikutin. Sayang gak bisa ngumpulin banyak material yang bisa dituker. Ya minimal dapet 3 dari masing-masing dari tirai kedua. MVP di CC versi gue disini bukan Texas Omertosa, tapi justru Saileach.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: SESKOU