[JOI Spotlight] FULL COURSE Edition

September 3, 2023 22:41
[JOI Spotlight] FULL COURSE Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka bulan September. Akhirnya kita masuk bulan di mana seri musim ini mulai masuk hitungan episode dua digit. Mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang akan hadir minggu ini.

Yumemiru Danshi wa Genjitsushugisha 09

BlueHeaven

Well, that’s better. Transisi mulai kelihatan jadi perpindahan antar scene agak lebih baik, meski beberapa hanya pake fade out aja, so simple. Namun, busuknya cut masuk lagu ending kembali lagi merusak suasana. Why, just why? Mengapa anime ini tidak bisa membuat satu cut ending yang bener. Mending tuker itu scene after credit jadi yang lebih awal, terus Natsukawa ngomong sama cowo lain di bagian akhir. Mungkin itu lebih baik. Jangan lupa itu BGM ala VN dikecilin kalau perlu dihilangkan. Ganggu suasana, makanya ga bener itu transisi dan cutnya.

Dark Gathering 08

BlueHeaven

A new wind. Saya suka bagaimana arc ini memulai startnya. Ada unsur baru ditandai hantu yang bisa ascend setelah 50 hari. Yang paling membuka kartu adalah soal mata yang ternyata ada kutukan bagi yang memilikinya. Disebut kutukan karena takdirnya sudah terkunci dan harus diselamatkan. Curiga Yayoi juga punya sesuatu yang sejenis karena matanya agak lain. Mungkin itu alasan mengapa bocah sekecil ini bisa berlaku cerdas di situasi manapun. Ada kontrak apa di balik ini semua?

Zom 100 06

BlueHeaven

Karakter lama muncul kembali! Saya sepertinya harus bersabar untuk tetap penasaran siapa gadis blonde yang selalu muncul di lagu ending. RV mereka dapat dengan momen panik. Sayangnya, perjalanan mereka harus terhenti karena sisa-sisa black companynya masih hidup dan menjadi diktaktor di rest area.

Akira seperti memicu bom waktu dengan menyiapkan bir untuk semua. Siap-siap jebol itu tanggul. Ah, plot seperti ini bukannya sudah lazim di serial zombie lain?

Kaptain

Oh waw, arc yang temanya tempat kerja toxic. Saya yakin staf yang lagi ngerjain proyek yang schedulingnya kacau balau ini pada seneng.

Jujutsu Kaisen 30

Kaptain

Daya tarik utama saya buat seri ini tuh beda sama seri Shounen lainnya. “Satoru Gojo itu gimana ngurusnya” merupakan masalah utama pihak protag dan antagonis, dan Shibuya ini bakal jadi decisive point buat tuh masalah.

Anyway, dah kangen saya sama interaksi nih 3 orang goblok, sesuatu yang udah ilang dari manga-nya. Mechamaru dah ketahuan sebagai sumber kebocoran dan menariknya dia cukup pinter buat sadar kalau dia disposable banget di mata para special grade. Sure kalopun Gojo dateng juga dia bakal tetep dihukum tapi paling nggak info yang dia punya soal Shibuya bisa dipake buat keringanan.

Mushoku Tensei II 08

Kaczmarek

Badigadi debut dan kini grupnya Rudeus mulai melebar. Oiya, selamat buat Cliff yang resmi menjinakan Elinalise yang entah di luar dugaan atau enggak. Cliff untungnya half-breed dari ras terkuat dari sisi stamina, jadi minimal dia bisa manfaatin kondisi biologisnya demi keharmonisan pasangan. Eh iya, duel sama Badigadi bukannya indoor ya? Agak sedikit kecewa karena emosi di dialognya Rudeus sama Badigadi juga diteken sesederhana mungkin. Nina, si cewek rambut biru akhirnya nongol! Tapi seiyuu-nya belum ada mungkin karena dialog dia juga belum tersedia di bagian ini.

BlueHeaven

Selamat berbahagia Elinalise dengan calon suaminya. Suka banget bagian mereka tiba-tiba udah jadian aja. Penempatan timingnya pas dilakukan oleh sutradara. Nice direct.

Mononogatari II 09

Kaczmarek

Ijin ngancurin keyboard ngeliat kerjaan Bandai Namco Arts bisa se-trash ini. Gue gak masalahin animasinya, gue lebih masalahin stretching-nya yang kelewatan dalam tiga episode terakhir. Gue bisa menjilat ludah sendiri kalo proyek ini bakal dihabisin sampe volume terakhir manga-nya walau ini gak realistis. Masih nunggu Botan ngeluarin sosok asli di dalam wujudnya.

Eiyuu Kyoushitsu 08

Kaczmarek

Weird. Gue menikmati episode ini. Mungkin karena 10NA nongol dengan trait yang sama kayak Sophie jadi karakter yg diisi Nao Touyama ini ngerasa bakal digantiin. Atau gue yang udah capek berekspektasi lebih sama serinya jadi gue mengeluarkan otak dulu sebelum nonton episode ini. Anyway, 10NA is cute but can’t replace Sophie. Baru nyadar di bagian akhir 10NA yang ngisi Aya Uchida karena intonasinya mirip Shizuka Hattori dari seri Strike Witches.

Higeki no Genkyou 09

Kaczmarek

Fokus ke Val, dan Pride berusaha semaksimal mungkin untuk bikin dia sadar soal sisi manusianya. Kemet sama Sefek dah dianggep keluarga sendiri walau sisi kerasnya Val masih dominan. Lagi-lagi ini sulit dicontohkan di kehidupan nyata tapi tipikal skenario macem ini sudah jadi makanan sehari-hari.

BlueHeaven

Bahan buat ngerajut episode ini sebenarnya terbatas, tetapi staff yang ngerjain anime ini cukup pandai dalam membuat ini menjadi episode yang emosional. Sepertinya kita akan melihat klimaks dalam anime ini setelah arc yang ini lewat. Penasaran aja seperti apa endingnya di episode 11 dan 12 nanti.

Spy Kyoushitsu II 08

Kaczmarek

Tolong itu Thea sekali aja gak dikasih baju seksi dan dewasa, atau Lily gak dikasih baju maid atau pelayan mungkin gue udah ngedrop ini adaptasi. Satu-satunya alasan nonton cuma Anette sama Monika yang sampe sekarang masih misterius soal kepribadiannya. Akhirnya Klaus ngasih tugas yang melibatkan seluruh tim di sisa episodenya. Selain merch, semoga ada hal lain untuk proyek adaptasi berikutnya karena gak adil Sara sama Elna gak dapet pengungkapan masa lalu mereka.

Nanatsu no Maken 09

Kaczmarek

Sword Roses terbentuk dari pedang yang membentuk bunga mawar dari keenamnya. Dikasih info unik lagi soal beberapa klub aneh sekaligus merchant di labirin. Jualannya tentu gak sesuai nalar manusia di permukaan tapi tetep edible. Penjelasan Chela soal dua sumber mana di tubuh perempuan ini agak saru haha. Pete yang bisa nambah dan berkurang terutama di rahim tambahannya cuma bisa aneh-aneh karena gak biasa anatominya berubah juga selain bagian dada dan kelaminnya.

Agak menyesal abis nonton ini trus cek tagar anime-nya di Twitter karena kereta benci ke arah Pete terlalu gede. Reversi tentunya gak lumrah bagi orang-orang yang kayak baru keluar dari cangkangnya ini. Di bagian akhir, Stacy dapet porsi cerita lagi terutama soal masalahnya ke Pete.

Liar Liar 10

Kaczmarek

Lagi-lagi mereka gak ngasih kesederhanaan soal penjelasan gamenya walau gue udah ngerti sebagian besarnya. Untuk hal yang agak kaku masih di pergerakan karakternya tapi yang masih bisa diterima cuma di bagian akhir aja, terutama pas Hiroto balik ke Astral. Tsumugi gak ngasih vibe apapun itu sebagai villain jadi gue gak ngerasa tergugah buat dapet hal mengejutkan di battle berikutnya.

Level 1 dakedo Unique Skill de Saikyou desu 09

BlueHeaven

Kasihan mbak resepsionis harus gigit jari melihat Youda nambah list harem. Si kelinci ternyata pernah ketemu Youda pas masih bocah. Berarti Youda memang sudah ada koneksi dengan dunia dungeon ini sebelumnya. Sayangnya, dua karakter ini sama dongonya, ga ada yang nyadar satu sama lain.

Bagian hammer Emily patah kirain bakal dibuat dramatis seperti senjata itu punya kenangan sendiri. Ternyata ga ada trait begituan, jadi plong aja lancar sampai episode selesai. Saya suka dengan selingan hime yang punya guyonan ambigu.

Jitsu wa Ore Saikyou Deshita 08

BlueHeaven

Bisa-bisanya plot hasil imajinasi Char jadi kenyataan. Organisasinya punya nama yang ngejreng pula. Otaknya ratu memang sudah rusak karena masalah slave collar. Intinya, saya senang karena villain yang dikalahin dalam satu episode saja akhirnya bisa balik lagi.

Maou Gakuin no Futekigousha II 09

Kaczmarek

Shin nganggep pernikahan ini sebagai pemenuhan tugas, sementara Leno sebagai penunaian perasaan. Kalau Leno bisa ngangkat persentase kemanusiaannya Shin lebih dari sebelumnya, ini jadi pernikahan terbaik di sepanjang arc ini. Tapi di akhirnya mereka harus merelakan Misha hengkang ke masa depan. Flashback yang cukup buat ngejelasin situasi tanda tanya di setengah cour musim kedua ini.

Temple 09

Kaczmarek

Kurage ini berbahaya kalo diajak bercanda. Kudu difilter duluan tiap mau ngomong tapi ini bocah paling muda disini jadi gak heran juga nyablaknya. Oiya, ada Kagura yang ngasih blackmail macem-macem. Saya ngerasa cringe pas itu orang ngomong “sexual intercourse” pake Janglish. AAAAAAAA MY EARS!

One Piece Live Action

Kaptain

Did pretty smart thing via bikin bagian perspektif Garp jadi B-plot dan majuin plotpoint penting kayak Baroque Works, Haki, dan ngebikin pencarian peta ke Grand Line nyambung. Tapi juga ngelakuin hal aneh kayak bikin aksinya lebih berdarah walaupun koreografinya pas-pasan. Seperti biasa ya kayak kebanyakan serial TV barat masih nafsu bikin set gelap dan quip. Buat lighting juga ini mubazir banget karena sejauh ini emang bagus kualitas prop dan setnya. Komplain soal plotpoint yang disingkat ya emang ada dan ini paling jeleknya pas di Arlong Park. Emotional beat beberapa karakter jadi ga ngena.

Singkatnya ini dikerjain sama mereka yang ga benci sama sumber materinya, jadi dah lebih mendingan dibandingkan Witcher dan Bebop. Ada juga faktor bagian awal One Piece emang baru bener “melek” pas masuk Logue Town jadi banyak yang bisa dirapihin. Udah gitu staf juga cukup sigap buat ngepermak adegan awal dengan konteks dari masa depan.

Secara pribadi ini keputusan buat ngasih Garp selaku perwakilan generasi sebelumnya lebih banyak screentime tuh aspek favorit saya. Luffy di sini juga ga perlu nunggu abis Marineford buat ngalamin The Big Character Arc, ngeliat lebih ada penekanan kalau dia belajar jadi pimpinan selagi ngerekrut roster awa. Mungkin bakal nulis review penuh nanti.

Neural Cloud

Kaptain

One of the better banner event. Ngeliat Zangyin punya fondasi lebih menarik di luar jadi rival Nora sebagai amtropologis dan ini juga epilog bagus buat Cyclopes + ngasih screentime buat unit awal kayak Gin. Sayang aja Sniper tuh posisi yang udah penuh banget.

Girls Frontline

Kaptain

Yang sama sekali ga ngerti Werewolf/Mafia bakal bingung banget sama nih event. Sekali lagi dikecewain Demokrasi. Dah dibilangin Springfield tuh pemenang di server sebelumnya, jadinya ya ini DP12 walopun dah digenjot masih ketinggalan dibelakang. Ah well paling nggak ini banner OL bisa ngembat semua yang dipengen.

Armored Core 6

Kaptain 

Masih di NG++ yang akhirnya berhenti nyantai. Komunitas juga dah nemu tech menarik kayak boost canceling jadi melee lebih asik sekarang. Ngeliat kebanyakan build “gampang” nih game itu emang ngebuktiin kalau Guntank itu ciptaan paling sempurna.

bukan_randy

Sudah kelar true ending, yang sayangnya menurut saya secara story malah jadi rute paling lemah di game ini dan lebih terasa seperti what-if atau fanfiction, tapi untungnya klimaks dan endingnya cukup oke. Malah rada terkesan rute ini dipikirin endingnya dulu sebelum dipikirin story di tengah-tengahnya. Interaksi dengan karakter lain seperti Rusty dan juga satu karakter baru yang diperkenalkan di rute ini juga terasa paling minim.

Semua misi & parts sudah dapat, tinggal sisa S-rank semua misi, dan juga saya masih mau coba bikin build-build berbeda. Secara gameplay saya ngerasa ini AC yang paling seru dan juga asyik dimainin, tapi sayangnya juga dia ada masalah yang selalu dialamin gen baru Armored Core, yaitu part-nya terasa sedikit. Total ada 24 kaki di game ini. 3 dari itu reverse joint, 2 dari itu tetrapod, dan 3 dari itu tank leg, sisanya semuanya bipedal. Balance dari beberapa senjata itu juga mayan jomplang, di mana beberapa senjata bisa ngurus 95% konten game ini, sementara beberapa senjata lain kayak tipe rifle dan submachinegun itu bener-bener ga layak pakai.

Kemarin sempet nonton turnamen AC6 dan seneng banget ngeliat build-build “meta” macam dual zimmerman & dual gatling diancurin habis-habisan sama build-build keepaway full missile dan juga banyak build-build unik seperti dual stungun & Moonlight+Redshift combo.

Oh ya, tambahan lagi.

Setelah boss fight Radahn di Elden Ring dan misi Ice Worm di AC6, saya harap game-game Fromsoft selalu bikin satu cinematic fight di game mereka. They know how to make it so much bloodpumping.

Arknights (Global)

Kaczmarek

TON dateng tapi belum ngapa-ngapain wkwk. Masih overwhelmed sama kehidupan nyata jadi nyempetin maen pun sering disingkirin dari prioritas. Sambil nunggu Yater lumayan lah buat farming material (lagi). Ditambah monthly contract IS4 juga udah update lagi. Sementara di CN udah persiapan Come Catastrophes or Wakes of Vultures alias Blacksteel event. Jessica the Liberetarded dan dua operator lain juga dirilis disini. Meanwhile Vanilla berasa dilupain, atau emang gak dilibatin aja di event ini karena stay di RI?

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: las91214